9 Cara Mengatasi Lupa Pola HP NOKIA

Smartphone merupakan perangkat ponsel yang paling sering digunakan manusia modern saat ini. Ponsel atau HP memiliki…

Smartphone merupakan perangkat ponsel yang paling sering digunakan manusia modern saat ini. Ponsel atau HP memiliki segudang fitur yang dapat mendukung penggunanya untuk mengerjakan sesuatu dengan berbagai fasilitas, seperti aplikasi, media sosial, game, surel, dan masih banyak lagi. Karena kecanggihan fiturnya, tidak heran jika produsen membekali perangkat dengan kode keamanan, PIN, atau pola kunci untuk melindungi privasi perangkat.

Melalui artikel ini penulis akan membahas mengenai pola kunci pada ponsel, tepatnya cara mengatasi lupa pola pada HP NOKIA. Permasalahan yang kerap kali dialami pengguna HP NOKIA adalah lupa pola kunci atau sandi keamanan. Ketika pengguna berulang kali memasukkan pola kunci yang salah, maka HP tetap tidak akan merespon untuk membuka layar, melainkan ponsel tetap mengarah pada layar pola. Lalu adakah solusi yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Keluar Akun Google di HP Android

Cara Mengatasi Lupa Pola HP NOKIA

Menggunakan pola kunci yang berbeda-beda pada satu perangkat, seiring waktu akan membuat Anda kelupaan karena ingatan manusia memang terbatas untuk menghafal rumus, pola, dan sejenisnya dalam waktu lama. Lalu bagaimanakah jika kita lupa untuk membuka pola kunci HP NOKIA yang kita gunakan, akankah ada solusi yang dapat memperbaiki hal ini? Untuk lebih jelasnya, silakan coba beberapa tips mengatasi lupa pola / PIN HP NOKIA berikut ini.

Gunakan fitur lupa pola / PIN

Android sebagai sistem operasi mobile sebenarnya sudah menyiapkan fitur antisipasi pada pengguna yang merasa lupa pola / PIN layar dengan memanfaatkan akun Google yang terhubung pada ponsel. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengatur ulang pola / PIN layar tanpa harus reset ulang / Flashing ulang ponsel. Syaratnya Anda harus ingat dengan email serta kata sandi akun Google yang Anda miliki. Untuk melakukannya, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Langkah pertama, masukkan terus pola kunci yang Anda ingat sampai nantinya muncul pilihan Forgot Pattern / Forgot Password.
  2. Ketuk Forgot Pattern untuk mengatur ulang pola kunci layar. Nantinya Anda akan di arahkan untuk login akun Google menggunakan email dan kata sandi yang Anda miliki.
  3. Setelah berhasil login akun Google, Anda akan ditampilkan pilihan untuk membuat pola kunci, kata sandi, atau PIN baru. Atur ulang pola kunci layar sesuai keinginan Anda.
  4. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman utama ponsel NOKIA Anda.
  5. Selesai.

Hard Reset NOKIA

Selain menggunakan fitur lupa pola, Anda juga bisa menghapus pola dengan reset ulang ponsel / Hard Reset melalui menu Recovery Mode. Ini mungkin jadi salah satu cara mudah menghapus pola kunci apabila Anda lupa dengan email dan kata sandi akun Google. Dengan menggunakan fitur ini, sistem dan aplikasi akan dikembalikan ke posisi pabrikan sehingga setelan pola / PIN juga akan dihapus.

