Pengertian SPAM โ€“ Jenis, Penyebab, Dampak Negatif, Cara Mengatasi

Spam merupakan jenis pesan yang biasanya dikirim dalam jumlah yang besar

Istilah Spam mungkin kerap kali Anda dengar pada saat Anda menggunakan media sosial. Bahkan mungkin Anda juga sering menerima spam pada media sosial yang Anda miliki. Misalnya seperti email, WhatsApp, dan berbagai media sosial lainnya. Spam sendiri biasanya dikirim dalam jumlah besar sehingga membuat penerima merasa terganggu dan membuang-buang waktu ketika harus membersihkan spam tersebut. Lalu apakah spam termasuk jenis pesan yang berbahaya apabila dibiarkan terus-menerus?

Oleh karena itu, Anda pasti pernah berpikir bagaimana caranya Anda dapat terhindar dari pesan spam yang dikirim oleh pihak-pihak yang tidak Anda kenal sebelumnya. Berikut ini merupakan beberapa informasi mengenai spam yang dapat Anda ketahui lebih dalam agar Anda dapat mengetahui langkah apa saja yang dapat Anda lakukan agar dapat terhindar dari spam dan cara mengatasinya.

Lihat Juga : Pengertian CMOS

Pengertian Spam

Pengertian Spam
Sumber Gambar : unsplash.com

Secara umum, spam adalah sebuah pesan yang dikirim terus menerus menggunakan perangkat elektronik tanpa persetujuan penerima. Kegiatan spam ini juga biasanya disebut spamming dan pelakunya disebut spammer. Spammer umumnya mengirim pesan yang berisi iklan atau informasi yang sebenarnya tidak dibutuhkan penerima. Namun, spammer tetap melakukan hal ini karena mereka memiliki tujuan tertentu. Sehingga dapat membuat penerima pesan spam tersebut merasa terganggu. Selain itu, aktivitas spam ini biasanya dilakukan melalui internet karena dianggap sebagai cara yang mudah dan murah untuk memasarkan sesuatu.

Jenis โ€“ Jenis Spam

Jenis-Jenis Spam
Sumber Gambar : unsplash.com

Yang perlu Anda ketahui, bahwa spam tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Melainkan memiliki berbagai jenis antara lain yaitu:

Spam Promosi

Jenis spam yang pertama adalah spam promosi, spam jenis ini biasanya ditujukan untuk mempromosikan berbagai produk dan layanan dari suatu perusahaan tertentu. Jenis spam ini juga relatif tidak berbahaya dan tidak menimbulkan ancaman bagi penerimanya.

Spam Malware

Jenis spam yang kedua adalah spam malware. Spam malware biasanya berisi file berbahaya yang dimaksudkan untuk menyebarkan virus dan dapat merusak sistem operasi perangkat penerima. Selain itu, jenis spam ini juga sering digunakan untuk mencuri data dari penerima atau merusak data di perangkat mereka. Metode yang digunakan untuk mengirimkan malware ke perangkat biasanya dapat berupa unduhan, gambar, atau tautan eksternal yang dibuka oleh penerima.

Spam Phising

Spam phishing adalah salah satu praktik penipuan di mana spammer menyamar sebagai merek terkenal yang menawarkan promosi dan hadiah. Tujuan utama dari spam phising adalah untuk mengelabui korban agar memberikan informasi penting kepada spammer tanpa sepengetahuan mereka. Pesan spam phishing biasanya terlihat persis seperti merek palsu. Dari subjek pesan hingga nama pengirim. Namun, sebagai catatan, nomor dan alamat email spammer phishing biasanya tidak berasal dari nomor telepon atau email perusahaan yang valid.

Spam Penipuan

Spam penipuan merupakan salah satu jenis spam yang bertujuan untuk mengelabuhi penerima agar menawarkan hadiah yang bernilai substansial. Sehingga tidak heran jika jenis spam ini dapat dikatakan sebagai salah satu jenis spam yang paling berbahaya bagi penerima.

Spammer biasanya mengirim pesan berisi pemberitahuan undian dan sejenisnya. Setelah itu, ketika penerima membalas pesan, spammer meminta penerima untuk mengirimkan informasi pribadi dan sejumlah uang sebelum mengklaim hadiah yang akan diterima oleh pemenang.

Lihat Juga : Pengertian Dekripsi

Penyebab perangkat Anda sering terkena spam

Penyebab Spam
Sumber Gambar : unsplash.com

Anda mungkin pernah berpikir mengapa Anda dapat menerima banyak pesan spam pada perangkat elektronik Anda. Padahal Anda tidak mengenal pengirim pesan spam tersebut. Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang dapat terjadi, antara lain yaitu:

Terjadi kebocoran data

Jika Anda memasukkan nomor ponsel dan alamat Email Anda pada sebuah aplikasi, maka besar kemungkinan bahwa data Anda dapat digunakan oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

Nomor dan alamat email Anda ditemukan secara acak

Pengirim pesan spam juga dapat mengirim pesan secara acak dengan cara menebak alamat email Anda secara manual untuk menemukan nomor dan alamat email Anda.

Anda sering memasukkan data pribadi pada platform online

Tidak semua aplikasi online dapat menjaga keamanan data Anda, beberapa platform media sosial juga tidak bertanggung jawab dapat menjual data Anda kepada pengirim pesan spam.

