3 Cara Mengatasi “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” di HP Xiaomi

0
1857

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Kontak adalah tempat dimana para pengguna Android menyimpan banyak nomor. Dengan Adanya Aplikasi Kontak, pengguna bisa melihat nomor yang tersimpan, ini dibutuhkan saat kita ingin melakukan panggilan atau kirim pesan. Namun apabila Aplikasi Kontak Bermasalah, maka tentunya ini dapat menghambat aktifitas kita saat menggunakan Smartphone Android, khususnya pada perangkat Xiaomi.

Baca Juga :

Mengatasi Kontak Telah Berhenti di Xiaomi

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi metode ke anda semua mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Pesan error yang bertuliskan “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” atau “Unfortunately, Messenger Has Stopped” memang terkadang sering terjadi pada perangkat Android, khususnya pada HP Xiaomi. Ini biasanya terdapat error pada aplikasi tersebut, bisa karena virus, file sampah, atau pada sistemnya (MIUI). Dan untuk mengatasinya, ada beberapa metode yang bisa anda coba lakukan, berkut metodenya …

1. Hapus Cache Kontak

Yang pertama, dan yang paling sederhana yang bisa anda coba lakukan yakni dengan Membersihkan File Sampah yang ada pada smartphone Xiaomi anda. Manfaatkan aplikasi keamanan atau CCleaner untuk membersihkan file sampah pada aplikasi Kontak. Atau anda juga bisa melakukannya secara manual, dan untuk melakukannya, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Kontak Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Kontak dan Pemanggil” » Selanjutnya tap “Hapus Cache”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

2. Hapus Data Kontak

Dan untuk yang kedua, anda bisa mencoba untuk Menghapus Data Aplikasi Kontak. Agar semua kontak tetap ada maka nantinya anda perlu melakukan Backup. Hapus data ini berupa cache, basis data, kontak, dan lainnya. Dan untuk backup dan hapus data, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Ekspor Kontak Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Sistem » Pilih “Kontak” » Selanjutnya tap Impor/Ekspor Kontak » Ekspor Ke Penyimpanan » Data Kontak akan diekspor dalam pada penyimpanan /mnt/sdcard/00002.vcf. Selanjutnya, tap “OKE”.

Setelah anda melakukan backup semua kontak, maka selanjutnya anda bisa Menghapus Data Aplikasi Kontak, untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Kontak Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Kontak dan Pemanggil” » Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Setelah anda berhasil menghapus data aplikasi Kontak, anda Impor Kembali Kontak yang anda backup tersebut. Langkah – langkahnya sama seperti diatas, tetapi pilihannya adalah Impor dari Penyimpanan.

3. Factory Reset Smartphone

Untuk yang terakhir, apabila metode diatas tidak berhasil mengatasi permasalah anda, maka terpaksa anda hanya bisa melakukan Factory Reset atau Hard Reset (Mengembalikan Smartphone Ke Pengaturan Pabrik). Tapi sebelum melakukan hal ini, pastikan anda telah melakukan backup pada semua file penting yang tersimpan di Internal Card anda. Dan untuk Factory Reset HP Xiaomi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Factory Reset HP Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Setelan Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

NOTE : Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone beda sistem, anda bisa menyesuaikan sendiri metodenya.

Baca Juga :

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi NOTE 5A, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Baca Juga :

Itulah metode sederhana Cara Mengatasi “Kontak Telah Berhenti” di HP Xiaomi Semua Tipe, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada yang ingin anda tanyakan terkait masalah diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here