Pengertian Adobe Audition | Sejarah, Fungsi, Kelebihan, Kekurangan

Apakah Anda tahu, audio/ suara hebat yang ada di luar sana itu bisa menghasilkan instrumen maupun suara yang baik karena proses apa? Audio musik, video, film, instrumen, tentunya melewati proses editing yang sangat baik dan maksimal. Salah satunya menggunakan software penyunting audio yang menjadi pilihan para kreator konten audio maupun produser musik dalam mengolah proyek audionya agar terdengar fantastis.

Pada awalnya perekaman suara maupun kualitas audio yang dikerjakan dalam suatu proyek tidak terdengar mulus dan rapi. Namun dengan melewati proses editing, audio tersebut bisa menjadi halus dan enak didengar oleh telinga. Salah satunya yaitu Adobe Audition merupakan software komputer yang dikenal sebagai penyunting audio atau suara. Perangkat lunak ini memiliki fitur-fitur profesional dalam melakukan editing mixing dan mastering audio.

Perangkat lunak profesional ini menjadi pilihan utama bagi para pengguna untuk mengolah kualitas suara maupun audio seperti perekaman, musik, instrumen, radio, proyek podcast dan lainnya. Untuk mendalami pemahaman terkait perangkat lunak ini, silakan baca ulasan berikut agar mengetahui pengertian, sistem kinerja, dan fitur utama dari software Adobe Audition ini.

Lihat Juga : Pengertian Adobe After Effects | Definisi, Sejarah, Fungsi, Fitur

Apa itu Adobe Audition?

Pengertian Adobe Audition Adalah
Sumber Gambar : The SoftwareDepot
PengembangAdobe Systems
Awal Rilis18 Agustus 2003
Rilis TerbaruCC 2018 (13.0.9) / 17 Agustus 2020
Sistem OperasiWindows 7, Windows 8.1, Windows 10, Mac OS
JenisDigital audio workstation
Situs Resmiadobe.com/products/audition

Adobe Audition merupakan multitrack digital audio recording sebagai editor dan mixer dengan fasilitas pengolahan audio atau suara. Dengan aplikasi Adobe Audition, pengguna bisa melakukan perekaman suara, editing kualitas suara, menambah beragam efek suara, menggabungkan berbagai track suara menjadi satu track, sekaligus menyimpan proyek dengan berbagai format. Adobe Audition banyak digunakan oleh beberapa pengguna di antaranya, musician recording, produser, stasiun radio, demo CD.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Acrobat Reader | Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan

Sejarah Adobe Audition

Asal mula Adobe Audition didirikan pada awal 1990-an oleh Robert Ellison dan David Johnston, yang merupakan kedua mantan karyawan Microsoft. Pertama kali dikembangkan oleh Syntrilium dengan nama Cool Edit yang didistribusikan untuk komputer Windows. Pengembang dari Syntrilium kemudian merilis Cool Edit Pro untuk menambah kemampuan kerja audio dari berbagai trek beserta fitur lainnya.

Saat itu, pemrosesan audio tidak cukup kuat untuk kinerja prosesor komputer, akhirnya Cool Edit Pro v2 menambahkan dukungan untuk pemrosesan non-destruktif real-time dan versi v2.1 ditambahkan mixer suara surround dan trek simultan secara unlimited. Cool Edit Pro juga memberi tambahan plugin seperti pengurangan kebisingan dan penyamaan FFT.

Cool Edit Pro 2000 dan Cool Edit Pro mendukung berbagai codec impor/ekspor untuk berbagai format file audio sejak versi awalnya. Cool Edit Pro juga melisensikan dan mengintegrasikan encoder Fraunhofer MP3 original semenjak format MP3 menjadi populer. Cool Edit Pro merupakan perangkat lunak yang memiliki SDK dan plugin codec yang didukung oleh filter FLT, dan beberapa plugin dalam bentuk format impor/ekspor dari komunitas pengembang digunakan untuk membuka dan menyimpan dalam kumpulan format kompresi audio.

Beragam format audio beserta kontainer yang didukung oleh Cool Edit Pro adalah Fraunhofer MP3, LAME MP3, Dolby AC3, DTS, ACM Waveform, PCM waveform, AIFF, AU, CDA, MPEG-1 Audio, MPEG-2 Audio, AAC, HE-AAC, Ogg Vorbis, FLAC, True Audio, WavPack, QuickTime MOV dan MP4 (hanya impor),ADPCM, RealMedia, Standar WMA, WMA Professional, WMA Lossless dan WMA Multichannel.

