13 Aplikasi PDF Reader PC & Mac Terbaik

Mendengar kata PDF, hal yang pertama kali terlintas di kepala kalian mungkin sebuah berkas dokumen yang berisikan tulisan-tulisan beserta gambar yang membahas sesuatu didalamnya.

PDF atau Portable Document Format sendiri adalah sebuah format yang dibuat oleh Adobe Systems untuk keperluan pertukaran dokumen digital pada tahun 1993. PDF menjadi format utama yang digunakan di seluruh dunia untuk membagikan dokumen. Hal ini sudah tercatat pada kode ISO 32000-1:2008 pada tanggal 1 Juli 2008 silam.

Pada awal peluncurannya format PDF memiliki awalan yang cukup buruk, pemakaian dokumen berformat PDF sangat rendah. Hal ini disebabkan software pembuat, dan pembaca PDF waktu masih komersial, tidak didistribusikan secara gratis.

Namun, semenjak Adobe membagikan software Adobe Reader secara gratis penggunaan dokumen dengan format PDF menjadi lebih baik. Hal ini juga ditambah dengan kebijakan Adobe yang memperbolehkan dan membebaskan siapapun untuk membuat software PDF reader mereka sendiri tanpa harus membayar kepada Adobe Systems.

Semenjak saat itu, sekarang sudah banyak tersebar software PDF reader diluar sana yang dapat digunakan secara gratis. Nah, karena ada sangat banyak, penulis memberikan beberapa rekomendasi terbaik yang bisa menjadi referensi untuk anda semuanya.

.. dan berikut daftarnya.

Lihat Juga : 8 Cara Menggabungkan File PDF

#1. Browser Chrome

Google Chrome

Siapa yang tidak mengetahui Google Chrome? Software yang mungkin ada disetiap komputer di dunia. Chrome sendiri adalah sebuah software peramban web yang dibuat oleh Google untuk membantu pemakainya mencari sesuatu di Google.

Namun selain bekerja sebagai peramban web, tertanya Chrome juga dapat digunakan untuk kepentingan lain. Salah satunya adalah sebagai PDF Reader.

Dengan menggunakan software yang hampir ada disetiap komputer anda sudah bisa membuka dan menikmati dokumen berformat PDF. Keuntungan anda menggunakan Chrome ini adalah anda tidak perlu lagi repot-repot mencari aplikasi untuk membaca PDF, karena dengan menggunakan Google Chrome pun anda bisa melakukannya.

[Windows] [Mac] [Linux]

#2. Firefox Browser

Firefox

Salah satu saingan terbesar Google Chrome dalam pekerjaan yang sama, yakni peramban web Firefox. Selain berguna sebagai mesin pencarian data di database Internet, Firefox juga dapat anda gunakan sebagai pembaca dokumen berformat PDF.

Software peramban web ini, merupakan software yang dikembangkan oleh Mozilla Corporation dan diluncurkan pada 23 September tahun 2002 lalu.

Dengan menggunakan software peramban web Firefox, Anda akan bisa membuka dokumen dengan format PDF dengan mudah. Jadi disaat anda menemukan dokumen berformat PDF di internet saat menjelajah dengan menggunakan Firefox anda bisa langsung membukanya dengan aplikasi yang sama, tanpa harus mencari aplikasi PDF reader lainnya.

[Windows] [Mac] [Linux]

#3. Opera

Opera
Sumber Image : opera.com

Masih dengan jenis aplikasi yang sama dengan sebelumnya. Sama seperti Chrome dan Firefox yang merupakan aplikasi peramban web, Opera juga merupakan aplikasi dengan fungsi yang sama yakni, sebagai peramban web.

Dengan umur yang jauh lebih tua dibanding Chrome dan Firefox, yakni sejak 1995, Opera yang merupakan aplikasi hasil kembangan Opera Software ini adalah aplikasi pertama yang memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi di aplikasi peramban web lain.

Dengan menggunakan Opera ini Anda akan bisa membuka dan membaca isi dokumen berformat PDF dengan mudah kapanpun Anda mau. Anda juga bisa sekaligus menggunakannya sebagai mesin pencarian saat menemukan hal-hal yang tidak anda ketahui.

Dengan aplikasi yang sama, anda bisa melakukan dua kegiatan bersamaan. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan Opera.

