Ukuran Kartu Nama Standar Indonesia, Internasional + Template Gratis!

Ketahui ukuran kartu nama dalam cm, inchi, dan pixel, standar Indonesia dan Internasional

Sebagai media pengenal sekaligus informasi yang menyimpan dan menampilkan identitas individual maupun komunitas, kartu nama memiliki peranan yang sangat penting. Dalam konteks dunia bisnis atau lingkungan kerja, kartu nama akan mencerminkan identitas yang merefleksikan secara efektif untuk mewakili informasi pengenal antara individual dan perusahaan tersebut. Selain sebagai identitas pengenal, ternyata kartu nama juga bermanfaat sekali dalam bidang marketing maupun media promosi suatu bisnis.

Hampir di seluruh negara termasuk Indonesia, kartu nama pasti memiliki fungsi dan esensi yang sama dalam segi kegunaannya. Umumnya, kartu nama ini mempunyai segi desain dan ukuran yang menarik dan representatif. Desain kartu nama sangat penting dalam memberikan kesan yang baik pada penerima kartu nama. Anda dapat memilih desain kartu nama yang sesuai dengan gaya bisnis atau preferensi pribadi Anda, namun pastikan bahwa desain tersebut tidak terlalu mencolok atau membingungkan.

Mengenai ukuran kartu nama, pastikan itu cukup nyaman, mudah disimpan dan dibawa ke mana-mana, karena ukuran yang terlalu besar atau kecil dapat memberikan kesan tidak profesional dan tidak praktis. Anda dapat menyesuaikan ukuran kartu nama, dengan preferensi pribadi atau perusahaan Anda. Untuk lebih memahami ukuran-ukuran kartu nama yang baik dan sesuai dengan kebutuhan Anda, kali ini akan dibahas lengkap mengenai ukuran kartu nama tersebut dalam ulasan berikut ini.

Ringkasan

  • Kartu nama atau dikenal sebagai “Business card” adalah kartu yang memuat informasi identitas pengenal dari seorang individu atau perusahaan.
  • Saat ini, kartu nama tidak hanya tersedia dalam bentuk fisik, tetapi juga digital seperti vCard atau QR code yang dapat dibagikan melalui media sosial atau aplikasi pesan instan.
  • Informasi yang tercantum pada kartu nama umumnya meliputi: nama pemilik atau perusahaan, logo, informasi kontak, pekerjaan, jabatan, website perusahaan, media sosial, dan beberapa informasi tambahan lainnya, seperti alamat, nomor fax, dan juga jam operasional.
  • Kartu nama memiliki peran penting dalam membangun citra profesional, mempermudah komunikasi bisnis, meningkatkan brand awareness, meningkatkan jaringan bisnis, dan masih banyak lagi.
  • Standar ukuran kartu nama di Indonesia adalah: 9,0 cm x 5,5 cm.
  • Sedangkan standar ukuran kartu nama secara Internasional adalah: 8,89 cm x 5,08 cm (Amerika Serikat).
  • Beberapa jenis kertas yang digunakan untuk membuat kartu nama antara lain: Art Paper, Linen Paper, Kertas Ivory, Kertas Kraft, Kertas Metalik, Karton Bristol, Linen Jepang, dan Mohawk Options.

Lihat Juga : 150 Stiker WA Lucu, Ngakak, Bisa Bergerak! 

Apa itu Kartu Nama?

Apa itu Kartu Nama
Sumber Gambar : examples.com

Kartu nama atau dikenal sebagai “Business card” adalah kartu yang memuat informasi identitas pengenal dari seorang individu atau perusahaan. Ini sangat penting guna mencerminkan identitas seseorang atau perusahaan sebagai identitas pengenal untuk penerima kartu nama tersebut. Kartu nama penting dalam bisnis karena dapat membangun citra positif dan menjadi alat pemasaran yang efektif.

Selain sebagai sarana pengenalan identitas, kartu nama juga dapat membantu membangun citra positif perusahaan atau individu dalam benak calon pelanggan atau mitra bisnis. Saat ini, kartu nama tidak hanya tersedia dalam bentuk fisik, tetapi juga digital seperti vCard atau QR code yang dapat dibagikan melalui media sosial atau aplikasi pesan instan. Namun, kartu nama fisik masih memiliki nilai penting dalam memberikan kesan profesional dan serius dalam dunia bisnis.

