50 Perintah Dasar Windows Run dan Fungsinya

Pengguna komputer pasti familier dengan fitur Run pada sistem operasi Windows. Perintah Run sering digunakan sebagai kode untuk membuka perintah CMD (Command Prompt). Fitur ini juga dapat diakses dengan menekan tombol Windows + R.  Beberapa standar umum yang dapat di jalankan dengan “kode RUN” meliputi cmd, regedit, msconfig, dan masih banyak lagi. Anda yang selalu bekerja dengan komputer, menjalankan beberapa alat atau tugas, adanya perintah Run akan menjadi solusi tercepat.

Pada kotak dialog Run, Anda dapat menuliskan beberapa kode perintah apa pun untuk dapat mengaksesnya. Nah, pada kesempatan kali ini akan diulas secara lengkap mengenai kumpulan perintah Run beserta fungsinya. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini!

Lihat Juga : 10 Perbedaan MBR dan GPT Pada Partisi Hard Disk

Apa itu Run?

Run atau Windows Run adalah fitur yang pertama kali diperkenalkan pada Microsoft Windows 95 yang saat ini dipakai untuk semua versi Windows terbaru. Untuk membuka Run, pengguna dapat menggunakan shortcut Windows + R, yang nantinya akan muncul kotak dialog Run. Kotak dialog Run, memungkinkan pengguna untuk membuka program menurut nama (jika berada pada direktori Windows) atau memulai file apa pun dengan mengetik lokasi atau nama lengkap di komputer, file, perangkat, atau halaman web berada. Gambar di bawah ini merupakan tampilan dari kotak Run pada Microsoft Windows.

Tampilan Run Windows
Tampilan Run Windows. RUDI DIAN ARIFIN

Contoh umum menggunakan kotak Run misalnya, saat Anda ingin membuka program kalkulator, langsung akses kotak Run pada Windows dan ketik calc pada kolom Open, kemudian tekan Enter pada keyboard untuk meng-eksekusinya. Selain itu, cara lain yang dapat Anda gunakan adalah mengeksekusi berkas yang terletak pada direktori C:\Windows yang dijalankan dengan mengetik nama berkas. Misalnya, executable untuk Kalkulator adalah calc.exe dan tekan Enter.

Memilih untuk menggunakan perintah Run di Windows adalah cara yang sangat efisien untuk mengakses pengaturan maupun aplikasi Windows yang berbeda secara langsung. Apabila Anda familier dan hafal dengan kumpulan perintah Run, tanpa menggunakan banyak klik, Anda dapat mengakses aplikasi tertentu hanya dalam dua langkah saja.

Sebagai pengguna komputer aktif, menggunakan Run untuk membuka alat-alat tertentu akan sangat membantu. Terutama jika Anda ingin terlihat lebih produktif, sangat direkomendasikan untuk menghafal perintah Run. Untuk membantu Anda, artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap mengenai perintah Run dan fungsinya.

Lihat Juga : 15 Fungsi VGA Pada Komputer dan Laptop

Daftar Perintah Run

Berikut perintah Run untuk mengakses fitur atau program bawaan Windows:

services.msc

Perintah ini digunakan dengan cara mengetikkan “services.msc” kemudian diikuti tombol Enter pada keyboard. Dengan perintah tersebut pengguna akan membuka aplikasi Windows Services yang membantu Anda untuk memulai, menghentikan, dan meng-konfigurasi pengaturan lain pada masing-masing layanan secara individual. Selain itu dengan menjalankan perintah ini, pengguna dapat beralih layanan dengan cepat.

mstsc

Anda dapat memasukkan “mstsc” ke kotak dialog Run untuk membuka Remote Desktop Connection yang memungkinkan pengguna untuk saling terhubung ke PC Windows lain melalui jaringan lokal atau internet. Anda perlu mengatur kedua PC untuk menghubungkan koneksi jarak jauh dan dengan fitur ini Anda dapat mengambil kendali penuh komputer yang akan di Remote.

