9+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti” di HP Xiaomi

Dianisa.com – Mengatasi “Peluncur Sistem Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Peluncur Sistem lebih dikenal dengan Launcher atau Tema pada perangkat Xiaomi atau perangkat lainnya. Nah, Launcher sangat berpengaruh dalam memaksimalkan kegiatan multitasking yang kita lakukan diatas layar, baik pada tampilan, kecerahan, UI, dan lainnya.

Apalagi bagian Peluncur (Laucher) bermasalah maka dapat mempengaruhi aktifitas pengguna diatas layar.

Beberapa pesan error yang terjadi pada Launcher sangat beragam, dan ini terjadi pada beberapa perangkat Android seperti Sayangnya, Launcher Telah Berhenti, “Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti”, “Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti”, Sayangnya, ASUS Launcher Telah Berhenti, “Sayangnya, ZenUI Launcher Telah Berhenti”, Maaf, OPPO Launcher Telah Berhenti, “Peluncur BBK Telah Berhenti”, “Peluncur Tidak Merespon”, “Sayangnya, Nox Launcher Telah Berhenti”, “Unfortunately, Nox launcher has stopped”, dan pesan – pesan error lainnya.

Lihat Artikel Terkait Android

Mengatasi Peluncur Sistem Telah Berhenti

Masalah tersebut biasanya terjadi karena bugs pada Launcher atau pada sistem, file corrupt, virus, file cache, dan lainnya.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk menerapkan metode – metode sederhana yang saya ulas dibawah ini. Dan berikut metodenya …

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan Restart Smartphone. Tidak menutup kemungkinan dengan melakukan cara ini, HP Xiaomi anda dapat normal kembali.

Tetapi jika tidak bisa, silahkan anda coba metode berikutnya.

2. Bersihkan File Cache

Metode berikutnya yakni cobalah untuk Membersihkan Cache Pada Peluncur Sistem. Membersihkan cache secara rutin sangat dianjurkan untuk memaksimalkan penggunaan HP Xiaomi.

Anda bisa manfaatkan Aplikasi Keamanan untuk membersihkan cache secara lebih maksimal. Setelah pembersihan, cobalah untuk restart smartphone, anda akan tahu hasilnya seperti apa.

Bersihkan Cache Peluncur Sistem Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Peluncur Sistem” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Bersihkan Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

3. Hapus Data Aplikasi

Metode berikutnya yakni Hapus Data Peluncur Sistem. Penghapusan data ini dimaksudkan agar Peluncur/ Launcher kembali pada posisi default atau awal.

Data yang terhapus akan berupa basis data, data login, history, cache, dan lainnya. Dengan melakukan cara ini, biasanya tampilan layar akan kembali seperti baru.

Hapus Data Peluncur Sistem Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Peluncur Sistem” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

4. Update MIUI

Metode berikutnya yakni dengan Melakukan Update MIUI Xiaomi. Dengan melakukan hal ini, maka secara otomatis bugs atau kerusakan pada Launcher akan diperbaiki.

Umumnya, kesalahan pada tampilan terjadi karena banyaknya bugs pada Sistem. Dan untuk update, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Update MIUI Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap “Perbarui” » ikuti langkah selanjutnya…..

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

5. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Anda perlu meng-ingat – ingat apakah sebelumnya pernah menginstal aplikasi tertentu yang mengakibatkan peluncur sistem bermasalah dan muncul pesan error. Jika iya, maka lebih baik hapus aplikasi mencurigakan tersebut.

Setelah menghapusnya, bersihkan juga cache dengan aplikasi keamanan kemudian restart.

Uninstall Aplikasi di Xiaomi

  • Buka Menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Kemudian cari dan pilih “NAMA APLIKASI”. Selanjutnya, anda pilih “Copot Pemasangan”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

6. Hapus Peluncur Lain

Jika sebelumnya anda menginstal peluncur lain yang akhirnya membuat peluncur utama bermasalah, atau MIUI Xiaomi anda terjadi error maka lebih baik hapus peluncur pihak ketiga tersebut.

Kemungkinan peluncur tersebut memang kurang optimal saat diterapkan pada perangkat Xiaomi anda.

7. Unroot Smartphone

Ada sebagian pengguna Xiaomi yang setelah melakukan Root maka hasilnya membuat sebagian aplikasi terjadi error. Ini menandakan Root tidak berhasil 100% sehingga membuat multitasking terasa kurang optimal. Hal inilah yang membuat Peluncur Sistem terjadi masalah.

Tujuan Root memang untuk meng-optimalkan semua kinerja yang berjalan pada sistem, namun jika ini tidak berjalan lancar maka lebih baik lakukan Unroot.

Jadi, bukan anda yang sudah melakukan Root, maka lebih baik unroot sekarang juga.

8. Hard Reset/ Factory Reset

Dan untuk metode berikutnya, anda bisa mencoba melakukan Factory Reset atau Hard Reset HP Xiaomi Melalui Menu Recovery Mode.

Sebelum melakukan langkah ini, pastikan anda melakukan backup pada semua data yang tersimpan di Internal HP Xiaomi anda. Cara ini akan mengembalikan smartphone anda ke pengaturan awal (pabrikan).

Factory Reset HP Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Setelan Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

9. Flashing …

Dan untuk yang terakhir, anda bisa mencoba melakukan Flashing. Metode ini cukup ribet, anda membutuhkan Mi Flash Tools untuk melakukannya.

Selain itu, anda juga harus mempersiapkan ROM sesuai dengan sistem awal HP Xiaomi anda. Jika anda tidak mampu melakukannya, maka lebih baik bawa ke Service Center atau Counter yang mampu menangani masalah tersebut.

Kesimpulan,

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi NOTE 5A, Redmi NOTE 5 Pro, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti” di HP Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (3)