6+ Peluang Usaha Sampingan Cocok Untuk Karyawan dan Mahasiswa

Melihat peluang bisnis yang semakin banyak dan berevolusi karena perubahan zaman, tidak terpikirkah bagi kita untuk memulai dan mencoba bisnis sendiri. Jangan takut untuk memulai usaha walaupun kita masih sebagai karyawan perusahaan atau hanya seorang mahasiswa.

Lalu usaha apa yang harus dibangun selama kita masih bekerja sebagai karyawan atau mahasiswa, hanya ada satu peluang, “usaha sampingan”. Mengapa? Dengan usaha sampingan kita bisa belajar berbisnis serta mendapat pemasukan tambahan. Banyak sekali peluang usaha sampingan yang bisa dilakukan dalam keseharian.

Yang perlu dilakukan adalah menyisihkan sedikit uang dari gaji ataupun ongkos kita sehari – hari setelah uang terkumpul kita gunakan sebagai modal awal untuk membeli bahan pokok dan alat usaha yang dibutuhkan nantinya.

Jika kita berani memulai usaha dari nol kita akan belajar kiat – kiat apa saja yang harus dimiliki seorang wirausaha. Usaha sampingan juga dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

Peluang Usaha Sampingan

Berikut adalah beberapa rekomendasi peluang usaha sampingan yang bisa anda coba jalankan. Pilih salah satu jenis usaha yang cocok dengan potensi diri anda …

#1. Menjual Pulsa Elektrik

Jualan Pulsa
Sumber Image : blog.kpay.id

Jika kita mau bicara bisnis sampingan yang paling murah dan dapat dilakukan semua orang, jualan pulsa dan paket data pilihannya. Mengapa demikian, karena jualan pulsa tidak membutuhkan modal besar, hanya sekitaran 100 – 200 ribu saja anda sudah bisa memulainya.

Lumayan kan, anda bisa dapatkan keuntungan seribu sampai 10 ribu perhari, bisa buat penghasilan tambahan. Anda-pun juga tidak akan terikat waktu, mau dimanapun dan kapanpun anda mau, jualan dapat dilakukan.

Terlebih jika anda punya relasi cukup luas dengan teman kantor, mahasiswa, organisasi dan lainnya maka tentu ini jadi nilai plus dalam bisnis anda. Anda-pun bisa mulai mempromosikan jualan pulsa via status, grup, dan semacamnya sehingga nanti apabila teman anda butuh pulsa maka bisa langsung tanya ke anda.

Bagaimana cara memulainya? Pertama, siapkan modal dan cobalah untuk mendaftar ke agen penyedia pulsa. Beberapa agen online yang bisa saya rekomendasikan yakni kudo.co.id, duta-pulsa.co.id, portalpulsa.com, payfazz.com, dan masih banyak lagi.

#2. Membuka Jasa Desain Grafis

Jasa Editing
Sumber Image : sfstudio.tk

Jasa desain grafis merupakan usaha yang sangat cocok sekali bagi mahasiswa yang menyukai desain atau mahir menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan CorelDraw. Terlebih jika anda adalah mahasiswa multimedia atau DKV maka tentu ini berasa jadi makanan sehari – hari.

Jasa desain tidak harus offline, karena bagaimana-pun offline sudah di dominasi oleh percetakan, fotocopy, dan semacamnya. Cobalah kejar di online, dimana target market anda tak terbatas. Bahkan bisa jadi pendapatan anda akan jauh lebih besar ketimbang yang offline meskipun ini hanya sekedar sampingan.

Beberapa website yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan diri atau menjual hasil desain seperti fiverr.com, sribulancer.com, projects.co.id, freelancer.co.id, graphicriver.com, deviantart.com, 99design.com, dan masih banyak lagi.

So, coba asah kemampuan anda dan temukan inspirasi desain dari website – website tersebut.

Aplikasi Bisnis Terkait

#3. Membuka Usaha Printing dan Fotocopy

Printing dan Fotocopy
Sumber Image : pojokbisnis.com

Selain jasa desain, opsi lain yang bisa anda coba yakni usaha printing dan fotocopy. Usaha ini akan sangat cocok untuk anda yang sedang kuliah, mengingat, mahasiswa pasti membutuhkan jasa ini untuk mencetak tugas – tugas yang diberikan dosen.

Kan saya tidak punya tempat untuk mendirikan percetakan? Tenang saja, anda tidak perlu mendirikan percetakan, cukup di kos atau di rumah dan peluang usaha ini bisa anda lakukan sembari kuliah. Atau untuk jasa fotocopy tidak perlu anda lakukan, cukup printing saja yang nantinya anda tinggal siapkan printer dan kertas A4.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Anda tinggal promosikan saja ke teman – teman kuliah anda via status, grup, organisasi, dan lainnya. Nanti jika ada teman yang butuh bantuan printing, mereka bisa menghubungi anda.

Hal ini tentu akan mempermudah anda dan teman – teman anda, tidak perlu keluar atau ke tempat percetakan untuk mencetak tugas.

