8 Cara Mengubah JPG ke PNG

Kita tahu bahwa di dalam sebuah file terdapat berbagai macam format yang berbeda. Tentu saja dari setiap format tersebut memiliki kriteria tersendiri. Seperti halnya format file dalam sebuah gambar yang memiliki beberapa format, Diantaranya format gambar yang sering dipakai adalah .jpg dan .png. Pada dasarnya dari kedua format gambar tersebut, terdapat perbedaan yang mendasar.

Lantas apa yang membedakannya? Yakni terletak pada kompresi dan beberapa fitur lainnya. Sebagai contohnya, format gambar PNG ini mendukung transparasi pada gambar. Dan dalam segi penggunaannya pun sangatlah berbeda. Apabila format JPG biasa dipakai untuk keperluan fotografi, lain halnya dengan format PNG. Yang mana sering dipakai untuk jenis gambar ilustrasi seperti vektor, line art dan sejenisnya.

Sebenarnya jika dilihat dari kelebihan dan kekurangan dari kedua format tersebut, hampirlah seimbang. Hanya saja tergantung dari pemakaiannya digunakan untuk keperluan apa. Dan perlu diketahui, bahwa tidak sedikit orang yang menginginkan format PNG ini. Jadi tidak heran sebagian orang ingin mengubah format JPG ke PNG, begitupun sebaliknya.

Lihat Juga : 6 Cara Merubah File PDF ke Excel

Cara Konversi File JPG ke PNG

Mengubah PNG ke JPG

Terlepas dari hal tersebut, bahwa terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengubah format file JPG ke bentuk PNG ini. Diantaranya adalah dengan cara online dan offline, baik menggunakan aplikasi di PC, Android maupun melalui website online converter.  Dalam mengubah format file JPG ke PNG sendiri sangatlah mudah dilakukan. Hanya membutuhkan beberapa tahapan saja. Dan berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk konversi file JPG ke PNG.

Lihat Juga : 7 Cara Memisahkan File PDF per Halaman

Mengubah JPG ke PNG Secara Offline

Pada tahap ini kita memulai mengubah format dengan cara offline terlebih dahulu. Karena selain praktis untuk dilakukan, anda tidak memerlukan koneksi internet. Banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengubah secara offline. Diantaranya adalah dengan cara manual, MS Paint, menggunakan Photoshop, dan sejenisnya. Untuk lebih detailnya dapat anda lihat pada ulasan dibawah ini.

1. Mengubah JPG ke PNG Manual

Sebenernya terdapat cara yang sangat mudah untuk mengubah file JPG ke PNG. Dalam hal ini anda tidak perlu menginstal aplikasi ataupun konversi melalui website. Memang sedikit aneh untuk didengar, namun cara ini sangat cocok untuk anda yang tidak ingin ribet dalam mengkonversi. Selain itu pada tahap ini saya menggunakan Sistem Operasi Windows 7 sebagai tutorialnya. Berikut langkah-langkahnya;

Convert JPG ke PNG Manual
  1. Pertama, buka Windows Explorer pada PC/Laptop. (atau tekan icon Windows + E)
  2. Klik menu Organize » pilih Folder and search options.
  3. Pada bagian Folder Options, klik menu View » lalu cari dan hilangkan centang pada “Hide extensions for known file types” » klik Apply, dilanjut dengan klik Ok.
  4. Klik gambar .jpg yang ingin diubah » lalu klik Kanan Gambar tersebut » pilih Rename.
  5. Setelah itu, ubah format .jpg menjadi .png.
  6. Selesai.

2. Ubah Menggunakan MS Paint

Dan cara yang kedua adalah dengan menggunakan MS Paint. Tentu saja Aplikasi yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk anda. Memang aplikasi Paint sendiri sering kali digunakan belajar menggambar untuk anak kecil. Namun perlu diketahui, bahwa terdapat manfaat lain dari aplikasi Paint. Salah satu diantaranya adalah untuk mengubah file JPG anda ke bentuk PNG.

Ubah Dengan MS Paint
  1. Pertama, buka Aplikasi MS Paint pada PC/Laptop.
  2. Kemudian klik icon File » pilih Open » lalu pilih Gambar JPG yang ingin diubah » klik Open.
  3. Klik icon File kembali » pilih Save As » pilih Format PNG, pada bagian “Save as type” » klik Save.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Mengubah PPT ke Video

3. Mengubah JPG ke PNG di Photoshop

Di sisi lain dari penggunaan Photoshop sebagai aplikasi editor gambar/foto yang paling sering digunakan. Anda dapat mengubah format file JPG ke PNG dengan Aplikasi ini. Namun untuk dapat menggunakannya, tentu anda harus download Photoshop terlebih dahulu. Untuk langkah konversinya dapat anda lihat berikut ini;

Konversi di Photoshop
  1. Pertama, buka Aplikasi Photoshop.
  2. Kemudian klik menu File » pilih Open » pilih Gambar JPG yang ingin diubah » klik Open.
  3. Klik menu File kembali » pilih Save As » pilih Format PNG (*.PNG;*.PNS), pada bagian “Format” » lalu klik Save.
  4. Selesai.

