Pengertian Output Device, Contoh dan Penjelasannya

Output Device adalah perangkat keluaran yang berfungsi untuk menyampaikan dan menampilkan informasi kepada pengguna

Sebuah komputer tentunya didukung oleh beberapa jenis komponen, di mana komponen tersebut mempunyai fungsi yang cukup penting untuk membuat komputer dapat berjalan secara maksimal. Komponen komputer sendiri biasanya terdiri dari input device, output device, process device, dan lain–lain. Beberapa komponen tersebut tentunya saling bekerja sama dan berhubungan satu sama lain untuk memproses dan menghasilkan sebuah informasi.

Komputer sendiri memiliki fungsi untuk menerima dan mengolah data kemudian ditampikan dalam bentuk informasi. Kemudian informasi tersebut disampaikan pada pengguna dengan didukung oleh komponen output device pada sebuah komputer. Lalu apa itu output device dan apa saja contohnya? Simak beberapa informasi berikut ini agar Anda dapat memahami lebih dalam apa itu output device.

Lihat Juga : Pengertian Jaringan Komputer

Pengertian Output Device

Pengertian Output Device
Sumber Gambar : unsplash.com

Output device atau yang bisa disebut dengan perangkat keluaran merupakan bagian dari komputer yang berfungsi untuk menyampaikan dan menampilkan informasi kepada para pengguna. Informasi tersebut biasanya ditampilkan dalam bentuk audio, gambar, video, maupun teks.

Dengan adanya output device para pengguna juga dapat melihat, mendengar, dan memahami dengan mudah informasi yang tersedia. Output device juga merupakan komponen yang tidak dapat dipisahkan dari komputer, karena apabila tidak ada perangkat output maka komputer tidak dapat berjalan secara maksimal. Output device juga terdiri dari macam–macam jenisnya, antara lain yaitu.

Lihat Juga : Pengertian Flash Drive

Contoh Macam – Macam Output Device

Contoh Output Device
Sumber Gambar : unsplash.com

Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menampilkan hasil dari informasi yang telah diproses. Biasanya hasil tersebut ditampilkan dalam bentuk teks, gambar, ataupun video visual. Monitor memiliki beberapa macam jenis berdasarkan ukuran dan resolusi yang berbeda dalam menampilkan sebuah gambar.

Monitor juga mempunyai beberapa macam jenis misalnya monitor CRT atau yang biasa disebut dengan monitor tabung. Monitor ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan televisi tabung. Kemudian monitor selanjutnya yaitu LCD, monitor ini memiliki bentuk yang lebih ramping dan resolusi yang lebih rendah daripada CRT. Monitor LED yang memiliki konsumsi daya listrik rendah dibandingkan LCD, namun harganya lebih mahal. Dan yang terakhir yaitu monitor plasma yang memiliki kualitas gambar yang lebih baik.

Lihat Juga : 12 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik

Printer

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu perangkat keras berikut ini. Printer merupakan alat yang dapat mencetak data yang ada dalam komputer Anda. Hasil cetakan tersebut biasanya dapat berupa teks, grafik, atau bahkan gambar. Printer juga memiliki banyak jenisnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat misalnya seperti printer Dot Matrix, Laser Jet, Ink Jet, Print Thermal, dan Print 3D.

Plotter

Plotter merupakan sebuah printer khusus yang dapat menghasilkan output berupa gambar atau grafik. Perangkat keras ini juga dilengkapi dengan pena–pena yang memiliki tinta khusus untuk menggambar sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang baik meskipun dengan ukuran yang cukup besar. Plotter juga sering dijumpai pada bidang arsitektur yang sering kali berfungsi untuk mencetak berbagai gambar ilustrasi tiga dimensi yang berukuran besar, dan membuat peta. Beberapa jenis plotter yang digunakan biasanya seperti plotter pena, plotter elektrostatis, plotter thermal, dan lain–lain.

Proyektor

Proyektor adalah salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar, video, ataupun data–data yang ada di dalam komputer atau laptop pada sebuah layar ataupun dinding. Sehingga gambar ataupun video tersebut dapat dilihat oleh banyak orang secara jelas. Proyektor ini biasanya digunakan untuk menunjang presentasi, sebagai media informasi, dan juga sebagai media hiburan seperti home theater, dan lain–lain. Proyektor juga memiliki berbagai macam jenis seperti proyektor digital, proyektor LCD, CRT, DLP, LCOS, dan lain–lain.

Speaker

Speaker juga merupakan salah satu perangkat output yang paling penting bagi sebuah komputer atau laptop. Speaker dapat mengeluarkan suara atau bunyi yang berasal dari hasil pemrosesan pada komputer Anda, sehingga para pengguna dapat menangkap informasi dari komputer tersebut. Selain itu speaker biasanya juga berfungsi untuk mendengarkan musik atau video pada laptop atau komputer.

Headphone

Headphone adalah salah satu jenis pengeras suara secara pribadi yang terpasang pada kedua telinga Anda. Perangkat keras ini juga sama seperti speaker yakni menampilkan hasil pemrosesan berupa audio. Jadi ketika Anda ingin mendengarkan musik namun tidak bisa menggunakan speaker maka Anda dapat menggunakan headphone atau earphone.

Lihat Juga : Pengertian Bandwidth

Penutup,

Perangkat output memang dapat dikatakan sangat penting bagi sebuah komputer ataupun laptop. Karena perangkat tersebut yang dapat menampilkan hasil pemrosesan pada pengguna. Biasanya hasil tersebut dapat ditampilkan berupa teks, audio, gambar, bahkan video. Beberapa contoh perangkat output yang dapat Anda ketahui dan biasanya ada pada sekitar Anda yaitu seperti monitor, printer, plotter, proyektor, speaker, dan headphone.

Bagaimana cara melakukan perawatan pada output device?

Caranya yaitu dengan membersihkan layar dengan lap dan cairan pembersih khusus untuk layar monitor, menutup kembali printer setelah digunakan, dan Anda juga dapat menjauhkan speaker dari perangkat seperti monitor karena hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja speaker Anda, serta dapat merusak layar monitor tersebut.

Apa perbedaan output device dan input device?

Perangkat input mengirim informasi pada sistem komputer dan memprosesnya, sedangkan perangkat output yang menampilkan hasil dari proses tersebut.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

    Berikut link download KomikIndo apk versi lama dan terbaru 2022
  2. Download WhatsApp Plus (WA Plus) Apk v11.20 Terbaru 2022

    Berikut link download WhatsApp Plus apk terbaru 2022
  3. WhatsApp Aero v9.45 (WA Aero) Apk Download Terbaru 2022, Anti-Banned!

    Berikut link download WhatsApp Aero terbaru 2022, gratis dan anti-banned!