10 Cara Download Game di Laptop

Di bawah ini tersedia beberapa cara download game pada Laptop Windows dengan mudah

Menginstall sebuah game merupakan suatu hal yang lumrah bagi pengguna PC / laptop. Terutama ketika Anda sedang stress atau mungkin penat karena beban tugas atau pekerjaan yang terlalu banyak, terkadang games bisa menjadi salah satu solusi alternatif untuk menghilangkan rasa bosan Anda. Secara tidak langsung, dengan bermain game juga bisa menambah konsentrasi dan meningkatkan kinerja otak Anda agar fresh kembali, asalkan dimainkan dengan batas wajar.

Terlepas dari itu, mendownload sebuah game pada PC / laptop tidak lah sama seperti Anda mendownload game pada smartphone. Jika smartphone biasanya download melalui Google Play Store atau App Store, sedangkan game laptop bisa dilakukan dengan berbagai cara. Persoalan inilah yang membuat sebagian orang merasa kebingungan saat ingin mendownload game laptop. Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, karena melalui artikel ini Anda akan mengetahui bagaimana cara download game di laptop.

Lihat Juga : 10 Cara Mengaktifkan IDM (Internet Download Manager)

Cara download game di laptop Windows

Beli HP Pav 14-dv0516TX di Shopee
HP Pav 14-dv0516TX & 14-dv0514TX

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mendownload sebuah game pada laptop Windows, baik melalui platform game ataupun situs resmi. Di mulai dari Microsoft Store, Steam, Garena, Discord, Gametop, CNET hingga situs resmi game itu sendiri. Selengkapnya, Anda bisa simak dan ikuti beberapa metodenya berikut ini.

Catatan : Sebelum mengunduh game, pastikan koneksi internet Anda stabil dan tidak mengalami gangguan. Ini dilakukan untuk menghindari sejumlah kendala yang tidak diinginkan saat proses download berjalan.

1. Download game di Microsoft Store

Cara pertama, Anda bisa download game laptop melalui Microsoft Store. Microsoft Store merupakan aplikasi bawaan Windows yang menyediakan berbagai macam jenis game dengan genre yang berbeda-beda, mulai dari yang versi gratis hingga berbayar seperti Roblox, Minecraft, Asphalt 8, Amoung Us, dan masih banyak lagi. Sayangnya untuk pengguna Windows 7 ke bawah, Anda perlu download terlebih dahulu aplikasi ini melalui situs resmi Microsoft. Lain halnya jika Anda pengguna Windows 10/8/8.1, Microsoft Store sudah ada sebagai aplikasi bloatware (bawaan).

Namun sebelum Anda mendownload game di Microsoft Store, pastikan Anda telah terhubung dengan akun Microsoft. Jika Anda belum mempunyainya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat akun Microsoft.

Buat Akun Microsoft
1. Membuat akun Microsoft. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Pertama, akses halaman Microsoft berikut ini: Sign-up Account.
  2. Kemudian masukkan email yang Anda miliki, seperti Gmail atau yang lainnya » klik Next.
  3. Lalu masukkan Password akun » klik Next.
  4. Jika sudah, masukkan Nama depan dan belakang Anda » klik Next.
  5. Atur informasi tentang Negara/kawasan dan Tanggal Lahir Anda » klik Next.
  6. Berikutnya buka pesan email Anda dari Microsoft » copy kode verifikasi yang tertera » lalu pastekan di halaman “Verifikasi email” » klik Next.
  7. Pilih Kode Negara dan masukkan Nomor Telepon » klik Kirim Kode.
  8. Tunggu beberapa saat hingga ada pesan SMS masuk dari Microsoft, lalu isikan kode keamanan tersebut di kolom “Kode Akses” » klik Next.
  9. Selesai.

Jika Akun Microsoft sudah terbuat, Anda bisa login Akun tersebut di Microsoft Store, Setelah itu Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Caesars Slots Microsoft Store
1. Download game Microsoft Store. WAHYU SETIA BINTARA
  1. Buka aplikasi Microsoft Store di laptop Anda.
  2. Selanjutnya klik ikon Sign-in » masukkan Email & Password.
  3. Jika sudah login, klik tab Gaming » pilih game yang ingin di download.
  4. Kemudian klik Get » tunggu proses download selama beberapa saat.
  5. Selesai.

