10 Cara Mengatasi Setelan Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Anda bisa mencoba membersihkan cache dan menghapus data untuk mengatasi menu Pengaturan yang tidak bisa dibuka

Setelan / Pengaturan / Settings berfungsi untuk mengatur bagian-bagian terpenting yang ada pada perangkat Android, seperti: pengaturan bahasa, konektivitas, aplikasi, penyimpanan, baterai, keamanan, tanggal dan waktu, akun, dan berbagai hal lainnya. Jika Pengaturan Android tidak bisa dibuka atau berhenti secara tiba-tiba dengan menampilkan pesan kesalahan maka pengguna akan kesulitan dalam mengatur sistem dan aplikasi terinstall. Beberapa merek perangkat Android yang sering mengalaminya di antaranya: OPPO, VIVO, Realme, Xiaomi, dan Samsung.

Beberapa pesan error atau pesan kesalahan yang muncul bertuliskan: “Unfortunately, setting has stopped”, “Unfortunately, com.android.settings has stopped”, “Sayangnya, proses.com.android.setting telah berhenti“, “Sayangnya, Setelan tidak menanggapi”, dan lainnya yang mungkin bisa sedikit berbeda. Setelan yang macet atau berhenti tiba-tiba itu dapat diartikan bahwa sistem Android Anda sedang mengalami kerusakan atau error. Lalu apa penyebab dari masalah ini? Dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk mengetahui penyebab dan solusinya, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Suara HP Android Hilang / Tidak Keluar

Penyebab Setelan tidak bisa dibuka

Beli HP Samsung Shopee
Beli HP Samsung di Shopee

Ada beragam faktor yang menyebabkan masalah pada menu Setelan yang tidak bisa dibuka, di antaranya sebagai berikut:

  • Bugs pada perangkat Android – Faktor penyebab Setelan tidak bisa dibuka dapat terjadi karena bugs pada sistem dan aplikasi terinstall. Untuk mengatasi bugs pada perangkat Android, opsi perbaikan yang bisa dilakukan adalah dengan memperbarui sistem dan aplikasi secara keseluruhan.
  • Penumpukan file sementara – Tanpa disadari, penumpukan file sementara seperti: cache, cookies, basis data, junk files, dan lainnya yang terlalu banyak juga dapat menyebabkan masalah pada perangkat. Jika tidak dibersihkan secara berkala, file sementara tersebut akan menyebabkan crash pada beberapa fitur dan aplikasi.
  • Multitasking berlebihan – Terkadang, pengguna akan mengalami lag dan force close saat membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Hal ini dapat terjadi karena perangkat tidak mampu menjalankan aktivitas multitasking yang terlalu berlebihan.
  • Kesalahan dalam memasang Custom ROM – Custom ROM biasanya menjadi pilihan pengguna untuk mendapatkan antarmuka dan fitur yang lebih beragam ketimbang ROM bawaan perangkat. Tetapi dalam beberapa kasus, kesalahan dalam memilih dan memasang Custom ROM juga dapat menyebabkan masalah pada sistem dan aplikasi.
  • dll.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di HP Android

Cara mengatasi Setelan tidak bisa dibuka

Untuk mengatasi masalah Setelan tidak bisa dibuka, Anda bisa mencoba beberapa metode sederhana dengan memuat ulang perangkat, menghapus data aplikasi, membersihkan file sementara, hingga flash ulang perangkat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan;

1. Coba muat ulang perangkat

Metode pertama, Anda bisa mencoba memuat ulang perangkat untuk mengatasi Setelan tidak bisa dibuka. Hal ini Anda lakukan karena mungkin saja Setelan yang bermasalah tersebut disebabkan oleh service sistem atau aplikasi yang tidak berjalan stabil atau mungkin tidak dijalankan sama sekali. Cara memuat ulang perangkat juga cukup mudah, Anda bisa menekan tombol Power selama beberapa saat lalu pilih muat ulang. Jika perangkat Android Anda tidak tersedia pilihan muat ulang, Anda bisa matikan perangkat kemudian menyalakannya kembali.

2. Hapus data Setelan

Hapus data menu Setelan
2. Hapus data aplikasi Setelan. RUDI DIAN ARIFIN

Jika dengan memuat ulang perangkat tidak berhasil mengatasi masalah sama sekali, Anda bisa mencoba menghapus data aplikasi melalui manajemen aplikasi. Menghapus data aplikasi akan membersihkan basis data, data login, cache, history, dan pengaturan aplikasi secara permanen. Tetapi cara ini hanya bisa dilakukan jika HP Anda masih “memungkinkan untuk membuka menu Setelan” tanpa menampilkan pesan kesalahan sama sekali. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka menu Setelan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih “Pengaturan”.
  3. Pilih Hapus data » Hapus semua data » lalu konfirmasi dengan Oke untuk menghapus data aplikasi.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Hapus Data Android

3. Bersihkan cache pada perangkat

Bersihkan cache Android
3. Bersihkan cache pada perangkat. RUDI DIAN ARIFIN

Jika tidak memungkinkan untuk menghapus data aplikasi karena pesan kesalahan yang terus muncul, cobalah untuk membersihkan cache dan mengoptimalkan kinerja perangkat menggunakan aplikasi pembersih bawaan atau pihak ketiga yang bisa Anda dapatkan dari Google Play Store. Pada perangkat Xiaomi, Anda bisa menggunakan aplikasi keamanan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Keamanan, kemudian langsung saja tap Pembersih, kemudian Anda perlu menunggu selama beberapa saat hingga proses pembersihan selesai.
  2. Jika sudah, nantinya akan terlihat semua penggunaan file sampah pada aplikasi yang pernah dibuka atau digunakan selama beberapa waktu.
  3. Untuk menyelesaikannya, tap Bersihkan. Tunggu beberapa saat hingga proses pembersihan selesai.
  4. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

Setelah membersihkan cache dan mengoptimalkan kinerja perangkat, sebaiknya muat ulang HP Android Anda. Setelah memuat ulang, barulah untuk membuka menu Pengaturan, semoga nantinya bisa normal dan tidak muncul pesan kesalahan apa pun.