[Windows] [Mac] [Linux]

#4. Adobe Acrobat Reader DC

Adobe Acrobat Reader DC
Sumber Image : KubaDownload.com

Yang satu ini adalah software buatan Adobe sendiri. Software ini pertama kali diluncurkan pada 15 Juni 1993 oleh Adobe Systems. Adobe sendiri juga meluncurkan seri Acrobat dalam beberapa jenis, yang satu ini adalah seri yang memiliki fungsi sebagai membaca dokumen dengan format PDF.

Kepanjangan DC sendiri adalah document cloud yang artinya software ini selalu terhubung dengan dokumen dan alat-alatnya secara online.

Selain dapat membaca dokumen PDF, Acrobat Reader ini juga dapat melakukan hal lain dengan fitur-fitunya. Beberapa diantaranya adalah, fitur converter PDF ke Word, lalu ada juga fitur yang dapat membuat anda mengisi, menandai, dan mengirim dokumen PDF.

Selain itu, anda juga dapat mengelola peluncuran software anda dan penuhi standar anda.

[Windows] [Mac] [Linux]

#5. Adobe Acrobat DC

Adobe Acrobat DC
Sumber Image : Lifewire.com

Jika Adobe Acrobat Reader memiliki fungsi utama sebagai pembaca dokumen PDF, maka software yang satu seri dengannya ini berbeda.

Adobe Acrobat DC lebih berfokus ke fungsinya sebagai pembuat dokumen berformat PDF. Sama dengan Acrobat Reader yang memiliki embel-embel DC, software yang satu ini juga memiliki embel-embel yang sama.

Selain sebagai bisa membuat dokumen PDF, Adobe Acrobat DC ini juga memiliki fitur lain yang dapat anda manfaatkan. Beberapa diantaranya adalah, convertor PDF, editor PDF, sharing PDF, dan fitur-fitur lainnya.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 8 Cara Mengubah File PDF ke PPT

#6. Nitro PDF

Nitro Pro

Nitro PDF, software yang akan membantu anda dalam segala macam urusan mengenai dokumen dengan format PDF.

Dengan banyak fitur yang bermanfaat yang dapat membantu anda, tampilan yang sederhana, perlindungan tingkat tinggi, Nitro PDF membuat anda bisa membuat, mengedit, menandai, melihat, dan melindungi dokumen PDF dengan cepat dan mudah tanpa kerumitan.

[Windows] [Mac] [Linux]

#7. Foxit Reader

Foxit Reader

Bergabung dengan bagian dari dunia yang terhubung dengan PDF Reader dari Foxit Software, Foxit Reader.

Dengan menggunakan Foxit Reader anda akan bergabung dengan ConnectedPDF yang merupakan tempat dimana Anda bisa membuat, berbagi, dan melacak dokumen PDF.

Selain itu dengan menggunakan Foxit Reader Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan sesama pengguna ConnectedPDF, mengamankan dokumen PDF anda dengan cara menandatanganinya, serta melakukan enkripsi secara mudah.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : Convert File Word ke PDF dengan Foxit Reader

#8. Microsoft Word

Microsoft Word

Siapa yang tidak mengenali software ini, software yang merupakan andalan semua pengguna komputer saat berurusan dengan dokumen ini ternyata juga mendukung format PDF.

Pada tahun 2013 kemarin, Microsoft Word mendapatkan tambahan dukungan format yang dibuka, yakni PDF. Microsoft Word sendiri adalah sebuah software yang diciptakan Microsoft dan merupakan andalan mereka dalam kategori pengolah kata.

Microsoft Word pertama kali diluncurkan pada tahun 1989 dengan harga 500 US$. Pada awalnya Microsoft Word tidak mendukung format dokumen PDF, namun pada tahun 2013 kemarin, Microsoft akhirnya menambahkan format PDF ke dalam software andalannya ini.

Dengan menggunakan software ini Anda akan mampu untuk membuat, membuka, dan mengedit dokumen dengan format PDF dengan mudah tanpa masalah sedikitpun.

[Windows] [Mac] [Linux]

#9. Sumatra PDF Reader

Sumatra PDF Reader
Sumber Image : ilovefreesoftware.com

Sumatra PDF Reader merupakan salah satu dari banyak software PDF Reader diluar sana yang dapat anda gunakan. Sesuai dengan namanya Sumatra PDF Reader merupakan software yang memiliki fungsi utama sebagai pembaca dokumen PDF.

