15 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di HP Xiaomi

Berikut penyebab dan solusi mengatasi kartu SIM tidak terbaca di HP Xiaomi

Sebagai pengguna smartphone Android, kita menyadari bahwa kartu SIM memiliki penting yang sangat penting. Kita bisa melakukan panggilan, mengirim pesan, maupun mengakses internet berkat adanya kartu SIM di smartphone kita. Tanpa adanya kartu SIM, maka smartphone yang kita miliki tidak berati apa-apa. Sekalipun kita bisa menggunakan jaringan WiFi atau Hotspot untuk terhubung ke internet, kita juga tetap membutuhkan kartu SIM untuk berbagai keperluan, seperti melakukan panggilan telepon, mengirim SMS, authentifikasi email, serta mengakses berbagai layanan atau aplikasi yang membutuhkan nomor telepon sebagai alat pendaftaran maupun login.

Nah, terkadang masalah kartu SIM yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi terjadi pada smartphone kita. Hal ini tentu membuat komunikasi terganggu, kita tidak bisa melakukan panggilan ataupun mengirim pesan apabila bilah notifikasi smartphone muncul tulisan “tidak ada layanan”, “kartu SIM tidak terdeteksi”, “SIM tidak valid”, “no sim card detected”, “sinyal tidak tersedia”, dan lain sebagainya. Lalu, apa penyebab dari masalah tersebut? Untuk mengetahui penyebab kartu SIM yang tidak terbaca, Anda bisa simak ulasannya berikut ini!

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Bunyi & Muncul di HP Xiaomi

Penyebab kartu SIM tidak terbaca

Beli Kartu Telkomsel di Shopee

Kartu SIM yang tidak terbaca di HP Xiaomi dapat terjadi karena banyak faktor, bisa karena penempatan kartu SIM yang kurang pas, kuningan kartu SIM yang tergores, masa aktif kartu SIM yang habis, IMEI yang hilang, konfigurasi jaringan yang salah, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa poin penyebab beserta penjelasannya berikut ini!

  • ­Usia pakai kartu SIM yang sudah cukup lama – Usia kartu SIM yang sudah di atas 3 tahunan akan mengalami degradasi pada material plastik dan kuningan. Jika dibiarkan maka resikonya dapat menyebabkan kartu SIM tidak terbaca.
  • Kuningan kartu SIM yang tergores – Kuningan merupakan komponen utama yang menyimpan berbagai informasi penting pada kartu SIM. Bagian tersebut sangat sensitif, apabila ada benda yang membuat kuningan tersebut tergores terlalu dalam maka dapat menyebabkan jalur kuningan terputus dan tidak bisa terbaca oleh smartphone.
  • Masa aktif kartu SIM habis –  Jika Anda lupa untuk mengisi pulsa atau memperpanjang masa aktif kartu, maka kartu SIM akan masuk ke masa tenggang. Dan jika dalam masa tenggang tersebut kartu SIM tidak diperpanjang, maka tentunya kartu SIM akan dinonaktifkan oleh provider dan tidak bisa digunakan lagi.
  • Posisi kartu SIM yang kurang pas – Posisi kartu SIM yang kurang pas juga dapat menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Selain itu, efek benturan pada ponsel atau terjatuh juga dapat menyebabkan posisi kartu SIM bergeser (sedikit miring/tidak sejajar).
  • IMEI hilang – IMEI adalah kode unik yang berfungsi sebagai identitas pada smartphone. Apabila IMEI hilang / tidak terdeteksi / invalid / null, maka kartu SIM tidak akan terbaca.
  • Konektor / slot kartu SIM rusak – kemungkinan lain konektor / slot kartu SIM mengalami kerusakan, entah bengkok, patah, atau karena tekanan pada kartu SIM yang kurang kuat. Untuk memastikannya, coba lakukan pengujian dengan memasang kartu SIM Anda ke smartphone lain dan juga sebaliknya.
  • Kerusakan komponen IC PA – IC PA merupakan bagian dari komponen smartphone yang berfungsi sebagai penangkap sinyal. Nah, apabila smartphone Anda tidak ada sinyal sama sekali atau bertanda “X”, maka bisa jadi komponen IC PA yang rusak.
  • dll.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Bootloop

Cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang kami jelaskan di atas, Anda bisa mulai melakukan perbaikan dengan mengikuti beberapa tipsnya berikut ini!