msinfo32 

Fitur ini dapat dijalankan dengan mengetikkan “msinfo32” pada kotak dialog Run. Dengan perintah ini memungkinkan Anda untuk membuka dan mendapatkan informasi sistem (System Information) komputer Anda secara ekstensif. Beberapa yang akan ditampilkan adalah semua detail sistem juga termasuk hardware resource dan software environment. Fitur ini biasa digunakan untuk melihat spesifikasi hardware dan software pada komputer / laptop.

sdclt

Perintah “sdclt” akan memungkinkan pengguna untuk membuka jendela Backup and Restore yang berguna untuk mengatur jadwal cadangan dengan cepat atau memulihkan salah satu cadangan lama Anda jika PC terkena masalah. 

compmgmt.msc

Dengan perintah “compmgmt.msc” Anda akan membuka aplikasi Computer Management yang memungkinkan Anda untuk mengakses sebagian besar modul canggih dari Windows meliputi, Event Viewer, Shared Folder, System Tools, dan masih banyak lagi.

cleanmgr

Perintah “cleanmgr” memungkinkan pengguna untuk membuka utilitas Windows Disk Cleanup. Setelah Anda menjalankan fitur ini pada kotak dialog Run, maka akan muncul kotak Disk Cleanup : Drive Selection, untuk memilih drive mana yang akan di bersihkan. Kemudian drive yang sudah Anda pilih akan terseleksi dan klik tombol “OK” untuk menjalankannya.

eventvwr.msc 

Perintah ini memungkinkan Anda untuk membuka kotak aplikasi Windows Event Viewer yaitu tempat di mana Windows menyimpan semua pesan pemantauan dan pemecahan masalah. Fungsi dari perintah ini dapat memudahkan Anda mengakses aplikasi Event Viewer dengan cara cepat.

control 

Disebut dengan panel kontrol Windows, yang sebenarnya telah banyak diketahui bagi sebagian pengguna Windows. Dengan mengetikkan perintah “control” pada jendela Run memungkinkan pengguna untuk mengakses Control Panel dengan mudah dan cepat.

mmc

Microsoft Management Control (MMC) adalah modul Windows yang efisien untuk menjalankan system administrators dan power users yang dibutuhkan untuk meng-konfigurasi dan monitoring sistem Windows.

resmon

Perintah “resmon” merupakan perintah untuk menjalankan aplikasi Resource Monitor. Ini merupakan perintah canggih yang digunakan untuk melihat informasi secara real-time mengenai sumber daya sistem komputer seperti CPU, RAM, Disk, dan network. Ketika pengguna menemui masalah pada komputer seperti hang kinerja sistem, menjalankan perintah ini dapat menjadi solusi untuk mendapatkan informasi yang Anda butuh kan.

Lihat Juga : 13 Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10, 8, 7

Tanda ini merupakan perintah yang dapat dijalankan pada Run. Memang kurang dikenal pengguna, ini adalah tanda backslash yang dapat diketikkan pada kotak Run, kemudian sistem dengan cepat membuka drive C. Mengetikkan perintah backslash juga menjadi cara tercepat saat Anda ingin mengakses drive C.

.

Tanda satu titik ini “.” merupakan perintah Run yang mungkin kurang diketahui juga. Ketika dijalankan maka akan membuka folder utama user saat ini meliputi folder download, Document, Desktop, Image, dan lainnya.

..

Tanda dua titik  “..” merupakan salah satu perintah yang dapat dijalankan di Run yang memungkinkan untuk membuka folder pengguna atau Users yang berlokasi langsung di drive C.

calc

Dengan menjalankan perintah “calc” pada kotak dialog Run, maka pengguna dapat dengan cepat membuka aplikasi kalkulator bawaan Windows. Ini juga cukup mudah dilakukan. 

cmd 

Perintah “cmd” digunakan untuk membuka command prompt pada Windows. Dengan menjalankan perintah ini pada kotak dialog Run, maka pengguna secara cepat dapat mengakses baris perintah tanpa hak administrator.

