7 Fungsi dan Manfaat Menggunakan Corel Draw

Ketika berbicara masalah desain grafis, apa hal pertama yang akan muncul di pikiran Anda? Apakah bentuk,…

Ketika berbicara masalah desain grafis, apa hal pertama yang akan muncul di pikiran Anda? Apakah bentuk, tema, jenis, rupa, atau software nya? Nah, kali ini penulis akan membahas salah satu software desain grafis yang sering digunakan oleh kalangan desainer grafis, yaitu CorelDraw. CorelDraw merupakan software desain grafis yang paling banyak di pakai di Indonesia, khususnya pelajar, percetakan, hingga perkantoran.

CorelDraw dikembangkan oleh Corel Corporation, mereka melengkapi kinerja fiturnya agar dapat menyesuaikan kebutuhan pengguna. CorelDraw didesain sebagai software grafis yang user friendly, jadi tidak heran jika banyak penggunanya. Hingga kini masih banyak media percetakan yang menggunakan CorelDraw, karena sangat mudah di kerjakan untuk proses editing hingga pembuatan desain.

Untuk Anda, seorang pecinta desain dan ingin berkarya, tak ada salahnya untuk mencoba Corel Draw dalam mengasah kemampuan. Lalu apa saja fungsi dari program ini? Yuk simak ulasannya berikut!

Lihat Juga : 9 Fungsi dan Manfaat Menggunakan Adobe Premiere Pro

Apa Itu CorelDraw?

Apa itu Corel Draw
PengembangCorel
Rilis Awal16 Januari 1989
Bahasa PemrogramanC++, C#
Sistem OperasiMicrosoft Windows, Mac OS
TipeEditor Grafik Vektor, Editor Grafik Raster
Websitecoreldraw.com

CorelDraw adalah perangkat lunak editor grafis vektor, dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation. Program editor grafis ini juga terhubung dengan editor bitmap image yaitu Corel Photo-Paint dan merupakan bagian pertama dari all-in-one graphics suite (Corel Graphics Suite). Software ini di desain untuk mengedit jenis gambar dua dimensi seperti poster dan logo.

Pada Maret 2020 ini Corel sudah mengembangkan rilis terbarunya yaitu versi 22, CorelDraw Graphics Suite 2020. Perusahaan yang mengembangkan software ini basisnya di Ottawa, Kanada. Sedikit ulasan sejarah CorelDraw, pendiri Corel Corporation adalah Michael Cowpland seorang lulusan Bachelor of Engineering di Universitas Imperial, Kanada, dan mendapatkan gelar master Ph.D.

Pada masa itu Cowpland dan rekannya pernah mengalami kesulitan pasar dan mengubah sistem perangkat lunak menjadi sistem desktop publishing. Seiring waktu, tepatnya pada 1987 Corel memanggil programmer untuk melanjutkan produk CorelDraw. Program ilustrasi ini dikembangkan oleh kedua programmer yaitu Michel Bouillon dan Pat Beirne. Hingga akhirnya pada Januari 1989 CorelDraw diperkenalkan dan meledak luas di pasaran.

CorelDraw sangat mendukung berbagai bidang visualisasi desain dengan hasil yang memuaskan. Tidak heran jika perangkat lunak ini banyak dipakai dalam pekerjaan grafis, terutama media percetakan, perusahaan publikasi dan media desain lainnya.

Lihat Juga : 12 Fungsi, Manfaat, dan Tools Adobe Photoshop

Fungsi dan Manfaat CorelDraw

Fungsi dan Keguaan Corel Draw
Sumber Gambar : SoftwareSuggest

Tidak kalah dengan software lainnya, CorelDraw memiliki fitur unggul dalam pembuatan visualisasi desain dengan hasil yang berkualitas. Untuk lebih jelasnya, simak ragam fungsi yang bisa diolah dari CorelDraw berikut ini.

1. Membuat Ilustrasi

Pengguna dapat membuat desain ilustrasi yang indah dan unik dengan tema yang diinginkan. Misalnya ilustrasi anatomi, pemandangan, binatang, dan lainnya.

Memiliki fungsi yang Handal dalam pembuatan logo, beberapa perusahaan, toko online, maupun lembaga membutuhkan icon logo untuk identitas mereka. Corel bisa dijadikan alat para desainer grafis dalam mendesain logo tersebut. Selain untuk identitas, mendesain logo juga bisa dijadikan Freelance project untuk dipasarkan pada suatu website logo resmi.

