8 Fungsi dan Manfaat Google Drive

Kebutuhan akan ruang penyimpanan sering bertambah seiring berjalanya waktu, hal ini terbukti dari membengkaknya ukuran sebuah aplikasi maupun sistem operasi pada perangkat elektronik yang sekarang ini Anda gunakan. Apabila kita ingin membeli perangkat penyimpanan baru tentunya cukup menguras dompet, karena selain harganya yang kian meroket jaminan kualitasnya pun juga tidak lepas dari bad sector. Nah bagaimana cara menangani masalah ini?

Sekarang ini kita mengenal apa yang namanya cloud storage, sebuah media penyimpanan digital yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai file dan data secara online. Hal ini mengindikasikan bahwa banyak pengguna komputer membutuhkan perangkat penyimpanan dengan sistem kerja yang efisien. Google Drive adalah satu di antara sekian banyak penyedia layanan cloud Storage di dunia. Seperti apa fungsi dan manfaat Google Drive sebagai media penyimpanan digital? Berikut pembahasannya.

Lihat Juga : 7 Fungsi, Manfaat dan Kegunaan Google Classroom

Fungsi dan manfaat Google Drive

Fungsi Google Drive
Sumber Gambar : morioh.com

Mari kita kenali terlebih dahulu apa itu Google Drive, secara teknis Google Drive merupakan sistem penyimpanan berbasis cloud, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan beragam file pada tempat terpisah dari sistem penyimpanan utama komputer. Salah satu poin plus yang dimiliki Google Drive ialah dengan menyuguhkan ruang cloud storage gratis sejumlah 15GB kepada penggunanya. Terlebih masih ada beberapa poin lagi yang membuat Google Drive memiliki nilai tersendiri kepada penggunanya, antara lain.

1. Memiliki harga yang terjangkau

Apabila kita melihat dari kacamata ekonomi, Google Drive sebenarnya memiliki keunggulan pada segi harga yang ditawarkan. Untuk penyimpanan sebesar 100GB saja Anda dapat menyewanya dengan biaya Rp26.000 per bulan, apabila diakumulasikan per tahun Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp269.000. Harga tersebut tergolong cukup terjangkau apabila kita memperhitungkan layanan serta efisiensi yang ditawarkan Google Drive untuk keamanan data penggunanya.

2. Antarmuka yang ramah pengguna

Sekarang kita akan membahas mengenai fitur serta tampilan dari Google Drive. Layanan penyimpanan ini menyediakan Quick Access pada halaman utamanya, hal ini agar memudahkan pengguna dalam mengorganisir file yang baru saja manajemen tanpa harus membuka kembali pada daftar pencarian. Google Drive juga menyediakan menu navigasi pada bagian kanan layar untuk menampilkan kondisi terkini mengenai penyimpanan yang pengguna miliki. Dalam navigasi tersebut juga tercantum beberapa opsi vital untuk membantu pengguna dalam memanajemen dan mengorganisir data penyimpanan.

Lihat Juga : 6 Fungsi dan Manfaat Mozilla Firefox

3. Alokasi file dan data menjadi lebih fleksibel

Ponsel telah menjadi perangkat elektronik yang paling akrab diakses oleh manusia, tentunya hal ini dapat terjadi berkat dukungan informasi serta komunikasi yang semakin dibutuhkan setiap saat. Google Drive juga turut mendukung penyebaran informasi dalam beragam perangkat dan platform, sehingga Anda dapat mengakses data dan file kapan saja dan di mana saja. Manajemennya pun juga tidak rumit, Anda dapat memanfaatkan fitur berbagi yang tersedia pada Google Drive apabila ingin membagikan file yang Anda miliki kepada teman maupun keluarga tanpa harus memandang jarak dan tempat. Maupun menyimpan sebuah file ke dalam Google Drive tanpa harus menggunakan konektor tambahan.

4. Enkripsi keamanan yang terpercaya

Google sangat paham mengenai keamanan data Anda, oleh karena itu mereka menyediakan enkripsi SSL untuk menjamin perlindungan data yang Anda simpan di Google Drive. Enkripsi tersebut merupakan Secure Socket Layer (SSL) dan merupakan cara sebuah webserver agar membangun koneksi yang aman antara website dengan Browser. Singkatnya enkripsi tersebut dibuat untuk mencegah agar tidak ada pihak lain yang dapat mengakses data pribadi pengguna. Selain Google Drive, Gmail, Google Meet, Google Classroom, serta layanan Google lainnya juga menerapkan enkripsi SSL sebagai standar keamanan mereka.

