Cara Unroot HP Android
Sumber Image : Jalan Tikus

Dianisa.com – Cara Unroot HP Android Mudah dan Cepat. Bagi para pengguna android, hampir semua sudah tahu apa itu root, yang belum tahu apa itu root, root adalah sebuah proses untuk mengizinkan pengguna ponsel pintar, tablet, dan piranti lain yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol yang lebih tinggi (dikenal dengan “akses root”) pada berbagai subsistem Android.

Baca Juga :

Root akan sangat menguntungkan bagii pengguna android, karena dapat memperoleh kak akses yang lebih besar dan perfoma yang lebih baik. Tapi, untuk sebagian orang, root merupakan hal yang rumit. Belum lagi perangkat yang di-root akan membahayakan keamanan smartphone atau tablet kita, dan juga kita akan kehilangan garansi. Situasi ini pasti sangat merugikan.

Cara Unroot HP Android

Lantas bagaimana cara kita untuk mengembalikan kondisi android seperti semula atau sebelum di root. Yaitu dengan cara di unroot. Dibawah ini akan kita bahas cara-cara meng-unroot HP android.

1. Gunakan Aplikasi Super-SU

SuperSU adalah aplikasi yang populer untuk me-menage perangkat yang suda di-root. Ada banyak fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini, termasuk unroot Android.

Caranya sangat simple, buka aplikasi SuperSU, lalu pilih Setting. Scroll ke bawah dan pilih Full Unroot. Ikuti prosedurnya dan smartphone atau tablet kamu akan restart sendiri. Dengan begitu perangkat kamu sudah kembali normal.

2. Menggunakan Universal Androot

Mungkin sebagain dari kita pernah mencoba menggunakan super-SU, namun masih gagal, tenang masih ada aplikasi Universal Androot untuk bisa digunakan. Namun sayangnya aplikasi ini tidak bisa berjalan di semua HP android, dan hanya beberapa saja.

Universal Androot
Sumber Image : UniversalAndrootdl

Aplikasi unroot HP tersebut bisa menyingkirkan hak akses root di smartphone atau tablet kamu. Tapi, aplikasi ini masih banyak kekurangan seperti yang dijelaskan tadi. Contohnya, aplikasi ini tidak bekerja pada perangkat Samsung akibat kompilasi dengan KNOX. Pada LG, perangkat akan di-unroot tapi statusnya masih rooted, berkat adanya LG’s eFuse. Sayangnya aplikasi ini berbayar sekitar 13 ribu rupiah.

3. Unroot Dengan Cara Install Update Sistem

Untuk meng-unroot android, kita bisa dengan cara update sistem kita dengan OTA (Over The Air). Nah, saat kita meng-install _update via_ OTA (Over The Air), maka akses root akan hilang.

OTA Update Center
Sumber Image : Play Store

Jika kita ingin smartphone tetap tetap di-root, maka kita harus melakukan root lagi. Kalau tidak, kit tinggal membiarkannya saja. Kelemahannya tentu saja kita harus menunggu kapan update tiba. Jangan lupa untuk uninstall SuperSU atau aplikasi lain yang berhubungan dengan root.

Baca Juga :

4. Dengan Cara Install Ulang Stock Firmware

Dengan cara diatas kita bisa meng-unroot HP android kita, kelebihanya HP kita terasa seperti baru, karena OS didalamnya di install ulang dan memiliki performa yang lebih cepat. Namun kelemahanya data kita akan hilang jika belum dibackup.

Odin3
Sumber Image : Softpedia

Mengembalikan firmware asli perangkat adalah cara yang paling ampuh untuk melakukan unroot. Cara ini berkerja dengan baik karena firmware punya semua software yang dibutuhkan. Tapi, pada artikel ini tidak ada tutorial secara khusus, karena setiap smartphone punya cara yang berbeda untuk meng-install firmware. Untuk cara install fireware kita bisa mencari tutorialnya di google.

Baca Juga :

Nah, itu tadi beberapa cara untuk Un-Root HP android kita Jadi smartphone atau tablet kamu bisa terhidar dari bahaya root, mungkin ada dari beberapa cara yang kurang cocock diaplikasikan untuk beberapa HP android, namun masih ada banyak cara lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here