3. Membuat Brosur, Undangan, Poster, dan Banner

Membuat desain brosur saat ini bisa menggunakan template Web Apps hingga aplikasi Android/ iOS. Namun jika ingin mendesain brosur dengan hasil yang maksimal, menarik dan sesuai kebutuhan, maka tidak salah jika desainer menggunakan CorelDraw. Corel di desain dengan fitur lengkap untuk membuat brosur, undangan, poster iklan, promosi, dan juga banner. Pengguna dapat menyesuaikan jenis font, bentuk, kombinasi elemen gambar, dan pewarnaan dengan hasil yang maksimal.

4. Desain Tipografi

Dalam hal tipografi, CorelDraw bisa digunakan untuk membuat desain font. Pengguna dapat meng-eksplorasi jenis dan bentuk-bentuk font untuk dibuat tipografi dengan hasil yang unik dan menarik.

5. Membuat Desain Produk

Para pelaku ekonomi digital selalu membutuhkan desain kemasan untuk membuat branding produk. Salah satu cara yang dipakai desainer grafis, yaitu membuat desain produk. Dengan bantuan fitur shape, font, layout garis, ruler, warna, importing gambar, serta dukungan fitur lain, membuat CorelDraw mudah digunakan untuk mendesain kemasan produk maupun branding.

Branding kemasan produk yang bagus akan memaksimalkan promosi produk terhadap pelanggan.

6. Membuat Desain Kartun, Anime dan Komik

Bukan hanya membuat poster maupun brosur, Corel juga menyediakan fitur alat gambar untuk mendesain kartun, anime, bahkan gambar komik. Dengan mengkreasikan garis, curva, dan shape, Anda bisa menggambar bentuk tokoh-tokoh imajinatif seperti di dalam kartun maupun buku komik. Ketika Anda bisa menekuni bidang itu, Anda bisa menjadi komikus, desainer kartun, dan bahkan desainer tokoh anime.

Lihat Juga : 10 Aplikasi Nonton Anime Android & iOS Terbaik

7. Membuat Cover Buku, CD, dan Sampul.

Seperti halnya mendesain brosur, desainer grafis juga membuat Cover Buku, Cover CD menggunakan CorelDraw. Dengan program ini, pengguna bisa memaksimalkan pembuatan sampul yang sesuai dan bergaya mengikuti tema atau isi yang dirancang.

Lihat Juga : Pengertian Adobe Animate CC beserta Sejarah, Versi, dan Fitur Utama

Kesimpulan,

Cukup sudah penjelasan tentang fungsi dan manfaat CorelDraw. Fungsi dan tampilannya yang user friendly membuat program ini mudah digunakan bagi pemula. Pemula sangat disarankan mencoba software ini untuk belajar dan mengasah skill agar menjadi Freelancer grafis yang Handal.

Apakah hasil desain dari CorelDraw beresolusi tinggi?

Tidak kalah dengan lainnya, CorelDraw juga mendukung resolusi file dengan kapasitas tinggi, dari mm, cm, m, pixel, dan inci. Jadi yang ingin mencetak gambar dengan ukuran yang besar maka program ini cocok digunakan.

Apakah file Corel bisa dibuka di software lain?

CorelDraw dapat disimpan dan dibuka dalam format .AI milik Adobe Illustrator.

Apa format asli dan tipe gambar pada CorelDraw?

CorelDraw memiliki format asli .CDR, dan merupakan software editor dengan tipe vektor. Namun Corel juga mencakup editing Corel Photo Paint dengan tipe bitmap.

Jangan lupa untuk simpan (bookmark) tulisan ini dan juga bagikan kepada rekan Anda agar semakin bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan mengenai program CorelDraw, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 13 Cara Mengatasi Error msvcp120.dll dan msvcr120.dll pada Program Windows

    Perbaiki msvcp & msvcr yang hilang dengan install Microsoft Visual C++ terbaru.
  2. Spesifikasi Honkai Impact 3 di PC dan Smartphone

    Honkai impact merupakan salah satu game dengan genre petualangan keluaran Mihoyo
  3. 17 Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Windows 10, 8, 7

    Cobalah menutup paksa aplikasi dan membukanya kembali untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 11, 10,…