5 Daftar Biaya Install Ulang Laptop, PC

Di bawah ini tersedia informasi lengkap biaya install ulang laptop dan PC terbaru

Laptop / PC merupakan salah satu perangkat yang sangat berperan penting dalam menunjang produktivitas seseorang, apalagi di era serba digital ini, seorang pelajar, mahasiswa hingga pekerja pasti membutuhkannya. Namun dibalik banyaknya fitur dan layanannya yang bermanfaat, bukan berarti Anda bisa menggunakannya dengan lancar selalu. Karena dalam beberapa kondisi tertentu, akan ada masalah error yang sering kali muncul ketika Anda menggunakannya. Di antaranya seperti blue screen, laptop lemot, freeze, hingga sering restart dengan sendirinya.

Jika masalah error sistem yang Anda alami tidak begitu rumit, mungkin hanya dengan melakukan beberapa tips tertentu di internet bisa memperbaiki permasalahan. Namun bagaimana jika laptop masih terjadi error? Maka solusi perbaikan yang bisa Anda lakukan yaitu install ulang laptop atau PC Anda. Opsi install ulang ini sering kali menjadi upaya terakhir pengguna dalam memperbaiki segala masalah error yang berhubungan dengan sistem. Selain memperbaiki masalah error yang ada pada sistem, install ulang juga memiliki manfaat lain yang jarang diketahui banyak pengguna. Misalnya seperti memperbarui sistem operasi, menghilangkan virus atau malware, hingga mempercepat kinerja laptop & PC.

Lihat Juga : 17 Daftar Biaya Servis Laptop Lengkap, Mati Total!

Daftar Biaya Install Ulang Laptop, PC

Tarif Install Ulang Windows
Sumber Gambar : windowscentral.com

Melakukan install ulang ada laptop/PC bukan lah perkara yang mudah, karena ada beberapa proses yang harus dilewati dengan benar dan berurutan. Jangankan yang masih pemula, pengguna yang sering bermain laptop/PC pun terkadang masih ragu dan lupa bagaimana caranya. Mengingat jika melakukannya secara ceroboh, sistem operasi akan mengalami gagal fungsi dan tidak bisa digunakan.

Melihat kondisi ini lah yang membuat sebagian pengguna lebih memilih jasa install ulang laptop/PC untuk menanganinya. Dengan jasa tersebut, Anda bisa memilih jenis paket instalasi sesuai kebutuhan. Selain itu biaya yang perlu Anda siapkan untuk install ulang sangat beragam, ini biasanya juga tergantung dari tempat dan ketentuan masing-masing penyedia jasa instalasi. Akan tetapi secara umum, biaya ini dimulai dengan tarif 50 ribuan untuk sekali install ulang saja (tanpa install software & settings performa).

Melalui tabel informasi di bawah ini, Anda bisa melihat jenis install ulang dan rata-rata biaya yang perlu Anda siapkan. Kurang lebih patokan harga di bawah ini hampir sama di beberapa wilayah dan toko di Indonesia.

Kisaran BiayaJenis Paket
75 – 125 ribuanInstall ulang + setting performa
100 – 150 ribuanInstall ulang + software standar
150 – 200 ribuanInstall ulang + software tambahan

1. Biaya paket install ulang standar

Install ulang yang pertama ini bisa dikatakan sebagai jenis paket yang sering kali dipilih oleh banyak pengguna. Selain karena tarif biayanya yang tidak begitu tinggi, penyedia jasa juga menawarkan settings performa pada laptop, agar sistem operasi bisa dijalankan dengan optimal ketika digunakan. Biaya yang perlu Anda keluarkan untuk jenis paket ini hanya sekitar 75-125 ribuan. Dengan harga tersebut, Anda mendapatkan berbagai macam isi dari paket selain install ulang. Di antaranya seperti OS Windows, Driver, Microsoft Office, Browser, WinRAR, DirectX, NET Framework, Microsoft Visual C++, Settings Performa Laptop, Settings Registry, dan lain sebagainya.

2. Biaya paket install ulang beserta software standar

Sedikit berbeda dengan paket install ulang biasa, melalui paket ini Anda tidak hanya mendapatkan install ulang sistem operasi saja. Namun Anda juga diberikan opsi tambahan instalasi software standar yang sering digunakan. Kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan untuk jenis paket ini yaitu 100-150 ribuan. Dan isinya sebagai berikut : OS Windows, Driver, Microsoft Office, Browser, WinRAR, DirectX, NET Framework, Microsoft Visual C++, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, CorelDraw, Media Player, IDM dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Download Game di Laptop

3. Tarif paket install ulang dengan software tambahan

Tidak jauh dengan paket sebelumnya, hanya saja yang membedakan adalah Anda bisa memilih software tambahan yang di install secara langsung pada laptop. Biaya yang ditarif untuk jenis paket ini berkisar 150-200 ribuan atau bisa lebih tinggi. Isi dari paket install ulang ini di antaranya yaitu OS Windows, Driver, Microsoft Office, Browser, WinRAR, DirectX, NET Framework, Microsoft Visual C++, SPSS, VLC, Video Converter, aplikasi edit video, hingga Game Online / Offline.

4. Tarif paket install ulang lainnya

Selain ketiga paket install ulang yang ditawarkan, terkadang ada beberapa penyedia jasa yang juga memberikan opsi lain kepada penggunanya. Contohnya seperti jasa install Dual Booting, di mana laptop diatur agar bisa menggunakan dua sistem operasi. Atau mungkin Bootcamp, yang bisa menggabungkan MacOS X dengan sistem operasi lainnya. Kisaran biaya yang diperlukan untuk jenis paket install ulang ini berkisar antara 150-200 ribuan. Sedangkan jika Anda pengguna Macbook, biaya yang perlu Anda siapkan sekitar 200 ribuan atau bisa lebih tinggi.

Lihat Juga : 10 Cara Mengaktifkan IDM (Internet Download Manager)

Penutup,

Dari sekian jenis paket instalasi Windows di atas, Anda bisa pilih salah satu opsi yang sesuai kebutuhan perangkat. Mengingat setiap versi sistem operasi memiliki spesifikasi minimum yang harus terpenuhi agar bisa berjalan dengan optimal. Dengan melihat tabel informasi tersebut, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai bahan pertimbangan atau referensi ketika ingin melakukan install ulang laptop/PC.

Kenapa laptop sering restart sendiri saat digunakan?

Biasanya kendala ini disebabkan oleh processor mengalami overheat, karena terdapat debu/kotoran yang menumpuk pada laptop. Sehingga tidak menutup kemungkinan, kinerja laptop menjadi lambat dan sering error akibat suhu yang meningkat. Selain itu RAM dan hard disk yang rusak juga bisa menjadi alasan mengapa laptop sering mengalami restart sendiri.

Bagaimana cara meningkatkan performa Windows 10?

Jika Anda menginginkan opsi paling mudahnya, Anda perlu melakukan peningkatan terhadap hardware pada perangkat, terutama di bagian RAM dan Storage HDD ke SSD. Namun jika tidak demikian, Anda harus melakukan beberapa konfigurasi untuk meningkatkannya. Anda bisa memulai dengan menonaktifkan visual efek, membersihkan sampah, menyisakan 25% dari total kapasitas penyimpanan, disable background apps, hingga menjalankan scanning dengan antivirus.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 15 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

    Berikut penyebab dan tips memperbaiki aplikasi Instagram yang tidak bisa upload foto dan video
  2. 9 Cara Mengatasi Shopee Error, Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi memperbaiki aplikasi Shopee tidak bisa dibuka di HP Android
  3. 17 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di HP Android yang dapat…