8 Cara Mengatasi Telegram Connecting Terus

Telegram merupakan aplikasi pesan instan yang dikembangkan oleh Nikolai dan Pavel Durov. Telegram menyediakan beragam fitur yang memungkinkan pengguna untuk saling berkirim pesan, foto, video, audio, dokumen, stiker, emoji, GIF, hingga melakukan panggilan suara dan video. Telegram juga menyediakan fitur berbagi dan menerima file/ dokumen dengan batas maksimal 2 GB.

Meskipun memiliki beragam fitur menarik, Telegram tidak sepenuhnya stabil dan optimal ketika digunakan. Beberapa pengguna terkadang memiliki masalah dengan pesan bertuliskan Connecting … secara terus menerus. Hal tersebut membuat pengguna sulit untuk mengirim dan menerima pesan. Lalu apa yang membuat Telegram Connecting terus? Untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal tersebut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Link Tidak Bisa Dibuka di WhatsApp

Penyebab Telegram Connecting Terus

Masalah Connecting pada aplikasi Telegram sering terjadi pada ponsel Android dan Web. Hal ini bisa disebabkan karena banyak hal, seperti koneksi internet yang lambat, server Telegram yang bermasalah/ maintenance, bugs pada aplikasi, jarang atau bahkan tidak pernah melakukan update aplikasi, dan lain sebagainya.

  1. Koneksi internet lambat/ lemot. Koneksi internet pada ponsel menjadi bagian yang sangat penting. Anda perlu pastikan kembali apakah koneksi internet Anda terasa lambat sehingga membuat Telegram terhubung secara terus-menerus.
  2. Tidak pernah update aplikasi Telegram. Pengguna yang jarang melakukan update juga dipastikan akan mendapati masalah error dikemudian hari. Pentingnya meng-update aplikasi bertujuan agar Telegram tetap stabil dan optimal ketiga digunakan.
  3. Server Telegram sedang maintenance. Kemungkinan lain, server Telegram sedang mengalami masalah atau maintenance. Jika hal ini benar-benar terjadi, Anda perlu menunggu sampai Telegram normal kembali.
  4. Bugs pada aplikasi Telegram. Bugs pada aplikasi Telegram juga dapat membuat Telegram tidak stabil ketika digunakan. Karena bisa jadi kesalahan kode program membuat versi Android tertentu mengalami masalah error. Misalnya pengguna Android Lollipop mengalami masalah error, sementara pengguna Android Nougat tidak mengalami masalah apa pun.

Lihat Juga : 14 Masalah WhatsApp dan Solusi Mengatasinya!

Cara Mengatasi Telegram Connecting Terus

Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, mulai dari memastikan koneksi internet pada ponsel stabil, menghapus recent apps, hingga meng-update aplikasi. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pastikan Koneksi Internet Anda Stabil

Hal pertama yang penting untuk Anda perhatikan adalah memastikan bahwa koneksi internet pada ponsel Android Anda benar-benar stabil. Hal ini bukan tanpa alasan, munculnya pesan Connecting pada Telegram dibuat karena aplikasi berusaha untuk terhubung ke jaringan internet. Hal ini dilakukan agar pengguna dapat mengirim ataupun menerima pesan secara instan dan cepat.

  • Untuk memastikan bahwa koneksi internet Anda benar-benar stabil, coba uji kecepatan internet Anda melalui situs fast.com/id/.
  • Coba matikan data internet selama beberapa saat kemudian aktifkan kembali.
  • Jika Anda terhubung ke jaringan WiFi, coba putuskan jaringan dan hubungkan kembali.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Terkoneksi Internet

2. Hapus Recent Apps Android

Hapus Recent Apps Android
2. Hapus recent apps Android. RUDI DIAN ARIFIN

Recent Apps merupakan fitur ponsel Android yang memungkinkan pengguna untuk beralih ke aplikasi lain secara cepat tanpa harus kembali ke menu Home. Jika Anda mengalami kendala jaringan, disarankan untuk menghapus atau menutup recent apps (aplikasi yang Anda buka). Hal ini dilakukan agar sumber daya ponsel tidak digunakan pada aplikasi lain. Setelah menutup semua aplikasi, coba buka kembali aplikasi Telegram dan tunggu selama beberapa saat.

Jika nantinya Telegram masih bertuliskan Connecting secara terus-menerus, coba ikuti tips selanjutnya.

3. Update Aplikasi Telegram

Update Aplikasi Telegram
3. Coba update aplikasi Telegram. RUDI DIAN ARIFIN

Melakukan update pada aplikasi Telegram maupun aplikasi lain sangat penting untuk dilakukan. Dengan update, adanya bugs pada aplikasi dapat diperbaiki. Pihak developer pastinya juga meningkatkan stabilitas dan performa aplikasi agar optimal ketika digunakan. Anda bisa kunjungi Google Play Store untuk melakukan update aplikasi Telegram.

  1. Buka Google Play Store, temukan dan pilih aplikasi Telegram.
  2. Klik Update dan tunggu sampai proses update selesai.
  3. Selesai.

4. Gunakan Telegram Desktop

Gunakan Telegram Desktop
4. Gunakan Telegram versi Desktop. RUDI DIAN ARIFIN

Jika Anda mengalami masalah Connecting pada Telegram Web, coba alternatif lain dengan menggunakan Telegram versi desktop (Windows, MacOS, dan Linux). Penulis sendiri pernah mengalami masalah yang sama, Connecting pada Telegram Web. Setelah beralih menggunakan Telegram versi Desktop, aplikasi kembali normal dan tidak muncul tulisan Connecting terus menerus.

Cara kerjanya sama seperti Telegram Web, Anda tinggal verifikasi akun Telegram menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan. Untuk mendapatkan Telegram Desktop, Anda bisa mengunduhnya di sini. Pilih program sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

5. Server Telegram Down

Server Telegram Down
4. Kemungkinan Telegram terjadi down. RUDI DIAN ARIFIN

Selain beberapa tips di atas, ada kemungkinan lain server Telegram mengalami down. Jika hal ini benar-benar terjadi maka Anda perlu menunggu sampai Telegram normal kembali. Untuk memastikannya, Anda bisa cek melalui downdetector.id. Melalui situs tersebut, Anda bisa cek apakah Telegram mengalami masalah atau tidak.

Anda juga dapat melaporkan masalah apabila mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi Telegram. Tidak hanya Telegram, Anda juga dapat memantau dan melaporkan aplikasi lain. Selain itu, beberapa media terkadang juga memberitakan apabila sebuah aplikasi atau situs besar mengalami down atau masalah.

Lihat Juga : 9 Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto dan Video Instagram

Penutup,

Ada banyak faktor yang menyebabkan Telegram Connecting secara terus menerus. Namun biasanya hal ini terjadi karena kesalahan teknis yang bisa Anda tangani sendiri. Jika Anda mengalami kendala lain dalam menggunakan aplikasi Telegram, silakan tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Bagikan juga artikel ini ke sosial media Anda supaya lebih berguna dan bermanfaat. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.