Ukuran Kertas A4 dalam MM, CM, Inci, dan Pixel

Ukuran kertas A4 adalah salah satu kertas yang paling dikenal oleh kalangan masyarakat. Kertas ini banyak digunakan oleh para pelajar, perkantoran, tulis-menulis, mencetak, dan masih banyak lagi. Kertas A4 memiliki ukuran 21 x 29,7 cm, yang termasuk dalam dua lembar dari kertas A5 dan setengah ukuran dari kertas A3.

Sering kali kertas ukuran A4 menjadi ukuran default pada perangkat komputer dan gadget, khususnya dalam hal cetak dokumen. Bukan hanya di Indonesia, jenis kertas ini juga telah diakui secara internasional dalam sertifikasi ISO 216. Beberapa tugas atau pekerjaan yang umumnya lebih sering menggunakan kertas A4 seperti:

  • Penyusunan surat
  • Penyusunan skripsi
  • Penyusunan artikel
  • Penyusunan jurnal
  • Pembuatan CV
  • Penulisan portofolio
  • Sertifikat
  • Majalah
  • Buku gambar
  • Dokumen
  • Essay
  • Dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin memilih atau menggunakan kertas A4, pahami terlebih dahulu ukuran dan perbedaan dari masing-masing ukuran. Berikut merupakan ukuran dalam kertas seri A secara berurutan, sebagai gambaran agar Anda dapat melihat perbandingan dari masing-masing ukuran kertas seri A.

Ukuran Kertas A4 dan seri A lainnya
Perbandingan ukuran kertas A4 dengan kertas seri A lainnya. YUNITA SETIYANINGSIH

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia perkantoran, pendidikan, atau bahkan dunia percetakan, memahami ukuran-ukuran kertas dalam beberapa satuan adalah kemampuan yang bagus untuk dikuasai. Perlu diketahui, kertas seri A termasuk kertas A4 dihitung berdasarkan ukuran (panjang x lebar) dan dapat dikonversi dalam satuan mm, cm, inci, dan pixel. Konversi ukuran kertas dapat digunakan untuk menyesuaikan jenis ukuran tugas atau pekerjaan yang akan dibuat.

Lihat Juga : Pengertian Layout Desain, Prinsip, Elemen, Tujuan, dan Manfaat

Konversi ukuran A4 dalam satuan mm, cm, inchi, dan pixel

Ukuran kertas A4 dalam mm, cm, dan inci
Ukuran kertas A4. YUNITA SETIYANINGSIH

Berikut tabel konversi ukuran kertas A4 dalam berbagai satuan ukuran:

Kertas A4 dalam mm, cm, Inci

Format Kertas MM CM Inci
A4210 x 29721.0 x 29.78.27 x 11.69

Kertas A4 dalam Pixels

Format Kertas Width Height
A4 – 72 DPI595 pixel842 pixel
A4 – 96 DPI794 pixel1123 pixel
A4 – 150 DPI1240 pixel1754 pixel
A4 – 300 DPI2480 pixel3508 pixel
A4 – 400 DPI3307 pixel4677 pixel
A4 – 600 DPI4961 pixel7016 pixel
A4 – 720 DPI5953 pixel8419 pixel
A4 – 1200 DPI9921 pixel14031 pixel
A4 – 1440 DPI11906 pixel16838 pixel
A4 – 2400 DPI19843 pixel28063 pixel
A4 – 2880 DPI23811 pixel33676 pixel

Lihat Juga : 19 Aplikasi Desain Grafis PC & Mac Terbaik

Cara setting kertas A4 dalam aplikasi

Ukuran kertas A4 sangat umum digunakan pada program pengolah kata dan pengolah angka, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel; serta program editing foto dan vektor seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan juga CorelDraw. Seperti yang saya katakan di awal, ukuran kertas A4 ini merupakan ukuran standar yang paling banyak digunakan di Indonesia, baik untuk kebutuhan resmi maupun tidak resmi. Bagi Anda yang mungkin masih merasa awam dalam menggunakan beberapa program tersebut, dan bingung cara mengatur ukuran kertas A4, Anda bisa simak dan ikuti panduannya berikut ini.