Isi yang tertera pada kartu nama

Isi Kartu Nama
Sumber Gambar : tutsplus.com

Informasi yang tertera pada kartu nama mencakup berbagai aspek yang relevan, seperti:

  • Nama pemilik atau perusahaan.
  • Logo atau tagline.
  • Informasi kontak seperti nomor telepon, alamat email, dan alamat kantor atau bisnis.
  • Bidang kegiatan atau pekerjaan.
  • Jabatan atau posisi dalam perusahaan.
  • Website perusahaan atau profil pribadi (jika ada).
  • Media sosial (jika ada).
  • Kartu nama yang lebih lengkap mungkin juga mencantumkan informasi tambahan seperti alamat rumah, nomor fax, atau jam operasional bisnis.

Sangat penting untuk memperhatikan penempatan informasi yang tepat pada kartu nama. Sebagai contoh, informasi kontak adalah salah satu informasi terpenting yang harus dicantumkan pada kartu nama. Selain itu, desain kartu nama juga penting untuk menciptakan citra yang baik dan profesional. Elemen visual seperti gambar atau warna dapat memberikan kesan yang kuat dan mencerminkan citra perusahaan atau individu.

Lihat Juga : Perbedaan Adobe Illustrator dan CorelDraw

Pentingnya Menggunakan Kartu Nama

Pentingnya Menggunakan Kartu Nama
Sumber Gambar : freelogoservices.com

Ada beberapa hal yang menjadi peranan pentingnya sebuah kartu nama, tentu saja ini sangat baik untuk kebutuhan identitas pengenal bagi Anda seorang mitra bisnis maupun seorang individual. Berikut beberapa manfaat atau pentingnya menggunakan kartu nama:

1. Membangun citra profesional

Kartu nama dapat membantu membangun citra profesional dan terpercaya bagi perusahaan atau individu, karena mencerminkan identitas dan aktivitas bisnis yang dijalankan. Desain kartu nama yang baik dan informatif akan memberikan kesan positif bagi penerima kartu dan dapat membuka peluang kerja sama atau pertemanan bisnis.

2. Mempermudah komunikasi bisnis

Kartu nama yang berisi informasi kontak seperti nomor telepon, alamat email, dan alamat kantor dapat mempermudah komunikasi bisnis antara perusahaan atau individu dengan calon pelanggan atau mitra bisnis. Penerima kartu dapat dengan mudah menghubungi pemilik kartu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau melakukan kerja sama.

3. Meningkatkan brand awareness

Kartu nama yang mencantumkan logo atau tagline perusahaan dapat meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek di kalangan calon pelanggan atau mitra bisnis. Penerima kartu akan mengingat merek atau perusahaan dengan lebih mudah ketika melihat logo atau tagline yang tertera pada kartu nama.

4. Meningkatkan jaringan bisnis

Kartu nama yang dibagikan kepada calon pelanggan atau mitra bisnis dapat membuka peluang untuk meningkatkan jaringan bisnis. Dalam banyak kesempatan, kartu nama yang dibagikan dapat menjadi sumber referensi bagi calon pelanggan atau mitra bisnis dalam mencari produk atau jasa yang mereka butuh kan.

5. Memberikan kesan profesional dalam pertemuan bisnis

Membawa dan memberikan kartu nama pada saat pertemuan bisnis dapat memberikan kesan profesional dan serius bagi perusahaan atau individu. Hal ini dapat membantu membangun rasa percaya diri dan meningkatkan kepercayaan dari calon pelanggan atau mitra bisnis.

6. Untuk dikenal dan diingat oleh orang lain

Dalam situasi sosial atau bisnis, kartu nama dapat membantu individu untuk memperkenalkan diri dengan lebih mudah dan meningkatkan kemungkinan untuk diingat oleh orang lain. Hal ini dapat membantu individu membangun jaringan sosial atau profesional yang lebih luas.

Lihat Juga : 15 Cara Mengecilkan Ukuran File Video di HP, PC, Laptop

Standar Ukuran Kartu Nama di Indonesia dan Internasional

Standar Ukuran Kartu Nama
Sumber Gambar : dfwprintingcompany.com

Berikut penjelasan mengenai standar ukuran kartu nama di Indonesia dan Internasional.