powershell 

Selain terkenal dengan baris perintah CMD, Windows juga terkenal dengan baris perintah PowerShell. Dengan mengetikkan “powershell” pada Run, Anda dapat membuka PowerShell tanpa hak administrator. Fitur ini hampir sama dengan command prompt “cmd” yang merupakan baris perintah lama. Bagi Anda yang mengatur atau melakukan kegiatan pada komputer server, ini dapat menjadi solusi tercepat untuk menjalankan perintah PowerShell.

netplwiz 

Dengan perintah ini Anda bisa dengan cepat membuka dan mengelola User Account. Misalnya untuk menambahkan akun baru atau tipe akun pengguna menjadi Administrator atau Standar. Selain itu dengan menjalankan aplikasi ini memungkinkan untuk mengubah kata sandi akun dan mengelola keamanan. Jalankan “netplwiz” pada Run lalu Enter untuk membuka Advanced User Accounts di Windows. Selain itu, jika Anda ingin membuka Authorization Manager maka gunakan perintah azman.msc pada Run.

gpedit.msc 

Perintah ini digunakan untuk membuka Group Policy Editor Windows. Dengan menjalankan perintah ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengedit kebijakan Windows yang berbeda dari komputer lokal atau jarak jauh. Group Policy Editor menjadi alat canggih yang berada pada sistem dalam Windows dan cukup jauh untuk dijangkau. Perintah ini menjadi alternatif tercepat untuk mengaksesnya dari Run.

lusrmgr.msc

Menggunakan perintah “lusrmgr.msc” pada Run memungkinkan Anda untuk membuka User Manager dan Local Group di mana Anda dapat mengedit beberapa properti dari semua pengguna dan grup.

mrt 

Pada umumnya sistem Windows merilis versi ke yang lebih baru dari Microsoft Windows Malicious Software Removal Tool melalui Windows Update. Ini menjadi program atau alat gratis dari Windows, yang membantu Anda dalam membersihkan software-software berbahaya pada komputer. Sebenarnya alat ini menjalankan kinerja secara diam-diam di latar belakang. Namun jika Anda ingin mengaksesnya dan menjalankannya secara manual, cobalah menggunakan perintah ini pada Run.

ncpa.cpl

Perintah ini dapat digunakan ketika Anda sesekali mengalami masalah pada jaringan, terutama bagi Anda seorang pengguna Internet. Untuk memecahkan beberapa masalah koneksi jaringan pada komputer Anda adalah dengan mengakses Network Adapters. Menggunakan perintah “ncpa.cpl” pada Run akan membantu untuk mengakses semua adapter jaringan Anda.

perfmon.msc

Untuk melakukan pemantauan pada kinerja komputer Windows serta menampilkan efek dari program yang Anda jalankan, menjalankan Performance Monitor akan menampilkan data terkait. Untuk mengakses Performance Monitor, maka gunakan perintah ini.

powercfg.cpl

Secara umum sistem Windows meng-host berbagai opsi daya untuk menangani penggunaan daya pada komputer. Perintah ini dapat dijalankan untuk menampilkan Power Options pada daya komputer dengan efektif. Fitur Power Options ini juga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memilih dan meng-Customize opsi daya.

appwiz.cpl 

Perintah “appwiz.cpl” dapat digunakan untuk mengakses dengan cepat jendela Programs and Features. Dengan menjalankan perintah ini, memungkinkan Anda dengan mudah untuk mengelola program ter-install seperti meng-uninstall program yang mengganggu atau tidak Anda butuh kan lagi.

devmgmt.msc

Dengan menjalankan perintah ini pada Run, akan membantu Anda dengan cepat untuk membuka Windows Device Manager. Di mana jendela Device Manager adalah tempat Anda dapat mengelola semua perangkat keras. Selain ini, Anda juga dapat menggunakan perintah “hdwwiz.cpl”.

regedit

Perintah “regedit” merupakan salah satu perintah dari Run untuk mengakses Windows Registry, yang merupakan database hierarkis yang dapat meng-host semua konfigurasi dan pengaturan sistem operasi dan program yang ter-install.

msconfig 

Perintah Run “msconfig” dijalankan untuk menampilkan Windows System Configuration, yang mana Anda dapat mengedit berbagai hal yang berbeda meliputi boot options, startup options, services, dan lain-lain. Dengan menjalankannya di Run Anda dapat mengakses jendela System Configuration dengan mudah dan cepat.

