6 Cara Mengatasi Setelan Tidak Bisa Dibuka

Setelan atau pengaturan android berfungsi untuk mengatur bagian – bagian terpenting yang anda di Android, seperti misalnya pengaturan bahasa, koneksitifitas, aplikasi, penyimpanan, baterai, keamanan, tanggal dan waktu, akun terkait, dan lainnya yang pasti sangat penting.

Jika Pengaturan Android tidak bisa dibuka atau berhenti tiba – tiba maka pengguna akan kesulitan dalam mengatur dan merubah setelan Android.

Beberapa pesan error terkait menu Setelan yang bermasalah seperti unfortunately, setting has stopped, “unfortunately, com.android.settings has stopped”, “com.android.settings telah berhenti”, sayangnya, proses.com.android.setting telah berhenti, sayangnya, setelan tidak menanggapi”, dan lainnya yang mungkin bisa sedikit berbeda.

yang saya katakan diatas bahwa setiap pengguna memiliki masalah yang berbeda – beda dan untuk metode yang dilakukan juga akan berbeda – beda.

Setelan yang macet atau berhenti tiba – tiba itu dapat diartikan bahwa sistem Android anda sedang mengalami kerusakan atau error. Untuk mengatasinya, anda bisa coba menghapus data setelan, factory reset, atau yang lebih ekstrim yakni flashing android.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti

1. Matikan Smartphone

Cara pertama, cobalah untuk mematikan smartphone android anda, lepaskan SIM Card dan juga SD Card. Setelah itu pasang dan nyalakan kembali smartphone anda.

Dengan ini diharapkan masalah pada smartphone anda dapat teratasi dengan baik dan bisa normal kembali.

2. Hapus Data Setelan

Bagi anda yang mengalami masalah pada setelan android muncul pesan error bertuliskan “sayangnya, pengaturan telah berhenti” atau “unfortunately setting has stopped” maka anda bisa mencoba untuk menghapus data aplikasi setelan.

Menghapus data aplikasi akan membersihkan basis data, data login, cache, history, dan pengaturan secara permanen. Cara ini bisa anda lakukan apabila anda masih bisa masuk pada menu setelan. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Pengaturan, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Apabila anda tidak bisa masuk pada Setelan android sama sekali, maka terpaksa anda harus melakukan factory reset melalui recovery mode.

3. Unroot Jika Sebelumnya Telah Root

Apabila masalah pada Pengaturan Android terjadi setelah anda melakukan root, maka lebih baik anda lakukan unroot sekarang juga. Kemungkinan root yang anda lakukan meninggalkan bugs pada sistem Android sehingg terjadi error berkelanjutan.

Akses root memang terkadang dilakukan oleh sebagian pengguna Android yang ingin mendapatkan control penuh untuk melakukan perubahan pada sistem, namun disisi lain jika terjadi kegagalan membuat sistem terjadi masalah atau muncul pesan error.

4. Bersihkan Cache, Basis Data, & Boost RAM

Jika masih memungkinkan, anda bisa gunakan aplikasi cleaner bawaan atau pusat keamanan yang tujuannya untuk membersihkan cache, file temporary, history, virus, serta melakukan boost pada RAM Android.

Sebagai contohnya, anda bisa melihat langkah – langkah menggunakan aplikasi keamanan dibawah ini yang saya lakukan pada perangkat Xiaomi.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang anda miliki. Setiap smartphone Android memiliki bentuk icon dan nama yang berbeda – beda, namun untuk smartphone Xiaomi yang saya gunakan langsung ada pada Beranda layar berwarna hijau. Setelah anda membukanya, selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Kemudian, biarkan aplikasi aplikasi Keamanan melakukan scanning pada semua file dan aplikasi. Selanjutnya, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkannya, baik itu cache, virus, dan juga boost pada RAM

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache di HP Xiaomi

5. Hard Reset Melalui Recovery Mode

Factory reset adalah mengembalikan smartphone android ke setelan awal atau disaat anda baru saja membeli ponsel Android itu sendiri.