Lihat Juga : Pengertian Bandwidth

Cara Mencegah dan Mengatasi Spam

Cara Mencegah Spam
Sumber Gambar : unsplash.com

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengatasi pesan spam yang mungkin Anda terima.

Jangan pernah membuka pesan spam

Jika Anda menemukan pesan spam pada kotak masuk email atau telepon Anda, maka Anda tidak perlu panik dan jangan membuka pesan tersebut. Karena apabila Anda membuka pesan tersebut, maka spammer dapat dengan mudah mengetahui bahwa nomor dan alamat email yang dituju masih aktif dan dapat membuat spammer dapa mengirim lebih banyak pesan di masa mendatang.

Tandai pesan misterius sebagai spam

Jika Anda menerima pesan spam di email, maka sebaiknya tandai email atau pesan tersebut sebagai spam. Dengan demikian maka pesan tersebut akan terdeteksi sebagai pesan yang tidak dikenal. Jadi, jika seorang spammer mengirim email spam lain, platform email Anda akan segera mendeteksi pesan tersebut secara otomatis.

Blokir pengirim spam pada email Anda

Jika Anda sudah melakukan berbagai cara, namun Anda tetap saja mendapatkan pesan spam terus-menerus pada Email Anda, maka Anda dapat memblokir nomor pengirim pesan spam tersebut. Dengan begitu pesan apa pun yang dikirim tidak akan masuk pada Email Anda.

Sembunyikan data pribadi Anda

Usahakan untuk tidak memajang data pribadi yang Anda miliki pada media sosial yang Anda miliki. Misalnya data pribadi berupa alamat Email atau nomor ponsel Anda. Hal tersebut tentu saja dapat memudahkan spammer mengirimkan pesan spam pada Anda.

Gunakan Antivirus / Antimalware

Antivirus dan Antimalware juga dapat Anda gunakan untuk melindungi perangkat elektronik Anda dari semua jenis spam. Dengan menggunakan anti-malware, sistem akan secara otomatis menghapus pesan dan menandainya sebagai spam. Untuk e-mail, Anda dapat menggunakan program antivirus pada perangkat komputasi Anda. Untuk perangkat seluler, Anda dapat menggunakan aplikasi anti-malware yang dapat Anda unduh secara gratis di Google Play Store atau App Store untuk meningkatkan keamanan ponsel Anda.

Lihat Juga : Pengertian Sistem Informasi

Dampak Negatif Dari Spam

Dampak Negatif Spam
Sumber Gambar : unsplash.com

Dapat Anda ketahui bahwa spam tidak memiliki manfaat yang baik bagi penerima. Spam justru dinilai dapat memberikan berbagai macam dampak negatif, antara lain yaitu seperti:

  • Membuang banyak waktu untuk menghapus spam yang diterima melalui perangkat elektronik yang ada.
  • Menghabiskan bandwidth karena Internet semakin sering digunakan untuk menyaring spam.
  • Memproses komentar spam dalam jumlah besar dapat memperlambat situs web atau blog Anda.
  • Perangkat elektronik menjadi rentan terhadap kemungkinan terkena virus akibat adanya spam.
  • Perangkat elektronik tidak dapat berfungsi dengan baik karena terlalu sering digunakan untuk membersihkan spam.

Lihat Juga : Teknik Komputer Jaringan

Penutup

Spam dapat menjadi salah satu pesan yang mengganggu yang dapat Anda terima pada beberapa perangkat elektronik yang Anda miliki. Misalnya pada ponsel atau komputer Anda. Spam juga dapat memberikan beberapa dampak buruk bagi penerima pesan spam tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam memasukkan data pribadi Anda baik itu nomor ponsel atau alamat email Anda agar tidak mudah dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Anda juga perlu berhati-hati apabila menerima pesan spam dan usahakan untuk tidak membalas pesan tersebut.

Penggunaan berbagai alat keamanan juga dapat menjadi salah satu solusi bagi Anda untuk menjaga beberapa perangkat elektronik Anda dapat terhindar dari berbagai virus yang masuk lewat pesan spam yang Anda terima.

Contoh spam apa saja yang biasanya sering terjadi?

Beberapa contoh spam yang biasa sering terjadi yaitu Spam Email, Spam SMS, Spam komentar di blog, Spam pada mesin pencari misalnya Google, dan lain-lain.

Apa saja tujuan dari spam?

Spam yang dikirim biasanya memiliki berbagai tujuan yaitu, misalnya untuk kebutuhan promosi, untuk melakukan penipuan, atau bisa saja hanya sekedar iseng dengan mengirim link website tertentu pada komentar blog orang lain.

Bagaimana cara melaporkan spam?

Anda hanya perlu menandai dengan tanda centang pesan spam yang ada pada Email, kemudian klik ikon tanda seru dan laporkan spam.


Penulis : Adella Eka Ridwanti | Editor : Rudi Dian Arifin, Wahyu Setia Bintara

Artikel terkait

Discussion | 0 Comments

*Komentar Anda akan muncul setelah disetujui

  1. 10 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka di PC / Laptop

    Berikut penyebab dan solusi mengatasi WhatsApp web tidak bisa dibuka di laptop dan pc
  2. Download GB WhatsApp Apk (WA GB) v9.41 Terbaru 2022

    Berikut link download GB WhatsApp apk (WA GB) versi terbaru 2022 gratis!
  3. YoWhatsApp Apk (YoWa) Download Terbaru 2022

    Berikut link download YoWhatsApp Apk (YoWa) terbaru dan ter-update 2022 gratis!