9 Cara Mengatasi Lupa Pola HP OPPO

Apakah Anda pengguna HP OPPO? Sering mengalami lupa pola atau password untuk membuka layar HP? Pasti Anda bertanya tanya, tips cerdik untuk mengatasi hal ini. HP OPPO merupakan salah satu perangkat seluler yang banyak digunakan pengguna Android di Indonesia. Banyak sekali fitur unggulan yang didapatkan dari ponsel ini, salah satunya fitur keamanan. Fitur keamanan ponsel OPPO yang dapat digunakan salah satunya PIN atau pola kunci.

Menggunakan pola kunci pada HP akan menjaga privasi data maupun akun pengguna dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi jika HP Anda dipegang orang yang tidak dikenal, maka dengan adanya fitur pola kunci ini dapat membuat orang lain tidak sembarangan membuka ponsel Anda. Terlebih jika mereka semena-mena menyalah gunakan akun Anda. Pihak OPPO juga selalu memberikan pembaruan fitur keamanan pada perangkat.

Fitur keamanan untuk mengunci perangkat dikembangkan dengan beberapa model, tidak hanya sandi password dan pola kunci, namun juga teknologi fingerprint dan face unlock, terutama pengguna HP OPPO seri terbaru.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Android

Mengatasi Lupa Pola HP OPPO

Kali ini penulis akan mengulas masalah pola kunci pada HP OPPO yang sering dialami pengguna. Kesalahan semacam ini bisa terjadi berulang yang menyebabkan pengguna tidak bisa menggunakan ponsel sama sekali. Lalu adakah cara untuk membukanya? Untuk membukanya, simak penjelasan dan metode membuka pola kunci OPPO berikut ini.

Gunakan fitur lupa pola / PIN

Tips pertama, Anda bisa menggunakan fitur lupa pola / lupa password yang muncul ketika Anda berulang kali salah memasukkan pola / PIN. Ini sebenarnya cara paling mudah dalam membuka layar OPPO yang terkunci, asalkan Anda ingat dengan email serta kata sandi akun Google yang Anda miliki. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, pastikan ponsel OPPO Anda terhubung ke jaringan internet.
  2. Masukkan pola / PIN / Password selama beberapa kali sampai nantinya muncul opsi Lupa Kata Sandi / Lupa Password.
  3. Ketuk Lupa Kata Sandi untuk menyetel ulang kata sandi ponsel.
  4. Silakan login akun Google menggunakan email dan kata sandi ponsel OPPO Anda. Ketuk OK untuk login dan konfirmasi.
  5. Jika email dan kata sandi akun Google sesuai, pola akan terbuka Anda akan diarahkan ke menu Pengaturan / Settings ponsel OPPO Anda.
  6. Anda bisa atur ulang pola kunci / mematikan fitur pola “Aktifkan Sandi Layar”.
  7. Selesai.

Sayangnya, tidak sedikit pengguna yang justru lupa dengan email serta kata sandi akun Google yang terhubung pada ponsel OPPO. Padahal akun Google pada ponsel merupakan akun yang sangat penting untuk dijaga dan diingat, agar apabila dikemudian hari terjadi masalah pada ponsel, akun bisa digunakan untuk menyetel ulang perangkat. Bagi Anda yang merasa lupa kata sandi akun Google, Anda bisa menyetel ulang kata sandi dengan mengikuti panduannya di sini.

Gunakan Android Find My Device

Hapus Data Pada Ponsel Android Yang hilang
Menghapus data pada perangkat. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, Anda bisa gunakan Android Find My Device untuk menghapus pola / PIN OPPO. Cara ini sebenarnya sama dengan me-reset ulang ponsel (yang dijelaskan pada poin berikutnya), tetapi ini dilakukan melalui perangkat lain, bisa ponsel Android lain atau PC. Namun sama seperti poin sebelumnya, Anda harus ingat dengan email serta kata sandi akun Google yang terhubung pada ponsel OPPO Anda. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka halaman Find My Device melalui browser yang Anda miliki.
  2. Login menggunakan akun Google yang terhubung pada ponsel OPPO Anda.
  3. Klik Hapus Perangkat dan konfirmasi dengan Hapus Perangkat untuk melakukannya.
  4. Dengan begitu, semua data pada ponsel akan terhapus.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 7 Cara Menghapus Akun Google di Perangkat Lain