1. Restart HP Xiaomi Anda

Metode pertama, Anda bisa mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca dengan restart atau memuat ulang HP Xiaomi Anda. Ini Anda lakukan karena mungkin saja masalah ini terjadi akibat dari service sistem yang crash atau tidak dijalankan di background, sehingga kartu SIM tidak terdeteksi sama sekali. Dengan memuat ulang perangkat, diharapkan service sistem dapat berjalan normal dan kartu SIM bisa terdeteksi lagi.

Biasanya masalah kartu SIM yang tidak terbaca, dan beberapa masalah lain seperti: not responding, tidak bisa dibuka, sinyal tidak muncul, hang, macet, dan sebagainya dapat teratasi hanya dengan memuat ulang perangkat. Tetapi jika memuat ulang tidak memperbaiki masalah, cobalah untuk mematikan ponsel dan tunggu selama 30 detik, kemudian nyalakan kembali ponsel.

2. Gunakan mode pesawat terbang

Aktifkan Mode Pesawat Terbang
2. Aktifkan airplane mode HP Xiaomi Anda. RUDI DIAN ARIFIN

Selain memuat ulang perangkat, Anda juga bisa mencoba menggunakan mode pesawat terbang (airplane mode) untuk menyegarkan jaringan yang bermasalah. Sebenarnya fitur mode pesawat terbang digunakan pada saat pengguna melakukan penerbangan agar tidak mengganggu komunikasi. Namun Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk me-refresh konektivitas jaringan (SIM Card, WiFi, Bluetooth, dan lainnya). Anda bisa ON OFF mode pesawat terbang selama beberapa saat untuk me-refresh jaringan.

  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi Anda.
  2. Pilih Lainnya » aktifkan Mode Pesawat.
  3. Tunggu beberapa saat. Setelah itu, matikan.
  4. Lihat apakah kartu SIM dapat terdeteksi atau tidak.
  5. Selesai.

Selain melalui menu Settings, Anda juga bisa mengakses fitur mode pesawat terbang melalui bilah notifikasi HP Xiaomi Anda. Anda bisa gulir bilah notifikasi di layar HP Samsung Anda, lalu aktifkan mode pesawat terbang selama beberapa saat kemudian matikan kembali.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Xiaomi

3. Pastikan penempatan kartu SIM tepat / pas

Selanjutnya, coba pastikan kembali penempatan kartu SIM di smartphone Xiaomi Anda sudah tepat / pas. Seperti yang kami jelaskan di awal, mungkin saja kartu SIM yang tidak terbaca disebabkan oleh posisi kartu SIM yang tidak tepat atau bergeser karena efek benturan pada ponsel atau terjatuh. Banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa efek benturan juga dapat menyebabkan kartu SIM berubah posisi (sedikit miring / tidak sejajar), apalagi untuk ponsel model lama yang konektor kartu SIM masih di bawah baterai, efeknya justru lebih besar.

  • Coba buka slot kartu SIM di HP Anda.
  • Kemudian, lepaskan kartu SIM lalu pasang kembali.
  • Pastikan pemasangan sudah tepat dan benar.
  • Jika sudah, coba muat ulang HP Anda untuk me-refresh komponen.

Pada beberapa HP Xiaomi model lama (yang konektor kartu SIM masih di bawah baterai dan removable), jika slot kartu SIM terlihat renggang, Anda bisa ganjal dengan kertas atau kapas untuk memberi tekanan kartu SIM supaya kuningannya menempel pada jalur konektor.

4. Coba gunakan kartu SIM lain

Bisa jadi kartu SIM yang Anda gunakan memang telah rusak atau tidak aktif sehingga tidak bisa terbaca oleh smartphone. Untuk memastikannya, coba tes dengan memasang kartu SIM lain di HP Anda. Apabila dengan memasang kartu SIM lain juga tidak terbaca, maka kemungkinan HP Anda bermasalah, entah konektornya yang tidak berfungsi, komponen IC PA yang rusak, konfigurasi jaringan yang salah, atau setelan SIM 1/2 yang tidak aktif (disable). Tetapi jika kartu SIM lain tersebut terbaca dengan baik maka yang bermasalah adalah kartu SIM Anda, mungkin kartu SIM sudah tidak aktif atau rusak.

