5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Tema Telah Berhenti” di HP Xiaomi

0
1164

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Tema Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Tema merupakan salah satu bagian dari perangkat Android yang pastikan dapat memaksimalkan user interface pengguna saat melihat tampilan layar atau beranda. Xiaomi sendiri menghadirkan aplikasi tema dengan opsional tema yang sangat banyak dan beragam. Bahkan para Mi Fans (desainers dan developers) dapat membuat tema sesuai degan keinginan dan kemauannya sendiri. Dan bahkan biasanya dibagikan secara gratis untuk para pengguna lain.

Baca Juga :

Mengatasi Tema Telah Berhenti Xiaomi

Ada sebagian pengguna Xiaomi yang mendapati masalah pada Aplikasi tema yang memunculkan pesan error saat dibuka bertuliskan “Sayangnya, Tema Telah Berhenti”, “Sayangnya, Tema Tidak Menanggapi”, “Unfortunately, Themes Has Stopped”, “Unfortunately, Themes Not Responding”, dan lainnya. Masalah tersebut terjadi karena adanya Bugs Pada Sistem, banyaknya file cache yang tidak pernah dihapus, RAM dan Internal penuh, dan juga bisa jadi karena virus. Untuk mengatasinya, simak Solusi Mengatasi Tema Telah Berhenti di HP Xiaomi berikut ini.

1. Bersihkan Cache Tema Xiaomi

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan Membersihkan File Cache atau Temporary. Penumpukan file cache pada sistem terkadang membuat jalannya aplikasi lain terganggu, lebihnya lagi jika Internal dan RAM memiliki kapasitas yang pas – pasan, tentu perlu optimalisasi yang rutin untuk dilakukan. Anda bisa manfaatkan Aplikasi Keamanan atau aplikasi Cleaner semacam Clean Master, CCleaner, CM Security, dan lainnya untuk Membersihkan Cache dan Mengoptimalkan Semua Fungsi Smartphone Xiaomi anda. Dan untuk cara manual dalam Menghapus File Cache, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Tema Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Tema” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Bersihkan Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hapus Data Tema Xiaomi

Dan selanjutnya, cobalah untuk Menghapus Data Aplikasi Tema. Dengan melakukan cara ini, maka Aplikasi tema yang ada di smartphone Xiaomi akan kembali pada posisi default. Semua koleksi favorit anda akan hilang atau terhapus, namun anda bisa mengunduhnya kembali disaat aplikasi telah normal kembali. Tidak hanya itu saja, beberapa data sementara lainnya juga akan terhapus seperti basis data, data login, cache, history, dan bookmark. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Tema Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Tema” » Selanjutnya tap “Hapus Data” » kemudian Pilih “Hapus Semua Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Uninstal Pembaruan Tema Xiaomi

Berikutnya, cobalah untuk uninstall Pembaruan Pada Aplikasi Tema di HP Xiaomi anda. Jika sebelumnya anda telah melakukan update pada aplikasi tema, maka anda bisa menghapus update tersebut dengan melakukan uninstal pembaruan. Dengan melakukan cara ini diharapkan masalah pada aplikasi tema dapat teratasi dan dapat normal kembali. Dan untuk menghapus pembaruan, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstal Pembaruan Tema Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Tema” » Selanjutnya tap “Uninstal Pembaruan” » kemudian Pilih “Oke”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

4. Update MIUI

Cobalah untuk melakukan Pembaruan Pada MIUI anda, metode ini dapat anda terapkan ketika MIUI anda masih belum anda update. Dengan melakukan pembaruan, bisa jadi masalah pada aplikasi bawaan anda dapat normal kembali. Karena biasanya bugs dapat hilang ketika penggna melakukan pembaruan dan bahkan akan mendapat fitur baru dari pembaruan tersebut. Dan untuk melakukannya, anda bisa lihat contohnya dibawah ini.

Update MIUI Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap “Perbarui” » ikuti langkah selanjutnya…..

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

5. Restart Smartphone Xiaomi

Dan hal terakhir yang dapat anda lakukan yakni dengan mematikan smartphone, kemudian lanjutkan melepas SIM Card dan SD Card. Diamkan smartphone selama beberapa saat agar dapat istirahat tanpa adanya daya yang masuk. Setelah itu cobalah untuk menyalakan kembali, dan semoga aplikasi tema di smartphone Xiaomi anda normal dan dapat digunakan kembali.

Dengan adanya metode diatas, diharapkan masalah mengenai “Sayangnya, Tema Telah Berhenti” dapat teratasi dengan baik. Metode yang saya berikan memang tidak menjamin, anda bisa mencoba ataupun mengabaikan. Jikapun tidak berhasil, solusi lain yang dapat anda lakukan yakni Hard Reset Smartphone Xiaomi Via Mi Recovery atau #Flashing dengan Mi Flash Tools.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi Note, Note 2, Note 3, Redmi Note 4, Note 4X, Note 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi Note 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi Note 5A, Redmi Note 5 Pro, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi Note, Mi Note Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Tema Tidak Menanggapi” di Smartphone Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan mengenai masalah pada perangkat Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here