Lakukan Hard Reset

Tips selanjutnya, Anda bisa melakukan Hard Reset OPPO melalui menu Recovery Mode (ColorOS Recovery). Cara ini banyak dilakukan pengguna OPPO ketika mengalami masalah lupa pola / PIN. Selain itu, Hard Reset biasanya juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah pada sistem dan aplikasi seperti bootloop, aplikasi tidak bisa dibuka, hang, macet, muncul pesan error, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diperhatikan bahwa melakukan reset OPPO akan mengembalikan sistem dan aplikasi ke posisi bawaan serta menghapus semua data yang tersimpan di memori internal. Pada beberapa seri OPPO terbaru, Hard Reset tidak menjamin akan menghapus pola kunci, tetapi justru opsi reset membutuhkan konfirmasi pola / PIN. Jika Anda tahu dan siap menerima risiko yang akan terjadi, silakan ikuti langkah-langkah reset HP OPPO berikut ini.

  1. Pertama, pastikan daya baterai smartphone OPPO Anda mencukupi untuk melakukan Hard Reset. Minimal, sediakan 50% untuk melakukan Hard Reset agar proses Reset bisa berjalan lancar dan maksimal.
  2. Masuk menu ColorOS Recovery Mode OPPO dengan menekan tombol Power + Volume Up secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya Anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode OPPO.
  3. Jika ada opsi bahasa, Anda bisa pilih Bahasa Inggris.
  4. Dan untuk melakukan Hard Reset HP OPPO, Anda bisa pilih Wipe Data/ Factory Reset. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih Format Data » OK.
  5. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil. Jika sudah, Anda bisa melakukan Reboot atau restart smartphone OPPO Anda.
  6. Ikuti petunjuk daftar / login Gmail agar Anda bisa menggunakan smartphone Anda kembali.
  7. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP OPPO

Gunakan software unlock pihak ketiga

Buka pola kunci dengan Miracle Thunder | Magelang Flasher

Alternatif lain adalah menggunakan software unlock pola kunci / PIN dari pihak ketiga. Mungkin ini bisa menjadi solusi apabila Anda tidak ingat dengan email dan kata sandi akun Google serta tidak ingin kehilangan data dengan reset ulang ponsel. Software unlock pola kunci bekerja dengan bypass pola pada ponsel, tidak ada data yang akan dihapus serta tidak akan mempengaruhi kinerja ponsel. Beberapa rekomendasi software unlock pola kunci yang bisa Anda gunakan adalah sebagai berikut;

Software unlock pola kunci yang saya rekomendasi merupakan software berbayar, namun tersedia masa percobaan (trial) yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka pola pada ponsel OPPO Anda.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang / Tidak Muncul

Penutup,

Dalam mengatasi lupa pola ponsel OPPO, yang paling mudah tentunya dengan verifikasi ulang ponsel menggunakan email dan kata sandi akun Google. Tetapi apabila pengguna sudah tidak ingat, opsi lain yang bisa dilakukan adalah melalui reset OPPO atau menggunakan software unlock pihak ketiga seperti yang telah saya rekomendasikan di atas.

Tips di atas dapat Anda lakukan pada semua varian dan tipe HP OPPO seperti OPPO A37, OPPO A53, OPPO A3s, OPPO A15, OPPO A11K, OPPO A15S, OPPO A33, OPPO A32, OPPO A1K, OPPO A12, OPPO A5S, OPPO A71, OPPO F1, OPPO F5, OPPO F7, OPPO F9, dan semua seri OPPO lainnya. Jika ada perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Apakah lupa pola HP OPPO mudah di atasi?

Sangat mudah apabila Anda ingat dengan email dan kata sandi akun Google pada ponsel OPPO yang Anda gunakan.

Berapa batas percobaan memasukkan pola atau kata sandi HP OPPO?

Ada 5 kali batas percobaan memasukkan pola / PIN HP OPPO. Setelah itu, pengguna masih diberi kesempatan dengan menunggu selama 30 detik.

Berapa biaya buka pola OPPO di Service Center atau Counter HP?

Rata-rata biaya membuka pola / password layar OPPO sekitar 50 ribuan sampai 100 ribuan, namun hal ini juga tergantung dari lokasi serta tempat service yang Anda datangi, bisa lebih murah atau bisa lebih mahal.

Bagikan artikel ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Masalah OPPO

Masalah Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. Anisa berkata:

    Terima kasih, penjelasannya memudahkan dan cukup membantu!