Pengertian Adobe Animate CC | Sejarah, Versi, Kelebihan, Fitur Utama

Bagi kalangan animator, pasti sudah tidak asing lagi dengan program Flash, dari Adobe System. Software ini dulunya digandrungi para animator untuk menciptakan grafik animasi. Sentuhan pewarnaan dan bentuk vektor yang dihasilkan berkesan lembut untuk membuat konten animasi. Software Flash maupun Macromedia Flash Profesional saat ini beralih nama menjadi Adobe Animate CC. Tidak diragukan lagi hasil proyek yang diperoleh dari program animasi ini, karena saat ini sudah mengalami pembaruan versi dan fitur-fitur terbaru dari Adobe Creative Cloud.

Nah, jika Anda penyuka animasi maupun gambar bergerak, wajib sekali mencoba program Adobe Animate. Asal Anda tahu, video animasi maupun game pada suatu website hingga plugin terkadang dibuat dari Adobe Animate CC. Tentunya banyak sekali karya animasi berbentuk grafik vektor yang bisa Anda temui dan buat di dalam program ini. Jika Anda belum begitu paham mengenai pengertian dan fitur programnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : Pengertian Microsoft Office | Jenis Layanan, Fungsi, Manfaat

Pengertian Adobe Animate

Pengertian Adobe Animate CC Adalah
Perancang AwalFutureWave Software, Macromedia
PengembangAdobe Systems
Rilis StabilVersi 2021 (21.0.1) / Desember 2020
Sistem OperasiWindows 10, Mac OS
TipeMultimedia
Bahasa PemrogramanC++, ActionScript

Adobe Animate adalah software multimedia yang berguna untuk membuat animasi, dulunya program ini dinamakan Adobe Flash dari Adobe Systems. Adobe Animate merupakan pembaruan dari versi-versi sebelumnya. Adobe Animate digunakan untuk membuat rancangan grafik vektor dan animasi untuk proyek televisi, video online, situs web, aplikasi web, aplikasi internet, bahkan ke dalam permainan video. Selain itu, program ini juga mendukung grafik raster, teks, embedding audio dan video, dan Action Script.

Format yang dapat diterbitkan dalam bentuk HTML5, WebGL, Scalable Vector Graphics (SVG) animasi dan Sprite Sheets, Format Flash Player (SWF) dan Adobe AIR. Pengembangan proyeknya juga di sebar ke aplikasi Android, iOS, Windows Desktop, dan Mac OS.

Adobe Animate merupakan program yang dapat digunakan untuk membuat web interaktif berupa animasi dengan standar CSS3, HTML5, dan juga Javascript. Pada program ini animasi bisa secara langsung dibuat dengan GUI (Graphical User Interface) tanpa ribet melakukan pemrograman. Software Adobe Animate juga membuka dukungan dengan kolaborasi software Adobe lainnya, seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop untuk mengimpor beragam aset gambar.

Kemudian pengguna juga bisa mengimpor aset suara maupun video dari Adobe Audition dan Adobe Premiere. Kemudahan akses dan kolaborasi software tersebut terintegrasi karena paket Adobe Creative Cloud. Adobe Animate menjadi keluarga dari Creative Cloud sejak pergantian namanya dari versi sebelumnya yaitu Adobe Flash Profesional.

Software ini didesain untuk merancang pembangunan web interaktif dan dinamis maupun proyek animasi dua dimensi yang Handal dan juga ringan. Karenanya Adobe Animate banyak digunakan untuk membangun dan menambahkan efek animasi pada suatu website, CD Interaktif, program televisi, animasi logo, movie, animasi game, media interaktif, screen saver, navigasi situs web, tombol atau menu animasi, banner, dan aplikasi web lainnya.

Lihat Juga : Pengertian Adobe InDesign | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Format File

Sejarah Adobe Animate

Adobe Animate merupakan pembaruan versi dari program Adobe Flash. Versi pertama dari Adobe Flash adalah FutureSplash Animator, yaitu program grafik vektor dan animasi vektor yang rilis pada Mei 1996. Pengembang FutureSplash Animator adalah FutureWave Software, merupakan perusahaan perangkat lunak kecil yang pernah mengembangkan software pertamanya bernama SmartSketch, yaitu program menggambar berbasis vektor untuk komputer berbasis pena.

