Xiaomi memperkenalkan robot Anjing “CyberDog” pertamanya

Kabar terbaru untuk para penggemar Xiaomi, selain hadirnya Xiaomi Mi Mix 4 dan Mi Pad 5, ternyata Xiaomi juga meluncurkan produk teknologi kejutan yaitu robot Anjing pertamanya. Apakah Anda pernah mendengar robot Spot? Sebuah teknologi eksperimental Anjing cyber yang dibuat oleh Boston Dynamics. Nah, kali ini Spot bukan lagi satu-satunya robot-dog yang dapat berkeliaran atau dipelihara.

Xiaomi dengan berani mengeksplorasikan teknologi robot masa depan dan merancang versi Spot-nya sendiri, dengan julukan “CyberDog”. Ini merupakan robot berkaki empat yang didesain open-source dengan tujuan tertentu. Sistem software open-source, merupakan ide dari Xiaomi yang memungkinkan untuk mendorong komunitas bagi para pengembang dari seluruh dunia untuk berkontribusi atau ikut mengembangkan teknologi dari CyberDog.

Seperti yang telah diperkenalkan, CyberDog layaknya hewan peliharaan yang dapat dimiliki manusia, robot ini akan merespon perintah suara dan mengikuti kontrol pemiliknya atau melakukan tugas sesuai perintah. CyberDog sudah diintegrasi dengan aktivasi suara dan remote, serta memiliki satu port HDMI dan tiga port USB-C. Kecanggihan dari gabungan fitur tersebut dapat dijalankan dan dimainkan dengan bebas oleh pengguna.

Untuk lebih memahami kelebihan, kecanggihan, dan berita lengkap mengenai CyberDog, berikut ini informasi lengkapnya!

Lebih kuat dan lincah

Robot berkaki empat atau disebut CyberDog ini dikalibrasi dengan motor servo yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi. Kekuatan dari mesin ini menghasilkan kecepatan tinggi, kelincahan, serta rentang gerak yang luas. CyberDog memiliki output torsi maksimum dan kecepatan putaran hingga 32N-m/220Rpm, serta melakukan beragam gerakan dengan kecepatan tinggi hingga 3,2m/s, bahkan bergerak rumit seperti backflips, berguling, dan berdiri dengan kaki belakangnya. CyberDog diklaim dapat menahan atau mampu membawa muatan hingga 3kg, jika pengguna butuh.

CyberDog Xiaomi
CyberDog Xiaomi. BLOG.MI.COM

CyberDog dikembangkan dengan antarmuka eksternal yang mumpuni, mencakup 3 port tipe-C dan 1 port HDMI, yang memberikan kebebasan kepada pengembang untuk mengeksplorasi dan mengintegrasikan berbagai hardware tambahan yang inovatif dan kreatif . Selain itu pengembang dapat melakukan pemrograman perangkat lunak, menambahkan search light, kamera panorama, motion camera, LiDAR, atau hal lain.

Kinerja CyberDog

CyberDog didukung oleh chipset NVIDIA Jetson Xavier NX, AI Superkomputer dan Edge Systems yang mencakup 384 CUDA, 48 Tensor Cores, 6 Carmel ARM CPU, dan 2 mesin akselerasi deep learning. Xiaomi juga menggunakan beberapa kamera dan sensor sebagai fitur pendukung robot. Demi membuat model robot dengan organisme biologis maksimal, CyberDog dilengkapi dengan 11 sensor presisi tinggi untuk mengatur gerakannya. Ada sejumlah besar kamera, mikrofon, dan sensor yang terpasang pada kepala robot, yang memberikan persepsi spasial seperti mata manusia.

Spesifikasi CyberDog Xiaomi
Spesifikasi robot CyberDog Xiaomi. BLOG.MI.COM

Sensor CyberDog meliputi AI cameras, binocular ultra-wide cameras, dan kamera Intel RealSense D450 Depth, selain itu terdapat sensor sentuh, SLAM (Simultaneous localization and mapping) dan pelacakan otomatis, serta enam mikrofon. Dari semua komponen fitur yang ada akan membantu CyberDog untuk mengenali lingkungan dengan lebih baik dengan dukungan peta navigasi yang dibuat secara real-time dan mampu menghindari hambatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Kompatibilitas CyberDog

CyberDog dapat dikontrol dengan tiga cara yaitu melalui aplikasi ponsel, kontrol suara, dan remote control, yang perangkatnya dijual secara terpisah. Untuk perangkat ponsel yang mendukung seperti Redmi K40 Gaming Edition, Redmi K40, Redmi K30 5G, Redmi 10X Pro, Redmi 10X, dan Mi Mix 2 Series untuk saat ini. Namun, Xiaomi juga menyatakan akan menambahkan kompatibilitas ke lebih banyak perangkat di masa depan. Di dalam robot CyberDog juga dibangun sistem XiaoAI yang dapat digunakan untuk mengontrol peralatan smart home yang kompatibel seperti air purifier, AC, TV, dan AC.

Harga dan ketersediaan CyberDog

Xiaomi mengatakan, saat ini hanya membuat 1.000 unit CyberDog yang akan dipasarkan kepada “Komunitas Sumber Terbuka Xiaomi” untuk uji coba dan diteliti. Untuk harga yang ditawarkan, Xiaomi menjual CyberDog dengan harga 9.999 yuan (sekitar $1.540) atau seharga Rp 22 jutaan, yang tentunya cukup terjangkau untuk versi robot sejenis itu.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.