4+ Cara Mengatasi “Sayangnya, Opera Mini Telah Berhenti” di HP Android

Dianisa.com – Mengatasi Sayangnya Opera Mini Telah Berhenti. Opera Mini atau Opera Web merupakan salah satu aplikasi Browser yang menjadi opsi unggulan para pengguna smartphone dan tablet Android.

Fitur unggulan dari aplikasi ini adalah Melakukan Pemblokiran Pada Iklan, penghemat data, dan juga loading page yang relatif cepat. Sampai saat ini Opera Mini telah diunduh oleh para pengguna Android lebih dari 100 juta kali.

Masalah Google Chrome

Masalah Browser Android

Mengatasi Opera Mini Telah Berhenti

Mengenai masalah yang terjadi pada aplikasi Opera Mini tentu menjadi hal sebagian pengguna Opera Mini tidak bisa membuka atau mengakses Internet atau Googling karena Munculnya Pesan Error. Pesan error tersebut terjadi karena masalah pada aplikasi, memori, file sampah, virus, atau yang lainnya.

Dan untuk mengatasinya, ada beberapa metode yang bisa anda coba lakukan. Dan berikut metodenya….

1. Bersihkan Cache

Untuk yang pertama, anda bisa Membersihkan File Cache Pada Aplikasi atau pada perangkat Android anda. Ini anda lakukan karena kemungkinan penumpukan file cache yang berlebih membuat sebagian aplikasi terjadi error, termasuk pada Opera Mini.

Sebenarnya file cache sangat baik untuk memaksimalkan pengguna dalam membuka aplikasi agar lebih cepat. Namun jika terlalu berlebih juga akan membuat memori penuh dan lemot. Dan berikut langkah – langkahnya ….

Hapus Cache Opera Mini

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Opera Mini” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

2. Hentikan dan Hapus Data

Nah, untuk yang kedua, anda bisa mencoba untuk Menghentikan dan Menghapus Data Aplikasi. Menghapus data aplikasi yang saya maksud disini adalah Menghapus Data Aplikasi semacam basis data, data login, history, bookmark, bekas download, cookies, cache, dan lainnya.

Dan untuk menghapusnya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Opera Mini

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Opera Mini” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

3. Install Ulang Aplikasi

Apabila cara kedua tidak berhasil, maka anda bisa Install Ulang Aplikasi. Pertama, anda hapus aplikasi Opera Mini, kemudian anda bersihkan file cache menggunakan Aplikasi Cleaner (Bawaan), Lakukan restart, dan barulah anda install kembali aplikasi tersebut melalui Google Play Store.

Untuk penghapusan aplikasi, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Uninstall Opera Mini

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Opera Mini” » Kemudian tap “Hapus Instalasi”.

NOTE: Metode di atas saya lakukan pada Smartphone OPPO A37.

4. Gunakan Browser Lain

Dan apabila Aplikasi Tetap Muncul Pesan Error, maka lebih baik gunakan Browser lain yang mungkin bisa jadi lebih ringan dan lebih optimal seperti Google Chrome atau Firefox. Atau mungkin anda bisa gunakan Browser bawaan yang tentunya sudah terinstall disemua perangkat Android.

Ada banyak Aplikasi Browser unggulan di Google Play Store yang tentunya bisa menjadi opsi untuk anda.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang ingin anda tanyakan seputar Browser Opera, silahkan tulis melalui kolom komentar yang ada dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 1 Comment

  1. ze berkata:

    Terimakasih kak sangat membantu