Standar ukuran kartu nama di Indonesia

SatuanPanjangLebar
cm9,05,5
mm9055
inci3,542,165
pixel340207

Standar ukuran kartu nama di Indonesia adalah 90 mm x 55 mm dan ketebalan berkisar antara 0,25 mm hingga 0,76 mm dengan ketebalan standar sekitar 0,5 mm. Ukuran tersebut sudah diakui secara internasional dan umum digunakan oleh percetakan atau jasa pembuat kartu nama.

Selain di Indonesia, standar ukuran kartu nama tersebut juga digunakan oleh beberapa negara lain, di antaranya adalah Australia, Taiwan, New Zealand, Denmark, dan lainnya.

Standar ukuran kartu nama Internasional

Berikut ini adalah beberapa contoh ukuran kartu nama yang umum digunakan di beberapa negara Internasional:

1. Amerika Serikat

SatuanPanjangLebar
cm8,895,08
mm8951
inci3,52
pixel (300dpi)1050600

Ukuran kartu nama yang umum digunakan di Amerika Serikat adalah 3,5 inci x 2 inci (88,9 mm x 50,8 mm). Ukuran ini sering disebut sebagai ukuran standar kartu nama bisnis. Ukuran ini dianggap praktis dan mudah dibawa-bawa karena ukurannya yang tidak terlalu besar atau kecil. Selain itu, kartu nama di Amerika Serikat sering memiliki desain yang sederhana dan profesional.

2. Inggris

SatuanPanjangLebar
cm8,55,5
mm8555
inci3,32,2
pixel (300dpi)1004650

Ukuran kartu nama yang umum digunakan di Inggris adalah 85 mm x 55 mm. Ukuran ini sering disebut sebagai ukuran standar kartu nama bisnis Eropa. Kartu nama di Inggris biasanya memiliki desain yang lebih kreatif dan warna yang lebih cerah dibandingkan kartu nama di Amerika Serikat. Selain itu, kartu nama di Inggris sering digunakan sebagai alat networking di acara-acara bisnis dan sosial.

3. Asia

SatuanPanjangLebar
cm9,05,4
mm9054
inci3,52,1
pixel (300dpi)1062638

Banyak negara di Asia, termasuk China, Hong Kong, Malaysia, dan Singapura, menggunakan ukuran standar kartu nama sekitar 90 mm x 54 mm atau 3,543 inci x 2,125 inci, yang mirip dengan ukuran kartu nama standar di Jepang dan umumnya digunakan di seluruh Asia. Ukuran kartu nama tersebut dipilih karena dapat menampung informasi penting seperti nama, posisi, perusahaan, dan informasi kontak, serta mudah dibawa-bawa dan diberikan kepada rekan bisnis.

Perlu diketahui juga, ada beberapa negara di Asia yang menggunakan ukuran kartu nama yang berbeda, seperti Korea Selatan yang menggunakan ukuran 90 mm x 50 mm dan Taiwan yang menggunakan ukuran 90 mm x 54 mm atau 87 mm x 49 mm.

4. Eropa

SatuanPanjangLebar
cm8,55,5
mm8555
inci3,32,2
pixel1004650

Di Eropa, standar ukuran kartu nama yang umum digunakan adalah sekitar 85 mm x 55 mm. Ukuran ini sebenarnya mirip dengan ukuran kartu kredit, dan bisa ditemukan di banyak negara di Eropa seperti Inggris, Belgia, Belanda, Turki, Portugal, Spanyol, Swiss, Italia dan negara-negara lainnya. Selain ukuran yang mirip dengan kartu kredit, kartu nama di Eropa juga memiliki bentuk yang melingkar di sudut-sudutnya dan memiliki ketebalan yang sedikit lebih tebal dibandingkan kartu nama pada umumnya.

Meskipun demikian, ada juga beberapa negara di Eropa yang menggunakan ukuran kartu nama yang sedikit berbeda, seperti Jerman dengan ukuran 85 mm x 53 mm dan Prancis dengan ukuran 85 mm x 54 mm.