Lihat Juga : 9 Cara Membersihkan Cache Android

4. Reset HP Android

Jika membersihkan cache dan mengoptimal perangkat tidak membantu sama sekali, opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah reset HP Android dengan mengembalikan perangkat ke setelan awal atau pabrikan. Biasanya opsi reset dapat dilakukan melalui menu Pengaturan, tetapi karena menu Pengaturan tidak bisa dibuka, maka Anda bisa melakukannya melalui menu recovery mode. Umumnya, setiap perangkat Android memiliki metode yang berbeda-beda untuk masuk ke menu recovery mode. Jadi, Anda perlu menyesuaikan dengan merek, tipe, dan versi OS Android yang Anda gunakan. Anda bisa Googling untuk mencari tahu metodenya.

4. Wipe data HP Xiaomi dari menu Mi Recovery. YouTube | HardReset.info

Di sini, kami menyediakan panduan reset pada perangkat Xiaomi. Jika Anda menggunakan HP Xiaomi, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Sebelum melakukan hard reset, pastikan daya baterai mencukupi agar nantinya proses hard reset tidak berhenti di tengah jalan. Minimal sediakan 50% untuk lebih amannya.
  2. Dan untuk masuk menu Recovery Mode Xiaomi, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul Logo Xiaomi / Redmi lalu lepaskan.
  3. Dan secara otomatis, Anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode Xiaomi.
  4. Jika terdapat pilihan bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  5. Untuk melakukan hard reset, Anda bisa pilih Wipe Data. Kemudian lanjutkan dengan memilih Wipe All Data. Jika muncul pesan konfirmasi, Anda bisa pilih YES (Gunakan tombol power untuk memilih dan tombol volume up/ down untuk navigasi).
  6. Tunggu saja sampai proses hard reset/ wipe data selesai dan berhasil 100%.
  7. Jika sudah, Anda bisa mencoba untuk Reboot atau Restart smartphone Xiaomi Anda.
  8. Ikuti petunjuk login email dan kata sandi sampai nantinya Anda bisa menggunakan smartphone Xiaomi Anda kembali.
  9. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Panduan reset

5. Flashing HP Android

Flash ulang HP Android
5. Flashing HP Android. Gilagadget.com

Apabila hard reset juga tidak berhasil mengatasi masalah, maka jalan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan flash ulang perangkat Android Anda. Flashing juga dapat menjadi pilihan apabila sebelumnya Anda telah memasang Custom ROM atau telah melakukan rooting pada perangkat Android Anda. Dalam melakukan flash perangkat Android, Anda perlu menyiapkan firmware / ROM dari tipe HP Android yang Anda gunakan, serta beberapa tools tambahan lainnya jika nanti dibutuhkan.

Jika Anda ingin melakukan flashing dari komputer atau PC, maka Anda membutuhkan firmware, program flashing, USB, dan beberapa tools lainnya. Selain PC, Anda juga dapat melakukan flashing HP langsung dari menu recovery mode dan Anda hanya membutuhkan firmware baru yang tersimpan di memori eksternal (micro sd) untuk melakukannya. Anda bisa Googling untuk mencari tahu panduan flashing HP Android sesuai dengan merek dan tipe HP yang Anda gunakan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang di HP Android

Penutup,

Menu Pengaturan yang tidak bisa dibuka memang sangat menjengkelkan, mengingat ada banyak hal yang membutuhkan menu Pengaturan untuk melakukannya, seperti mengatur notifikasi, nada dering, antarmuka, wallpaper, bahasa, konektivitas, dan lain sebagainya. Dengan mencoba beberapa tips di atas, semoga masalah pada menu Pengaturan teratasi dan menu Pengaturan dapat berfungsi dengan normal kembali. Jika Anda memiliki masalah lain yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!  

Apa penyebab menu Pengaturan terhenti?

Pengaturan yang menampilkan pesan kesalahan “terhenti…” dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, di antaranya seperti: virus, kerusakan pada sistem atau fitur, penumpukan file sementara, bugs pada OS Android, dll.

Bagaimana cara menghapus data menu Pengaturan?

Anda bisa menghapus data menu Pengaturan “apabila masih memungkinkan” untuk membuka menu Pengaturan tanpa pesan kesalahan yang muncul melalui manajemen aplikasi. Temukan dan pilih menu Pengaturan dan ketuk “Hapus data” untuk menghapus data menu Pengaturan.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Rudi Dian Arifin

Rudi Dian Arifin adalah pemilik, penulis, dan editor utama di Dianisa.com. Ia fokus pada pemecahan masalah pada perangkat Android dan Windows. Saat ini, ia juga mengelola Yunt.co, sebuah situs yang menyajikan berbagai tools keren untuk segala macam kebutuhan.

  1. Download Microsoft Visio 2013 32 Bit / 64 Bit Terbaru 2024

    Berikut link download Microsoft Visio 2013 32 Bit / 64 Bit terbaru yang dapat Anda akses…
  2. Logo Kemenko Bidang Perekonomian PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemenko Perekonomian PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…
  3. Logo Kemenko Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan PNG, CDR, AI, EPS, SVG (Free Download)

    Berikut kami bagikan link download logo Kemenko Polhukam PNG, CDR, AI, EPS, SVG terbaru yang bisa…