8+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti” di HP Android

7

Dianisa.com – Mengatasi Error Pada Launcher3 Telah Berhenti di HP Android. Launcher merupakan bagian paling penting yang ada pada sistem Android. Aplikasi Launcher berfungsi untuk memaksimalkan tampilan user interface yang ada pada semua perangkat Android.

Jika Launcher mengalami masalah biasanya akan berdampak pada jalannya Aplikasi Android. Launcher yang bermasalah seperti Memunculkan Pesan Error akan membuat pengguna merasa tidak nyaman saat menjalankan aplikasi tertentu. Bahkan efek paling buruk, pengguna tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali.

Masalah pesan error pada launcher dapat bermacam – macam, dan biasanya bertuliskan “Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti”, “Unfortunately, Launcher3 Has Stopped”, Sayangnya, Peluncur Sistem Telah Berhenti, Sayangnya, Launcher Telah Berhenti,Sayangnya, ASUS Launcher Telah Berhenti,Sayangnya, ZenUI Launcher Telah Berhenti,Maaf, OPPO Launcher Telah Berhenti, “Peluncur BBK Telah Berhenti”, “Peluncur Tidak Merespon”, “Sayangnya, Nox Launcher Telah Berhenti”, “Unfortunately, nox launcher has stopped”, “Launcher Terus Berhenti”, “Launcher Terhenti”, dan pesan – pesan error lainnya.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi Launcher3 Telah Berhenti

Penyebab mengenai masalah tersebut bisa bermacam – macam, bisa karena virus, Tumpukan File Cache yang tidak pernah di hapus, sering gonta – ganti Launcher atau Tema Android, dan lainnya.

untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda lakukan. Dan berikut metodenya.

1. Restart Smartphone

Yang pertama, cobalah untuk matikan smartphone Android anda, kemudian lepas SIM Card dan juga SD Card. Dan cobalah untuk menyalakan kembali smartphone anda. Dengan ini diharapkan launcher dapat normal kembali.

Jika masih bermasalah, coba metode berikutnya.

2. Unroot Smartphone

Apabila sebelumnya Launcher bermasalah setelah melakukan Rooting, maka dapat dipastikan rooting tidak berhasil atau meninggalkan bugs pada aplikasi bawaan.

Untuk mengatasinya, tentu anda perlu melakukan unroot agar semuanya normal kembali. Jika-pun nanti tidak berhasil, solusi lain hanya dengan Flashing.

3. Update OS Android

Coba lakukan update pada sistem operasi di HP Android anda, hal ini dapat memungkinkan masalah pada launcher dapat teratasi. Bagian UI, fitur, dan stabilitas sistem akan di optimalkan.

Berikut metode melakukan update OS pada HP Android.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

4. Hapus Cache & Data Launcher3

Cara ini biasanya berhasil mengatasi aplikasi Launcher yang mengalami error atau macet. Tapi sebelumnya anda harus tahu bahwa menghapus data aplikasi akan menghilangkan basis data, History, cache, file sampah, dan beberapa data sementara lainnya.

Tampilan smartphone atau tablet Android anda akan kembali pada posisi default.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari aplikasi “Launcher3” » Kemudian tap “Hapus Cache” dan “Hapus Data”.

CATATAN: Jangan Lupa! Setelah anda melakukan metode di atas, anda harus Restart Smartphone Android anda. Dengan begitu, anda bisa melihat hasilnya, apakah nantinya pesan error tersebut muncul kembali atau tidak.

5. Gunakan Launcher Lain Apabila Memungkinkan

Ada banyak Aplikasi Launcher di Google Play Store yang bisa anda gunakan secara gratis, anda bisa gunakan launcher tersebut sesuka hati. Biasanya launcher dari pihak ketiga-pun memiliki fitur, ui, serta stabilitas yang sangat maksimal.

Beberapa launcher yang cukup popular diantaranya seperti Nova Launcher, CM Launcher, Microsoft Launcher, POCO Launcher, dan juga Pixel Launcher.

6. Factory Reset Smartphone

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan Factory Reset Smartphone. Sebelum melakukannya, pastikan untuk melakukan backup pada semua aplikasi, foto, video, dokumen, dan file lainnya yang tersimpan di memori Internal.

Adapun untuk melakukannya, anda bisa ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

7. Lakukan Hard Reset

Cara ini anda khususnya apabila smartphone anda tidak bisa di gunakan sama sekali atau macet pada pesan error itu sendiri. Dan untuk Melakukan Hard Reset tentunya anda perlu menyesuaikan sesuai dengan tipe perangkat Android yang anda miliki.

Dibawah ini saya melakukan Hard Reset HP OPPO yang bisa menjadi referensi buat anda.

  1. Pertama, pastikan daya Baterai Smartphone OPPO anda mencukupi untuk melakukan Hard Reset. Minimal, sediakan 50% untuk melakukan Hard Reset agar proses Reset bisa berjalan lancar dan maksimal.
  2. Masuk menu ColorOS Recovery Mode OPPO dengen menekan tombol “Power + Volume Up” secara bersamaan selama beberapa saat sampai nantinya anda akan dihadapkan pada menu Recovery Mode OPPO.
  3. Jika ada opsi bahasa, anda bisa pilih “Bahasa Inggris”.
  4. Dan untuk melakukan Hard Reset HP OPPO, anda bisa pilih “Wipe Data/ Factory Reset”. Kemudian lakukan konfirmasi dengan memilih “YES”.
  5. Tunggu sampai proses Hard Reset selesai dan berhasil. Jika sudah, anda bisa melakukan Reboot atau restart pada Smartphone OPPO Ikuti petunjuk login gmail berikutnya agar anda bisa menggunakan smartphone anda kembali.
  6. Selesai.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37 dengan sistem operasi Android Lollipop v5.1.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

8. Flashing …

Solusi lain yakni dengan Flashing. Anda bisa searching terkait metode ini, ada banyak metode Flashing di Google, YouTube, ataupun forum yang dapat anda ikuti.

Biasanya anda membutuhkan software flashing, USB, dan juga firmware untuk melakukannya. Adapun jika anda merasa kebingungan, anda bisa tanya ke teman, kerabat, atau orang yang lebih ahli.

Kesimpulan,

Metode diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, dan lainnya. Jika ada perbedaan, maka anda bisa sedikit menyesuaikannya.

Demikian ulasan singkat mengenai Cara Memperbaiki “Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti” di HP Android, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

7 KOMENTAR

  1. Gimana juga mau mengikuti 2 metode Sayangnya,Launcher3 Telah Berhenti kalo saja menu nya aja tidak bisa di geser apa lg membuka atau menghapus aplikasi nya???

    • Hard Reset bisa dilakukan via recovery Mode, jadi walaupun menu ngk bisa di apa apain, tetap nanti bisa dilakukan Hard Reset. Gunakan tombol Volume dan Power…..

    • Masuk langsung ke mode recovery
      Kalau samsung tekan tombol (power) + (volume up) + tombol (home) secara bersamaan,, kalau hp yg gak ada tombol home nya tinggal tekan tombol (power) + (volume up) secara bersamaan

      Ingat hp harus dalam keadaan mati guys

  2. Bang makasih ya udah bantuin saya saat kondisi hp saya lagi sesat/kurang ajar. Gua pake’ metode ke 1 gak bisa tapi pake’ metode ke 4 sama peringatannya gua turutin langsung bisa makasih ya bang😊😊😊🤗

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here