Apabila kartu SIM Anda sudah tidak aktif karena tidak pernah isi pulsa atau tidak memperpanjang masa aktif kartu, Anda bisa datang ke kantor pusat provider kartu SIM. Anda bisa datang untuk meminta agar nomor telepon Anda di aktifkan kembali dan Anda akan mendapatkan kartu SIM yang baru dengan nomor yang sama.

Selain memasang kartu SIM lain, coba pasang kartu SIM yang bermasalah tersebut di HP lain. Karena dalam beberapa kasus, terkadang kartu SIM tidak terdeteksi di HP kita sedangkan di HP orang lain bisa terdeteksi. Apabila kartu SIM tersebut ternyata terbaca atau terdeteksi di HP lain maka kemungkinan terdapat konfigurasi SIM atau jaringan yang bermasalah.

5. Periksa konektor / slot kartu SIM

Selain mencoba menggunakan kartu SIM lain, coba periksa juga bagian konektor SIM HP Anda. Bisa jadi terdapat masalah pada bagian konektor, mungkin konektornya berdebu, bengkok, atau patah sehingga membuat HP tidak dapat membaca kartu SIM. Apabila konektor berdebu, coba lepaskan dan bersihkan dengan penghapus karet, kapas, atau bisa juga alat pembersih lain yang sekiranya bisa digunakan untuk membersihkan bagian tersebut.

Pada beberapa HP model lama yang konektor kartu SIM masih ditepatkan di bagian bawah baterai (removable), Anda bisa buka casing HP dan lepaskan baterai kemudian bersihkan sela-sela konektor supaya bersih dari debu atau kotoran yang menempel. Jika dirasa konektor terasa renggang atau kurang rapat, Anda bisa tambahkan sepotong busa atau kertas untuk mengganjal kartu SIM. Tujuannya untuk memberi tekanan pada kartu SIM dengan konektor.

Tetapi apabila terdapat kerusakan parah pada konektor, seperti kuningan yang patah atau bengkok, dan tidak bisa diperbaiki sendiri, sebaiknya bawa ke service HP atau Service Center untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

6. Cek ketersediaan IMEI

Cek IMEI Android
6. Cek ketersediaan IMEI. RUDI DIAN ARIFIN

IMEI (International Mobile Equipment Identity) merupakan nomor identitas yang terdapat pada smartphone dan tablet di seluruh dunia. IMEI pada smartphone memiliki peran yang sangat penting, hilangnya nomor IMEI pada smartphone dapat menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Untuk memastikan ketersediaan nomor IMEI, Anda bisa cek melalui menu Pengaturan di HP Xiaomi Anda.

  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi Anda.
  2. Pilih Tentang telepon » Status » Informasi IMEI.
  3. Pada bagian tersebut akan tampil informasi IMEI pada smartphone.
  4. Selesai.

Bagaimana cara mengetahui IMEI tidak tersedia? Jika informasi IMEI bertuliskan “Invalid IMEI” atau “null” maka artinya IMEI tidak tersedia. IMEI yang tidak tersedia ini biasanya disebabkan karena banyak faktor, bisa karena akses rooting, kesalahan dalam melakukan flashing, bugs pada sistem operasi, dan masih banyak lagi. Beberapa aplikasi seperti MTK Engineering Mode dan Chamelephon dapat membantu Anda memperbaiki IMEI yang hilang.

7. Konfigurasi ulang jaringan

Coba periksa kembali konfigurasi jaringan di HP Xiaomi Anda, mungkin terdapat kesalahan. Cek apakah kartu SIM di slot 1/2 sudah dalam keadaan aktif (enable), APN (Access Point Name) sudah benar, dan juga setelan jaringan sudah di atur secara otomatis. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Atur ulang APN

Setel Ulang APN Jaringan
7. Atur ulang APN. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kartu SIM & jaringan seluler » pilih kartu SIM Anda.
  3. Pilih Nama Titik Akses (APN) » Setel ulang.
  4. Tunggu sampai proses setel ulang APN selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Atur ulang pilihan jaringan

Pilih Jaringan Otomatis
7. Atur ulang pilihan jaringan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kartu SIM & jaringan seluler » pilih kartu SIM Anda.
  3. Pilih Jaringan seluler » Otomatis pilih jaringan.
  4. Selesai.

