11 Software Alternatif Adobe Photoshop

Apakah anda adalah seseorang yang up to date dengan perkembangan teknologi software saat ini? Anda pastinya sudah tahu tentang kehebatan software photo editor Photoshop bukan. Jika software ini digunakan di tangan orang yang tepat, ia dapat membuat suatu karya yang akan membuat orang terkagum-kagum.

Dan berkat kehebatannya itu, Adobe Photoshop atau yang lebih dikenal dengan Photoshop, menjadi software photo editing terbaik dan terpopuler diantara yang lainnya.

Meskipun menjadi yang terbaik, Photoshop juga mempunyai titik lemah yang dapat membuat anda berpaling darinya. Salah satunya adalah faktor harga, dan spesifikasi yang cukup tinggi.

Masalah ini cukup banyak dialami oleh orang-orang yang ingin mencobanya. Nah, buat anda yang mengalami masalah ini atau masalah lain yang tidak saya ketahui, anda dapat mencoba software lain yang dapat menjadi alternatif untuk Photoshop.

Disini saya sudah menyusunkan beberapa rekomendasi software alternatif Photoshop untuk anda, dan berikut daftarnya…

Lihat Juga : 30 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik

#1. Corel Photo Paint

Corel Photo Paint
image source : 9to5mac.com

Corel Photo Paint, merupakan saudara dari software grafis editor seperti Corel DRAW, namun untuk yang ini dia lebih mengutamakan grafis pixel dibanding vector.

Kelebihan yang pertama yang akan anda dapatkan saat menggunakan software ini adalah kemudahannya saat digunakan. Dibandingkan dengan Photoshop, Corel Photo Paint sangat mudah digunakan, bahkan pemula sekalipun dapat mudah mempelajarinya.

Dalam segi kualitas sendiri mungkin software ini sedikit kalah, namun semua itu tergantung kemampuan anda dalam menggunakannya. Untuk anda yang ingin mencoba software ini, anda dapat mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. GIMP

GIMP
image source : visualmodo.com

Untuk software yang kedua ini, anda bisa mendapatkannya secara gratis tanpa perlu membayar apapun kecuali kuota internet untuk mengunduhnya.

GIMP atau GNU Image Manipulation Program merupakan software grafis berbasis pixel layaknya Photoshop. Software ini dapat anda gunakan sebagai software alternatif dari Photoshop.

Selain karena gratis, software ini juga merupakan software open-source yang dapat anda pelajari, otak-atik, atau merubahnya sesuai keinginan, tanpa perlu khawatir sama sekali.

Selain itu, software ini juga tidak memerlukan spesifikasi komputer atau laptop yang tinggi, hanya dengan spesifikasi low-end anda sudah bisa menjalankan software ini. Dengan alasan tersebut, anda bisa mempertimbangkan software yang satu ini untuk menggantikan Photoshop.

Unduk GIMP melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#3. Inkscape

Inkscape
Sumber Image : GitHub

Masih dengan rekomendasi software alternatif Photoshop, di posisi ketiga ini ada INKSCAPE merupakan software pengolah gambar yang dapat anda pertimbangkan.

Sedikit berbeda dengan beberapa software yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Inkscape ini merupakan software pengolah gambar berbasis vektor. Meskipun memiliki fungsi utama sebagai software desain grafis, namun Inkscape ini dapat anda gunakan juga sebagai software photo editing layaknya Photoshop.

Software ini memiliki keunggulan yang jarang sekali dimiliki software lainnya, keunggulan itu adalah sifat softwarenya yang bersifat FSF (Free Software Foundation). Tidak hanya itu, Inkscape juga tidak membutuhkan spesifikasi tinggi untuk menggunakannya, bahkan spesifikasi low-end bisa mengangkatnya.

Software ini juga memiliki versi portable yang dapat anda gunakan di perangkat portable anda. Jika anda tertarik dengan software Inkscape anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

#4. Paint.NET

Paint

Siapa yang tidak tahu tentang software yang bernama Paint.NET ini? Atau yang lebih sering disebut Paint saja? Software yang selalu ada di semua versi OS windows.

Mungkin selama ini anda mengira kalau software Paint yang ada di windows anda merupakan software untuk menggambar, tapi sebenarnya software yang satu ini juga dapat digunakan sebagai software photo editing.

Untuk anda yang baru saja masuk ke dunia photo editing dan masih perlu belajar, software yang satu ini bisa anda gunakan sebagai langkah awal dalam tahap pembelajaran. Selain karena mudah digunakan, software ini juga telah tersedia di windows anda, jadi tidak perlu repot-repot lagi mengunduh dari internet.

Bagi anda yang tidak memiliki software Paint, atau software anda tertinggal jauh dengan yang baru. Anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#5. Acorn

acorn
image source : flyingmeat.com

Software yang satu ini merupakan software yang hanya dapat dijalankan di perangkat MacOS , jadi untuk anda yang menggunakan OS Windows anda bisa melewatinya.