Sampai akhirnya pada Mei 2003, perusahaan Adobe System mengakuisisi dan membeli Cool Edit Pro dari Syntrilium Software seharga $16.5, beserta perpustakaan loop besar yang bernama ‘Loopology’ . Adobe mengubah nama software Cool Edit Pro menjadi ‘Adobe Audition’ hingga saat ini.

Lihat Juga : Pengertian Blender | Sejarah, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan Adobe Audition

Apa itu Adobe Audition
Sumber Gambar : The SoftwareDepot

Adobe Audition memiliki fasilitas yang sangat beragam untuk kebutuhan editing audio. Meskipun begitu seberapa-pun sempurna aplikasi pasti ada kelebihan dan kekurangan tersendiri bagi para pengguna ketika menggunakan software tersebut.

Kelebihan Adobe Audition

Kelebihan inilah yang menjadikan perangkat lunak pengolah audio ini banyak digunakan banyak orang.

  • Interface, tampilan layar pengguna yang ramah dan lebih intuitif untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna. Berbeda dengan versi lamanya yang masih kaku dan memiliki tampilan rumit, kini antarmuka Adobe Audition bisa disesuaikan tata letaknya oleh pengguna.
  • Performa, cukup profesional untuk merekam lebih banyak sumber audio secara bersamaan. Selain itu versi terbarunya dengan Adobe Creative Cloud membuat peningkatan kinerja pada pemrosesan audio untuk fungsi soundcard. Terdapat mixer digital yang lengkap dalam mengelola level audio beserta parameter lainnya.
  • Kemampuan Restorasi Audio, bisa memperbaiki trek Audio yang kurang jelas dari proyek perekaman suara dengan menghapus bagian audio yang diinginkan.
  • Sound Effects dan Batch Processing, memungkinkan Anda untuk membuat dan menambahkan beragam efek suara, seperti efek suara lambat, pembalikan suara, distorsi, dan lainnya, untuk diterapkan pada proyek audio Anda. Selain itu, perangkat lunak ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan berbagai efek suara secara bersamaan. Ketika Anda memiliki banyak file audio yang ingin diedit, Anda juga bisa melakukan Batch Processing untuk mengolah audio.
  • Penambahan Essential Sound, pengguna bisa menambahkan essensial sound (berkolaborasi dengan Adobe Premiere Pro) untuk mencapai hasil suara yang berkualitas.

Kekurangan Adobe Audition

Dari semua kelebihan yang ada, Adobe Audition juga dirasa memiliki kekurangan yang tidak bisa dipungkiri, terutama bagi pengguna awam Adobe Audition.

  • Tombol kontrol, sulit dioperasikan oleh pemula, dan butuh waktu bagi mereka untuk menyesuaikan pemahamannya.
  • Software berlangganan, bagi para penghemat budget, kurang pas jika memilih mengoperasikan perangkat lunak ini.
  • Tidak tersedia fasilitas preview file, di saat melakukan perintah Open File audio.
  • Tak tersedia konverter video DV ke audio, memiliki lebih banyak fitur, namun sebagian pengguna beranggapan perangkat lunak ini masih kurang karena tidak bisa mengubah video DV ke format audio.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Illustrator | Sejarah, Fungsi, Fitur, Versi Lengkap

Fungsi Editor Audio pada Adobe Audition

Fungsi dan Manfaat Adobe Audition
Sumber Gambar : Product Placement Blog

Pada umumnya Adobe Audition memiliki dua fungsi editor audio yang bisa dikenali yaitu Waveform dan Multitrack Editor. Keduanya memiliki peranan berbeda untuk kebutuhan penggunaan. Adapun perbedaan peranan dari keduanya yaitu:

Waveform Editor

  • Waveform merupakan editor audio pada Adobe Audition yang diperuntukkan bagi single-track, di mana pengguna akan menggunakannya untuk satu track saja.
  • Dalam segi tampilan Waveform memiliki spektrum audio yang lebih detail karena hanya berfokus pada satu audio klip saja.
  • Fleksibilitas yang terdapat pada Waveform, misalnya saat melakukan delete pada klip tertentu, sehingga potongan klip tersebut akan menghilang secara langsung.
  • Perubahan bentuk spektrum tampak lebih detail ketika mengaplikasikan efek, sehingga bisa diperkirakan naik turunnya spektrum pada hasil output nantinya.
  • Waveform bisa digunakan untuk mengaplikasikan multiple effects sama seperti Multitrack editor. Namun bedanya terletak setelah pengaplikasian efek-efek tersebut.

