9+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti” di HP Android

25

Dianisa.comAplikasi Messenger seperti Pesan merupakan salah satu aplikasi bawaan Smartphone dan Tablet Android yang sangat penting untuk memaksimalkan kebutuhan komunikasi harian kita.

Dengan pesan, pengguna bisa berkirim pesan singkat atau text sesuai dengan tujuan yang ada. Berbeda pada aplikasi messenger online, aplikasi pesan lebih mengutamakan pada pulsa dan gratisan SMS harian atau mingguan.

Sayangnya, sebagian pengguna Android mengeluh karena aplikasi pesan yang di miliki terjadi Masalah Atau Muncul Pesan Error.

Beberapa pesan error yang muncul pada perangkat Android diantaranya seperti “Sayangnya, Perpesanan Telah Berhenti”, Sayangnya, Pesan Tidak Menanggapi, Maaf, Pesan Telah Berhenti, “Sayangnya, Pesan Terus Berhenti”, “Sayangnya, Pesan Terhenti”, “Unfortunately, Message Has Stopped”, dan lainnya yang mungkin sedikit lebih berbeda.

Masalah Pada Smartphone

Masalah Pesan Android

Mengatasi Muncul Pesan Error Aplikasi Pesan

Sebenarnya, masalah semacam ini sudah banyak terjadi pada setiap perangkat Android, namun biasanya tidak melulu pada satu aplikasi saja, bisa saja pada aplikasi lain seperti Galeri, Pengaturan, Browser, Game, dan lainnya.

Setiap masalah tentu ada penyebabnya, dan biasanya menyebab mengenai aplikasi pesan tersebut terjadi karena penumpukan data, virus, Kerusakan Pada Program Aplikasi, dan lain sebagainya. Dan untuk mengatasinya, silahkan anda simak solusinya berikut ini.

1. Restart Smartphone

Metode pertama, cobalah untuk melakukan restart smartphone. Coba matikan HP Android anda, cabut SIM card dan SD card. Kemudian pasang dan nyalakan kembali Android anda.

Dengan ini diharapkan masalah pada pesan smartphone dapat normal kembali.

2. Perbarui Aplikasi Pesan

Perangkat Android biasanya terinstal aplikasi bawaan (market store). Bagian ini, anda bisa gunakan untuk update aplikasi bawaan yang terinstal di HP Android anda.

Gunakan aplikasi tersebut untuk update Aplikasi Android. Hal ini tentu sangat memungkinkan Aplikasi Pesan dapat normal dan bisa digunakan kembali.

3. Bersihkan File Sampah (Cache)

Selanjutnya, anda bisa mencoba Membersihkan File Sampah yang menumpuk pada perangkat Android anda, utamanya adalah aplikasi pesan. Dan untuk membersihkan file sampah secara total, anda bisa gunakan Aplikasi Cleaner yang bisa anda unduh secara gratis melalui Google Play Store.

Selain itu, anda juga bisa membersihkan file cache secara manual langsung pada info apl Aplikasi pesan.

Hapus Cache Aplikasi Pesan

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi “Pesan” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

4. Hapus Data Aplikasi

Cara ini biasanya ampuh dalam mengatasi aplikasi pesan yang bermasalah. Dan perlu anda ketahui bahwa menghapus data aplikasi akan membersihkan data yang bersifat sementara terhapus secara total.

Dan data yang saya maksud di sini bisa basis data, History, inbox, pesan terkirim, dan lainnya. Dan untuk Menghapus Data Aplikasi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Pesan

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi “Pesan” » Kemudian tap “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

5. Manfaatkan Aplikasi Keamanan

Jika anda pengguna HP Xiaomi, maka anda bisa manfaatkan aplikasi keamanan (bloatware). Aplikasi tersebut dapat anda gunakan untuk membersihkan cache, virus, basis data, dan juga melakukan Boost pada memori RAM.

Coba gunakan aplikasi tersebut untuk melakukan pembersihan, kemudian setelah itu lakukan restart.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang ada di HP Xiaomi anda. Aplikasi ini biasanya langsung ada pada Home Screen layar dengan icon/ logo warna hijau. Setelah dibuka, anda akan melihat tampilan (Interface) dari aplikasi tersebut. Selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, Aplikasi akan melakukan scanning pada semua file temporary. Jika scanning selesai, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkan file cache dan file temporaty lainnya.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Dan itulah metode singkat dan cepat dalam membersihkan file Cache di HP Xiaomi menggunakan aplikasi Keamanan. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X.

6. Lakukan Update OS

Coba lakukan update pada sistem operasi di HP android anda. Siapa tahu dengan ini, Masalah Aplikasi Terhenti dapat teratasi dengan baik. Biasanya, setelah melakukan update, anda akan mendapatkan fitur terbaru, tampilan yang user friendly, serta stabilitas sistem yang lebih baik.

Sebagai contohnya, berikut langkah – langkah update OS android.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Sebenarnya, ada banyak Aplikasi Perpesanan yang bisa anda gunakan secara gratis. Google Play Store menyediakan beragam aplikasi SMS atau Pesan seperti Textra, Facebook Messenger, Go SMS Pro, Hangouts, dan lainnya.

Ini bisa menjadi opsi terbaik ketika permasalah aplikasi sms sulit teratasi.

8. Unroot Smartphone

Selanjutnya, apabila masalah pada aplikasi perpesanan terjadi setelah anda melakukan root, maka kemungkinan rooting gagal dan meninggalkan bugs pada aplikasi bawaan. Jika-pun berhasil tetap meninggalkan masalah pada aplikasi tertentu.

Solusinya tentu harus melakukan unroot. Dan diharapkan nantinya dapat normal kembali.

9. Lakukan Factory Reset

Solusi terakhir yakni dengan Factory Reset Smartphone Android. Namun sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang anda miliki. Tentu, dengan metode ini semua setelan sistem akan kembali ke posisi pabrikan.

Dan nantinya anda bisa setel ulang aplikasi perpesanan.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

Kesimpulan,

Dan itulah beberapa metode yang bisa anda coba dalam Mengatasi Aplikasi Pesan Yang Muncul Pesan Error Dan Tidak Bisa Digunakan.

Terkadang, metode yang saya berikan tidak selalu berhasil pada semua perangkat Android. Jika nantinya ada masalah lain, silahkan tanyakan melalui kolom komentar.

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat mengenai Solusi Mengatasi Pesan Terhenti di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!!

25 KOMENTAR

  1. saya sudah hapus cache gak bisa juga mas…
    terus saya paksa berhenti juga gak bisa tetap aplikasi terhenti…
    bagaimana solusinya mas???
    terima kasih…

  2. Kaa ko hp asus zenfone go sudah mengikuti contoh di atas masih tetep , foto&vidio digaleri pada ilang dan gbisa buka goggle ? Solusi nya kaa tlgg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here