6 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Tersambung Ke Internet

10
1696

Dianisa.com – Cara Mengatasi HP Android Yang Tidak Bisa Terkoneksi Ke Internet. Internet merupakan salah satu sarana hiburan yang paling mengasyikkan dan seru di era modern sekarang ini. Tiap hari pasti kita menggunakan layanan Internet, baik itu Chatting, Browsing, Main Sosmed, atau Game Online. Namun, terkadang kita mengalami masalah dengan smartphone atau tablet Android kita yang tidak bisa tersambung ke jaringan Internet. Jika hal tersebut benar – benar terjadi tentu saja kita merasa sangat kesal, sedih dan bingung, terlebih jika kita adalah pengguna Internet aktif yang memang membutuhkan smartphone android sebagai tempat bekerja atau berbisnis secara online.

Baca Juga :

Kenapa Smartphone Android Saya Tidak Bisa Tersambung Ke Internet? Pertanyaan seperti ini terkadang muncul dari pengguna android yang mengalami masalah pada smartphonenya yang tidak bisa tersambung ke Internet, baik itu menggunakan paket data ataupun Wifi. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan Android tidak bisa terkoneksi ke Internet, dimulai dari paket data internet yang telah kadaluwarsa, file cache yang tidak pernah dibersihkan, tanggal dan waktu yang belum disetting, serta faktor penyebab lainnya yang masih banyak lagi. Dan berikut Beberapa Tips Cara Mengatasi Android Yang Tidak Bisa Tersambung Ke Internet.

Mengatasi HP Android Yang Tidak Bisa Connect Internet

Untuk mengatasi masalah Smartphone atau Tablet Android yang tidak bisa terhubung ke Internet, sebenarnya ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Metode yang saya berikan kali ini terbilang sangat sederhana dan simple. Tidak bisa dikatakan 100% berhasil, namun setidaknya anda coba terlebih dahulu dan nantinya anda bisa meliihat hasilnya. Langsung saja, simak Langkah – Langkah Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek Internet berikut ini.

Metode 1 : Atur Tanggal dan Waktu

Pengaturan Tanggal dan Waktu yang salah sebenarnya sangat berpengaruh pada ponsel Android anda. Tanggal menjadi prioritas untuk memastikan HP Android anda bisa terhubung ke Internet. Pastikan anda melakukan setting secara benar pada tanggal dan waktu di Android anda. Untuk melakukan pengaturan pada tanggal dan waktu, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Setting Tanggal dan Waktu

 

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Tanggal dan Waktu » Kemudian anda bisa melalui untuk mengatur tanggal dan waktu di HP Android anda. Atur secara otomatis agar hasilnya bisa sesuai dengan jaringan operator anda.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 2 : Pancing Sinyal Operator

Untuk metode kedua yakni anda bisa memancing sinyal operator agar tanggalan sinyal yang didapat jauh lebih baik dan lebih optimal. Menariknya, cara ini mampu membuat sinyal yang sebelumnya lemah menjadi lebih kuat karena telah diperpabarui dengan sinyal yang baru. Dan untuk melakukan pancingan pada Sinyal operator, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Mode Pesawat Android

 

  • Buka menu Pengaturan » tap pada “Mode Pesawat”. Tunggu selama beberapa menit baru nantinya anda matikan kembali Mode Pesawat tersebut.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 3 : Menambah atau Mengganti APN

Biasanya APN akan dibuat secara otomatis oleh smartphone android anda sesuai dengan kartu SIM yang dipasang, tetapi tidak ada salahnya jika anda menambah atau mengganti APN secara manual. Untuk cara menambah atau mengganti APN, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Setting APN Android

 

  • Buka menu Pengaturan » SIM Ganda dan Jaringan Seluler » SIM1 » Nama Titik Akses (APN) » Tap pada icon “+”, » tambahkan “APN”. nantinya anda akan melihat pilihan APN sesuai dengan provider SIM yang anda gunakan, pilih salah satu dari APN tersebut, atau jika mau anda bisa membuat sendiri.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Metode 4 : Bersihkan Cache Memori

Apabila anda tidak pernah menghapus cache memori, sebaiknya anda bersihkan agar tidak menumpuk terlalu banyak. Gunakan aplikasi Clean Master atau aplikasi semacamnya untuk membersihkan cache memori tersebut. Untuk cara manualnya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini dan untuk cara yang lebih cepat, anda bisa baca lebih lanjut pada link – link yang ada.

Hapus Cache Aplikasi

 

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode 5 : Matikan dan Nyalakan HP Android

Matikan smartphone android anda, kemudian lepas baterai, sim card, dan memori eksternal. Diamkan kurang lebih 10 detik, kemudian pasang kembali baterai, sim card, dan memori eksternal. Cobalah untuk menyalakan kembali. Semoga dengan cara ini, Smartphone Android anda bisa normal kembali dan bisa digunakan untuk akses internet, terutama untuk akses sosial media, youtube, dan browsing. Selamat mencoba!!

Android Terhubung Ke Wifi Tetapi Tidak Bisa Akses Internet

Untuk mengatasi masalah android yang sudah terhubung ke wifi tetapi tidak bisa akses internet, anda bisa mencoba menggunakan aplikasi WiFix. Aplikasi tersebut dapat membantu anda mengatasi masalah yang sedang anda alami. Jika tertarik, anda bisa mengunduh aplikasi WiFix melalui Google Play Store secara gratis.

Download WiFix Via Google Play Store

Dengan adanya metode – metode mengatasi HP Android yang tidak bisa terhubung ke Internet diatas, semoga nantinya bisa berhasil dan tidak terjadi masalah lagi. Saya sarankan jika nantinya tetap tidak bisa konek internet, anda bisa bertanyata melalui kolom komentar atau langsung bawa ke service center biar ditangani dengan orang – orang yang lebih ahli.

Baca Juga :

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Android Yang Tidak Bisa Tersambung Ke Internet, semoga bisa membantu dan bermafaat bagi semua pengguna android. Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar atau hubungi melalui fanspage Facebook Dianisa. Terima kasih dan selamat mencoba!!

ARTIKEL TERKAIT :

10 KOMENTAR

  1. Min saya mengalami masalah dengan HP Oppo A37, saya bingung padahal smartphone ini sudah tersambung dengan Internet (Data seluler aktif) dan sinyal sangatlah bagus, namun beberapa aplikasi online mengatakan bahwa smartphone saya tidak tersambung dengan internet. Padahal Kuota ada, dengan Wifi sudah di coba juga tetap saja hasilnya nihil. Padahal sinyal Wifi/Data seluler sangat bagus.
    Namun tetap aplikasi di Smartphone mengatakan “Anda Offline”, anehnya bukan satu aplikasi tapi banyak sekali.
    Jadi karena itu saya bingung. Kalau tahu apa penyebabnya ya min? Tolong pencerahannya.
    Sangat berterima kasih kalo ingin membantu.

  2. Saya memakai Sony Xperia C dengan provider 3 ( TRI ), masalahnya disini adalah Koneksi internet hanya bisa terhubung dengan aplikasi chatting seperti Whatsapp, Line, dll. Tetapi ketika digunakan untuk membuka Instagram, youtube, web browser sama sekali tidak ada koneksinya, itu gimana ya? makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here