5. Jepang

SatuanPanjangLebar
cm9,15,5
mm9155
inci3,62,2
pixel1075650

Ukuran kartu nama yang umum digunakan di Jepang adalah 91 mm x 55 mm. Ukuran ini sering disebut sebagai ukuran standar kartu nama Jepang. Kartu nama di Jepang biasanya memiliki desain yang lebih sederhana dan konservatif dibandingkan kartu nama di Inggris atau Amerika Serikat. Selain itu, cara memberikan dan menerima kartu nama di Jepang dianggap sebagai suatu etiket yang penting dalam budaya bisnis Jepang.

6. Korea Selatan

SatuanPanjangLebar
cm9,05,0
mm9050
inci3,51,9
pixel1063591

Ukuran kartu nama yang umum digunakan di Korea Selatan adalah 90 mm x 50 mm. Ukuran ini sering disebut sebagai ukuran standar kartu nama bisnis Korea. Kartu nama di Korea Selatan biasanya memiliki desain yang lebih formal dan konservatif dibandingkan kartu nama di Inggris atau Amerika Serikat. Selain itu, cara memberikan dan menerima kartu nama di Korea Selatan juga dianggap sebagai suatu etiket yang penting dalam budaya bisnis Korea.

7. China

SatuanPanjangLebar
cm9,05,4
mm9054
inci3,52,1
pixel1063637

Ukuran kartu nama yang umum digunakan di China adalah 90 mm x 54 mm. Ukuran ini sering disebut sebagai ukuran standar kartu nama bisnis China. Kartu nama di China biasanya memiliki desain yang sederhana dan formal. Selain itu, dalam budaya bisnis China, memberikan dan menerima kartu nama juga dianggap sebagai suatu etiket yang penting.

8. India

SatuanPanjangLebar
cm8,95,1
mm8951
inci3,52,0
pixel1051600

Ukuran kartu nama yang umum digunakan di India adalah 89 mm x 51 mm. Ukuran ini sering disebut sebagai ukuran standar kartu nama bisnis India. Kartu nama di India biasanya memiliki desain yang lebih kreatif dan warna yang cerah. Selain itu, cara memberikan dan menerima kartu nama di India dianggap sebagai suatu etiket yang penting dalam budaya bisnis India.

9. Afrika Selatan

SatuanPanjangLebar
cm9,05,0
mm9050
inci3,51,9
pixel1063591

Ukuran kartu nama yang umum digunakan di Afrika Selatan adalah 90 mm x 50 mm. Ukuran ini sering disebut sebagai ukuran standar kartu nama bisnis. Ini sama seperti ukuran kartu nama yang umum digunakan di negara Korea Selatan.

Itulah kumpulan standar ukuran kartu nama yang bisa Anda jadikan referensi, Anda juga perlu memperhatikan ukuran standar yang sesuai atau umum digunakan di negara Anda. Perlu juga untuk memperhatikan margin dan bleeds saat merancang desain kartu nama agar hasil cetakannya tetap berkualitas dan tidak terpotong.

Lihat Juga : 1 MB berapa KB?

Kertas Untuk Kartu Nama

Kertas Untuk Kartu Nama
Sumber Gambar : uprint.id

Selain menggunakan ukuran yang tepat pada kartu nama, Anda juga disarankan untuk memperhatikan jenis kertas apa yang cocok untuk mencetak kartu nama Anda. Umumnya, ada berbagai jenis kertas yang dapat Anda gunakan untuk kartu nama, hasil cetakannya pun memiliki kriteria yang berbeda dari masing-masing kertas, berikut contoh-contohnya:

1. Art Paper

Jenis kertas Art Paper sangat umum digunakan untuk mencetak kartu nama. Hampir segala jenis pamflet, brosur, poster, hingga undangan, juga menggunakan jenis kertas ini. Ini memiliki kriteria tekstur licin, halus, dan mengkilap. Adapun gramatur dari kertas art paper bervariasi, mulai dari 70 gram, 100 gram, 120 gram, 150 gram, 210 gram, 230 gram, 310 gram, hingga 400 gram. Namun, sedikit pertimbangan kertas ini sulit sekali menyerap tinta, arena dilapisi coated.

