6+ Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa di Putar di HP Android

Dianisa.com – Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa di Putar. Instagram merupakan salah satu sosial media yang banyak di gandrungi oleh kalangan anak muda dan artis sebagai tempat berbagi Foto dan Video. Maraknya foto selfie membuat instagram menjadi Sosial Media Terbaik sebagai untuk ajang berbagi foto.

Tak hanya foto saja, video lucu dan inspiratif terkadang juga sering di upload oleh para pengguna Instagram. Biasa para pengguna Mengupload Video Dengan Durasi Pendek dan singkat dengan kesan menarik dan seru.

Lebih – lebih sekarang ini paling rame video dari Ria Ricis yang sekarang menjadi artis instagram dengan followers yang sangat berlimpah. Namun disaat serunya memainkan instagram, ternyata ada juga beberapa pengguna Android yang mengeluh karena video Instagramnya tidak bisa diputar. Apa Masalahnya?

Masalah Instagram

Masalah Koneksi Internet

Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa Diputar

Video Yang Tidak Bisa di Putar tersebut mungkin saja di sebabkan oleh penumpukan cache yang tidak pernah di bersihkan. Masalah cache yang menumpuk sering kali di abaikan oleh para pengguna Android.

Mengenai Masalah tersebut, coba lakukan dengan cara – cara berikut ini.

1. Periksa Konektivitas Internet

Pastikan koneksi internet di HP Android anda benar – benar lancar. Hal ini untuk meyakinkan bahwa video yang tidak bisa diputar bukan karena koneksi internet yang lambat. Jikapun terjadi kelambatan, kemungkinan karena kualitas jaringan atau provider yang kurang memadai.

Selain itu, lokasi akses yang minim sinyal tentu menjadi alasan video tidak bisa diputar. Coba tes degan membuka aplikasi lain seperti YouTube atau Play Store.

2. Update Aplikasi Insagram

Jika instagram yang anda gunakan versi jadul, sebaiknya lakukan Update Ke Versi Terbaru saat ini. Tujuannya agar kerusakan file yang terjadi dapat diperbaiki dan anda mendapatkan fitur terbaru dari aplikasi tersebut.

Update Aplikasi Instagram

  • Buka Google Play Store, kemudian cari aplikasi “Instagram” kemudian anda bisa mencoba untuk tap “Update” dan “Terima”.

3. Bersihkan Cache Instagram

Penumpukan History Pencarian dan cache yang menumpuk mungkin saja menjadi penyebab masalah video yang tidak bisa diputar tersebut. Sebaiknya, gunakan Aplikasi Clean Master sebagai solusi untuk membersihkan Cache memori tersebut.

Atau jika anda ingin menghapus file sampah secara manual, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

4. Lakukan Force Stop dan Clean Data

Force Stop berguna untuk menghentikan aplikasi secara paksa, sedangkan clean data berguna untuk Menghapus Semua Data Android seperti data login, history, dan cache. Untuk menghentikan dan menghapus aplikasi secara paksa, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Aplikasi Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

5. Install Ulang Aplikasi

Jika anda telah melakukan update tetapi tetap Tidak Bisa Memutar Video Instagram. Sebaiknya hapus saja aplikasi tersebut. pastikan anda menghapus secara total dan bersih. Kemudian unduh secara langsung melalui Google Play Store, jangan menggunakan file Apk.

Hapus Aplikasi Instagram

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Instagram” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

6. Restart Android Anda

Setelah melakukan install ulang, alangkah baiknya anda melakukan Restart Pada Smartphone dan tablet android anda. Hal ini bertujuan agar aplikasi dapat berjalan secara normal atau berjalan dari nol kembali.

Akhir Kata

Lakukan cara diatas satu – persatu, apabila dari tips di atas tidak membantu sama sekali, cobalah untuk searching di Google kembali, semoga saja nantinya anda menemukan tips yang tepat untuk smartphone android anda.

Setiap smartphone Android memiliki masalah yang berbeda – beda, untuk itulah anda harus berfikir dan mencari solusi agar Masalah Video Instagram Yang Tidak Bisa Diputar tersebut bisa teratasi.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, dan lainnya.

Jika ada sedikit perbedaan, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Mengatasi Video Instagram Tidak Bisa di Putar, semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.