Bagaimana mungkin melakukan factory reset sedangkan masuk pengaturan saja tidak bisa? Jawabannya mungkin, karena Android dilengkapi dengan opsional recovery mode yang berguna untuk melakukan factory reset tanpa harus masuk ke pengaturan Android.

Untuk masuk ke fitur recovery mode, anda bisa matikan smartphone Android anda terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan.

 Untuk Samsung gunakan tombol power, volume atas dan home secara bersama-sama sampai nanti masuk ke menu recovery mode. Setelah masuk menu recovery mode ada beberapa pilihan seperti di bawah ini, tentu saja kamu pilih Wipe data atau Factory Reset untuk mengembalikan Android ke setelan pabrik.

  • Reboot System Now = Menyalakan ulang hp Android kamu.
  • Apply Update From Adb = Update/ flash Android dengan bantuan komputer via adb
  • Apply Update From Sdcard (External Storage) = Update/ flash Android memakai file zip
  • Wipe Data / Factory Reset = Reset Android ke setelan pabrik
  • Wipe Cache Partition = Menghapus cache yang ada di hp Android kamu.

Dari beberapa pilihan Recovery Mode, anda bisa memilih Wipe Data / Factory Reset untuk mengembalikan Android ke pengaturan pabrik. Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk menggeser dari atas ke bawah, atau dari bawah keatas.

Gunakan juga tombol Power untuk memilih menu yang anda inginkan. Setelah anda memilih Wipe Data/ Factory Reset, anda bisa tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai dan berhasil.

Sekedar Share,

Setiap Smartphone Android secara umum, untuk masuk pada menu recovery mode berbeda – beda, maka dari itu coba anda cari di Google cara masuk recovery mode sesuai dengan merek smartphone Android yang anda miliki. Apabila ketemu, maka anda bisa gunakan cara tersebut.

Lihat Juga : Cara Hard Reset OPPO Semua Tipe

6. Instal Ulang Sistem Android

Jika dengan factory reset tidak membuahkan hasil sama sekali, dan setelan tetap error maka cobalah untuk flashing android sesuai dengan merek android yang anda gunakan.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda mengunduh sistem Android sesuai dengan merek android yang anda gunakan dan install melalui Recovery Mode pada pilihan Apply Update from SD Card (External Storage) atau bisa via ADB Sideload (flashing via komputer).

Flashing android juga bisa dilakukan lewat komputer atau pc, semisal bila kamu pakai Android Samsung bisa pakai ODIN atau KIES, pengguna LG bisa coba menggunakan LG Flashtool, PC Companion apabila handphone kamu adalah Sony, sedangkan untuk handphone Android lainnya bisa coba pakai Flashtool.

Kesimpulan,

Solusi yang saya berikan diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti ASUS ZenFone, Huawei, Samsung, OPPO, Realme, Xiaomi, VIVO, dan lainnya. Setiap pengguna mengalami masalah yang berbeda – beda, bisa saja muncul pesan error, macet, atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai pengaturan tidak bisa digunakan & error, semoga bisa membantu kalian semua. Jika ada pertanyaan, tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 68 Comment

  1. fhiirthy berkata:

    Kok masih tetep ga bisa keriset ya

    • Dian Arifin berkata:

      Seharunya bisa mbak dengan melakukan Hard Reset atau Factory Reset melalui menu Recovery Mode. Itu merupakan solusi ampuh dalam mengatasi Setelan Android yang bermasalah. Mungkin saja mbak salah dalam melakukan Reset Android.