Tidak hanya PDF, anda juga dapat membuka dokumen dengan format lain seperti epub, mobi dan format-format dokumen lainnya.

Hal yang paling diutamakan di software ini adalah kesederhanaan dan kesimpelan antarmuka softwarenya, dengan kesederhanaannya itu software ini dapat dijalankan dengan sangat ringan. Meskipun ringan Sumatra PDF Reader merupakan software yang sangat powerful saat digunakan.

Selain itu software ini juga bersifat open-source jadi anda dapat dengan bebas menggunakannya.

[Windows] [Mac] [Linux]

#10. Kofax Power PDF

Kofax Power PDF
Sumber Image : youtube.com

Kofax Power PDF merupakan software PDF Reader yang dapat anda gunakan untuk membantu dalam saat berurusan dengan dokumen PDF. Dengan menggunakan Kofax Power PDF ini Anda akan dapat membuat, mengedit, dan mengubah, serta membagikan dokumen berformat PDF dengan mudah tanpa masalah.

Selain itu, dengan software ini pekerjaan anda juga akan menjadi lebih efisien, aman, dan mulus entah anda mengerjakannya di Windows maupun di Mac. Selain itu, Kofax Power PDF juga memiliki fitur cloud yang akan membantu anda mengedit dokumen, bahkan saat anda berpindah-pindah perangkat.

[Windows] [Mac] [Linux]

#11. Nuance Power PDF

Nuance Power PDF
Sumber Image : Softpedia.com

Nuance Power PDF merupakan software PDF Reader yang dapat anda gunakan di OS Windows. Biasanya software ini digunakan oleh para pebisnis individual maupun bisnis perusahaan dalam membuat dokumen PDF untuk bisnis mereka.

Dengan menggunakan Nuance Power PDF ini Anda akan langsung mendapatkan banyak fungsi dalam satu software, mulai dari fungsi membaca, membuat, mengedit, dan membagikan. Semua dapat anda lakukan hanya dengan satu software Nuance Power PDF ini.

Selain itu, Nuance Power memiliki juga memiliki fitur lainnya, seperti pengubah format, pengatur besar file PDF, membuat tanda tangan dokumen anda, dan fitur-fitur lainnya yang dapat anda gunakan saat anda mengunduh software ini.

[Windows] [Mac] [Linux]

Lihat Juga : 7 Cara Memisahkan File PDF per Halaman

#12. Soda PDF Anywhere

Soda PDF Anywhere
Sumber Image : sodapdf.com

Masih dalam pembahasan yang sama, software kali ini hanya bisa digunakan di platform Windows saja, namanya adalah Soda PDF Anywhere.

Software ini kaya akan fitur-fitur keren dan canggih, dia juga kompatibel dengan cloud seperti Google Drive, yang akan mempermudah dalam proses pencarian dokumen anda.

Dengan lisan harga yang cukup mahal, anda dapat menggunakan Soda PDF Anywhere ini untuk kepentingan bisnis pribadi atau kepentingan bisnis perusahaan. Khusus untuk perusahaan Soda PDF Anywhere akan memberikan seluruh akses terhadap fitur yang tersedia di softwarenya.

Dengan menggunakan software ini, Anda akan dapat membuka, mengedit, menambah, dan melacak, serat mengirim dokumen PDF anda langsung dengan satu software saja.

Selain itu, jangan lupa Soda PDF Anywhere juga mendukung pemakaian cloud seperti Google Drive, DropBox, dan lain-lain yang akan memudahkan anda melakukan pengiriman dan pengunggahan dokumen yang anda inginkan.

[Windows] [Mac] [Linux]

#13. PDF Xchange Editor

PDF Xchange Editor
Sumber Image : freesoftwarefiles.com

Yang terakhir bukanlah yang terburuk, dengan membuat penggunanya dengan bebas dapat mengubah, membuka, dan mengedit, serta menandatangani dokumen PDF nya dengan mudah, software hasil kembangan Tracker Software ini sukses mengambil perhatian berkat fitur-fiturnya yang terbilang inovatif.

PDF Xchange Editor merupakan salah satu software yang dapat anda gunakan untuk mengelola dokumen PDF anda di Windows. Dengan menggunakan banyak fitur yang dapat anda gunakan, software ini dijamin akan memudahkan anda mengurus dokumen PDF anda tanpa masalah.

[Windows] [Mac] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.