Microsoft Word

Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang paling sering digunakan dalam pekerjaan sehari-hari, terutama dalam bidang perkantoran dan pendidikan. Bagi Anda yang merasa belum bisa mengatur ukuran layout di Microsoft Word, panduan ini diharapkan bisa membantu. Saya sendiri menggunakan Microsoft Office 2019, bagi Anda yang menggunakan versi yang lebih rendah atau lebih tinggi maka bisa menyesuaikannya. Langsung saja, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama, buka program Microsoft Word di PC / laptop Anda. Buat dokumen baru, kemudian klik tab Layout » lalu pilih Size. Anda bisa melihat, terdapat beberapa opsi pilihan ukuran kertas, dari A3, A4, A5, Letter, Legal, dan seterusnya. Jika Anda ingin mengaturnya ke A4, maka Anda bisa pilih A4. Atau jika Anda ingin melihat opsi lain, Anda bisa klik More Paper Sizes…

1 Pilih tab Layout di Microsoft Word
1. Pilih ukuran kertas yang Anda inginkan. RUDI DIAN ARIFIN

2. Jika Anda ingin kustom ukuran kertas sesuai keinginan dan kebutuhan, Anda bisa atur bagian Width dan Height dalam cm (centimeter).

2 Atur ukuran kertas Microsoft Word
2. Kustom ukuran kertas sesuai keinginan Anda. RUDI DIAN ARIFIN

3. Jika ukuran sudah sesuai, Anda bisa klik OK untuk menyimpan.

Microsoft Excel

Selain Microsoft Word, Microsoft Excel juga termasuk program populer yang umumnya digunakan mengolah data, khususnya dalam bidang keuangan, seperti akuntansi, marketing, sales, admin, dan sejenisnya. Sama seperti Microsoft Word, Anda bisa mengatur ukuran kertas di Microsoft Excel pada menu Page Layout. Untuk melakukannya, simak dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Langkah pertama, buka Microsoft Excel di PC / laptop Anda. Kemudian buat dokumen baru, klik pada tab Page Layout, lalu pilih Size. Anda bisa pilih ukuran kertas sesuai keinginan Anda, seperti A3, A4, A5, B4, B5, Letter, Tabloid, dan seterusnya. Jika Anda ingin mengaturnya ke A4, maka Anda bisa pilih A4. Atau jika Anda ingin melihat opsi lebih lanjut, Anda bisa klik More Paper Sizes…

1 Ubah ukuran layout Microsoft Excel
1. Pilih ukuran kertas sesuai keinginan Anda. RUDI DIAN ARIFIN

2. Berbeda dengan Microsoft Word yang menyediakan kustom ukuran lebar dan tinggi, di Microsoft Excel hanya menyediakan opsi Scaling dengan mengatur bagian Adjust to atau Fit to. Kedua fitur tersebut bisa digunakan untuk mengatur ukuran kolom menyesuaikan ukuran kertas yang Anda gunakan. Sehingga setiap data yang Anda masukkan dengan panjang yang melebihi ukuran kertas akan di sesuaikan lagi dengan fitur Adjust to atau Fit to (sesuai pilihan).

2 Atur ukuran kertas Microsoft Excel
2. Atur Adjust to dan Fit to sesuai keinginan Anda. RUDI DIAN ARIFIN

3. Jika ukuran sudah sesuai, Anda bisa klik OK untuk menyimpan.

Adobe Photoshop

Selain program office, sebagian dari Anda mungkin juga membutuhkan panduan bagaimana mengatur ukuran canvas atau kertas di Adobe Photoshop. Umumnya, mengatur ukuran canvas di Adobe Photoshop jarang sekali menggunakan standar internasional, seperti A3, A4, A5, A6, dan seterusnya, tetapi mungkin saja Anda melakukannya karena ingin mencetak hasil editan foto atau memang untuk kebutuhan percetakan, seperti poster, pamflet, brosur, dan sebagainya. Cara mengaturnya cukup mudah, Anda bisa simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Pertama, silakan buka aplikasi Photoshop di PC / laptop Anda. Pada halaman utama Adobe Photoshop, silakan klik Create new untuk membuat dokumen baru.

1 Klik Create Adobe Photoshop
1. Klik Create new untuk membuat dokumen baru. RUDI DIAN ARIFIN

2. Pada halaman pembuatan dokumen baru, klik tab Print untuk memilih layout dokumen sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan dokumen A4, maka Anda bisa pilih A4. Atau jika Anda ingin membuat ukuran sendiri, Anda juga bisa atur bagian Width (21,0 cm) dan Height (29,7 cm) yang ada di sisi kanan. Jangan lupa, ubah ukuran standar menjadi centimeter. Setelah itu, Anda bisa klik Create untuk membuat dokumen.

