7 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

0
70

Dianisa.com – Mengatasi Aplikasi Error dan Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO. OPPO merupakan salah satu perusahaan yang berkembang pada bidang teknologi, khususunya untuk saat ini fokus pada pengembangan fitur dan keunggulan pada smartphone Android. Dibawah naungan BBK Electronics, OPPO selalu mengadirkan gebrakan yang luar biasa, baik dari segi fitur, desain bodi, kamera, serta performa yang sangat mumpuni dalam segala aktivitas multitasking. Lebihnya lagi, saat ini OPPO hadirkan varian yang begitu banyak dari F1, F3, F5, F7, F9, R11, R15, R17, hingga Find X.

Baca Juga :

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO

Masalah pada perangkat Android memang tak dapat dihindari, kebutuhan pengguna yang bermacam – macam tentunya menghadirkan masalah atau bugs yang bermacam – macam pula. Lebihnya lagi, jika pengguna banyak mengintal aplikasi yang tidak jelas sumbernya, tentu kemungkinan masalah sangatlah besar karena faktor keamanan yang kurang terjamin. Masalah yang biasa atau umum terjadi pada para pengguna perangkat OPPO seperti misalnya munculnya pesan error pada aplikasi bertuliskan “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti”, “Maaf, Aplikasi Telah Berhenti”, “Maaf, Aplikasi Tidak Menanggapi”, “Unfortunately, App Has Stopped”, dan pesan – pesan error lainnya yang masih banyak lagi. Adapun penyebabnya dapat bermacam – macam, lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

  • Penumpukan File Cache. Sedikit informasi bahwa cache berfungsi untuk menyimpan history disaat pengguna membuka aplikasi tertentu. Hal ini gunakan untuk mempercepat pengguna dalam menjalankan aplikasi di lain waktu. Namun sayangnya, penumpukan file cache yang berlebih juga dapat membuka memori internal penuh dan menjadikan sebagian aplikasi error dan lemot.
  • Virus. Perangkat Android seperti OPPO memang jarang terdeteksi Virus, namun hal ini juga dapat menjadi penyebab apabila pengguna mengunduh file atau aplikasi dari sumber yang tidak jelas. Maka dari itu, untuk lebih amannya pengguna lebih baik menginstal aplikasi langsung dari Google Play Store.
  • RAM Penuh. Space RAM yang tidak begitu besar tentunya juga bisa menjadi penyebab mengenai masalah aplikasi yang mungkin terasa berat dan memunculkan pesan error atau kesalahan. Solusinya adalah pintar – pintar dalam melakukan manajemen memori yang baik.
  • Bugs Pada Aplikasi. Kerusakan pada aplikasi tentunya membuka aplikasi tidak bisa digunakan. Ini bisa berlaku pada Aplikasi & Game yang anda instal dari Google Play Store atau pada aplikasi bawaan.
  • Butuh Update. Sebagai pengguna anda juga perlu melakukan update pada aplikasi supaya bugs dan kerusakan dapat hilang. Ini bisa anda lakukan pada Aplikasi Terinstal dan pada ColorOS HP OPPO yang anda miliki. Dan untuk lebih jelas dalam mengatasi masalah pada aplikasi, anda bisa simak solusi sederhanya berikut ini.

1. Restart Smartphone

Untuk hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan Restart Smartphone. Memang tidak menjamin akan berhasil namun tidak ada salahnya anda coba agar nantinya anda tahu hasilnya seperti apa. Adapun jika masih bermasalah, anda bisa mencoba metode berikutnya.

2. Update Aplikasi

Update pada aplikasi sangatlah perlu untuk anda lakukan, hal ini bertujuan untuk menghilangkan semua bugs atau kerusakan pada aplikasi berkat perbaikan dari Developers Aplikasi. Tidak hanya itu saja, terkadang anda juga akan mendapatkan pembaruan terkait fitur – fitur yang dihadirkan. Adapun untuk melakukan pembaruan, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Update Aplikasi OPPO

  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “NAMA APLIKASI” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

NOTE : Jika sebelumnya anda sudah melakukan pembaruan pada aplikasi atau mungkin pembaruan tidak tersedia, anda abaikan saja metode diatas.