4. Ubah Format PNG di Format Factory

Lain halnya jika anda sudah mempunyai aplikasi konverter seperti Format Factory ini. Tentu anda dapat mengubahnya dengan cepat dan praktis. Di dalam aplikasi terdapat banyak sekali fitur konversi yang dapat anda gunakan, seperti convert video MP4 ke MP3, dan sejenisnya. Langsung saja berikut tutorialnya.

Ubah di Format Factory
  1. Pertama, buka Aplikasi Format Factory.
  2. Selanjutnya, klik format -> PNG, pada bagian “Picture” » klik Add File » pilih Gambar JPG yang ingin diubah » klik Open » lalu klik OK.
  3. Klik menu Start untuk memulai konversi » tunggu beberapa saat.
  4. Setelah itu, klik Output Folder untuk melihat hasil konversi.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 8 Cara Merubah File Excel ke PDF

Mengubah JPG ke PNG Secara Online

Selain itu anda juga dapat mengubahnya dengan cara online, yakni melalui beberapa website konverter. Tahapan ini sangatlah cocok untuk anda yang menyukai cara yang praktis dalam melakukan konversi. Tentunya dengan website tersebut anda tidak hanya konversi JPG ke PNG saja. Ada banyak sekali fitur yang disediakan oleh website. Berikut beberapa website yang dapat anda kunjungi.

1. Convertio.co

Dan website konversi yang pertama adalah Convertio.co. Website ini menghadirkan berbagai layanan konversi untuk banyak dokumen dan media. Jadi tidak heran, kalau Convertio.co merupakan salah satu website konverter yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Terlebih lagi, anda dapat mengubah file PDF ke JPG, PDF ke PPT dan sejenisnya.

Ubah JPG ke PNG - Convertio
  1. Pertama, kunjungi website Convertio.co berikut ini: Convertio.co
  2. Selanjutnya klik Pilih File » pilih Gambar JPG yang ingin diubah » klik Open » klik Konversi (anda juga dapat menambahkan beberapa file sekaligus untuk diubah)
  3. Tunggu proses upload dan konverting selama beberapa saat.
  4. Klik Download untuk mengunduh hasil konversi.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Mengubah File PDF ke Word

2. Sodapdf.com

Kemudian anda juga dapat mengubah JPG ke PNG melalui website sodapdf.com. Sama seperti website sebelumnya, yang mana Sodapdf sendiri juga termasuk salah satu website konversi yang sering digunakan. Selain itu, di sini anda juga dapat mengkompres ukuran file PDF dan sejenisnya.

Ubah JPG ke PNG - Sodapdf
  1. Pertama, akses website Sodapdf.com berikut ini : Sodapdf.com
  2. Kemudian klik Choose File » pillih Gambar JPG yang ingin diubah » klik Open.
  3. Tunggu proses Converting beberapa saat » klik Download untuk mengunduh hasil konversi.
  4. Selesai.

3. Jpg2png.com

Dan yang terakhir untuk cara offline adalah dengan mengunjungi website jpg2png.com. Untuk website yang satu ini mungkin berbeda dengan sebelumnya. Selain menyediakan layanan untuk mengubah JPG ke PNG, website ini sendiri juga memiliki fitur konversi PNG ke JPG dan HEIC to JPG saja. Berikut langkah-langkahnya;

Ubah JPG ke PNG - jpg2png
  1. Pertama, mengunjungi website Jpg2png.com di link berikut ini : jpg2png.com
  2. Kemudian, klik menu Unggah File » pilih Gambar JPG yang ingin diubah » klik Open.
  3. Tunggu proses upload dan konversi beberapa saat » lalu klik Unduh, untuk melihat hasilnya.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Mengubah File PNG ke PDF

Cara Mengubah JPG ke PNG di Android

Apabila anda mengalami kesulitan dalam hal konversi dari beberapa cara diatas. Saya akan memberikan solusi alternatif yang dapat anda gunakan dengan mudah. Yakni cukup dengan menginstal aplikasi conveter di smartphone anda. Dengan begitu anda tidak perlu ribet dengan membuka laptop terlebih dahulu, untuk mengubah file JPG ke PNG. Berikut langkah-langkahnya.

Ubah JPG ke PNG Android
  1. Pertama, download dan pasang Aplikasi JPEG / PNG Image File Converter berikut : [Google Play] [App Store]
  2. Buka aplikasinya » tekan Load a photo » pilih Gambar JPG yang ingin diubah » tekan Save as PNG.
  3. Setelah proses konversi telah selesai, anda dapat melihat hasilnya pada Galeri smartphone.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Mengubah PPT ke JPG

Akhir Kata,

Seperti itulah beberapa cara yang dapat saya berikan terkait mengubah format file JPG ke PNG. Dari beberapa cara diatas, pilih salah satu metode yang paling cocok untuk anda gunakan. Semoga cara yang saya paparkan diatas mudah dimengerti. Jika anda ingin bertanya mengenai ulasan diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba !!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.