6+ Cara Mengatasi Setelan / Pengaturan Tidak Bisa Dibuka di HP Android

51

Dianisa.com – Memperbaiki Pengaturan Android Tidak Bisa Dibuka dan Error. Setelan atau Pengaturan Android berfungsi untuk mengatur bagian – bagian terpenting yang anda di Android, seperti misalnya pengaturan bahasa, Koneksitifitas, aplikasi, Penyimpanan, Baterai, Keamanan, tanggal dan waktu, akun terkait, dan lainnya yang pasti sangat penting.

Jika Pengaturan Android tidak bisa dibuka atau berhenti tiba – tiba maka pengguna akan kesulitan dalam mengatur dan merubah setelan Android.

Beberapa pesan error terkait menu Setelan yang bermasalah seperti Unfortunately, Setting Has Stopped, Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti, “Unfortunately, com.android.settings Has Stopped”, “com.android.settings Telah Berhenti”, “Sayangnya, Setelan Telah Berhenti”, Sayangnya, proses.com.android.setting Telah Berhenti, Sayangnya, Setelan Tidak Menanggapi, “Maaf, Setelan Telah Berhenti”, “Setelan Terus Berhenti”, “Sayangnya, Setelan Terhenti”, dan lainnya yang mungkin bisa sedikit berbeda.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi Menu Setting Tidak Bisa Dibuka

yang saya katakana diatas bahwa setiap pengguna memiliki masalah yang berbeda – beda dan untuk metode yang dilakukan juga akan berbeda – beda.

Setelan yang Macet Atau Berhenti Tiba – Tiba itu dapat diartikan bahwa sistem Android anda sedang mengalami kerusakan atau error. Untuk mengatasinya, anda bisa coba menghapus data setelan, Factory Reset, atau yang lebih ekstrim yakni Flashing Android.

1. Matikan Smartphone

Cara pertama, cobalah untuk mematikan smartphone android anda, lepaskan SIM Card dan juga SD Card. Setelah itu pasang dan nyalakan kembali smartphone anda.

Dengan ini diharapkan masalah pada smartphone anda dapat teratasi dengan baik dan bisa normal kembali.

2. Hapus Data Setelan

Bagi anda yang mengalami Masalah Pada Setelan Android muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, Pengaturan Telah Berhenti” atau “Unfortunately Setting Has Stopped” maka anda bisa mencoba untuk menghapus data aplikasi setelan.

Menghapus Data Aplikasi akan membersihkan basis data, data login, cache, History, dan pengaturan secara permanen. Cara ini bisa anda lakukan apabila anda masih bisa masuk pada menu setelan. Untuk melakukannya, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Aplikasi » tap Semua » cari aplikasi Pengaturan, kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Apabila anda tidak bisa masuk pada Setelan android sama sekali, maka terpaksa anda harus melakukan Factory Reset Melalui Recovery Mode.

3. Unroot Jika Sebelumnya Telah Root

Apabila masalah pada Pengaturan Android terjadi setelah anda melakukan root, maka lebih baik anda lakukan unroot sekarang juga. Kemungkinan root yang anda lakukan meninggalkan bugs pada sistem Android sehingg terjadi error berkelanjutan.

Akses root memang terkadang dilakukan oleh sebagian pengguna Android yang ingin mendapatkan control penuh untuk melakukan perubahan pada sistem, namun disisi lain jika terjadi kegagalan membuat sistem terjadi masalah atau muncul pesan error.

4. Bersihkan Cache, Basis Data, & Boost RAM

Jika masih memungkinkan, anda bisa gunakan Aplikasi Cleaner bawaan atau pusat keamanan yang tujuannya untuk Membersihkan Cache, file temporary, history, virus, serta melakukan Boost pada RAM Android.

Sebagai contohnya, anda bisa melihat langkah – langkah menggunakan aplikasi keamanan dibawah ini yang saya lakukan pada perangkat Xiaomi.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang anda miliki. Setiap smartphone Android memiliki bentuk icon dan nama yang berbeda – beda, namun untuk smartphone Xiaomi yang saya gunakan langsung ada pada Beranda layar berwarna hijau. Setelah anda membukanya, selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Kemudian, biarkan aplikasi aplikasi Keamanan melakukan scanning pada semua file dan aplikasi. Selanjutnya, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkannya, baik itu cache, virus, dan juga boost pada RAM.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

5. Hard Reset Melalui Recovery Mode

Factory Reset adalah Mengembalikan Smartphone Android Ke Setelan Awal atau disaat anda baru saja membeli ponsel Android itu sendiri.