2. Linen Paper

Linen Paper adalah jenis kertas yang memiliki tekstur seperti serat linen, memberikan kesan mewah dan elegan pada kartu nama. Linen paper tersedia dalam berbagai gramatur, mulai dari 100 gram hingga 300 gram.

3. Kertas Ivory

Kertas Ivory adalah jenis kertas dengan warna putih kekuningan, memberikan kesan klasik dan elegan pada kartu nama. Kertas Ivory tersedia dalam berbagai gramatur, mulai dari 80 gram hingga 300 gram.

4. Kertas Kraft

Kertas Kraft adalah jenis kertas dengan tekstur kasar dan berwarna coklat muda, sering digunakan untuk mencetak kartu nama dengan desain yang lebih alami dan ramah lingkungan. Kertas Kraft tersedia dalam berbagai gramatur, mulai dari 80 gram hingga 300 gram.

5. Kertas Metalik

Kertas Metalik adalah jenis kertas yang menghasilkan efek kilau atau berkilau pada permukaannya, memberikan tampilan yang elegan dan menarik pada kartu nama. Kertas Metalik tersedia dalam berbagai warna dan gramatur, mulai dari 120 gram hingga 300 gram.

6. Karton Bristol

Karton Bristol adalah jenis kertas karton yang halus dan padat, biasanya digunakan untuk membuat kartu nama yang lebih tebal dan kokoh. Karton Bristol tersedia dalam berbagai gramatur, mulai dari 180 gram hingga 350 gram.

7. Linen Jepang

Linen Jepang adalah jenis kertas dengan tekstur serat linen halus yang mirip dengan jenis kertas Linen Paper. Namun, kertas ini memiliki nuansa Jepang yang khas, sehingga memberikan kesan yang unik dan menarik pada kartu nama. Linen Jepang tersedia dalam berbagai pilihan gramatur, mulai dari 180 gram hingga 350 gram.

8. Mohawk Options

Mohawk Options adalah jenis kertas berkualitas tinggi yang sering digunakan untuk mencetak kartu nama, undangan, brosur, dan bahan cetakan lainnya. Kertas ini terbuat dari serat kayu berkualitas tinggi, sehingga memiliki tekstur yang halus, kokoh, dan tahan lama. Mohawk Options tersedia dalam berbagai pilihan gramatur, mulai dari 104 gram hingga 324 gram.

Dalam hal memilih jenis kertas yang tepat untuk mencetak kartu nama tergantung pada desain dan tujuan penggunaan kartu nama tersebut. Pastikan untuk memilih kertas yang sesuai dengan kebutuhan agar memberikan tampilan yang profesional dan menarik pada kartu nama Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Mengecilkan Ukuran File Foto di HP, PC, Laptop

Download Template Kartu Nama Gratis

Untuk kemudahan kami sudah menyediakan opsi untuk mendownload template kartu nama. Ini akan memberikan referensi dari berbagai contoh desain kartu nama secara gratis yang dapat Anda unduh melalui link yang sudah kami sediakan. Anda juga bisa dengan mudah membuat kartu nama sendiri dan mengeditnya sesuai kebutuhan, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasa desainer grafis.

Selain itu, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu membuat desain dari awal, tentunya ini akan menjadi solusi yang efektif dan efisien. Silakan download template kartu nama gratis dalam daftar berikut!

