9 Kelebihan dan Kekurangan Keyboard Mechanical

Sebagai seseorang yang berkecimpung dalam kehidupan berteknologi, Anda pastinya sudah mengenal yang namanya komputer beserta seluruh perangkatnya bukan? Misalnya saja seperti keyboard, mesin ketik ini merupakan alat terpenting dalam perangkat elektronik seperti komputer.

Khususnya bagi mereka yang bekerja sebagai penulis maupun programmer, keyboard telah menjadi salah satu komponen penting untuk menghasilkan karya yang dapat dinikmati orang lain. Dari sekian banyak jenis keyboard, salah satu tipe yang telah melekat dan nyaman dipakai banyak orang adalah keyboard mechanical.  

Lihat Juga : 15 Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Cloud Storage

Apa itu Keyboard Mechanical?

Kelebihan dan Kekurangan Keyboar Mechanical
Sumber Gambar : unsplash.com

Keyboard mechanical adalah mesin ketik yang memakai mekanisme fisik dalam menggunakannya. Keyboard jenis ini dapat diketahui dari bentuk mekanik yang terletak di bagian belakang tombol kunci sebagai desain dasar papan ketik tersebut. Selain pada bentuk fisik, keyboard mekanik juga dapat dikenali melalui suara keras yang dikeluarkan ketika mengoperasikannya.

Hal ini disebabkan oleh ketukan yang dihasilkan pengguna ketika menekan tombol kunci. Sehingga per yang berada dibalik tombol, menghasilkan gaya pegas secara berulang-ulang dan menghasilkan suara “tuk-tuk-tuk”.

Lihat Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan OS Linux

Kelebihan Keyboard Mechanical

Sebagai papan ketik dengan model dan desain yang lawas, keyboard mechanical memiliki daya tarik serta keunggulan tersendiri yang membuat banyak pengguna merasa nyaman dan betah untuk menggunakannya. Beberapa kelebihan tersebut diambil dan ditinjau berdasarkan kualitas keyboard, serta kenyamanan yang dirasakan pengguna secara umum.

1. Tahan lama

Jika Anda adalah tipe orang yang mengutamakan kualitas dan durabilitas, mungkin keyboard mechanical dapat menjadi pilihan terbaik untuk Anda beli. Pasalnya keyboard mechanical dibuat menggunakan material khusus yang telah didesain dan diuji, agar tingkat keawetan setiap tombol kuncinya mampu untuk bertahan hingga 20 sampai 80 juta ketukan. Tentunya nilai ini jauh lebih tinggi daripada keyboard jenis membran yang hanya mampu bertahan hingga 5 juta ketukan tergantung pada penggunaannya.

2. Nyaman dan mudah dioperasikan

Sebagai salah satu jenis hardware komputer keluaran awal, keyboard mechanical sangat cocok digunakan bagi mereka yang masih belajar untuk mengetik. Hal ini karena keyboard jenis ini memiliki desain tombol yang dapat dirasakan dengan jelas, sehingga menjadikannya sebagai alat sempurna untuk pengetikan yang presisi dan akurat.

3. Stabil dan solid

Berkat desainnya yang kokoh dan dapat diandalkan, keyboard mechanical sangat pas digunakan untuk pekerjaan jangka panjang. Misalnya seseorang yang memang membutuhkan kestabilan jari tangan yang mantap saat bekerja. Selain itu keyboard mechanical juga berfungsi sebagai stress relief bagi sebagian pengguna. Mengingat keyboard ini memiliki efek yang sama ketika di klik dalam memecahkan bubble wrap untuk melepaskan dopamine pada otak manusia sebagai penghilang stress.

4. Pilihan terbaik untuk gaming

Mayoritas gamer di seluruh dunia lebih suka menggunakan keyboard bertipe mechanical karena lebih taktis, presisi tinggi, tahan lama dan memiliki respons sensor yang cepat. Dikutip dari hp.com, menyatakan bahwa ketukan tombol yang dihasilkan keyboard mechanical nyaman digunakan untuk jari sehingga mampu memberikan para gamer kualitas pengalaman bermain game yang sempurna.

5. Variasinya beragam

Berdasarkan dari karakteristiknya keyboard mechanical memiliki beberapa variasi pilihan seperti Linear, Tactical, dan Clicky. Ketiga jenis tersebut disesuaikan menurut kebutuhan pengguna yang memang beragam dan berbeda beda. Contohnya saja:

  • Linear – Tipe linear menonjolkan sisi simpel dari sebuah keyboard dengan memberikan pengguna pengalaman yang sama ketika menggunakan papan ketik pada umumnya, namun Anda tidak akan menemukan suara atau noise yang mengganggu ketika menggunakan keyboard mechanical jenis linear. 
  • Tactical – Jenis tactical merupakan keyboard mechanical yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Keyboard ini akan mengeluarkan suara ketika pengguna menekan tombol pada poin yang tepat.
  • Clicky – Bisa dibilang jenis Clicky merupakan tipe keyboard yang sensitif. Yang dimaksudkan sensitif adalah respons ketukan tombolnya yang cepat, pengguna dapat langsung mengetik tulisan pada layar komputer tanpa harus menekan tombol keyboard dengan keras. Sederhananya tipe Clicky dapat langsung merespons ketikan tombol dari pengguna meski dengan ketukan yang halus.

