5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti” di HP Xiaomi

0
1669

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Walau sekarang WhatsApp menjadi Aplikasi Messenger yang sering digunakan oleh para pengguna Xiaomi, tapi aplikasi Pesan tetap menjadi hal yang terkadang juga perlu digunakan. Umumnya sekarang ini Aplikasi Pesan hanya digunakan untuk Verifikasi, SMSbanking, atau pada keperluan – keperluan tertentu saja. Biaya SMS sekarang juga lebih mahal, dan banyak operator Seluler lebih fokus pada Paket Internet, bukan SMS seperti dahulu kala.

Baca Juga :

Mengatasi Pesan Telah Berhenti di HP Xiaomi

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Pesan Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Buat teman – teman, khususnya pengguna Xiaomi yang mendapati masalah pesan error seperti diatas atau jika dalam Bahasa inggris bertuliskan “Unfortunately, Messenger Has Stopped” maka saya akan mencoba membantu. Kemungkinan masalah tersebut terjadi karena Bugs Pada Aplikasi yang banyak, sistem perlu di update, virus, file sampah, atau yang lainnya. Dan untuk mengatasinya, cobalah dengan beberapa metode sederhana berikut ini.

1. Hapus File Sampah

Untuk langkah pertama, anda bisa mencoba Membersihkan File Sampah yang melekat pada perangkat Xiaomi anda miliki. Tidak hanya pada aplikasi pesan saja, tetapi lakukan pula pada semua aplikasi yang terinstall. Manfaatkan aplikasi keamanan (Bloatware) untuk membersihkan file sampah yang menempel. Setelah melakukan pembersihan file sampah, lanjutnya dengan me-restart smartphone. Dan berikut langkah – langkah menghapus file sampah.

Hapus Cache Pesan Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Pesan” » Selanjutnya tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Untuk metode kedua bisa mencoba dengan Menghentikan dan Menghapus Data aplikasi pesan. Hapus data aplikasi pesan akan menghapus semua pesan masuk dan pesan terkirim yang masih tersimpan di penyimpanan ponsel (internal). Hapus data disini saya maksudkan untuk mengembalikan pengaturan aplikasi pesan pada kondisi default. Data yang terhapus berupa history chat, Pesan Masuk, pesan terkirim, daftar pesan, basis data, dan lainnya. Dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Pesan Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Pesan” » Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

3. Update Sistem (MIUI)

Untuk metode ketiga yakni dengan Update Sistem Xiaomi atau lebih dikenal dengan MIUI. MIUI juga perlu dilakukan update untuk memperbaiki bugs yang terjadi pada perangkat Xiaomi anda. Ini anda lakukan apabila perangkat anda belum terupdate MIUI versi terbaru. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Update MIUI Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap “Perbarui” » ikuti langkah selanjutnya…..

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

4. Gunakan Aplikasi Lain

Apabila masalah anda sulit teratasi, anda bisa mencoba alternatif lain dengan cara menggunakan aplikasi messenger yang banyak tersedia di Google Play Store. Anda bisa memilih Aplikasi SMS yang memiliki fitur lebih dan tentunya dapat menjadi opsional bagi anda yang sedang mengalami masalah pada aplikasi pesan.

Baca Juga :

5. Flashing…

Solusi terakhir yang bisa anda lakukan yakni dengan melakukan #Flashing. Anda membutuhkan ROM atau Firmware. Untuk Xiaomi sendiri, metode flashing hanya bisa dilakukan melalui komputer dan tentunya membutuhkan software tambahan bernama Mi Flashing Tools. Untuk melakukannya, anda bisa mencari searching tutorial flashing di Google. Untuk saat ini blog saya belum menyediakan tutorial flashing.

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi NOTE 5A, Redmi NOTE 5 Pro, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Demikian ulasan singkat dari saya mengenai Cara Mengatasi “Pesan Telah Berhenti” di HP Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan terkait masalah pesan error pada Xiaomi, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba !!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here