Pada tahun 1995, perusahaan membuat pembaruan dengan menambahkan fungsi animasi pada produk mereka berserta platform pembuat animasi berbasis vektor untuk WWW (World Wide Web), karena itulah muncullah FutureSplash Animator. Program FutureSplash Animator digunakan pada situs web seperti MSN, Simpsons, dan perusahaan The Walt Disney Company yaitu Disney Daily.

FutureWave dibeli oleh perusahaan Macromedia pada bulan Desember 1996, dan mengganti nama program tersebut menjadi Macromedia Flash berlanjut selama 8 versi turunan. Beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 2005, perusahaan Adobe Systems mengakuisisi Macromedia Flash, dengan membuat merek ulang yaitu Adobe Flash Profesional. Adobe Systems terus melanjutkan pembaruan versi dari Adobe Flash, sampai pada 1 Desember 2015, perusahaan tersebut mengumumkan program Adobe Flash akan diganti nama dengan menjadi Adobe Animate.

Berawal dari upaya untuk memisahkan program Adobe Flash dari Adobe Flash Player, untuk peningkatan pembuatan HTML5 dan berbagai konten video, karenanya itu diciptakan versi terbaru Adobe Animate yang rilis pada 8 Februari 2016.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Acrobat Reader | Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan

Rilis Versi Adobe Animate

Versi RilisTahun
FutureSplash Animator1996
Macromedia Flash 11996
Macromedia Flash 21997
Macromedia Flash 31998
Macromedia Flash 41999
Macromedia Flash 52000
Macromedia Flash MX (6)2002
Macromedia Flash MX 2004 (7)2003
Macromedia Flash 82005
Adobe Flash CS3 (9) Professional2007
Adobe Flash CS4 (10) Professional2008
Adobe Flash Professional CS5 (11)2010
Adobe Flash Professional CS5.5 (11.5)2011
Adobe Flash Professional CS6 (12)2012
Adobe Flash Professional CC (13)Juni 2013
Adobe Flash Professional CC 2014 (14)18 Juni 2014
Adobe Flash Professional CC 2014.1 (14.1)6 Oktober 2014
Adobe Flash Professional CC 2015 (15)15 Juni 2015
Adobe Animate CC 2015.1 (15.1)8 Februari 2016
Adobe Animate CC 2017 (16)November 2016
Adobe Animate CC 2018 (18)Oktober 2017
Adobe Animate CC 2019 (19)Oktober 2018
Adobe Animate CC 2019.1 (19.1)Desember 2018
Adobe Animate 2019.2 (19.2)April 2019
Adobe Animate 2020 (20.0)November 2019
Adobe Animate 2020 (20.0.3)April 2020
Adobe Animate 2020 (20.5)Juni 2020
Adobe Animate 2021 (21.0)Oktober 2020

Lihat Juga : Pengertian Adobe After Effects | Definisi, Sejarah, Fungsi, Fitur

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Animate CC

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Animate CC
Sumber Gambar : In Flagrante Delicto! – Joseph Labrecque

Kelebihan Adobe Animate

  • Integrasi penuh dengan Creative Cloud.
  • Memfasilitasi beragam format.
  • Menerima dukungan penuh dari berbagai pihak, karena termasuk teknologi animasi web terpopuler.
  • Dapat ditampilkan ke berbagai media seperti, DVD, CD-ROM, Web, Televisi, PDA, dan Smartphone.
  • Dukungan ActionScript.

Kekurangan Adobe Animate

  • Sulit untuk dinavigasi.
  • Beberapa menu kurang familier (tidak user friendly).
  • Proyek grafik 3D Kurang mumpuni.
  • Kurangnya template di dalam software.

Lihat Juga : Pengertian Blender | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Fitur Utama Adobe Animate

Fungsi dan Manfaat Adobe Animate CC
Sumber Gambar : Adobe Help Center

Adobe Animate CC terbilang terbatas dalam ragam alat pembuatan grafik, namun program ini memberikan kemudahan dalam mengimpor konten dari Photoshop, Illustrator, maupun Fireworks. Selain itu pengguna dapat membuat konten dinamis dengan bantuan Action Script 3.0, sebuah bahasa pemrograman yang disederhanakan dan beradaptasi ke Internet. Terdapat juga pustaka berupa kode standar untuk memudahkan pemula dalam membuat pengkodean. Fitur Flash Builder juga dapat digunakan untuk membuat Action Script pada Adobe Animate.