2 Atur ukuran dokumen Photoshop
2. Atur ukuran layout sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. RUDI DIAN ARIFIN

3. Sekarang, Anda sudah membuat dokumen / kanvas sesuai dengan ukuran yang telah Anda tentukan.

3 Tampilan Adobe Photoshop
3. Kanvas di Adobe Photoshop CC 2021. RUDI DIAN ARIFIN

Adobe Illustrator

Dalam industri percetakan, Adobe Illustrator lebih sering digunakan ketimbang Adobe Photoshop. Meskipun dalam beberapa kondisi, Adobe Photoshop juga dibutuhkan, misalnya untuk mengedit gambar atau foto yang berbasis bitmap. Namun untuk kebutuhan ‘cetak-mencetak’, Adobe Illustrator lebih disarankan, karena kustomisasi ukuran kertas lebih mudah dan lebih optimal. Bagi Anda yang ingin mengatur ukuran kertas di Adobe Illustrator, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama, silakan buka Adobe Illustrator di PC / laptop Anda. Pada halaman beranda Adobe Illustrator, silakan klik Create new untuk membuat dokumen baru.

1 Klik Create Adobe Illustrator
1. Klik Create new untuk membuat dokumen baru. RUDI DIAN ARIFIN

2. Pada halaman pembuatan dokumen baru, klik tab Print. Jika Anda membutuhkan dokumen A4, maka Anda bisa pilih A4. Atau jika Anda ingin membuat ukuran sendiri, Anda juga bisa atur bagian Width (21,0 cm) dan Height (29,7 cm) yang ada di sisi kanan. Jangan lupa, ubah bagian ukuran standar yang awalnya point menjadi centimeter. Klik Create untuk membuat dokumen.

2 Buat dokumen baru Adobe Illustrator
2. Atur ukuran dokumen sesuai kebutuhan. RUDI DIAN ARIFIN

3. Sekarang, Anda telah berhasil membuat dokumen baru di Adobe Illustrator.

3 Tampilan Adobe Illustrator
3. Kanvas di Adobe Illustrator CC 2021. RUDI DIAN ARIFIN

Versi Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator yang digunakan untuk tutorial di atas adalah Adobe Photoshop CC 2021 dan Adobe Illustrator CC 2021. Jika Anda menggunakan versi yang lebih rendah atau lebih tinggi, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Perbedaan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

CorelDraw

Selain Adobe Illustrator, industri percetakan di Indonesia juga masih banyak yang menggunakan CorelDraw. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tetapi secara fungsionalitas, keduanya memiliki fungsi yang sama. Sementara untuk kebutuhan ‘cetak mencetak’, kustomisasi ukuran kertas di CorelDraw jauh lebih mudah ketimbang di Adobe Illustrator, bahkan pilihan ukuran kertas juga lebih beragam sesuai dengan standar Internasional. Bagi Anda yang ingin mengatur ukuran kertas di CorelDraw, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Langkah pertama, buka CorelDraw di PC / laptop Anda. Pada halaman Welcome Screen, pilih tab Get Started » klik New Document… untuk membuat dokumen baru.

1 Buat dokumen baru CorelDraw
1. Klik New Document untuk membuat dokumen baru. RUDI DIAN ARIFIN

2. Dalam pembuatan dokumen baru, silakan tulis nama dokumen pada kolom Name. Untuk mengatur ukuran kertas menjadi A4, Anda bisa ubah Page size-nya menjadi A4. Atau jika Anda ingin membuat ukuran sendiri, Anda bisa ubah bagian Width dan Height. Setelah itu, klik OK untuk membuat dokumen.

1 Buat dokumen baru CorelDraw
2. Atur ukuran dokumen sesuai kebutuhan. RUDI DIAN ARIFIN

3. Sekarang, Anda telah berhasil membuat dokumen baru di CorelDraw.

3 Kanvas CorelDraw
3. Kanvas di CorelDraw. RUDI DIAN ARIFIN

Versi CorelDraw yang digunakan untuk tutorial di atas adalah CorelDraw 2021. Jika Anda menggunakan versi yang lebih rendah atau lebih tinggi, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Lihat Juga : Perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw

Penutup,

Itulah ulasan mengenai ukuran kertas A4 sebagai salah satu ukuran kertas seri A. Di berbagai belahan dunia, ukuran kertas seri A telah memegang peranan penting dalam bermacam-macam kebutuhan digital maupun cetak. Karena itu, bagi Anda yang belum memahami ukuran-ukuran kertas dari seri A, di sarankan untuk mempelajarinya jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan.

Jika ada yang perlu didiskusikan atau ditambahkan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.