5. Memiliki opsi template yang beragam

Sebagai media penyimpanan dengan segudang manfaat, Google Drive  juga menyediakan opsi template yang beraneka ragam. Fitur tersebut tersedia bagi Anda yang membutuhkan sebuah wadah dalam membuat dokumen maupun laporan untuk kebutuhan sekolah maupun pekerjaan yang tengah Anda geluti saat ini. Untuk mengakses fitur ini Anda dapat klik File » New » lalu klik Template. Atau Anda dapat mengaksesnya melalui link ini.

Lihat Juga : 10 Fungsi, Manfaat dan Kegunaan VPN

6. Tersedia secara gratis

Sebagai salah satu layanan penyimpanan terbesar di dunia, Google tidak hanya menyediakan layanannya secara berbayar saja. Namun mereka juga memberikan ruang penyimpanan secara gratis sebesar 15 GB bagi pengguna yang telah mendaftar akun Gmail. Meskipun berukuran kurang dari 20GB, namun setidaknya ruang penyimpanan tersebut cukup luas apabila digunakan untuk mencadangkan dokumen penting yang pengguna miliki. Namun apabila Anda merasa kurang puas, mungkin Anda dapat mencoba membuat Google Account sebanyak mungkin. Sehingga Anda tetap dapat memiliki banyak ruang penyimpanan sekaligus meskipun dalam mode gratis.

7. Ruang backup andalan

Kita semua sadar bahwasanya data elektronik juga memiliki risiko untuk rusak atau hilang. Hal tersebut dapat terjadi karena disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari serangan malware, kerusakan hardware atau keteledoran pengguna. Meski begitu Anda masih bisa meminimalisir-nya dengan rutin melakukan backup, Google Drive serta penyimpanan cloud storage lainnya dapat menjadi pilihan bijak sebagai media backup Anda. Pasalnya data yang tersimpan pada cloud storage akan kembali digandakan dan disimpan pada banyak server yang berbeda-beda. Sehingga terjadinya data corrupt maupun hilang sangat kecil sekali.   

8. Fitur pencarian file yang mudah 

Selain masalah kehilangan data, menyimpan banyak data pun juga dapat mengundang masalah. Misalnya saja seperti mencari data yang diinginkan untuk diakses kembali, pastinya hal tersebut cukup menyita banyak waktu dan merepotkan. Namun hal tersebut sepertinya tidak berlaku pada Google Drive, pasalnya sistem penyimpanan ini memiliki beragam fitur yang memudahkan pengguna dalam mengakses data yang mereka simpan. Misalnya fitur searching file, Quick Access, Recently File, dan lainnya yang mana fitur ini dapat mempermudah Anda dalam mencari data yang baru saja diakses maupun yang sedang dicari.

Lihat Juga : 13 Fungsi dan manfaat internet dalam kehidupan sehari-hari

Penutup,

Meski jarang dibahas secara umum namun peran Google Drive terhadap keamanan data pengguna begitu penting, terutama di masa sekarang yang menuntut kita untuk selalu waspada dalam menjaga keamanan data. Selain itu, karena layanan Google Drive tersedia dalam berbagai platform, proses manajemen data pengguna menjadi jauh lebih mudah karena dapat diakses di mana pun di seluruh dunia.

Apakah untungnya memiliki Google Drive?

Di jaman sekarang? Maka jawabannya adalah ya, Google Drive cukup penting dimiliki oleh para pengguna perangkat elektronik. Pasalnya layanan ini dapat menjadi backup terpercaya apabila kita kehilangan suatu data.

Apakah Google Drive tersedia secara gratis?

Ya Google Drive tersedia secara gratis dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Hanya saja layanan gratis memiliki keterbatasan ruang penyimpanan sebesar 15GB saja. Apabila Anda ingin ruang yang lebih longgar, Google Drive menyediakan layanan sewa penyimpanan yang tidak kalah terjangkau untuk dimiliki.

Apakah Google Drive aman?

Secara general kita dapat berasumsi bahwasanya produk keluaran Google ini terhitung aman. Pasalnya Google Drive menerapkan enkripsi SSL yang memungkinkan pengguna lain agar tidak dapat mengakses data yang telah tersimpan pada pusat server Google. Tentu saja hal tersebut terlepas dari keteledoran pengguna yang tanpa sengaja memberikan informasi akun mereka pada pihak tidak dikenal.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

~ Artikel ditulis oleh Agung Wijaya, Editor oleh Wahyu Setia Bintara, Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.