Lihat Juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Windows

Kekurangan Keyboard Mechanical  

Meskipun keyboard mechanical mampu memberikan daya tarik tersendiri kepada para pengguna komputer, tetap saja keyboard jenis ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan ulang bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dalam aspek tertentu dalam menggunakan keyboard. Beberapa kekurangan tersebut seperti:

1. Kualitas barang tergantung pada harga

Saya rasa alasan ini termasuk salah satu poin yang paling umum disebut apabila hendak membeli barang elektronik. Meski alasannya cukup umum, namun faktor kualitas tergantung harga memang benar adanya. Dengan kata lain bagi Anda yang memang hendak membeli perangkat komputer, ada baiknya untuk melakukan survei informasi di internet agar mendapatkan barang dengan harga yang sesuai dengan isi dompet.

Jangan tergiur dengan harga murah yang ditawarkan oleh penjual, terutama ketika Anda berbelanja online. Kecuali Anda telah menemukan banyak review serta feedback positif dari pembeli lain. Mengingat barang yang dijual secara murah pasti ada banyak kekurangannya daripada kelebihannya, karena lebih baik menghindar di awal agar tidak menyesal di akhir.

2. Suara yang bising

Mungkin faktor suara ketikan keyboard adalah hal yang biasa bagi sebagian orang. Namun untuk beberapa pengguna tertentu, suara seperti ini dapat menjadi suatu masalah yang mengganggu. Hal ini biasanya dipicu oleh Misophonia, gejala ini sendiri merupakan sebuah sindrom yang membuat seseorang memiliki respon serta reaksi negatif terhadap suara tertentu.

3. Kurang ergonomis

Apabila sudah terbiasa memakai keyboard lama Anda dengan jam terbang panjang, maka akan sedikit sulit untuk membiasakan diri dalam menggunakan keyboard baru. Pasalnya tidak semua keyboard mampu memberikan kesan yang benar-benar sama dengan keyboard yang telah lama dipakai oleh pengguna. Terlebih apabila Anda menggunakan keyboard tersebut untuk menulis, bermain game, bekerja, dll. Maka Anda membutuhkan kenyamanan tertentu untuk terbiasa dalam menggunakan keyboard baru.

4. Lemah dalam segi fleksibilitas

Keyboard mechanical memiliki ukuran yang panjang dan berat, tentunya hal ini menjadi poin minus bagi Anda yang membutuhkan papan ketik cadangan yang ringan dan mudah dibawa ke mana-mana. Apabila Anda menemui masalah seperti ini, ada baiknya untuk membeli keyboard karet fleksibel USB. Di mana keyboard tersebut memang didesain agar mudah digunakan dalam keadaan mendesak, meskipun kualitasnya sendiri jauh di bawah keyboard mechanical.

Lihat Juga : 16 Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Android

Kesimpulan,

Apabila aktivitas Anda dalam bermain komputer ialah bermain game, menulis, mengkoding dan sejenisnya maka keyboard mechanical adalah tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun perlu diketahui, bahwa Artikel kelebihan dan kekurangan keyboard mechanical ini dibuat sebagai referensi dalam menemukan jenis keyboard yang sesuai dengan proporsi kebutuhan Anda sebagai pengguna komputer. Tentu saja pilihan dalam membeli keyboard yang diinginkan tetap berada di tangan Anda sendiri.

Kenapa keyboard mechanical lebih unggul dibandingkan jenis keyboard lainnya?

Hal ini karena desainnya yang solid sehingga mampu memberikan pengguna kenyamanan dalam melakukan aktivitas kerja maupun bermain dibalik layar komputer. Selain itu keyboard mechanical dengan struktur penempatan tombol yang presisi dapat memberi pengguna ketepatan dalam mengetik tanpa harus melihat tombol yang di tekan.

Apakah keyboard mechanical cocok untuk gaming?

Keyboard Mechanical lebih taktis, presisi tinggi, tahan lama dan memiliki respons sensor yang cepat, sehingga cocok digunakan untuk gaming.

Kenapa keyboard mechanical mahal?

Hal itu karena semua komponen dan pemasangan yang digunakan untuk membuat keyboard mechanical tergolong rumit dan mahal, sehingga faktor ini adalah alasan utama mengapa keyboard mechanical dihargai lebih mahal.

Apakah saya membutuhkan keyboard mechanical?

Bagi Anda yang kesulitan dalam mengetik dengan cepat tanpa kesalahan, keyboard mechanical dapat menjadi pilihan yang bagus untuk dibeli. Desainnya yang taktis mampu meningkatkan presisi Anda dalam mengetik menjadi jauh lebih mudah. Anda akan tahu perbedaan sensasinya ketika telah mencobanya sendiri.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.