Tetapi menggunakan fitur reset ulang ponsel juga memiliki kekurangan, semua data yang tersimpan di memori internal akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi. Selain itu, beberapa seri HP NOKIA mungkin masih membutuhkan verifikasi akun Google setelah melakukan reset ulang ponsel. Oleh karena itu, sebelum melakukan reset pastikan Anda tahu dan siap menerima risiko yang akan terjadi. Jika Anda tertarik untuk melakukannya, simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pastikan HP NOKIA Anda terhubung dengan charger dan berada pada posisi off / mati.
  2. Selanjutnya, untuk masuk pada menu Recovery Mode, Anda bisa tekan tombol Power + Volume Up selama beberapa saat sampai nantinya muncul logo Powered By Android dan nantinya Anda akan masuk pada menu Android Recovery NOKIA.
  3. Untuk melakukan Hard Reset, Anda bisa pilih Wipe Data/ Factory Reset, kemudian lanjutkan dengan memilih Yes — Delete All Data. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil.
  4. Jika sudah, Anda bisa pilih Reboot System Now untuk memuat ulang ponsel.
  5. Jika sudah, Anda bisa melakukan setup ulang smartphone NOKIA Anda mulai dari awal. Cukup mudah bukan!
  6. Selesai.

*NOTE

  • Gunakan tombol Volume Up dan Down untuk Navigasi ke atas dan ke bawah.
  • Gunakan tombol Power untuk memilih menu.

Lihat Juga : 9 Cara Hard Reset HP NOKIA

Gunakan software unlock pihak ketiga

Selain menggunakan fitur lupa pola dan reset ulang ponsel, Anda bisa memanfaatkan aplikasi buka pola / PIN dari pihak ketiga. Ini mungkin juga dapat menjadi alternatif apabila Anda lupa dengan email dan kata sandi akun Google serta tidak ingin kehilangan data dengan reset ulang ponsel. Beberapa aplikasi buka pola / PIN berikut merupakan aplikasi berbayar, namun ada masa percobaan (trial) sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP NOKIA

Penutup,

Dengan penjelasan serta panduan mengatasi lupa pola layar di atas, semoga masalah lupa pola pada ponsel NOKIA Anda dapat teratasi dengan baik. Yang paling sederhana tentunya dengan memanfaatkan akun Google yang terhubung pada ponsel NOKIA, Anda tinggal ketuk “Lupa Pola / Password” kemudian Anda bisa membuka layar serta mengatur ulang pola. Tetapi apabila Anda lupa dengan akun Google, cara lain adalah dengan reset ulang ponsel atau memanfaatkan software buka pola dari pihak ketiga yang bisa Anda install pada PC / komputer.

Panduan di atas dapat Anda lakukan pada semua HP NOKIA seperti NOKIA 1, 2, 3, 5, 6, 7 Plus, 8, 8 Sirocco, C1, C2, C3, C10, C20, G10, G20, X10, X20, dan lainnya. Jika terdapat perbedaan, maka Anda bisa menyesuaikannya.

Apakah lupa membuka pola kunci HP NOKIA dapat diatasi?

Tentu saja, Anda bisa mengatasi lupa pola dengan beberapa cara, menggunakan fitur lupa pola, reset melalui Recovery Mode, serta menggunakan software unlock dari pihak ketiga.

Apakah bisa reset HP NOKIA tanpa kehilangan data?

Tidak bisa, apabila Anda reset HP NOKIA melalui Recovery Mode, semua data pada memori internal akan dihapus.

Berapa biaya buka pola di service atau Counter HP?

Tergantung, rata-rata biaya buka pola di Service Center atau Counter HP sekitar 50 ribuan sampai 100 ribuan.

Bagikan artikel ini ke media sosial Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Yunita Setiyaningsih, Wahyu Setia Bintara

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Fungsi Free Transform Tool pada Adobe Photoshop

    Free Transform Tool dapat digunakan untuk mengatur objek gambar atau foto sesuai keinginan
  2. 15 Cara Mengatasi Laptop Hang Saat Baru Dinyalakan

    Bersihkan semua file sementara pada sistem dan matikan proses yang berjalan di latar belakang untuk mengatasi…
  3. 8 Cara Aktivasi Microsoft Office 2013

    Anda bisa aktivasi Microsoft Office 2013 dengan menjalankan perintah CMD atau menginstall program activator