Multitrack Editor

  • Multitrack Editor digunakan pada beberapa track dalam satu proyek, di mana pengguna bisa menggunakan jumlah track yang banyak untuk editor audio.
  • Segi tampilan yang terdapat pada Multitrack  terbilang cukup rumit dan terpecah-pecah ke beberapa track karena audio klip-Nya lebih dari satu.
  • Pada Multitrack editor, pengguna bisa menggeser, menduplikat, memotong dan mengatur susunan klip secara bebas dan mudah sehingga terasa lebih fleksibel dengan Multitrack.
  • Memiliki peranan multitrack, akan membuat perubahan spektrum yang kurang terlihat saat pengaplikasian efek. Namun hasil output bisa diperkirakan dengan mendengarkan audio level-nya.
  • Seperti Waveform, Multitrack Editor bisa mengaplikasikan multiple effects, selain itu efek yang dipilih akan tersisih pada sebuah rak. Pengguna juga bisa bebas mengeksplor beberapa efek dengan mematikan, menggeser, sekaligus mengedit efek yang sudah dipasang pada proyek.

Apa pun perbedaan dari kedua editor audio pada Adobe Audition ini, pilihan dan jawabannya tetap tergantung kebutuhan pengguna dalam mengolah proyek audio.

Lihat Juga : Pengertian CorelDRAW | Sejarah, Fungsi, Fitur, Kelebihan, Kekurangan

Fitur Utama Adobe Audition

Fitur utama Adobe Audition
Sumber Gambar : Music Radio Creative

1. Free Sound Effects

Adobe Audition menyediakan beragam efek suara secara gratis, Anda bisa membangun proyek dengan efek suara profesional di sini. Mulai dari video hingga podcasting, pilihlah ratusan efek secara gratis untuk menciptakan nada baru, suasana hati, atau sentuhan komedi ke rekaman Anda.

Tambahkan tekstur mengesankan ke dalam Audio

Melalui rekaman audio dari workstation audio digital akan memudahkan Anda untuk mendapatkan suara berlapis. Dapatkanlah akses lebih dari 12 ribu efek suara gratis dari Adobe Audition dengan free sound effects  dan jelajahi perpustakaan fitur guna membantu peningkatan proyek audio Anda. Beberapa efek suara pada fitur ini yaitu Audio animasi dengan efek komik dan kartun, Channel arcade classics dengan efek suara beeps and boops, Access over 450 gun dan firearm sound effects untuk video game, podcast, dan lainnya, efek suara slapstick klasik seperti peluit, klakson, dan pop.

Temukan efek suara berkualitas

File efek yang tidak dikompresi akan memastikan suara renyah dan terlihat sempurna untuk proses podcasting dan produksi video. Efek suara pada Adobe Audition telah ditandai keseluruhan sehingga mudah sekali Anda temukan dengan cepat. Selain itu Anda juga bisa mengelompokkan gaya efek yang serupa dan mengunduhnya dari Adobe Audition.

2. Audio Mixing and Mastering

Adobe Audition adalah perangkat lunak sempurna untuk editor mixing and mastering audio dalam proyek film, televisi, musik, maupun podcast. Membuat editing suara dengan fitur ini akan meningkatkan volume dan penguasaan suara menjadi sempurna.

Mix and Master setiap proyek audio

Beberapa proyek penting yang bisa Anda poles dengan mixing software ini di antaranya video musik rock, dokumenter akademik, dan beragam soundtrack. Cara yang bisa Anda lakukan untuk Mix dan Mastering audio yaitu menggunakan perangkat keras favorit atau plug-in apa pun. Adobe Audition akan bekerja sesuai kebutuhan, menyederhanakan pengeditan audio dengan fungsi remix, mengontrol audio dan membuat layer komposisi dengan editor Multitrack atau menyesuaikan audio dengan editor Waveform.

