Menghemat Baterai Android
Sumber Image : BGR.com

Dianisa.com – Tips Hemat Baterai Android. Android adalah sistem operasi seluler paling populer di dunia. Sistem operasi besutan Google ini tidak seperti iOS milik Apple yang hanya dikawinkan dengan hardware yang didesain oleh Apple sendiri, melainkan, Android bisa di-install di berbagai macam perangkat seluler yang dikembangkan oleh berbagai macam vendor seperti Asus, Sony, Lenovo, Motorola, Huawei, Oppo, hingga Samsung. Bahkan, sistem operasi ini juga bisa di-install di PC berbasis Intel. Baik itu, dengan menggunakan emulator, maupun langsung di-install ke hard drive.

Baca Juga :

Tapi sayangnya, bagi mereka yang sudah pernah mengenal feature phone, tentu akan merasakan beberapa perbedaan yang kadang-kadang terasa sangat signifikan. Seperti baterai yang terasa lebih cepat habis jika dibandingkan dengan feature phone.

Apa Sih Penyebab Mengapa Baterai Android Begitu Boros?

Baterai HP Android yang terasa lebih boros jika dibandingkan dengan feature phone sebenarnya sangat wajar mengingat :

  • Rata-rata HP Android menggunakan layar lebar minimal 4-5 inci
  • Mengusung resolusi tinggi
  • Menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang lebih kompleks dan berat
  • Fungsinya menyerupai PC karena pada dasarnya Android dibuat dari Linux
  • Banyak HP Android yang selalu terkoneksi ke internet, baik melalui WiFi maupun jaringan seluler
  • Dilengkapi dengan berbagai sensor dan fitur serta kamera beresolusi tinggi

Melihat berbagai fungsi dan keunggulan smartphone Android di atas, maka wajar apabila baterainya terasa lebih boros jika dibandingkan dengan feature phone yang rata-rata memiliki layar kecil, fungsi yang sedikit, dan bahkan beberapa di antaranya hanya dilengkapi dengan layar monokrom saja.

Bagi kamu yang merasa HPmu sangat boros baterai dan selalu kehabisan padahal belum dipakai seharian, kamu bisa mencoba cara ampuh menghemat baterai Android berikut ini.

Matikan Radio Perangkat Keras Yang Tidak Diperlukan

Banyak orang lebih memilih mengandalkan power bank untuk mengatasi kelemahan HP Android ini. Sekalipun Harga Power Bank Samsung dan yang lainnya lumayan terjangkau serta mudah dibawa kemana-mana, namun tetap saja, kamu perlu tahu apa penyebab HP Android boros baterai. Agar baterai HPmu tidak cepat rusak dan soak.

Cara yang pertama adalah dengan mematikan beberapa radio yang mungkin tidak kamu butuhkan, seperti:

  • LTE. Aktifkan lah hanya ketika kamu membutuhkannya. Seperti saat akan melakukan video call, menonton video resolusi tinggi di YouTube, atau ketika akan mendownload
  • Matikan NFC (Near Field Communication)
  • GPS
  • WiFi jika kamu tidak berada di area Wi-Fi publik
  • Bluetooth
  • Kurangi penggunaan LED Flash ketika mengambil foto

Bagi kamu yang suka jeprat-jepret menggunakan smartphone, kamu harus tahu kalau lampu LED Flash kamera lumayan banyak makan baterai. Nah agar lebih hemat, sebaiknya matikan lampu flash terutama ketika kamu tidak membutuhkannya. Seperti ketika mengambil foto di ruangan terbuka atau ketika mengambil foto di tempat yang cukup cahaya.

Belilah Aplikasi Premium

Aplikasi gratisan umumnya datang dengan membawa iklan. Iklan yang hadir pada aplikasi tersebut tidak hanya bikin kuota internet cepat habis, tapi juga bisa bikin HP cepat lowbat.

Gunakan Power Bank Berkualitas

Kalau kamu sering traveling dan smartphone-mu sering kehabisan daya. Kamu wajib membawa power bank. Tapi, pilihlah hanya yang berkualitas dan bermerek.

Salah satu contohnya adalah power bank merk Samsung. Harga Power Bank Samsung portable 10.000 mAh berkisar antara RP 100-300 ribuan. Cukup terjangkau bukan?

Hindari menggunakan power bank abal-abal karena dapat menyebabkan baterai cepat rusak. Apabila rusak, baterai akan semakin mudah habis. Bahkan ketika kamu menggunakannya untuk kegiatan normal sekalipun.

Maksimalkan Fungsi LED Indikator Dan Kurangi Kebiasaan Mengecek HP

Layar smartphone adalah hardware yang paling banyak memakan baterai. Semakin cerah layar yang kamu gunakan, maka baterai yang digunakan akan semakin besar. Begitu juga dengan luas layar. Semakin lebar bentang layar HPmu, maka akan semakin banyak energi yang dibutuhkannya.

Nah, agar smartphone-mu tidak boros baterai, buka dan nyalakanlah hanya ketika ada notifikasi saja. Atau jika kamu meninggalkannya, kamu bisa melihat lampu led indikator untuk mengetahui apakah ada pesan atau tidak. Jika tidak ada, biasakan diri untuk tidak membuka HP karena kebiasaan tersebut akan hanya akan membuat baterai jadi cepat habis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here