  2. Aditya dwi permana berkata:

    Maaf kenapa ya hp saya waktu dinyalaiin ada bacaan kaya gini “security error” jadi nyalanya cuman mentok dimerk LG trs mati lagi

  3. felix berkata:

    masih kgk bissa juga tetep aja setting has stopped walaupun udah di reset

  4. Maykal berkata:

    Kenapa ya hp ku enggak bisa pengaturanya asal di tekan layarnya kembali lagi ke menu.terus ada muncul bacaan maaf waktu batas anda sudah abis.tolong ya kasi tau

  5. rhenfitra berkata:

    kang kenapa hp samsung v plus layar nya tidak bisa dibuka dan ada lambang jari di atas
    terima kasih

  6. YOHANA SUHARTI berkata:

    MOHON BANTUAN : HP SAMSUNG SAYA KONTAK BISA DIBUKA, TAPI KALO DI KLIK GAK MAU OPEN. MISAL MAU EDT NAMA/FOTO/NOMOR DLL G BISA.
    TRMKSH SBLMNYA

    • Dian Arifin berkata:

      Hapus Data aplikasi kontak mas, insyallah ntar bisa normal kembali. Tapi sebelumnya, backup dulu semua nomor yang ada. Semoga membantu…

  7. Sion Saputra berkata:

    Bang resikonya kalo milih nomor 2 apa ya??

  8. Pandu berkata:

    Kenapa klo semua aplikasi tidak bisa di buka pada xiaomi redmi note 1W?
    Tolong infonya

  9. Dirman berkata:

    Permisi kakak2 mbak2 gimana ya cara agar pengaturan papan di atas itu dapat di turunkan lagi karena yg saya nggak bisa

    • Dian Arifin berkata:

      Maksudnya bagaimana mas, kalau metode yang saya berikan tidak berhasil. Silahkan untuk melakukan Hard reset mas melalui menu Recovery Mode. Semoga membantu!

  10. Prasetya berkata:

    Maaf,apakah jika di factory reset saya harus install ulang semua app? Mis whattsap,bbm,ig dll?

  11. Iftidha berkata:

    Mas mau tanya hp saya honor4c tbtb ada tulisan partisi data pengguna tdk lagi dapat digunakan, silahkan coba pilih tindakan. Dari 3 tindakan udah semua sy coba tp tetep balik lagi ke menu ini trs. Sy harus gmn ya

  12. kris berkata:

    Mas kenapa hp gua telpon masuk di alihkan terus ya sebal banget minta bantuan
    dong

  13. freed berkata:

    Maaf mas hp saya itu setelanya gak bisa dibuka

  14. ridho berkata:

    Saya sudah recovery ..
    Tapi malah ilang semua tampilan layar seperti normalnya di nyalahkan.. saya dimasukan ke dalam tutorial awal.. dan semua terhenti terhenti terhenti.. akhirnya blank dan saat saya reboot malah error tertahan di logo samsung dengan tanda seru ! Warna merah.. cocok sekali

  15. mozza berkata:

    kalau udah ke Factory Reset butuh brp menit untuk hidup kembali

  16. Arifin berkata:

    assalamu alaikum kang…. mhon bantuan y… hp saya experia C2305 “setelan” nya ga bisa ke buka..udh saya coba di recovery mode-wipe data/reset factory ttp ga ngaruh kang, msh ttp ga bisa kebuka di”setelan y”.. gmana kang solusi y? mhon masukan y..

  17. Bintang berkata:

    Pengaturan dan musik saya sehabis di root gak bisa dibuka.kartu simnya juga gak kecbaca,gimana cara mengatasinya gan?

  18. Panggil aja iyan berkata:

    Jadi gini bang, saya udah coba cara ini . Aoan tetapi , tetap tidak bisa dibuka
    Sebenernya masalah saya yaitu:
    Saya buka pengaturan waktu klik keamanan malah “pengaturan telah berhenti” saya harus buka apk tapi ini gao bisa kebuka , MINTA SOLUSI !!!!!!!!

  19. Azka berkata:

    Bagemana ya cara mengaktifkan setelan yang sudah di nonaktifkan

  20. alam berkata:

    Mas sy jg settingnya ga mau kebuka. Sdh direset factory jg ttp aja ga mau terbuka. Gimana itu. Cara flashingnya gimana?

