5 Cara Mengatasi “Sayangnya, YouTube Telah Berhenti” di HP Android

0
325

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, YouTube Telah Berhenti” di HP Android. YouTube merupakan salah satu situs dan aplikasi milik Google yang hadir untuk memaksimalkan akan pentingnya peranan video sebagai media hiburan dan pembelajaran. Sampai saat ini, YouTube tetap menjadi media streaming terbesar dan terbaik yang selalu menjadi referensi unggulan dalam mencari dan menonton video – video menarik dari para Uploader, YouTuber, dan lainnya. Bahkan saat ini, media seperti TV pun juga ikut perambah ke YouTube agar dapat memaksimalkan semua tontonan yang ada.

Baca Juga :

Mengatasi YouTube Telah Berhenti

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, YouTube Telah Berhenti” di HP Android. Pesan error bisa berbeda, semacam “Sayangnya, YouTube Tidak Menanggapi”, “Unfortunately, YouTube Not Responding”, “Unfortunately, YouTube Has Stopped”, dan lainnya. Terjadi pesan error semacam itu pada aplikasi YouTube anda tentu membuat anda galau karena tidak dapat menonton video – video menarik di YouTube.

Ada banyak hal yang membuat masalah tersebut dapat terjadi seperti Tumpukan File Cache, virus, perlunya melakukan update pada aplikasi YouTube, banyaknya bugs pada sistem, dan lainnya. Nah, untuk mengatasinya, ada beberapa metode sederhana yang dapat anda coba lakukan. Dan berikut Metode Mengatasi YouTube Telah Berhenti di HP Android yang dapat anda ikuti.

1. Pastikan Konektivitas Lancar

Jika Masalah Pada Aplikasi YouTube di smartphone anda terjadi karena tidak dapat online atau tidak terhubung ke Internet, pastikan konektivitas pada smartphone anda benar – benar lancar. Cobalah untuk membuka beberapa aplikasi yang sifatnya online untuk memastikannya seperti Google Chrome, Instagram, LINE, Google Play Store, dan lainnya.

Selain itu, anda juga bisa melihat Kondisi Jaringan atau kartu anda. Jikalau misalnya internet anda sering mati, maka kemungkinan provider sedang bermasalah dan anda harus menunggu selama beberapa waktu.

2. Hapus Cache Aplikasi YouTube

Menghapus File Cache Secara Rutin pada smartphone Android memang sangat dianjurkan. Hal ini untuk memaksimalkan setiap fungsi pada fitur dan aplikasi terinstal agar tidak kebanyakan sampah atau file temporary. Anda bisa Melakukan Pembersihan Cache selama seminggu sekali dengan memanfaatkan aplikasi Cleaner semacam CCleaner, Clean Master, CM Security, atau bisa juga aplikasi bawaan semacam Keamanan dan lainnya. Adapun untuk cara manual dalam membersihkan file cache, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache YouTube

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “YouTube” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Hapus Data Aplikasi YouTube

Metode berikutnya yakni bisa anda coba lakukan yakni Menghapus Data Aplikasi YouTube. Ingin sangat umum dan biasa dilakukan ketika ada aplikasi android yang bermasalah. Menghapus data aplikasi yang dimaksud adalah Menghapus Basis Data, data login, history, bookmark, cache, dan beberapa data sementara lainnya. Dan untuk melakukannya, anda bisa mengikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data YouTube

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “YouTube” » Kemudian tap “Kelola Ruang” » Lalu “Hapus Data Google Penelusuran”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Uninstal Aplikasi YouTube

Selanjutnya, anda bisa melakukan Copot Pemasangan Pada Aplikasi YouTube yang terinstal di perangkat Android anda. Tidak semua perangkat memiliki fitur ini, karena biasanya aplikasi bawaan memang tidak dapat dihapus, hanya beberapa smartphone saja yang dapat melakukannya. Penghapusannya tidak secara keseluruhan, hanya beberapa data sementara saja dan akan Mengembalikan Aplikasi YouTube ke Pengaturan Default atau Awal. Dan untuk menghapus aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstal YouTube

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “YouTube” » Kemudian tap “Copot Pemasangan” dan “OK”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Update Aplikasi YouTube

Dan untuk yang terakhir, cobalah untuk melakukan Update Pada Aplikasi YouTube langsung dari Google Play Store. Hal ini tentu akan memaksimalkan semua kinerja dari YouTube karena mendapat pembaruan terkait fitur – fitur yang dihadirkan serta menghilangkan semua bugs yang ada. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Update Aplikasi YouTube

  • Buka Google Play Store » Aplikasi & Game Saya » Buka “YouTube” » Kemudian tap “Update” untuk melakukan pembaruan.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Dengan adanya metode ini, diharapkan pesan error bertuliskan “Sayangnya, YouTube Telah berhenti” di smartphone Android anda dapat teratasi dengan baik. Adapun jika tidak berhasil, maka solusi yang dapat anda lakukan yakni dengan melakukan Factory Reset Smartphone Android anda. Dengan reset, maka semua pengaturan dan setelan smartphone akan kembali pada posisi default, dan aplikasi dapat normal kembali.

Metode diatas dapat anda coba pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawai, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya. Jika nantinya ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi Aplikasi YouTube Sering Berhenti Tiba – Tiba di Smartphone Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan terkait masalah pada aplikasi YouTube, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here