Selain fitur yang dibahas di atas, Adobe Animate CC juga memiliki fitur tambahan seperti kerangka kerja untuk teks, ekstraksi data dalam format baru (XML, BIN, XFL), juga termasuk kemampuan ekspor animasi ke berbagai program. Untuk pembaruan dan penyempurnaan terkini (rilis Oktober 2020 – versi 21.0), Adobe Animate juga memfasilitasi fitur terbaru di antaranya:

1. Assets Panel (Panel Aset)

Fitur panel aset akan membantu dalam menemukan, mengatur, dan mengelola aset dalam tab Default dan Custom baru. Tab Default memuat beragam kumpulan aset yang sebelumnya di bawah fitur bagian Animated, Static, dan Sound clips. Pengguna akan membuat animasi keren dengan meng-kombinasikan beragam aset, yang bisa juga di download dengan tab Default.

Pada bagian tab Custom, tersedia semua komponen yang disimpan atau file ekspor dan dapat digunakan kembali. Dengan tab Default dan Custom pengguna bisa memfilter, mencari, mengganti nama, dan menghapus aset. Anda juga dapat menyimpan ataupun mengekspor action, symbol, dan bitmap sebagai aset.

2. Social Share

Proyek animasi yang sudah dikerjakan mudah dibagikan ke media sosial dalam saluran YouTube. Anda dapat menambahkan judul, deskripsi, hashtag, dan kemudian klik Share untuk membuat atau mengunggah video di YouTube.

3. Quick Publish

Memberikan kemudahan bagi Anda untuk mem Publish animasi ke dalam bentuk video, Animated GIF, kanvas HTML5 dengan opsi Quick Publish. Fitur ini dapat digunakan pada menu File » Export (video dan animasi GIF) atau menu File » Publish Settings (HTML canvas file).

4. Timeline and symbol enchancements

Pada fitur ini terdapat beberapa poin fitur yang bisa dipelajari di antaranya:

  • Customize Timeline Tools, untuk menambah atau menghapus pilihan pada panel timeline.
  • Convert Layers to Symbols, memungkinkan Anda untuk meng-convert layer-layer pada timeline to symbols dengan hanya dua klik.
  • Break Apart Symbol to Layers, merupakan opsi baru yang akan memecahkan berbagai instance simbol di dalam stage (lembar kerja) dengan struktur lapisannya.
  • Reverse play and loop support for Graphic Symbols, memungkinkan untuk memutar grafis simbol secara terbalik.
  • Copy paste Tween Settings, Opsi tween baru untuk pengaturan tween, Anda juga dapat menyalin, menempel, atau reset pengaturan tween menggunakan tab Frame pada panel properti.

5. Advanced rigging (Rigging Lanjutan – Beta)

Pada fitur rigging akan membantu Anda dengan cepat untuk menghubungkan bagian tubuh karakter. Fitur ini juga membantu dalam mengontrol gerakan setiap tubuh karakter satu sama lainnya. Gunakanlah panel Pemetaan Rig untuk membuat pemetaan rigging secara manual dengan bagian bodi karakter yang sesuai.

6. Penambahan Fitur lainnya

  • Windows Ink support. Dengan mode tablet Windows Ink yang telah ditingkatkan, memudahkan pengguna untuk membuat goresan dengan tekanan yang sensitivitas di Surface Pro dan tablet lainnya.
  • Bone tool enhancements. Fitur ini akan memberikan kontrol gerakan pada objek di akhir node daun dengan tambahan batasan menggunakan tab Objek dari panel properti. Selain itu Anda juga dapat membagi rentang armature menjadi beberapa rentang atau menggabungkan rentang armature jika karakter yang diciptakan memiliki jumlah node yang sama.

Lihat Juga : Pengertian CorelDRAW | Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan

Kesimpulan,

Cukup singkat ulasan mengenai pengertian dan fitur software Adobe Animate CC. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan memberi pemahaman bagi pembelajar animasi dan pengguna software Adobe Animate.

Apakah Adobe Animate berbayar?

Adobe Animate menyediakan lisensi berbayar dan versi uji coba.

Apa kegunaan Adobe Animate?

Untuk membuat animasi 2 Dimensi berbentuk grafik vektor maupun animasi web interaktif.

Apakah Adobe Animate mudah digunakan?

Mudah bagi Animator Flash, untuk lebih memahami pembuatan konten animasinya pelajari beberapa fitur programnya terlebih dahulu.

Sistem Operasi yang mendukung Adobe Animate?

Windows dan MacOS.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. awir berkata:

    Mohon izin copy materinya terimakasih