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Selanjutnya yakni cobalah untuk membersihkan file sampah pada aplikasi. Seperti yang saya katakana diatas bahwa penumpukan file cache pada memori membuat aplikasi bermasalah dan sering lag. Anda bisa gunakan aplikasi Cleaner seperti CCleaner, Clean Master, CM Security, Keamanan pada HP OPPO, dan lainnya. Anda bisa lakukan secara rutin seminggu sekali untuk membersihkan file cache. Adapun jika anda ingin melakukannya secara manual, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Aplikasi OPPO A71

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Hapus Data Aplikasi

Selanjutnya yakni cobalah untuk menghapus data pada aplikasi di HP OPPO yang anda miliki. Dengan cara ini biasanya aplikasi yang bermasalah atau memunculkan pesan error dapat normal kembali. Data yang terhapus bersifat sementara seperti file cache, basis data, history, Bookmark, dan lainnya. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi OPPO A71

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » Kemudian tap “Hapus”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

5. Instal Ulang Aplikasi

Apabila semua cara diatas tidak membantu sama sekali, maka metode lain yang bisa anda lakukan yakni dengan instal ulang aplikasi. Pertama, lakukan penghapusan pada aplikasi, kemudian bersihkan file cache dengan aplikasi Cleaner atau Keamanan, kemudian lakukan restart pada smartphone OPPO anda. Selanjutnya, anda instal kembali aplikasi tersebut langsung dari Google Play Store. Adapun untuk menghapus aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Aplikasi OPPO A71

  • Buka menu Pengaturan » Manajemen Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI” » Selanjutnya tap “Hapus Instalasi” » Kemudian tap “OK”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

6. Update ColorOS OPPO

Selanjutnya yakni anda perlu melakukan pembaruan pada Sistem atau ColorOS di HP OPPO yang anda miliki. Ini sangat perlu untuk dilakukan, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja dan keamanan pada smartphone OPPO. Serta memperbaiki bugs atau kesalahan – kesalahan sebelumnya. Adapun untuk melakukan pembaruan, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

7. Reset Smartphone

Selanjutnya, untuk yang ketujuh, anda bisa melakukan Factory Reset atau Hard Reset pada smartphone OPPO. Hal ini bisa menjadi opsi terakhir apabila masalah pada aplikasi tidak kunjung teratasi, khususnya mungkin pada aplikasi bawaan yang suka bermasalah seperti Kontak, Pesan, Galeri, dan lainnya. Sebelum melakukan Reset, saya sarankan untuk melakukan backup pada semua data penting yang anda miliki. Dan berikut Langkah – Langkah Melakukan Factory Reset HP OPPO yang dapat anda ikuti.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kembalikan Ke Setelan Pabrik » Kemudian pilih opsional sesuai keinginan anda ….

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A71 dengan sistem operasi Android Nougat v7.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Adapun jika anda tertarik untuk Melakukan Hard Reset HP OPPO Via Recovery Mode (Coloros Recovery), anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Langkah pertama, pastikan HP OPPO R15 atau R15 Pro berada pada kondisi Off atau Mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk menu ColorOS Recovery, tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo OPPO. Setelah muncul logo, lepaskan kedua tombol dan tunggu beberapa saat maka anda akan dihadapkan pada menu ColorOS Recovery OPPO R15 atau R15 Pro.
  3. Selanjutnya, anda pilih “Bahasa Inggris”. Dan untuk melakukan Hard Reset, pilih “Wipe Data” lalu tap lagi “Wipe Data (Keep SMS, Contacts, and Photos)”. Tunggu beberapa saat sampai proses Hard Reset/ Wipe Data selesai.
  4. Dan setelah selesai, anda bisa tekan “Reboot” untuk restart Smartphone. Cukup mudah bukan!
  5. Selesai.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat OPPO seperti OPPO R9 Plus, OPPO F1 Plus, OPPO A53, OPPO A33, OPPO Neo 7, OPPO R7s, OPPO R7 Lite, OPPO R5s, OPPO Mirror 5s, OPPO Mirror 5, OPPO Joy 3, OPPO R7 Plus, OPPO Neo 5 2015, OPPO Neo 5s, OPPO Mirror 3, OPPO Joy Plus, OPPO Find 5 Mini, OPPO Yoyo, OPPO N3, OPPO N1 Mini, OPPO A83, OPPO A57, OPPO A71, OPPO A37, OPPO A39, OPPO F7, OPPO F7 Plus, OPPO F7 Youth, OPPO F5, OPPO F5 Youth, OPPO F3, OPPO F3 Plus, OPPO F9, OPPO Find X, OPPO R15, OPPO R15s, OPPO R17, OPPO R17s, OPPO A5, dan lainnya.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi Masalah Aplikasi Error dan Tidak Bisa Dibuka di HP OPPO, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan terkait masalah pada perangkat OPPO, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here