Sangat sederhana dan mudah dalam mendapatkan pelanggan. Agar lebih menarik, anda bisa berikan diskon apabila mereka mencetak banyak halaman atau dokumen.

Misal, ketika mereka ingin mencetak proposal skripsi yang begitu banyak, maka tentu dengan memberikan diskon justru akan sangat memikat.

#4. Bisnis Kuliner Makanan dan Camilan

Bisnis Kuliner
Sumber Image : foodizz.id

Rekomendasi selanjutnya, yakni bisnis makanan dan cemilan. Tentu tidak masalah jika anda adalah seorang karyawan ataupun mahasiswa sekaligus untuk mencoba memulai bisnis yang satu ini.

Saran penulis, tips memulai bisnis kuliner ini yang utama yaitu gali terus keahlian memasak anda, kemudian mulailah memperhatikan apa saja jenis makanan sehat dan mudah di nikmati semua kalangan orang, lalu buatlah rancangan mengenai makanan atau camilan yang akan dijual dari bentuk, rasa, dan jenis sampai kemasan produknya.

Setelah menentukan produk makanan untuk bisnis kuliner ini, mulai mengkalkulasi modal untuk memulai bisnis anda. Untuk masalah modal usaha sampingan yang satu ini, gunakan budget yang sesuai dengan penghasilan anda perbulan-nya agar tidak mengganggu dana operasional anda.

Artikel Terkait

Hal yang perlu di garis bawahi dari bisnis kuliner yaitu cita rasa makanan, jika anda membuat kuliner makanan atau camilan yang enak, sehat dan khas pastinya akan banyak peminatnya.

Tidak harus makanan berat? Bisnis kuliner tidak harus makanan berat seperti nasi atau semacamnya. Dan bahkan anda-pun tidak harus membuatnya sendiri, anda bisa order dari tempat lain yang kemudian nanti anda bisa jual kembali.

Bagaimana cara promosinya? Sangat mudah, sama seperti sebelumnya karena sekarang ini adalah era-nya sosial media. Maka manfaatkan itu sebagai media promosi, entah via WhatsApp, Instagram, Facebook, teman kantor, kampus, dan lainnya.

#5. Social Media Influencer

Social Media Influencer Marketing Technology
Sumber Image : ideals.news

Saat ini telah terjadi perubahan era, dimana semua orang bisa terkenal, menghibur, dan menginspirasi banyak orang. Mungkin dulu kita hanya mengenal artis yang harus ikut audisi dan segala macemnya untuk bisa terkenal. Tapi sekarang tidak, semua orang bisa terkenal dengan bantuan sosial media seperti Instagram dan Youtube. Dan mereka yang terkenal di sosial media disebutnya Influencer.

Influencer adalah orang yang memiliki pengikut banyak di akun media sosial dan memiliki pengaruh kuat untuk followers mereka. Dan dominannya saat ini lebih ke artis, selebgram, dan youtubers.

Jika anda adalah seorang mahasiswa yang memiliki daya kreativitas tinggi, mampu membuat konten – konten unik dan menarik, maka cobalah untuk jadi Influencer. Yah, siapa tahu nanti bisa memiliki followers banyak dan bisa dapatkan penghasilan tambahan.

Susah? Ya, memang. Semua butuh waktu dan perjuangan. Anda-pun harus benar – benar punya ide unik dan menarik dalam membuat konten. Coba cari – cari referensi terkait peluang yang satu ini.

#6. Merintis Blog

Membuat Blog
Sumber Image : jalantikus.com

Pilihan lain, cobalah untuk merintis sebuah blog dimana anda bisa menulis konten – konten unik dan menarik seputar kehidupan masa kini, teknologi, bisnis, dan segala macemnya. Mengingat, banyak sekali orang pemuda dan mahasiswa yang mencoba membuat blog dan hasilkan pendapatan dari blog.

Bisnis sampingan membuat blog sangat menjanjikan, dimana anda bisa lakukan bisnis ini dimanapun dan kapanpun anda mau, sangat cocok untuk karyawan dan mahasiswa. Modalnya-pun sangat kecil dan bahkan bisa gratis, tinggal buat saja blog di Blogger dan mulailah menulis.

Adapun jika ingin lebih maksimal, bisa juga sewa hosting. Namun saran saya, jika anda masih baru, cobalah yang gratisan dahulu. Hal lebih lanjut, anda perlu memahami konsep dasar membangun sebuah blog, dimana anda juga harus belajar SEO, reset, analisis,dan segala macamnya.

Ada-pun pendapat, seorang blogger bisa dapatkan pendapatan dari ikan Google, Content Replacement, iklan mandiri, dan lainnya.

Penutup,

Itulah beberapa peluang usaha sampingan untuk karyawan dan mahasiswa yang bisa saya rekomendasikan, anda bisa pilih salah satu jenis peluang usaha yang cocok dengan jati diri dan skill yang anda miliki.

Jika mungkin dari anda punya ide atau peluang usaha sampingan lain, tulis melalui kolom komentar. Dan jangan lupa, bagikan artikel ini jika dirasa berguna dan bermanfaat.

Terima kasih dan selamat mencoba!

Show All Comments (1)