7 Cara Mengatasi Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

Sebagai pengguna komputer, tentunya Anda telah mengetahui bahwa Windows 10 bukanlah sistem operasi yang sempurna. Dengan kata lain, Anda akan menemui sejumlah error ataupun bugs saat mengoperasikannya. Berbicara mengenai error pada Windows 10, ada kendala yang terkadang di alami oleh pengguna, salah satu di antaranya adalah Start menu yang tidak bisa dibuka.

Tentu hal ini akan sangat menjengkelkan ketika Anda mengalaminya. Bagaimana tidak, sebagian besar aktivitas saat mengoperasikan laptop/komputer sering kali mengakses Start menu terlebih dahulu. Baik untuk mengakses software editing, settings Windows, hingga memperbaiki masalah sambungan perangkat atau aplikasi Windows dengan Troubleshooter.

Perlu diketahui bahwa ada beragam jenis error yang dialami pengguna Windows 10 ketika terjadi Start menu Anda tidak bisa dibuka. Di antaranya adalah munculnya notifikasi pesan error, start menu tidak merespons sama sekali saat diklik, Start menu mengalami not working dan lain sebagainya. Dalam memperbaiki permasalahan tersebut, ada beberapa solusi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Start menu Windows 10 yang tidak bisa dibuka seperti berikut ini.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Photos Tidak Bisa Dibuka Windows

Penyebab Start Menu Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

Biasanya permasalahan Start menu yang tidak bisa dibuka ini disebabkan adanya kegagalan saat melakukan update Windows 10. Namun tidak hanya itu saja, ada beberapa faktor kemungkinan yang menimbulkan error pada Start menu. Misalnya seperti sistem bermasalah, banyaknya bugs atau file sampah, hingga terkena virus. Untuk penjelasan lengkapnya, silakan simak poin berikut ini.

  • Sistem Windows error. Jika sistem pada perangkat Anda bermasalah, maka dapat dipastikan bahwa ada beberapa komponen di dalamnya juga ikut bermasalah termasuk tidak berfungsinya Start menu. Hal ini sangat lah wajar, mengingat peranan sistem sangat berpengaruh terhadap kinerja program atau aplikasi.
  • Banyaknya bugs/file sampah di system. Kemudian adanya bugs atau file sampah yang menumpuk pada sistem juga dapat memicu kinerja perangkat jadi lemot. Jadi tidak mengherankan jika beberapa fitur termasuk Start menu ikut bermasalah.
  • Cortana bermasalah. Sebagai pengguna komputer tentunya Anda telah mengetahui bahwa Start menu juga berkaitan dengan Cortana. Jika fitur Cortana bermasalah, maka kemungkinan besar Start menu juga mengalami error atau tidak berfungsi dengan baik.
  • Gagalnya saat update Windows. Terkadang saat Anda melakukan pembaruan terhadap Windows 10 untuk mendapatkan fitur tambahan, pastinya pernah mengalami kendala error saat update. Entah itu mendadak mati atau update yang terlewatkan. Hal ini mungkin dapat menyebabkan Start menu tidak bisa dibuka.
  • Serangan virus. Ketika perangkat Anda terkena virus, tentu saja tidak mengenakkan. Mengingat virus atau malware sendiri mampu mengubah hingga menghapus file yang terdepan di dalam sistem. Sehingga membuat beberapa file menjadi korup dan juga dapat berdampak pada Start menu yang tidak berfungsi. Untuk itu lakukan scanning menggunakan aplikasi antivirus secara berkala.
  • Dan lain sebagainya.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Microsoft Office Not Responding

Cara Mengatasi Start menu Windows 10 Tidak Bisa Dibuka

Adapun beberapa solusi yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi masalah Start menu yang tidak bisa dibuka pada Windows 10. Mulai dari restart Windows Explorer, relog akun Windows hingga memperbaiki beberapa masalah dengan menggunakan Windows PowerShell. Untuk itu silakan simak langkah-langkah berikut ini.

1. Restart Windows Explorer

Restart Windows Explorer
1. Memuat ulang Windows Explorer. WAHYU SETIA BINTARA

Metode pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan me-restart Windows Explorer. Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat Start menu juga termasuk bagian dari Windows Explorer yang berjalan di latar belakang. Memang terlihat sederhana, akan tetapi dengan solusi ini terbukti dapat mengatasi start menu yang bermasalah. Berikut langkah-langkah untuk memperbaikinya.

  1. Pertama, klik kanan Taskbar Windows 10 » pilih Task Manager.
  2. Kemudian di tap “Processes”, cari dan klik Windows Explorer » klik Restart.
  3. Tunggu beberapa saat sistem me-refresh.
  4. Setelah itu, coba buka kembali Windows Explorer.
  5. Selesai.

Catatan: Ketika Anda klik Restart Windows Explorer, maka layar desktop Anda akan mengalami  macet/ blank sesaat. Hal ini dikarenakan proses Explorer telah terhenti. Namun beberapa saat kemudian akan berjalan normal kembali.

