Membedakan Memori Asli Atau Palsu

Dianisa.comCara Membedakan Memori Eksternal Asli Atau Palsu 100% Ampuh. Di era teknologi sekarang ini, produk dan perangkat elektronik semakin lama semakin tipis dan dibuat lebih simple. Salah satu contohnya adalah MicroSD atau lebih dikenal dengan SD Card (Memori Eksternal). Produk elektronik yang begitu kecil tersebut mampu menyimpan data yang begitu banyak dan dapat digunakan sebagai alternatif untuk media penyimpanan smartphone dan tablet Android.

Baca Juga :

Saat ini banyak sekali produk teknologi yang terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam kehidupan sehari – hari. Tidak hanya smartphone saja, namun juga aksesoris lain, seperti MicroSD, Speaker, Earphone, Charger, dan produk teknologi lainnya. Produk teknologi tidak bisa lancar dan mulus begitu saja, ada saja pelaku – pelaku curang yang membuat duplikat atau barang palsu, replika, KW, supercopy, atau Cloning dari sebuah produk teknologi tersebut. MicroSD bisa menjadi contohnya, saat ini telah banyak beredar MicroSD Palsu yang tidak ber-merek yang dijual dengan harga murah.

Membedakan MicroSD Asli Dengan Palsu

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips ke anda semua mengenai Cara Membedakan Microsd Asli Dengan Yang Palsu Dengan Mudah Dan Cepat. Untuk bisa mengetahui MicroSD Asli atau Palsu, pengguna harus jeli dalam meneliti produk yang ada, baik secara fisik, kecepatan transfer, dan warna dari produk itu sendiri. Adapun untuk MicroSD, langsung saja anda simak ulasan lengkap dari Perbedaan Antara Microsd Asli Atau Palsu berikut ini.

1. Cek Micro SD Secara Fisik

Untuk mengetahui Micro SD Asli atau Palsu dengan melihat fisiknya memang terbilang cukup sulit. Namun jika anda teliti, anda bisa melakukannya. Pada umumnya, MicroSD asli akan tercantung merek dari MicroSD itu sendiri. Selain itu, pada sisi belakangnya juga di cat dengan cat khusus, sehingga warnanya terlihat lebih cerah.

Sementara untuk Micro SD palsu biasanya hanya di pasang Sticker dan tidak ada merek apapun dari Micro SD tersebut. Bahkan ada Micro SD yang tidak ada Stickernya sama sekali, artinya Micro SD tersebut memang palsu. Dan pastinya, kualitas dari Micro SD tersebut patut di pertanyakan.

2. Gunakan Aplikasi SD Insight

Untuk tips yang kedua, anda bisa menggunakan aplikasi dari pihak ketiga yang memang di fungsikan untuk melihat keaslian dari Micro SD itu sendiri. Google Play Store menyediakan aplikasi yang mampu melihat keaslian dari Micro SD. Salah satu aplikasi yang bisa anda coba adalah SD Insight. Aplikasi tersebut tersedia gratis di Google Play Store.

Adapun fungsi dari Aplikasi SD Insight mampu melihat keaslian dari Micro SD dengan melihat informasi detail dari tanggal pembuatan, model microSD, produsen pembuat, dan nomor serial. Anda bisa cocoknya, antara data dari aplikasi dengan informasi fisik dari Micro SD itu sendiri. Jika misalnya, merek dari Micro SD tidak terdeteksi oleh Aplikasi SD Insight maka dapat di pastikan Micro SD tersebut memang palsu.

Aplikasi SD Insight compatible pada semua perangkat Android, baik itu OPPO, Lenovo, Asus Zenfone, HTC, LG, Xiaomi, Panasonic, dan lainnya.

Baca Juga :

3. Kapasitas Harus Sesuai Tulisan

Kesesuaian produk menjadi hal yang sangat penting untuk anda ketahui. Jika misalnya anda membeli Micro SD dengan kapasitas 8 GB maka setelah di masukkan, kapasitas yang tertera juga harus 8 GB. Namun jika Kapasitas yang tertera hanya 6 GB dan setelah di format tetap 6 GB maka Micro SD tersebut patut untuk di pertanyakan.

Alangkah lebih baiknya, anda tanyakan dengan penjual dari Micro SD tersebut atau minta ganti dengan yang baru.

4. Cek Kecepatan Transfer Data

Perlu anda ketahui bahwa Micro SD memiliki kecepatan transfer data yang berbeda. Ada class – class tertentu yang membedakan kecepatan transfer dari Micro SD itu sendiri. Jika misalnya, anda membeli Micro SD yang tertera Class 10 maka kecepatan data harus mencapai 10MB/detik atau 66 Kali. Namun jika kecepatan transfer data tidak sesuai dengan class yang ada, maka Micro SD tersebut patut untuk di curigai. Untuk lebih jelas mengenai kecepatan data, anda bisa lihat penjelasnnya dibawah ini.

  • Class 2 : kecepatan tulis 2MB/detik atau 13 Kali
  • Class 4 : kecepatan tulis 4MB/detik atau 26 Kali
  • Class 6 : kecepatan tulis 6MB/detik atau 30 Kali
  • Class 8 : kecepatan tulis 8MB/detik atau 40 Kali
  • Class 10 : kecepatan tulis 10MB/detik atau 66 Kali

Untuk Micro SD terbaik saat ini adalah Class 10 dengan kecepatan transfer data hingga 10 MB/s. Dengan kecepatan data yang tinggi tersebut, pengguna bisa memutar video kualitas HD dengan kualitas yang sangat baik dan lancar. Adapun transfer data melalui PC akan lebih cepat dan optimal.

5. Harga Harus Sesuai Standar

Untuk masalah harga tentunya berbeda – beda, tergantung dari kapasitas yang ingin dibeli. Namun yang pasti, harga tetap sesuai standar yang ada. Jika anda menemui Micro SD dengan harga yang sangat murah, maka anda harus teliti dulu sebelum membeli. Siapa tahu Micro SD tersebut ternyata adalah barang KW atau Palsu. Pastikan anda mendapat garansi produk dari Micro SD yang anda beli, minimal 2 minggu atau satu bulan.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Membedakan Antara Memori Eksternal Asli Atau Palsu, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here