9+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti” di HP Android

Dianisa.com – Memperbaiki “Unfortunately the process com.android.phone has stopped”. Android merupakan salah satu sistem operasi yang paling populer dan paling berkesan dari semua sistem operasi yang ada. Dengan bantuan dari Linux (Ubuntu), sistem operasi ini semakin melejit dan banyak digunakan oleh perusahaan smartphone ternama.

Tapi dibalik hebatnya sistem operasi tentunya juga memiliki kelemahan. Dari beberapa masalah yang dihadapi pengguna Android, ada saja masalah yang sulit untuk di atas seperti misalnya Muncul Pesan Error bertuliskan “Sayangnya, Proses com.android.phone Telah Berhenti”, “Unfortunately, The Process com.android.phone Has Stopped”, “Sayangnya, Proses com.android.phone Tidak Menanggapi”, dan lainnya.

Pesan Error Pada Layar Muncul Secara Tiba – Tiba dan sulit untuk diatasi. Jika ini terjadi pada smartphone Android milik anda tentunya anda merasa bingung, kesal, dan frustasi.

Kutipan dari beberapa forum Android mengatakan bahwa masalah error tersebut terjadi pada bagian “Aplikasi Telepon”. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi com.android.phone Has Stopped

Ada beberapa cara yang akan saya berikan, dan semoga saja dengan beberapa cara tersebut bisa mengatasi masalah pada Android anda.

1. Hapus Data Aplikasi Telepon

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni dengan Menghapus Data Aplikasi Telepon. Cara ini akan mengembalikan Aplikasi telepon berada pada posisi default, yang artinya semua basis data, cache, History, dan file temporary akan hilang secara permanen.

Untuk melakukan cara ini, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Telepon” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Sreenshot diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Unroot Smartphone Jika Sebelumnya Telah Melakukan Root

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan unroot dengan alasan sebelumnya telah melakukn root sehingga terjadi masalah pada Aplikasi Telepon. Root biasanya memang dilakukan sebagian pengguna android yang ingin memaksimalkan multitasking dan fungsi smartphone.

Namun disisi lain, dampak yang memang jarang terjadi ialah masalah pada aplikasi bawaan dan sistem android. Jika Terjadi kesalahan akhirnya membuat multitasking jadi terhambat.

Unroot smartphone anda sekarang juga dan lihatnya apakah nanti dapat normal kembali atau tidak.

3. Gunakan Cleaner Untuk Membersihkan Cache

Aplikasi Cleaner bisa anda manfaatkan untuk Membersihkan Cache, virus, dan file temporary lainnya yang diharapkan dapat mengatasi masalah pada aplikasi telepon. Dan lebihnya lagi, ada berbagai macam cleaner yang bisa anda gunakan secara gratis dan semuanya bertebaran di Google Play Store.

Nah, beberapa rekomendasi aplikasi Cleaner bisa anda gunakan ialah CCleaner, Clean Master, CM Security, dan juga Go Speed.

4. Hapus Cache, Virus, dan Lakukan Boost RAM

Selain gunakan Cleaner, anda juga bisa manfaatkan aplikasi Keamanan atau Pusat Keamanan (bloatware) yang terinstal di HP Android anda. Ini merupakan aplikasi bawaan yang biasanya digunakan untuk membersihkan Virus dan melakukan boost pada RAM.

Jika di HP Android anda tidak tersedia maka anda bisa abaikan metode ini. Berikut contoh yang saya lakukan pada perangkat Xiaomi yang tentunya dapat anda ikuti.

1. Pertama, cobalah membuka “Keamanan” yang ada di HP Android anda. Setiap smartphone memiliki bentuk icon yang berbeda – beda, namun pada perangkat Xiaomi biasanya langsung ada pada Beranda layar berwarna hijau. Jika anda sudah membukanya, selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Selanjutnya, biarkan aplikasi Keamanan melakukan tugasnya dengan melakukan scanning pada semua file dan virus. Selanjutnya, anda bisa tap “Bersihkan” untuk menyelesaikan semua tugas yang ada, hapus cache, virus, dan juga boost pada RAM.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Saya rasa metode diatas cukup mudah untuk anda lakukan!

4. Selesai.

5. Update Sistem Operasi

Selanjutnya, cobalah untuk memperbarui OS Android anda ke versi terbaru saat ini. Dengan solusi yang satu ini, diharapkan semua masalah selesai dan bugs pada Aplikasi Telepon dapat teratasi. Sebagai contohnya, dibawah ini saya melakukan update pada smarphone OPPO A37.

Dengan begitu, anda sebagai pengguna bisa menyesuaikannya.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Sreenshot diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

6. Factory Reset Android

Cara ini memang bisa dibilang cukup ekstrim. Tapi hanya ini yang bisa anda lakukan yakni Mengembalikan Android Ke Setelan Awal / Pabrik. Cara ini bisa anda lakukan langsung ke menu setelan atau bisa juga lewat Recovery Mode.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah – langkah Factory Reset dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

NOTE: Sreenshot diatas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

7. Hard Reset Smartphone

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan Wipe Data Perangkat Android anda. Hal ini tentu sangat memungkinkan untuk teratasi karena semua pengaturan kembali ke pabrikan.

Dan untuk melakukannya, sesuaikan saja dengan perangkat Android anda karena setiap smartphone memiliki cara yang berbeda – beda untuk masuk ke menu Recovery Mode.

  1. Tekan tombol Power + Volume Atas + Home (Tergantung merek Smartphone yang anda gunakan).
  2. Kemudian Pilih Wipe Data » Yes.
  3. Kemudian Wipe Cache » Yes.
  4. Terakhir pilih “Reboot System Now”.

8. Flashing Android

Selanjutnya, cobalah untuk melakukan Flashing apabila Hard Reset tidak mengatasi masalah anda. Sebelum melakukannya, pastikan anda mendapatkan informasi lengkap terkait metode Flashing.

Selain itu, anda juga perlu melakukan backup pada semua data penting anda. Dan juga siapkan semua tools yang dibutuhkan seperti firmware, usb, software flashing, dan Desktop (PC). Temukan metode flashing via Google, YouTube, ataupun Forum Android.

9. Bawa Ke Service Center

Apabila anda merasa putus asa terkait masalah pada perangkat Android anda dan bingung, maka solusi terkait minta bantuan ke Service Center. Yap, memang nantinya harus keluar uang.

Pihak Service Center tentu akan melakukan pengecekan secara software yang pastinya terbaik. Atau jika tidak tersedia Service Center, anda bisa datang ke Counter yang mampu memperbaiki permasalah pada smartphone Android.

Kesimpulan,

Hanya itu saja beberapa yang bisa saya berikan, jika dengan cara tersebut juga tidak berhasil maka cobalah untuk melakukan flashing pada Android anda.

Beberapa solusi diatas bisa anda coba lakukan pada banyak perangkat Android seperti ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Samsung Galaxy, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Nubia, OPPO, Realme, Lenovo, Huawei, NEXUS, Polytron, Himax, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, Sharp, Haier, Luna, dan lainnya.

Itulah ulasan singkat dari saya mengenai Cara Memperbaiki Process com.android.phone Terhenti dan Error, semoga membantu. Bagikan melalui sosial media dan tulis tips anda ke sosial media jika anda merasa kebingungan dalam mengatasi metode yang saya berikan. Terima kasih!

Show All Comments (25)