Selain itu Anda bisa menghilangkan kebisingan dengan menghapus bip, hisre, dan kebisingan latar belakang dari trek audio dengan tampilan Frekuensi Spektral, serta melakukan editing pada gelombang suara secara visual.

Mastering Audio dengan beberapa tips

Anda bisa mempelajari bagaimana mencampur dan memoles proyek audio agar soundtrack tampak sempurna. Pertama Anda bisa menambahkan efek audio dengan menambahkan efek custom ke soundtrack. Kedua Anda bisa membuat soundtrack secara optimal di Adobe Premiere Pro dengan panel Essential Sound selanjutnya bawa ke Adobe Audition untuk tambahan finessing tanpa mengubah parameter audio asli.

3. Record Podcast

Fitur Adobe Audition juga memberikan fasilitas untuk membuat perekaman Podcast. Merekam dan mix audio ke dalam aplikasi secara sempurna, selanjutnya Anda akan mengekspor konten audio yang berkualitas ke audiens podcast.

Meningkatkan kualitas audio Podcast

Menempatkan trek vokal audio dan mengatur perekaman maupun pengeditan podcast secara tepat. Beberapa tipsnya di antaranya Menyesuaikan level nada dengan pengeditan panel audio essensial, melakukan pencampuran podcast audio dengan mengakses perpustakaan efek suara, memanfaatkan podcast template untuk mengatur perekaman multitrack, mengedit podcast dengan editor Multitrack maupun Waveform.

4. Noise Reduction

Adobe Audition juga memberikan kemudahan pengguna untuk mengeksplor pengurangan kebisingan pada audio. Terkadang melakukan perekaman melalui iPhone maupun kamera video berkualitas tinggi, suara bising akan tetap terlihat dan tidak dapat dihindari. Namun dengan melakukan editing pada Adobe Audition dengan fitur DeNoise dan Noise Reduction, Anda bisa menghapus gangguan bising untuk memperoleh suara terbaik.

Lihat Juga : Pengertian WinRAR | Definisi, Fungsi, Fitur, Cara Menggunakan

Kesimpulan,

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa Adobe Audition merupakan program audio recording dan editing yang dikembangkan oleh perusahaan Adobe. Program ini telah banyak digunakan oleh profesional audio editor dalam mengolah audio/suara sesuai keinginan dan kebutuhan. Adobe Audition juga memiliki beragam efek yang bisa diaplikasikan ke dalam proyek audio untuk menghasilkan olahan suara yang fantastis.

Tidak heran, jika perangkat lunak ini banyak dipakai untuk perekaman musik, produser audio, demo CD, maupun stasiun radio. Sebagai penggemar editing audio, software Adobe Audition akan menjadi pilihan terbaik.

Apakah Adobe Audition gratis?

Adobe Audition merupakan software yang dikembangkan Adobe System yang dibuka berlangganan. Tentunya berbayar, dengan biaya langganan US$20.00/bulannya. Namun, Anda dapat mengunduh versi uji coba melalui Creative Cloud dengan menggunakan akun ID Adobe beserta kata sandinya.

Apakah Adobe Audition mudah digunakan?

Mudah digunakan untuk yang sudah mengenal jauh fitur-fiturnya dan perlengkapan alat di dalamnya. Jadi sebelum menggunakan software ini, baiknya mempelajari terlebih dahulu beberapa tutorial penggunaan Adoe Audition untuk menyunting audio.

Apa kegunaan dari Adobe Audition?

Adobe Audition digunakan sebagai penyunting audio dengan bentuk pencampuran, penggabungan, pemotongan, penambahan efek audio, dan beragam pengolahan suara lengkap.

Apa sistem operasi yang mendukung Adobe Audition?

Untuk saat ini Adobe Audition masih mendukung sistem operasi Windows dan Mac OS saja.

Itulah ulasan ringkas mengenai pengertian, fungsi, fitur dari Adobe Audition semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkan. Simpan dan dibagikan artikel ini ke media sosial maupun rekan Anda agar semakin bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba aplikasi Adobe Audition!

Catatan: Informasi di atas diambil dari beragam sumber dan opini penulis. Sangat disarankan untuk melihat informasi lain untuk lebih menguatkan data sebagai bahan referensi dan pengetahuan lanjutan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.