  21. Lira berkata:

    Mas.. mohon bantuanya.. kenapa y hp saya tidak bisa mendownload file apapun.. tulisan mulai mendownload ada.. cuma notifikasinya di bar tidak ada dan juga file yg di download gak jalan di tungguin filenya ga masuk2.. bimbinganya mas

  22. Erfan berkata:

    mas hp saya dak bisa buka play store..ganti email sudah tetep dak bisa..restar pabrik sudah…ada solusi lain mas?

  23. Yayuk wulandari berkata:

    Pengaturan saya hilang , gimana cara untuk memunculkan kembali

  24. Rika berkata:

    Mas hp oppo sy tdk bisa terbuka dan dilayar hanya ada 3 bahasa,inggris,china sj, bagaimana cara bukanya

  25. Barkah Yubehar berkata:

    Mas,playstore dan setting hp saya tidak bisa dibuka,kalau di klik hanya muncul tulisan “sayangnya google playstore telah berhenti” & “sayangnya setelan telah berhenti”,tanpa bisa masuk samasekali,bagaimana cara mengatasinya yang paling mudah?

  26. imam berkata:

    Mas cara menghapus canche dan tiba tiba foto dan vidio saya tidak ada. Padahal saya tidak hapus. Solusinya dong

  27. Barkah Yubehar berkata:

    Mas,saya hapus cache tersembunyi melalui aplikasi cleaner ngga bisa2..caranya restart itu bagaimana?alhamdulillaah playstorenya sdh bisa dibuka kembali,kemarin sy hapus dr hp trus sy install ulang melalui apa ya kemarin lupa.. Tp untuk setelan masih saja tetep belum bisa dibuka samasekali. Tolong bantu penyelesaianya

  28. fredi berkata:

    mas gimanani abis di start koc ada tulisan “sayang sekali,proses com,android,systemui telah berhenti .kasih tau dong mass tolong

  29. Ade putra berkata:

    Mass saya salah hapus aplikasi sehingga tidak dapat melihat penyimpanan di pengaturan dan foto saya terhapus dan tidak bisa foto jadi kira kira saya harus apa mass supaya bisa.menyimpan foto lagi san buka penyimpanam tidak terjenti lagi

  30. sltm berkata:

    Bang kenapa setelan aku hilang sudah di hard reset belum bisa

  31. eci berkata:

    ka mau tanya,, kenapa setelan pengaturan di hp saya tidak bisa di buka,, ikon nya mlah berubah jadi gambar robot,,
    udah saya reset tpi masih blum bisa.. itu knpa ya?

  32. Basiroh berkata:

    Kak, mo nanya nich, saya beli baru hp samsung galaxy J2 prime, saya pakai aplikasi dana tidak bisa, ada tulisan hp “root”. Kmudian sering muncul “sayang pengaturan telah berhenti”. Sudah saya coba ke kembali pengaturan awal, sudah saya bawa ke conter belum bisa jg,
    Sebaiknya saya harus bagaimana kak?
    Trimakasih sebelumnya ya kak,

  33. Aep berkata:

    Assalamualaikum …
    Mau tanya mass saya punya hp Advan s50k tapi tiba tiba pengaturan nya hilang tidak bisa ditemukan ….
    Udah di root gabisa mass mohon solusinya dong….
    Terimakasih

  34. M.azis. berkata:

    Om semua aplikasi saya mati .kalau di buka pengaturan gak bisa malah ada pengenal wajah sama masukan password.password saya gak tau . terus kalau gak bisa lupa password bunyi Mulu .gimana tu om
    . terimakasih.

  35. Sesari berkata:

    Halo mas. Hp saya samsung seri a8 star. Saya mau uninstall salah satu app game saya , waktu buka setting -> app -> game, langsung ke direct ke hapus cache, waktu diback 1x masih tetap dihalaman tsb. Pdhal kan harus nya setelah klik app game itu ada pilihan uninstall dan force stop. Sudah saya resrt+lepas sim card jg. Solusinya? Mohon infonya. Tq.

  36. Annie Kurnia berkata:

    Kak cara ngebuka setelan hp xiomi yang terkunci pola gmna
    Setiap kali mo buka setelan ada tulisan masukkan kunci aplikasi
    Solusinya dong kak
    Please