5+ Cara Mengatasi UC Browser Error, Tidak Bisa Dibuka di HP Android

Dianisa.com – Mengatasi UC Browser Mini Error, Tidak Bisa Dibuka. UC Browser merupakan salah satu Browser yang memiliki pengguna cukup banyak di Indonesia. Peramban Web yang satu ini menjadi opsi pilihan dikarenakan memiliki tampilan yang simple, cepat, dan anti iklan atau terdapat ekstensi yang mampu Mem-Block Semua Iklan, termasuk Iklan Google Adsense.

Walaupun begitu, UC Browser tentu bisa mengalami masalah, entah itu pesan error atau memang aplikasi tersebut Tidak Bisa Dibuka.

Masalah Google Chrome

Masalah Browser Android

Mengatasi UC Browser Tidak Bisa Dibuka

Setiap masalah tentu ada penyebabnya? UC Browser yang terasa berat atau Berhenti Tiba – Tiba, biasanya karena penumpukan file sampah yang berlebih atau bisa karena banyaknya aplikasi yang dibuka sehingga membuat memori RAM penuh. Dan untuk solusinya, anda bisa simak metode – metode sederhana berikut ini.

1. Hapus Cache UC Browser

Untuk yang pertama, anda bisa mencoba untuk Membersihkan Cache Pada Aplikasi UC Browser. Untuk melakukannya, anda bisa gunakan Aplikasi Cleaner atau bisa melakukannya secara manual melalui fitur manajemen aplikasi.

Setelah melakukan pembersihan cache, sebaiknya anda restart smartphone Android anda. Dan berikut langkah – langkahnya.

Hapus Cache UC Browser

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “UC Browser” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Hapus Data UC Browser

Dan untuk yang kedua, anda bisa mencoba untuk Menghapus Data Aplikasi. Biasanya dengan cara ini, UC Browser akan kembali normal karena pada dasarnya UC Browser akan kembali pada posisi Default.

Semua data yang bersifat sementara seperti basis data, data aplikasi, data login, file cache, history, bookmark, dan lainnya akan terhapus. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Hapus Data UC Browser

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “UC Browser” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.             

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

3. Update UC Browser

Dan untuk yang ketiga, anda bisa mencoba untuk Update Aplikasi UC Browser. Dan tentu saja untuk update bisa pada Google Play Store atau Market Store lain yang ada di smartphone dan tablet Android anda. Adapun dengan melakukan update, bugs atau kerusakan yang ada akan hilang.

Selain itu, anda juga akan mendapat pembaruan terkait update tersebut, bisa pada tampilan ataupun fitur. Untuk update, anda bisa simak langkah – langkahnya berikut ini.

Update UC Browser

  • Buka Google Play Store » Aplikasi & Game Saya » cari “UC Browser” » tap “Update” dan “Terima”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

4. Install Ulang UC Browser

Selanjutnya, untuk yang keempat, anda bisa mencoba Install Ulang Aplikasi. Pertama, anda hapus aplikasi UC Browser. Kemudian lanjutkan dengan Membersihkan File Sampah. Setelah itu, anda restart smartphone Android anda.

Dan barulah anda bisa mencoba untuk install ulang kembali aplikasi UC Browser yang anda miliki. Untuk Uninstall, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstall UC Browser

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “UC Browser” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

5. Gunakan Browser Lain

Dan untuk yang terakhir, alangkah lebihnya anda mencoba menggunakan Browser lain seperti Google Chrome, Opera Max, ataupun Mozilla Firefox. Biasanya Google Chrome menjadi pilihan utama karena tampilannya yang simple, elegan, dan ringan.

Lebihnya lagi, Google Chrome mampu menampilkan Website dengan tampilan sempurna dan sangat maksimal.

Akhir Kata

Dan itulah beberapa metode yang bisa anda coba terapkan pada perangkat Android anda. Metode diatas saya lakukan pada perangkat OPPO.

Adapun jika anda menggunakan smartphone lain seperti Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Blackberry, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Smartfren Andromax, ZTE, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, atau yang lainnya maka tentu harus menyesuaikan.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Show All Comments (0)