5+ Cara Mengatasi Kamera Depan Xiaomi Tidak Berfungsi / Hilang

Xiaomi menjadi salah satu merek smartphone yang terkenal dengan harga murahnya. Produsen smartphone asal china ini selalu hadirkan produk terbarunya dengan spesifikasi tinggi namun tetap terjangkau bagi kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah. Baru – baru ini Xiaomi hadirkan Xiaomi Mi Mix Alpha yang hampir keseluruhan bodinya adalah layar.

Ini artinya, Xiaomi mulai serius dalam menghadirkan produk unggulannya, mengingat pasar murah sudah ada adiknya Redmi, sekarang Xiaomi ingin fokus pada keunggulan dari segi fitur dan teknologinya. Selain sektor bodinya yang memukau, Xiaomi Mi Mix Alpha hadirkan kamera beresolusi 108 Megapixel yang dijamin pasti keren saat digunakan mengambil foto.

Sedikit bicara mengenai smartphone Xiaomi, kali ini penulis akan mengulas seputar penyebab dan solusi kamera xiaomi hilang atau tidak berfungsi. Sebagian pengguna memang ada yang mengalami masalah semacam ini, kamera depan terkadang bertuliskan can’t connect to camera, tidak terhubung, atau bahkan ikon kamera depannya hilang.

Nah, untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dan solusinya berikut ini.

Artikel Terkait : 7+ Cara Mengatasi Kamera Xiaomi Bermasalah

Kamera Depan Xiaomi Tidak Berfungsi

Untuk smartphone Xiaomi yang banyak mengalami masalah kebanyakan pada versi lama seperti Redmi Note 5A, Redmi Note 4X, dan lebih lama lagi. Adapun untuk yang versi baru cukup jarang karena MIUI-nya pasti terbaru dan lebih stabil. Walaupun pasti ada beberapa pengguna yang juga mengalaminya.

Penyebab dari masalah ini bisa beragam, mungkin karena penumpukan file cache yang begitu banyak, aplikasi kamera yang bermasalah, atau karena modul kamera telah mengalami kerusakan. Kerusakan pada modul kamera terjadi karena banyak hal, misal terjatuh, terkena air, atau karena proses charging dengan arus yang tidak sesuai atau tidak stabil.

Untuk solusi sederhananya, berikut beberapa metode yang bisa anda lakukan …

#1. Bersihkan Cache Smartphone

Seperti biasa, anda perlu membersihkan cache pada aplikasi kamera dan sistem MIUI. Hal ini dilakukan untuk membuat aplikasi kamera bersih dari file sampah, history, cookies, dan semacamnya. Anda juga bisa menggunakan aplikasi bawaan seperti keamanan Xiaomi untuk membersihkan file cache lainnya supaya lebih maksimal.

Dan berikut langkah – langkahnya …

Bersihkan Cache Kamera Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih Kamera » Selanjutnya tap Hapus Data » kemudian Pilih Bersihkan Cache.

#2. Hapus Data Aplikasi Kamera

Jika cara pertama tidak membuahkan hasil, coba dengan menghapus data aplikasi kamera. Dengan melakukan hal ini, kamera akan kembali pada posisi default atau baru. Data yang terhapus akan lebih maksimal seperti pengaturan pengguna, cache, cookies, basis data, dan lainnya.

Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Kamera Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih Kamera » Selanjutnya tap Hapus Data » kemudian Pilih Hapus Semua Data.

Artikel Terkait : Cara Menghapus Data Aplikasi di HP Xiaomi

#3. Update MIUI Xiaomi

Informasi yang saya dapatkan dari Forum MIUI. Beberapa pengguna melakukan pembaruan terharap MIUI supaya lebih stabil dan semua bugs pada kamera hilang. Namun ada juga pengguna yang justru melakukan downgrade supaya kamera bisa digunakan kembali.

Jika anda tertarik untuk melakukan pembaruan, lakukan saja melalui opsi pengaturan Xiaomi.

Update MIUI Xiaomi
  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap Perbarui » ikuti langkah selanjutnya…..

#4. Flashing Ulang …

Jika sebelumnya anda pernah melakukan otak atik sistem seperti rooting atau Costum ROM, mungkin inilah yang mengakibatkan kamera depan bermasalah. Solusinya hanya dengan Flashing ulang dengan sistem default atau downgrade sistem ke versi sebelumnya.

Dalam hal ini, anda membutuhkan tools tambahan seperti firmware atau ROM Global Xiaomi, software flashing, fastboot mode, dan sebagainya. Coba searching di Google atau Youtube terkait penjelasan lengkap mengenai metode flashing Xiaomi.

Artikel Terkait : Cara Flash Xiaomi Redmi NOTE 5A, via SD Card & PC

#5. Bongkar Smartphone

Kemudian hal terakhir yang bisa dilakukan yakni melakukan pembongkaran dan cek bagian modul kamera apakah masih bisa digunakan atau tidak. Dalam hal ini, anda perlu menyerahkannya pada teknisi smartphone yang berpengalaman.

Resikonya sangat tinggi apabila anda melakukannya sendiri tanpa tahu komponen – komponen penting dalam dunia smartphone. Datanglah ke konter service terdekat dan tanyakan hal – hal teknis terkait masalah pada kamera Xiaomi anda.

Penutup,

Masalah pada kamera depan Xiaomi memang susah – susah gampang, mengingat setiap pengguna memiliki pengalaman berbeda – beda dalam menggunakan smartphone. Saya-pun sebagai penulis hanya bisa memberikan tips – tips sederhana yang diharapkan dapat membantu.

Sekian dari saya, jika anda punya pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)