Jika dengan mengatur ulang APN dan memilih jaringan secara otomatis tidak membuahkan hasil sama sekali, coba lakukan reset setelan jaringan ke posisi awal / default. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Reset setelan jaringan

Setel Ulang Jaringan Android
7. Reset setelan jaringan. RUDI DIAN ARIFIN
  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Setelan jaringan diatur ulang » Setel ulang jaringan.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Ketuk OK untuk konfirmasi.
  6. Selesai.

8. Reset HP Xiaomi Anda

Factory Reset Xiaomi
8. Reset HP Xiaomi Anda. RUDI DIAN ARIFIN

Jika semua tips di atas tidak membantu, Anda bisa mencoba melakukan reset HP Xiaomi Anda. Cara ini akan mengembalikan setelan sistem Android ke posisi awal / pabrikan. Tapi sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada semua data penting yang Anda miliki. Simak dan ikuti panduan reset HP Samsung berikut ini.

  1. Buka menu Setelan di HP Xiaomi Anda.
  2. Pilih Setelan tambahan » Cadangkan & Setel Ulang.
  3. Pilih Kembali ke setelan pabrik » Setel ulang telepon.
  4. Konfirmasi dengan pola kunci atau kata sandi ponsel.
  5. Tunggu sampai proses reset berhasil dilakukan.
  6. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Reset HP Xiaomi ke Pengaturan Awal

9. Flashing HP Xiaomi Anda

Selain reset, opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah flashing ulang HP Xiaomi Anda. Ada beberapa metode flashing yang bisa Anda lakukan, melalui halaman pembaruan ponsel, recovery mode, dan PC / komputer dengan bantuan software flashing. Dalam melakukan flashing, Anda perlu mempersiapkan tools dan bahan yang dibutuhkan, seperti firmware, USB, software flashing, dan lainnya. Anda bisa browsing untuk mencari tahu metode flashing yang tepat sesuai dengan merek dan tipe HP Xiaomi yang Anda gunakan.

10. Bawa ke Service Center

Apabila flashing ulang sistem Android masih tidak membantu, maka ada kemungkinan terdapat kerusakan komponen perangkat sehingga menyebabkan kartu SIM tidak terbaca. Untuk kerusakan komponen tentunya tidak bisa atau sulit untuk Anda perbaiki sendiri, Anda butuh orang yang lebih ahli untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut. Untuk memastikannya, Anda bisa bawa ke Service HP atau Service Center (resmi) yang terpercaya dan sudah berpengalaman. Di tempat tersebut, Anda akan mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Sementara untuk masalah biaya tentunya tergantung dari merek dan tipe HP yang Anda gunakan, harga komponen, serta biaya service. Misalnya yang rusak adalah IC PA atau konektor SIM, rata-rata harga IC PA sekitar 20 ribuan – 50 ribuan, sedangkan konektor SIM rata-rata harganya 5 ribuan sampai 30 ribuan. Dan untuk biaya service, tentu tergantung dari tempat tersebut.

Lihat Juga : 12 Cara Mengatasi Notifikasi Tidak Bunyi & Muncul di HP Xiaomi

Penutup,

Dari semua penyebab dan solusi yang kami paparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan kartu SIM tidak terbaca di antaranya: konfigurasi jaringan yang salah, service sistem yang dijalankan, posisi kartu SIM yang kurang pas, konektor SIM yang bengkok, hingga komponen perangkat yang mengalami kerusakan. Dengan membaca dan memahami semua tips yang kami jelaskan di atas, semoga masalah kartu SIM yang tidak terbaca dapat teratasi dan bisa digunakan dengan normal kembali.

Itulah beberapa tips yang bisa kami bagian, jika ada sesuatu yang mungkin perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Mengapa kartu SIM tidak ada sinyal?

Ponsel Android yang tidak ada sinyal dapat disebabkan oleh gangguan pada provider atau lokasi Anda yang tidak mendapatkan sinyal yang stabil.

Mengapa kartu SIM tidak ada layanan?

Kartu SIM tidak ada layanan dapat diartikan kartu SIM tidak terbaca / terdeteksi. Anda bisa simak semua tips dan penjelasan di atas untuk memperbaiki masalah tersebut.

Mengapa kartu SIM bertuliskan panggilan darurat saja?

Panggilan darurat artinya tidak terdapat sinyal sama sekali. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan pada provider atau pemadaman. Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di sini.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!