2. Download game di aplikasi Steam

Download Game Steam
2. Download game Steam. WAHYU SETIA BINTARA

Steam merupakan salah satu platform penyedia game terpopuler di kalangan pecinta game. Sama halnya seperti Microsoft Store, Steam juga menyediakan beragam jenis game secara gratis maupun berbayar. Namun Steam memiliki keunggulan lainnya yang tidak bisa Anda dapatkan di Microsoft Store, misalnya seperti tersedianya fitur komunikasi antar pengguna Steam, baik melalui teks atau suara. Berikut langkah-langkah download game di aplikasi Steam.

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi berikut: Download Steam.
  2. Jika sudah, buka aplikasi Steam » login dengan akun yang Anda miliki. Jika belum mempunyainya, Silakan daftar terlebih dahulu dengan mengikuti instruksi yang disediakan.
  3. Kemudian di halaman utama Steam, klik menu Store » cari dan pilih game yang Anda inginkan.
  4. Berikutnya klik Play Game » centang opsi Create Desktop Shortcut » pilih Next.
  5. Tunggu proses download beberapa saat.
  6. Jika selesai, game yang Anda download akan muncul secara otomatis di halaman desktop laptop.
  7. Selesai.

Khusus untuk game yang berbayar, terkadang Steam juga menyediakan diskon harga untuk beberapa game tertentu. Bahkan tidak tanggung-tanggung, diskon yang Anda dapatkan bisa mencapai 80 – 90% dari harga normal. Saran saya, pastikan Anda mengecek Steam secara berkala atau bisa juga melalui notifikasi email.

Lihat Juga : 10 Cara Membuat Password di Laptop Windows

3. Download game via aplikasi Garena

Download Game Garena
3. Download melalui aplikasi Garena. WAHYU SETIA BINTARA

Bagi Anda penggemar game Free Fire, tentu sudah tidak asing lagi dengan platform Garena. Garena merupakan platform penyedia game online dan sosial yang didirikan oleh Forrest Li di tahun 2009. Garena sendiri juga hampir sama seperti Steam, hanya saja game yang disediakan sangat terbatas. Melalui Garena Anda tidak hanya sekedar bermain game saja, namun Anda juga bisa berkomunikasi via teks atau suara dengan teman yang memiliki akun terkait. Berikut cara download game Garena di laptop.

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasinya terlebih dahulu di link berikut: Download Garena.
  2. Selanjutnya buka aplikasi Garena » masukkan Username dan Password jika sudah memiliki akun. Apabila tidak mempunyainya, silakan daftar dahulu dengan klik “Create Account”.
  3. Di halaman utama Garena, klik salah satu game yang tersedia dalam daftar » klik Install.
  4. Pilih lokasi penyimpanan instalasi » klik Ok untuk memulai proses download.
  5. Selesai.

4. Download game via Discord

Download Game Discord
4. Download game di aplikasi Discord. blog.discord.com

Umumnya aplikasi Discord ini hanya digunakan sebagai media komunikasi andalan bagi para gamers. Namun di sisi lain, Discord juga menyediakan beberapa game Windows yang bisa Anda download secara gratis ataupun berbayar. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendownload game via Discord.

  1. Pertama, download dan install dahulu aplikasinya di link berikut: Download Discord.
  2. Buka aplikasi Discord » login dengan akun yang Anda miliki. Anda bisa buat akun terlebih dahulu jika tidak mempunyainya.
  3. Kemudian klik Store » cari dan pilih game yang Anda inginkan.
  4. Jika sudah, klik Add to library » pilih Library » klik Install.
  5. Tunggu proses download dan instal beberapa saat.
  6. Klik Play untuk menjalankan game.
  7. Selesai.

Lihat Juga : 15 Cara Membuka Control Panel di Windows 10, 8, 7

5. Download game melalui GOG

Download Game di GOG Galaxy
5. Download lewat aplikasi GOG Galaxy. gog.com

Layaknya platform game pada umumnya, Anda bisa download game dari berbagai genre yang berbeda di GOG secara gratis maupun berbayar. Sebelum Anda memulainya, Anda harus download GOG Galaxy terlebih dahulu. Berikut cara download game laptop melalui GOG.

  1. Pertama, unduh dan pasang aplikasi GOG berikut: GOG Galaxy.
  2. Kemudian buka aplikasi GOG Galaxy, lalu login dengan akun yang Anda miliki. Silakan Anda daftar dahulu jika belum mempunyai akun GOG.
  3. Jika sudah, klik Store » cari dan klik game yang ingin di download. Anda bisa pilih Free di kolom “Price” untuk mencari game versi gratis.
  4. Setelah itu klik Download and Install Now untuk memulai prosesnya.
  5. Selesai.