1. Desain kartu nama biru dan putih keren

1 kartu nama biru dan putih keren

2. Desain kartu nama bergaya hijau segar

2 kartu nama bergaya hijau segar

3. Desain kartu nama berwarna abstrak cocok untuk media

3 kartu nama berwarna abstrak cocok untuk media

4. Template kartu nama bidang resto

4 kartu nama bidang resto

5. Template kartu nama simple mudah edit

5 kartu nama simple mudah edit

6. Kartu nama desain elegan, hitam dan kuning

6 Kartu nama desain elegan, hitam dan kuning

7. Desain kartu nama modern dan profesional

7 kartu nama modern dan profesional

8. Template kartu nama desain modern dan bersih

8 kartu nama desain modern dan bersih

9. Template kartu nama minimalis dan elegan

9 kartu nama minimalis dan elegan

10. Kartu nama desain elegan dan modern, black & white

10 Kartu nama desain elegan dan modern, black white

Lihat Juga : Layout Desain Adalah

Penutup

Demikian ulasan mengenai ukuran standar kartu nama yang digunakan di Indonesia maupun Internasional. Berdasarkan acuan ukuran standar atau yang sudah umum digunakan seperti yang kami jelaskan di atas, Anda dapat membuat kartu nama sendiri maupun memesannya ke tempat desain percetakan. Namun, perlu diingat bahwa ukuran kartu nama dapat bervariasi di dalam negara tersebut tergantung pada preferensi individu atau praktik bisnis. Ukuran yang kami sebutkan di atas hanya sebagai referensi umum dan tidak dimaksudkan sebagai standar resmi.

Jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman media sosial Anda agar semakin bermanfaat. Jika ada yang perlu Anda tanyakan mengenai ukuran kartu nama, silakan tulis pertanyaan Anda melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

Seputar pertanyaan kartu nama!

Apa itu kartu nama?

Kartu nama adalah kartu kecil sebagai media pengenal yang berisi informasi kontak seseorang atau perusahaan, ini digunakan untuk memperkenalkan diri atau perusahaan serta memudahkan orang lain untuk menghubungi kita.

Apa fungsi kartu nama?

Secara umum, berfungsi sebagai sarana untuk memperkenalkan diri atau perusahaan serta memudahkan orang lain untuk menghubungi kita. Selain itu, kartu nama juga dapat menjadi identitas branding dan promosi bisnis yang Anda miliki.

Siapa yang berhak memiliki kartu nama?

Hampir banyak orang yang berkebutuhan untuk memperkenalkan diri atau perusahaannya kepada orang lain, baik dalam kegiatan bisnis maupun personal, cocok memiliki kartu nama. Kartu nama dapat digunakan oleh siapa saja, mulai dari karyawan kantor, enterpreneur, seorang profesional, hingga mahasiswa dan pelajar.

Berapa ukuran kartu nama yang umum digunakan di Indonesia?

Di Indonesia, ukuran kartu nama yang umum digunakan adalah 9 cm x 5,5 cm.

Apa isi yang di tampilkan pada kartu nama?

Isi yang umum ditampilkan pada kartu nama antara lain nama, jabatan, alamat, nomor telepon, alamat email, dan informasi media sosial. Di samping itu, ini bisa berbeda tergantung pada kebutuhan dan tujuan kartu nama tersebut, informasi yang dicantumkan dapat bervariasi.

Kertas apa saja yang cocok untuk kartu nama?

Kertas yang cocok dan umum digunakan untuk mencetak kartu antara lain: kertas art carton, kertas ivory, kertas linen, kertas duplex, kertas kromoset, craft paper, kertas bristol, serta kertas metalic.

Di mana bisa mencetak kartu nama?

Umumnya, kartu nama dapat Anda cetak secara langsung di media percetakan atau tempat cetak yang menyediakan layanan cetak kartu nama dengan menggunakan printer yang mendukung kertas tebal, seperti kertas karton. Selain itu, ada juga jasa cetak online yang dapat Anda akses melalui situs web atau aplikasi. Beberapa toko alat tulis kantor, seperti: Gramedia, toko buku besar, tempat cetak desain juga biasanya menyediakan layanan cetak kartu nama.


Penulis : Yunita Setiyaningsih | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Yunita Setiyaningsih

Yunita adalah seorang penulis konten di Dianisa.com. Ia memiliki latar belakang pekerjaan dalam marketing, administrasi kantor, dan desain konten. Di sela-sela pekerjaannya, ia memiliki hobi desain grafis. Saat ini, ia sedang memperluas pengetahuannya di bidang pemrograman web.

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 5 Cara Transfer Pulsa Telkomsel via SMS, USSD dan MyTelkomsel Terbaru

    Ketahui bagaimana cara melakukan transfer pulsa Telkomsel di bawah ini!
  2. 10 Cara Melihat ID Akun Discord Sendiri di HP, PC, Tanpa Ribet!

    Berikut cara melihat ID Akun Discord di HP, PC dengan mudah!
  3. 10 Cara Membuat Simbol Kurang Lebih (±) di Microsoft Word

    Simak beberapa cara membuat simbol kurang lebih dengan mudah berikut ini