Dian Arifin Sebagai Author, saya berusaha keras agar website ini dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk para pengguna Android. Disini, saya banyak penulis mengenai masalah pada Aplikasi serta Tips & Trik Android. Khairunnas Anfauhum Linnas ....

9+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” di HP Xiaomi

3 min read

Kontak Telah Berhenti di Xiaomi

Dianisa.com – Mengatasi “Sayangnya, Kontak Telah Berhenti” di HP Xiaomi. Kontak adalah tempat dimana para pengguna Android menyimpan banyak nomor. Dengan Adanya Aplikasi Kontak, pengguna bisa melihat nomor yang tersimpan, ini dibutuhkan saat kita ingin melakukan panggilan atau kirim pesan.

Namun apabila Aplikasi Kontak Bermasalah, maka tentunya ini dapat menghambat aktifitas kita saat menggunakan Smartphone Android, khususnya pada perangkat Xiaomi.

Beberapa pesan error yang terjadi pada aplikasi kontak diantaranya seperti “Sayangnya Kontak Telah Berhenti”, “Sayangnya, Kontak Terhenti”, “Sayangnya, Kontak Tidak Menanggapi”, “Sayangnya, Kontak Terus Berhenti”, Maaf, Kontak Telah Berhenti, “Sayangnya, Aplikasi Telepon Telah Berhenti”, “Unfortunately, Contacts Has Stopped”,dan lainnya yang mungkin sedikit lebih berbeda.

Lihat Artikel Terkait Android

Mengatasi Kontak Telah Berhenti di Xiaomi

Masalah semacam itu biasanya terjadi karena virus, file sampah, aplikasi pihak ketiga yang tidak compatible, atau pada sistemnya (MIUI).

Dan untuk mengatasinya, ada beberapa metode yang bisa anda coba lakukan, berkut metodenya …

1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa dilakukan yakni dengan Restart Smartphone. Terkadang ada sebagian smartphone yang cukup dengan restart aplikasi yang bermasalah dapat normal kembali.

Namun hal ini bersifat tidak pasti, adapun jika masih terjadi kegagalan, anda bisa mencoba metode berikutnya.

2. Hapus Cache Kontak

Yang pertama, dan yang paling sederhana yang bisa anda coba lakukan yakni dengan Membersihkan File Sampah yang ada pada smartphone Xiaomi anda.

Manfaatkan Aplikasi Keamanan atau CCleaner untuk membersihkan file sampah pada aplikasi Kontak.

Hapus Cache Kontak Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Kontak dan Pemanggil” » Selanjutnya tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

3. Hapus Data Kontak

Dan untuk yang kedua, anda bisa mencoba untuk Menghapus Data Aplikasi Kontak. Agar semua kontak tetap ada maka nantinya anda perlu melakukan Backup.

Hapus data ini berupa cache, basis data, kontak, dan lainnya. Dan untuk backup dan hapus data, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Ekspor Kontak Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Sistem » Pilih “Kontak” » Selanjutnya tap Impor/Ekspor Kontak » Ekspor Ke Penyimpanan » Data Kontak akan diekspor dalam pada penyimpanan /mnt/sdcard/00002.vcf. Selanjutnya, tap “OKE”.

Setelah anda melakukan backup semua kontak, maka selanjutnya anda bisa Menghapus Data Aplikasi Kontak, untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Kontak Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Aplikasi Terinstall » Pilih “Kontak dan Pemanggil” » Selanjutnya tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

Setelah anda berhasil menghapus data aplikasi Kontak, anda Impor Kembali Kontak yang anda backup tersebut. Langkah – langkahnya sama seperti diatas, tetapi pilihannya adalah Impor dari Penyimpanan.

4. Ubah Format Tanggal & Jam

Pastikan anda menggunakan zona waktu secara tepat sesuai dengan daerah anda. Maksudnya, gunakan tanggal dan jam saat ini.

Karena jika asal atau tidak tepat biasanya sebagian aplikasi menolak dan akhirnya terjadi masalah.

5. Update Aplikasi Kontak

Sebaiknya, coba lakukan Update Aplikasi Kontak langsung dari Google Play Store atau market store yang ada di HP Xiaomi anda. Hal ini sangat memungkin untuk memperbaiki aplikasi kontak yang bermasalah atau muncul pesan error.