sysdm.cpl 

Ini merupakan salah satu perintah yang canggih dari Run. Dengan ini Anda dapat membuka jendela System Properties. Mengakses sistem properti pada Windows akan memudahkan Anda untuk mengelola System Protection dan fitur Remote Connection. Selain itu, pada tab Advanced Anda dapat mengelola Performance Settings.

firewall.cpl 

Perintah “firewall.cpl” digunakan untuk membuka program Windows Defender Firewall. Firewall.cpl adalah berkas yang memuat kode mesin dan bisa dieksekusi pada hard drive komputer. Perintah ini digunakan untuk mengelola dan meng-konfigurasi firewall keamanan Windows.

wuapp atau control update

Perintah ini dijalankan pada Run untuk mengelola dan meng-konfigurasi pembaruan Windows.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Windows

Daftar Perintah Run Lainnya

Berikut merupakan daftar perintah Run yang dapat digunakan untuk mengakses fitur di Windows.

Task NameRun Command
About Windowswinver
Access Mouse propertiesmain.cpl
Access Network Adaptersncpa.cpl
Access Power Optionpowercfg.cpl
Access Screen Resolution pagedesk.cpl
Access the Programs and Features Windowappwiz.cpl
Access the System Propertiessysdm.cpl
Access the Windows Firewallfirewall.cpl
Access Windows Action Centerwscui.cpl
Add a Devicedevicepairingwizard
Add Hardware Wizardhdwwiz
Advanced User Accountsnetplwiz
Authorization Managerazman
Backup and Restoresdclt
Bluetooth File Transferfsquirt
Calculatorcalc
Certificatescertmgr
Change Computer Performance Settingssystempropertiesperformance
Change Data Execution Prevention Settingssystempropertiesdataexecutionprevention
Change Printer Settingsprintui
Character Mapcharmap
ClearType Tunercttune
Color Managementcolorcpl
Command Promptcmd
Component Servicescomexp
Component Servicesdcomcnfg
Computer Managementcompmgmt
Computer Managementcompmgmtlauncher
Connect to a Network Projectornetproj
Connect to a Projectordisplayswitch
Control Panelcontrol
Create A Shared Folder Wizardshrpubw
Create a System Repair Discrecdisc
Credential Backup and Restore Wizardcredwiz
Data Execution Preventionsystempropertiesdataexecutionprevention
Default Locationlocationnotifications
Device Managerdevmgmt
Device Pairing Wizarddevicepairingwizard
Diagnostics Troubleshooting Wizardmsdt
Digitizer Calibration Tooltabcal
DirectX Diagnostic Tooldxdiag
Disk Cleanupcleanmgr
Disk Defragmenterdfrgui
Disk Managementdiskmgmt
Displaydpiscaling
Display Color Calibrationdccw
Display Switchdisplayswitch
DPAPI Key Migration Wizarddpapimig
Driver Verifier Managerverifier
Ease of Access Centerutilman
Encrypting File System Wizardrekeywiz
Event Viewereventvwr
Fax Cover Page Editorfxscover
File Signature Verificationsigverif
Getting Startedgettingstarted
IExpress Wizardiexpress
Import to Windows Contactswabmig*
iSCSI Initiator Configuration Tooliscsicpl
iSCSI Initiator Propertiesiscsicpl
Language Pack Installerlpksetup
Local Group Policy Editorgpedit
Local Security Policysecpol
Local Users and Groupslusrmgr
Location Activitylocationnotifications
Magnifiermagnify
Malicious Software Removal Toolmrt
Manage Your File Encryption Certificatesrekeywiz
Math Input Panelmip*
Microsoft Management Consolemmc
Microsoft Support Diagnostic Toolmsdt
NAP Client Configurationnapclcfg
Narratornarrator
New Scan Wizardwiaacmgr
Notepadnotepad
ODBC Data Source Administratorodbcad32
ODBC Driver Configurationodbcconf
On-Screen Keyboardosk
Paintmspaint
Performance Monitorperfmon
Performance Optionssystempropertiesperformance
Phone Dialerdialer
Presentation Settingspresentationsettings
Print Managementprintmanagement
Printer Migrationprintbrmui
Printer User Interfaceprintui
Private Character Editoreudcedit
Problem Steps Recorderpsr
Protected Content Migrationdpapimig
Registry Editorregedit
Remote Access Phonebookrasphone
Remote Desktop Connectionmstsc
Resource Monitorresmon
Resultant Set of Policyrsop
Securing the Windows Account Databasesyskey
Servicesservices
Set Program Access and Computer Defaultscomputerdefaults
Share Creation Wizardshrpubw
Shared Foldersfsmgmt
Snipping Toolsnippingtool
Sound Recordersoundrecorder
SQL Server Client Network Utilitycliconfg
Sticky Notesstikynot
Stored User Names and Passwordscredwiz
Sync Centermobsync
System Configurationmsconfig
System Configuration Editorsysedit (This command doesn’t work in the 64-bit version of Windows.)
System Informationmsinfo32
System Properties (Advanced Tab)systempropertiesadvanced
System Properties (Computer Name Tab)systempropertiescomputername
System Properties (Hardware Tab)systempropertieshardware
System Properties (Remote Tab)systempropertiesremote
System Properties (System Protection Tab)systempropertiesprotection
System Restorerstrui
Tablet PC Input Paneltabtip*
Task Managertaskmgr
Task Schedulertaskschd
Trusted Platform Module (TPM) Managementtpm
User Account Control Settingsuseraccountcontrolsettings
Utility Managerutilman
Version Reporter Appletwinver
Volume Mixersndvol
Windows Activation Clientslui
Windows Anytime Upgrade Resultswindowsanytimeupgraderesults
Windows Contactswab*
Windows Disc Image Burning Toolisoburn
Windows DVD Makerdvdmaker*
Windows Easy Transfermigwiz*
Windows Explorerexplorer
Windows Fax and Scanwfs
Windows Featuresoptionalfeatures
Windows Firewall with Advanced Securitywf
Windows Help and Supportwinhlp32
Windows Journaljournal*
Windows Media Playerwmplayer*
Windows Memory Diagnostic Schedulermdsched
Windows Mobility Centermblctr
Windows Picture Acquisition Wizardwiaacmgr
Windows PowerShellpowershell*
Windows PowerShell ISEpowershell_ise*
Windows Remote Assistancemsra
Windows Repair Discrecdisc
Windows Script Hostwscript
Windows Updatewuapp
Windows Update Standalone Installerwusa
WMI Managementwmimgmt
WMI Testerwbemtest
WordPadwrite
XPS Viewerxpsrchvw