6. Download game melalui situs Gametop

Download Game Situs Gametop
6. Download melalui situs Gametop. WAHYU SETIA BINTARA

Gametop merupakan website yang menyediakan tempat download game secara gratis tanpa biaya apa pun, tanpa trials dan juga tanpa iklan. Situs ini juga sering kali menyediakan game terbaru secara berkala. Inilah yang membuat Gametop menjadi salah satu situs download game PC / laptop favorit banyak orang. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

  1. Pertama, akses situs Gametop berikut ini: gametop.com.
  2. Tepat di halaman utama Gametop, cari dan klik game dari beberapa kategori yang tersedia » klik Download Game Free.
  3. Tunggu beberapa saat, file installer akan muncul » klik Save untuk memulai proses download.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 9 Cara Mematikan Update Windows 10, 8, 7

7. Download game lewat situs CNET

Download Game di CNET
7. Download lewat situs downloadn.cnet.com. WAHYU SETIA BINTARA

Selain Gametop, ada juga situs CNET yang menyediakan berbagai jenis aplikasi dan game untuk Windows maupun Android. Dari semua game yang tersedia di situs CNET, bisa Anda unduh secara gratis maupun berbayar. Berikut cara download nya:

  1. Pertama, akses halaman situs CNET berikut ini : download.cnet.com/games/windows/.
  2. Selanjutnya cari dan pilih game yang ingin di download » lalu klik Download Now.
  3. Setelah itu akan muncul jendela baru berupa file installer » klik Save file untuk memulai proses download.
  4. Selesai.

8. Download game lewat situs resmi

Download Game Situs Resmi PB
8. Download game Point blank lewat Situr resmi. WAHYU SETIA BINTARA

Opsi terakhir dalam mendownload game pada Laptop yaitu melalui situs resmi game itu sendiri. Terkadang untuk beberapa game tertentu seperti game online, hanya bisa diunduh melalui situs resminya. Contohnya Point Blank, 3 Kingdom, dan game sejenis lainnya. Untuk mencarinya pun cukup mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka aplikasi Browser » akses halaman Google.
  2. Lalu ketik game yang Anda cari di kolom pencarian Google » tekan Enter.
  3. Jika sudah, secara otomatis situs resmi dari game yang Anda cari akan muncul di urutan pertama dari hasil pencarian.
  4. Berikutnya akses situs tersebut, cari dan klik menu Download.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 12 Cara Membuat File PDF

Penutup,

Ada banyak sekali opsi yang bisa Anda pilih dalam mendownload game pada Laptop, namun itu semua tergantung dari kebutuhan pribadi Anda masing-masing. Mengingat setiap platform memiliki berbagai jenis game yang tersedia dengan jumlah cukup banyak. Contohnya jika Anda ingin bermain game Dota 2, Anda bisa mengakses Steam untuk mengunduhnya. Atau mungkin jika Anda ingin mencari game edukasi sederhana, cukup gunakan layanan Microsoft Store dari Windows. Jika Anda memiliki pendapat lain terkait ulasan di atas, Anda bisa menyampaikannya melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apa itu Bluestack?

Sebuah perangkat lunak emulator yang mampu menghadirkan Android ke dalam sistem Windows PC/Laptop Anda.

Apa saja rekomendasi game laptop yang cocok untuk anak-anak?

Misalnya seperti Maze Book, Coloring Book, World of Zoo, Cake Mania, dan masih banyak lagi. Anda bisa menemukannya melalui penelusuran Google.

Kenapa laptop tidak bisa diinstall aplikasi?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kendala ini bisa terjadi. Misalnya seperti aplikasi tidak kompatibel dengan versi Windows, masih menggunakan NET Framework versi lawas, membutuhkan driver tambahan, atau mungkin spesifikasi laptop Anda tidak memadai.

Bagaimana cara memperbaiki aplikasi sering keluar sendiri?

Langkah pertama, pastikan aplikasi telah kompatibel dengan versi Windows. Jika sudah, coba jalankan update aplikasi dan sistem Windows. Kemudian lakukan install ulang aplikasi kalau memang masih tidak ada perubahan. Anda juga bisa meningkatkan hardware perangkat, seperti mengubah HDD menjadi SSD dan tingkatkan RAM hingga 8 GB.


Penulis : Wahyu Setia Bintara | Editor : Rudi Dian Arifin

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!