Cara Ganti PIN Kartu ATM BCA

Sebelum kepembahasan lebih lanjut terkait cara ganti pin kartu ATM BCA. Penulis pribadi ingin berbagi sedikit informasi seputar Bank BCA. Seperti tips mengamankan PIN dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai PIN, pasti berhubungan dengan yang namanya Kartu ATM. Kartu ATM sendiri merupakan fasilitas dasar untuk nasabah yang telah disediakan oleh berbagai bank. Salah satu diantaranya adalah bank yang dipimpin oleh Jahja Setiaatmadja, yakni Bank BCA (Bank Central Asia).

Adapun tujuan dari disediakannya fasilitas tersebut adalah untuk mempermudah nasabah BCA dalam melakukan transaksi finansial seperti tarik tunai maupun transfer uang.

Tidak hanya itu saja, anda juga dapat melakukan transaksi non finansial seperti cek saldo, ganti PIN, registrasi layanan e-banking seperti SMS Banking, Internet Banking dan Mobile Banking. Atau bahkan anda juga dapat melakukan Top Up maupun cek mutasi rekening BCA anda.

Kegunaan Kartu ATM sendiri bisa untuk banyak hal. Namun, pada penulisan artikel kali ini penulis hanya akan membahas terkait bagaimana cara mengganti PIN Kartu ATM BCA. Sebelum itu, penulis ingin membagikan sedikit tips untuk mengamankan PIN kartu ATM anda. Simak tipsnya berikut ini…

Lihat Juga : 4 Cara Cek Mutasi Rekening BNI

Tips Mengamankan PIN

PIN Kartu BCA
Image Source : banksentral.com

Dapat anda ketahui, bahwa PIN memanglah merupakan salah satu unsur terpenting dalam sebuah kartu ATM. Yang mana PIN sendiri terdiri dari enam digit angka.

Fungsi dari PIN tersebut pastinya sebagai pengaman kartu ATM. Dan hal tersebut digunakan ketika anda ingin mengoperasikan ATM. Jika PIN bocor/diketahui oleh berbagai pihak, dapat dipastikan kartu ATM anda dapat disalahgunakan oleh pelaku.

Maka dari itu anda perlu mengamankan PIN kartu ATM lalu harus jaga dan rawat selalu kartu ATM dan supaya kartu ATM tidak lupa ataupun terblokir. Langsung saja berikut tips untuk mengamankan PIN kartu ATM anda :

  • Yang pertama adalah untuk tidak memberitahukan nomor PIN kartu ATM BCA anda kepada siapapun, termasuk keluarga atau teman dekat anda sendiri.
  • Kemudian, sebisa mungkin hindari mencatat nomor PIN dimanapun anda berada, apalagi menyimpan di dalam dompet.
  • Jika saat anda memasukkan PIN, usahakan orang lain tidak dapat melihat PIN anda. Dan juga gunakan tangan satunya untuk menutupi gerakan jari pada saat anda menekan tombol pinpad.
  • Gantilah PIN kartu ATM anda secara berkala dengan menggunakan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak oleh orang lain.
  • Dan yang terakhir adalah selalu waspada terhadap upaya penipuan dari oknum yang mengatas-namakan sebagai petugas bank BCA melalui telepon, faks atau email. Yang mana meminta data pribadi, termasuk nomor PIN. Karena petugas BCA tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN anda.

Lihat Juga : 4 Cara Mengatasi Internet Banking BNI Terblokir

Ganti PIN Kartu ATM Lewat ATM BCA

Ganti PIN Kartu ATM BCA
Image Source : dream.co.id

Cara ganti PIN BCA bisa dilakukan melalui ATM BCA terdekat dilokasi anda. Untuk cara yang satu ini memang bisa dibilang merepotkan. Karena anda perlu mendatangi ATM BCA terlebih dahulu.

Namun, untuk melakukan pergantian lewat ATM sendiri tidaklah sulit dilakukan. Cukup anda perhatikan dan ikuti intruksi yang penulis berikan.

Langsung saja, berikut langkah – langkahnya :

  • Pertama, datangi ATM BCA terdekat dan pastikan anda membawa Kartu ATM BCA.
  • Kemudian, masukkan Kartu ATM ke dalam mesin » masukkan PIN Kartu ATM anda, untuk masuk ke menu utama.
  • Pilih dan tekan menu Transaksi Lainnya » tekan Ganti PIN.
  • Setelah itu masukkan PIN lama yang anda gunakan » lalu masukkan PIN baru anda sejumlah enam digit angka.
  • Lakukan konfirmasi ulang dengan cara memasukkan nomor PIN terbaru anda sekali lagi.
  • Jika nomor PIN sesuai, anda akan ditampilkan pemberitahuan jika pergantian nomor PIN anda berhasil dilakukan.
  • Tekan Tidak jika anda tidak ingin melakukan transaksi lainnya.
  • Selesai.

NOTE : untuk penggantian PIN Kartu ATM BCA hanya bisa dilakukan melalui mesin ATM saja, selain itu tidak akan bisa. Seperti halnya cara online tidak bisa dilakukan.

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.