Lihat Juga : Memahami Overclock, Keuntungan, dan Risikonya

Kesimpulan,

Perintah Windows Run adalah salah satu utilitas terbaik yang dapat Anda gunakan pada sistem operasi Windows. Seperti yang Anda lihat, fungsi Run akan membantu secara efektif dalam menjalankan beberapa program. Seperti yang di tersebut di atas merupakan perintah yang dibuka dari Windows Run, dan masih banyak perintah lain untuk mengakses beragam aplikasi dan fitur bawaan Windows.

Apa fungsi Run pada komputer Windows?

Run pada Windows berfungsi untuk mencari dan membuka sistem yang ada pada Windows, meliputi program, folder, file, website, serta resource / sumber daya komputer. 

Bagaimana cara menemukan program atau aplikasi yang sedang running di komputer?

Untuk menampilkan apa yang berjalan di Windows, akses Windows Task Manager.

Itulah ulasan mengenai fungsi Run pada komputer Windows beserta perintah dasarnya. Jika Anda berpikir masih banyak perintah lain yang mungkin terlewatkan, tambahkan melalui komentar di bawah ini.

~ Artikel ditulis oleh Yunita Setiyaningsih, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. michel2 berkata:

    gan apakah tersedia tips dasar coding melalui cmd… seperti cek spesifikasi lengkap laptop/komputer?