Bagaimana mungkin Melakukan Factory Reset sedangkan masuk pengaturan saja tidak bisa? Jawabannya mungkin, karena Android dilengkapi dengan opsional Recovery Mode yang berguna untuk Melakukan Factory Reset tanpa harus masuk ke pengaturan Android.

Untuk masuk ke Fitur Recovery Mode, anda bisa matikan smartphone Android anda terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan.

Untuk Samsung gunakan tombol Power, Volume Atas dan Home secara bersama-sama sampai nanti masuk ke Menu Recovery Mode. Setelah masuk menu recovery mode ada beberapa pilihan seperti di bawah ini, tentu saja kamu pilih Wipe data atau Factory Reset untuk mengembalikan Android ke setelan pabrik.

  • Reboot System Now = Menyalakan ulang hp Android kamu.
  • Apply Update From Adb = Update/ flash Android dengan bantuan komputer via adb
  • Apply Update From Sdcard (External Storage) = Update/ flash Android memakai file zip
  • Wipe Data / Factory Reset = Reset Android ke setelan pabrik
  • Wipe Cache Partition = Menghapus cache yang ada di hp Android kamu.

Dari beberapa pilihan Recovery Mode, anda bisa memilih Wipe Data / Factory Reset untuk mengembalikan Android ke pengaturan pabrik. Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk menggeser dari atas ke bawah, atau dari bawah keatas.

Gunakan juga tombol Power untuk memilih menu yang anda inginkan. Setelah anda memilih Wipe Data/ Factory Reset, anda bisa tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai dan berhasil.

Sekedar Share,

Setiap Smartphone Android biasanya untuk Masuk Pada Menu Recovery Mode berbeda – beda, maka dari itu coba anda cari di Google cara masuk Recovery Mode sesuai dengan merek smartphone Android yang anda miliki. Apabila ketemu, maka anda bisa gunakan cara tersebut.

6. Install Ulang Sistem Android

Jika dengan Factory Reset tidak membuahkan hasil sama sekali, dan setelan tetap error maka cobalah untuk Flashing Android sesuai dengan merek android yang anda gunakan.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan anda mengunduh sistem Android sesuai dengan merek android yang anda gunakan dan install melalui Recovery Mode pada pilihan Apply Update From Sdcard (External Storage) atau bisa via ADB Sideload (Flashing Via Komputer).

Flashing Android juga bisa dilakukan lewat komputer atau pc, semisal bila kamu pakai Android Samsung bisa pakai ODIN atau KIES, pengguna LG bisa coba menggunakan LG Flashtool, PC Companion apabila handphone kamu adalah Sony, sedangkan untuk handphone Android lainnya bisa coba pakai Flashtool.

Kesimpulan,

Solusi yang saya berikan diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti ASUS ZenFone, PadFone, ROG, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Lenovo, Xiaomi, VIVO, NEXUS, SONY, NOKIA, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Haier, Luna, Smartfren Andromax, Micromax, dan lainnya.

Setiap pengguna mengalami masalah yang berbeda – beda, bisa saja muncul pesan error, macet, atau tidak bisa dibuka sama sekali.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai Pengaturan Tidak Bisa Digunakan & Error, semoga bisa membantu kalian semua. Jika ada pertanyaan, tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Semoga membantu!

51 KOMENTAR

  1. Mas.. mohon bantuanya.. kenapa y hp saya tidak bisa mendownload file apapun.. tulisan mulai mendownload ada.. cuma notifikasinya di bar tidak ada dan juga file yg di download gak jalan di tungguin filenya ga masuk2.. bimbinganya mas

  2. Mas,playstore dan setting hp saya tidak bisa dibuka,kalau di klik hanya muncul tulisan “sayangnya google playstore telah berhenti” & “sayangnya setelan telah berhenti”,tanpa bisa masuk samasekali,bagaimana cara mengatasinya yang paling mudah?

  3. Mas,saya hapus cache tersembunyi melalui aplikasi cleaner ngga bisa2..caranya restart itu bagaimana?alhamdulillaah playstorenya sdh bisa dibuka kembali,kemarin sy hapus dr hp trus sy install ulang melalui apa ya kemarin lupa.. Tp untuk setelan masih saja tetep belum bisa dibuka samasekali. Tolong bantu penyelesaianya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here