2. Lakukan Relog Akun Windows

Sign Out Akun Windows
2. Melakukan relog akun Windows 10. WAHYU SETIA BINTARA

Selain itu adapun salah satu solusi alternatif lainnya yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan me-relog akun Windows. Mungkin solusi ini terdengar sedikit aneh, namun faktanya tidak sedikit pengguna komputer yang masalah error pada start menunya terselesaikan. Untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama, tekan kombinasi CTRL + ALT + DEL pada keyboard.
  2. Lalu klik icon Power di pojok kanan bawah » pilih Sign Out.
  3. Setelah itu Log in kembali dengan akun Windows » coba akses start menu.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi Local Disk Not Responding Windows

3. Perbaiki Menggunakan Windows Powershell

Windows PowerShell merupakan sebuah Command Line buatan Microsoft Windows dengan bahasa pemrograman Scripting berorientasi objek. Dengan fitur ini pengguna mampu mengelola data yang terdapat dalam sistem, termasuk memperbaiki kerusakan sistem yang disebabkan oleh bugs/error sejenis lainnya. Untuk mengatasi Start menu yang tidak bisa dibuka, dapat Anda lakukan dengan menjalankan tiga perintah berikut ini.

Step 1: Pertama, masuk ke dalam Task Manager untuk membuka Windows Powershell.

Menjalankan Windows Powershell
1. Membuka Windows Powershell. WAHYU SETIA BINTARA
  • Klik kanan pada Taskbar Windows 10 » pilih Task Manager.
  • Kemudian klik File » lalu Run new Task.
  • Setelah itu ketik powershell » Centang pada dialog checkbox “Create this Task Alt administratif privileges” » tekan Enter/OK.

Step 2: Kedua jalankan perintah System File Checker dan DISM pada Windows PowerShell.

Menjalankan SFC & DISM
2. Menjalankan perintah SFC & DISM. WAHYU SETIA BINTARA
sfc /scannow
-------------------------------------------
DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
  • Selanjutnya ketik perintah sfc /scannow » tekan Enter.
  • Tunggu beberapa saat proses pemindaian serta perbaikan.
  • Jika sudah, jalankan perintah DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth » tekan Enter.
  • Tunggu kembali prosesnya.
  • Setelah itu, restart perangkat untuk melihat hasilnya.
  • Selesai.

Catatan : Lamanya proses tersebut tergantung dari spesifikasi perangkat komputer/ laptop Anda.

Instal Ulang Apps Windows

Reinstall Apps Windows
3. Melakukan reinstall app Windows. WAHYU SETIA BINTARA
Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

Jika dengan menjalankan dua perintah di atas masih tidak bisa membuka Start menu, maka silakan coba lakukan reinstall apps Windows. Kendala ini bisa jadi dikarenakan oleh aplikasi bawaan Windows yang bermasalah. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, buka Windows Powershell seperti di atas.
  2. Selanjutnya ketik perintah di atas » tekan Enter.
  3. Tunggu prosesnya beberapa saat.
  4. Jika sudah, silakan restart perangkat terlebih dahulu.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 10 Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

4. Jalankan Update Windows 10

Windows 10 Update
4. Melakukan update Windows 10. WAHYU SETIA BINTARA

Kita tahu bahwa saat melakukan update Windows akan selalu menambahkan fitur yang baru dan juga memperbaiki bugs pada versi sebelumnya. Artinya kemungkinan Start menu tidak bisa dibuka tersebut, disebabkan oleh versi Windows yang Anda gunakan terlalu lama. Atau bisa juga kendala ini dikarenakan oleh adanya kegagalan saat melakukan update Windows.

  1. Pertama, ketik Windows Update pada kolom pencarian di Taskbar.
  2. Setelah muncul tampilan Windows Update, klik Download and install.
  3. Tunggu proses download beberapa saat.
  4. Jika sudah, lakukan restart ulang perangkat untuk memasang pembaruan.
  5. Selesai.

5. Install Ulang Windows 10

Dan jika dengan beberapa metode di atas masih tidak memberikan hasil yang diinginkan, maka solusi terakhirnya adalah dengan melakukan install ulang Windows. Sering kali metode ini dijadikan sebagai langkah terakhir dalam memperbaiki permasalahan yang ada pada Windows. Bahkan hal ini mungkin dapat terbilang opsi paling efektif dan ampuh untuk dilakukan.

Namun dengan melakukan install ulang, semua data yang terdapat pada sistem akan terhapus. Artinya, sistem operasi pada perangkat komputer/laptop Anda akan digantikan dengan yang baru. Maka dari itu, pastikan untuk mem-backup data Anda terlebih dahulu.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi File Explorer Error, Tidak Bisa Dibuka

Penutup,

Start menu Windows berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam mengakses software terinstall, fitur, settings, hingga shortcut data dengan cepat dan praktis. Namun apa jadinya jika Start menu mendadak tidak bisa dibuka. Hal tersebut tentu membuat aktivitas terganggu. Pasalnya error tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal, baik dari sistem error hingga serangan virus.

Apakah Start menu termasuk ke dalam bagian Windows Explorer?

Tentu saja, pada dasarnya Start menu juga termasuk bagian Windows Explorer yang berjalan di latar belakang.

Mengapa Start menu tidak bisa dibuka pada Windows 10?

Kendala ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti sistem bermasalah, Cortana error, gagalnya Windows update, hingga terkena virus/ malware.

Itulah ulasan singkat untuk mengatasi Start menu yang tidak bisa dibuka pada Windows 10. Semoga dengan salah satu metode yang saya berikan dapat memperbaiki masalah yang ada. Jika mempunyai pertanyaan ataupun pendapat yang ingin disampaikan, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Wahyu Setia Bintara, Editor oleh Rudi Dian Arifin

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.