4+ Cara Mengatasi Opera Mini Error, Tidak Bisa Dibuka di HP Android

2

Dianisa.com – Mengatasi Opera Mini Error, Tidak Bisa Dibuka. Untuk bisa memaksimalkan aktifitas keseharian kita di dunia maya maka pastinya kita membutuhkan sebuah aplikasi Browser yang cepat, ringan, dan hemat kuota. Opera Mini menjadi salah satu opsi unggulan bagi para pengguna smartphone dan tablet Android.

Menariknya, membuka video di Opera jauh lebih cepat ketimbang Browser lain, terlebih juga Hemat Kuota (Paket Data). Kualitas gambar pada laman juga bisa kita atur sesuai keinginan pengguna.

Masalah Google Chrome

Masalah Browser Android

Mengatasi Opera Mini Tidak Bisa Dibuka

Sayangnya, dibalik keunggulan fitur yang dihadirkan oleh Opera Mini, tetap saja ada sebagian pengguna yang mendapati masalah saat menggunakan atau membuka aplikasi Opera Mini. Masalah tersebut kebanyakan bukan dari Opera, tetapi memang karena smartphone itu sendiri.

Ada sebagian pengguna yang mendapati masalah semacam pesan error seperti “Sayangnya, Opera Mini Telah Berhenti”, macet tiba-tiba, Tidak Bisa Dibuka, dan lainnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa anda coba lakukan.

Simak ulasannya berikut ini …

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk yang pertama, anda bisa mencoba untuk Membersihkan File Cache. Gunakan aplikasi Cleaner unggulan agar bisa Membersihkan File Cache Di Internal Android anda secara lebih maksimal. Biasanya setiap perangkat Android telah dilengkapi dengan Aplikasi Optimizer, maka sebaiknya gunakan Aplikasi Cleaner tersebut.

Atau anda juga bisa membersihkannya langsung melalui Manajemen Aplikasi, berikut langkah – langkahnya.

Hapus Cache Opera Mini

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Opera Mini” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Hentikan dan Hapus Data Aplikasi

Dan untuk yang kedua, anda bisa mencoba untuk Menghentikan dan Menghapus Data Opera Mini. Menghapus data akan membuat aplikasi kembali pada posisi default, dan ini tentunya akan membuat aplikasi terasa lebih lancar, ringan, seperti baru terinstall.

Semua data yang bersifat sementara akan hilang seperti basis data, data login, cache, cookies, history, bookmark, dan lainnya. Berikut langkah – langkahnya…

Hapus Data Opera Mini

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Opera Mini” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

3. Install Ulang Aplikasi

Untuk yang ketiga, anda bisa mencoba untuk Menghapus dan Menginstall Kembali Apikasi Opera Mini. Setelah melakukan penghapusan, pastikan anda Membersihkan Cache Menggunakan Aplikasi Cleaner, kemudian lakukan restat, dan barulah anda install Opera Mini langsung melalui Google Play Store.

Uninstall Opera Mini

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Opera Mini” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

4. Gunakan Browser Lain

Apabila semua cara telah anda lakukan dan tidak menghasilkan apa, tetap muncul pesan error atau Aplikasi Bermasalah Terus. Maka lebih baik gunakan browser lain, ada banyak browser dengan fitur-fitur yang sama dengan Opera Mini, bisa Firefox atau Google Chrome.

Atau anda bisa mencari sendiri Aplikasi Browser di Google Play Store secara lansung.

Akhir Kata

Itulah metode-metode yang bisa anda lakukan dalam Mengatasi Opera Mini Error, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan seputar masalah diatas, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here