Layaknya Photoshop, software yang satu ini juga adalah software photo editor. Untuk anda para pengguna MacOS yang ingin mencari software alternatif dari Photoshop, maka software yang satu ini bisa anda pertimbangkan.

Selain karena kemampuannya dalam mengolah gambar, software ini juga merupakan salah satu software yang dikhususkan untuk pengguna MacOS. Di situasi seperti ini, biasanya sesuatu yang dikhususkan untuk satu hal itu sangat menguntungkan.

Anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#6. Pixelmator

Pixelmator Pro
image source : pixelmator.com

Sama dengan software sebelumnya, software yang satu ini juga merupakan software pengolah gambar yang dikhususkan untuk pengguna MacOS, dialah Pixelmator.

Meskipun bukan lawan yang dapat langsung menghadapi Photoshop, namun  Pixelmator juga memiliki kelebihannya tersendiri. Dalam versi terbaru software terbarunya, Pixelmator mendapatkan dukungan multi-monitor baru.

Dengan kombinasi fitur-fitur yang bermanfaat, serta kemudahan dan harganya yang murah membuat software ini dapat anda pertimbangkan untuk menjadi pengganti Photoshop.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 13 Aplikasi Presentasi Android Terbaik

#7. Affinity Photo

affinity photo
image source : affinity.serif.com

Affinity Photo merupakan software pengolah gambar berbasis vektor yang dikembangkan oleh Serif untuk perangkat OS Windows dan Mac OS. Software ini tergabung dalam grup Affinity Trinity bersama dengan saudaranya Affinity Designer dan Affinity Publisher.

Untuk anda yang sedang mencari pengganti Photoshop maka software ini bisa menjadi pertimbangan anda, akan lebih bagus jika anda juga menggunakan software dari grup Affinity Trinity lainnya untuk memaksimalkan kemampuannya.

Software ini juga memiliki tampilan interface yang mirip dengan Photoshop, yang akan memudahkan anda beradaptasi, harga yang lebih murah, performa yang lebih ringan, dan juga selection tools-nya digadang-gadang lebih baik dibanding Photoshop.

Untuk mencobanya, anda bisa mengunduhnya melalui link dibawah ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#8. Sketch

Sketch
Sumber Image : g2.com

Sketch merupakan software pengolah gambar berbasis vektor yang dikembangkan khusus untuk pengguna Mac OS.

Sketch sendiri adalah software pengolah gambar yang dapat dikatakan sebagai software professional mengingat harganya yang cukup mahal, jika dirupiahkan mungkin harganya sekitar Rp.1.400.000,00.

Dengan harga yang seperti itu, anda akan mendapatkan kemampuan editing yang sangat mulus dan ringan, ditambah dengan fiturnya yang terbilang cukup lengkap. Untuk anda yang merasa mampu dalam hal ekonomi, saya sangat menyarankan software yang satu ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. PicMonkey

PicMonkey
image source : digitoolscoupons.com

Dengan tampilan interface sederhana dan intuitif, PicMonkey menyembunyikan kehebatannya dalam mengolah gambar.

PicMonkey ini merupakan web app yang dapat anda gunakan secara gratis. Untuk menggunakan web app ini anda hanya perlu masuk ke situsnya, lalu seret gambar yang ingin kerjakan dan jadilah.

Anda juga bisa memulai dari awal dengan menggambar desain anda di black page. Software ini sangat cocok untuk anda yang hanya ingin belajar atau hanya sesekali menggunakan software photo editor.

Dan jika anda ingin mendapatkan keunggulan lebih anda bisa membayar biaya bulanan.

[Web App]

Lihat Juga : 9 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik

10. Canva

Canva
Sumber Image : fastcompany.com

Sama seperti software sebelumnya, software yang satu ini juga merupakan software yang dapat anda gunakan secara gratis hanya dengan masuk ke situsnya saja.

Canva merupakan software photo editor yang tersedia secara online dalam bentuk web app. Software ini memiliki fungsi yang cukup sederhana, bahkan pengembangnya mengklaim bahwa Canva dapat membuat desain sederhana untuk siapa saja.

Anda bisa menggunakan software ini hanya dengan masuk ke situsnya dan anda bisa memilih ingin memulai dari awal atau memasukkan gambar yang sudah ada dan mengeditnya.

[Web App]

#11. Pixlr Editor

Pixlr Web App
image source : techradar.com

Web App yang satu ini memiliki tampilan interface yang mudah dan intuitif, jika anda familiar dengan Photoshop maka anda akan mudah menggunakan web app ini.

Tentu saja, itu semua tergantung kemampuan anda dalam menggunakan software photo editing. Dengan menggunakan program ini anda akan mendapatkan banyak fitur dan dapat mengedit dengan cepat.

Web App ini dapat anda gunakan secara gratis hanya dengan masuk ke situsnya, mulai dengan awalan baru atau mengedit gambar yang sudah ada dengan menyeret gambar ke situsnya.

[Web App]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.