Biasanya dari pihak developers Xiaomi selalu menyarankan untuk update aplikasi terinstal. Hal ini bertujuan untuk meng-optimalkan jalannya aplikasi serta memperbaiki tampilan agar lebih User Friendly.

6. Update MIUI Xiaomi

Para pengguna Xiaomi biasanya sangat suka dengan adanya ketersediaan versi terbaru dari MIUI untuk smartphone yang mereka miliki. Hal ini ini untuk meng-optimalkan sistem dan semua aplikasi terinstal agar dapat berjalan lebih baik dan lebih optimal.

Coba anda lakukan Updating Pada MIUI agar aplikasi kontak dapat normal kembali dan menghilangkan semua bugs yang ada.

Update MIUI Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Tentang Ponsel » Pembaruan Sistem » tap “Perbarui” » ikuti langkah selanjutnya…..

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dengan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

7. Unroot Smartphone

Root adalah mode ketika pengguna suka melakukan modifikasi pada sistem dan user interface pada smartphone Android, termasuk Xiaomi. Root memang dapat membuat pengguna lebih optimal dan bebas dalam menggunakan smartphone. Namun disisi lain, ada sebagian pengguna yang salah atau gagal dalam melakukan Rooting.

Nah, jika sebelumnya anda telah melakukan root dan akhirnya terjadi masalah pada aplikasi kontak maka artinya root tidak berhasil karena terjadi bugs pada aplikasi bawaan. Solusi yang bisa dilakukan yakni dengan Unroot.

8. Factory Reset Smartphone

Apabila metode diatas tidak berhasil mengatasi permasalah anda, maka terpaksa anda hanya bisa melakukan Factory Reset atau Hard Reset (Mengembalikan Smartphone Ke Pengaturan Pabrik).

Tapi sebelum melakukan hal ini, pastikan anda telah melakukan backup pada semua file penting yang tersimpan di Internal Card anda. Dan untuk Factory Reset HP Xiaomi, silahkan anda simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Factory Reset HP Xiaomi

  • Buka menu Setelan » Setelan Tambahan » Pilih “Cadangkan & Setel Ulang” » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Kemudian tap “Setel Ulang Telepon”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone Xiaomi Redmi NOTE 4X dengan sistem operasi Android Nougat v7.0. Jika anda menggunakan Smartphone seri lain, tentu bisa menyesuaikannya.

9. Gunakan Aplikasi Kontak Lain

Selain melakukan reset, anda bisa menggunakan Aplikasi Kontak Pihak Ketiga, ada banyak aplikasi kontak tersedia di Google Play Store yang tentunya bisa anda gunakan secara gratis.

Aplikasi Kontak tersebut bisa menjadi solusi terbaik ketika aplikasi kontak bawaan terjadi masalah atau tidak bisa digunakan. Bahkan jika umumnya aplikasi kontak dari pihak ketika biasanya memiliki tampilan yang lebih menarik dan dinamis.

Kesimpulan,

Metode diatas dapat anda terapkan pada semua perangkat Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Mi4i, Mi4, Redmi 1S, Mi3, Redmi NOTE, NOTE 2, NOTE 3, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 4 Prime, Redmi 5A, Xiaomi Redmi NOTE 4, 4 Pro, 4 Snapdragon, Redmi NOTE 5A, Redmi NOTE 5 Pro, Xiaomi Mi2A, Mi2S, Mi2, Mi1S, Mi Pad 2, Xiaomi Mi NOTE, Mi NOTE Pro, dan masih banyak lagi. Jika ada sedikit perbedaan dari tutorial atau metode diatas, maka anda tinggal menyesuaikannya saja.

Itulah metode sederhana Cara Mengatasi “Kontak Telah Berhenti” di HP Xiaomi Semua Tipe, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada yang ingin anda tanyakan terkait masalah diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Dian Arifin Sebagai Author, saya berusaha keras agar website ini dapat bermanfaat untuk banyak orang, khususnya untuk para pengguna Android. Disini, saya banyak penulis mengenai masalah pada Aplikasi serta Tips & Trik Android. Khairunnas Anfauhum Linnas ....