9 Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Smartphone Android adalah sebuah teknologi buatan manusia yang notabene bisa terjadi kerusakan di manapun dan kapanpun. Dan yang pasti setiap Android memiliki resiko dan tingkat kerusakan yang berbeda – beda.

Masalah mengenai layar android yang bergerak sendiri itu adalah hal yang biasa saja, itu bukan karena android anda sedang di pakai oleh hantu atau Syaitan yang ada di dekat anda.

Touch Screen yang bermasalah memang bisa saja terjadi, bisa error, macet, pecah, rusak, dan yang pasti bergerak sendiri tanpa ada yang menyentuh.

Lihat Juga : 4 Cara Mengatasi Force Close Aplikasi Android

Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Ketiga layar android anda bermasalah pasti aktifitas multitasking ada terasa sangat terganggu. Di waktu membaca atau browsing di Internet terasa tidak nyaman dengan masalah tersebut.

Lebihnya lagi, di waktu anda bermain game tentu bukan terasa seru dan menyenangkan tetapi malah menjadi kesedihan. Tenang saja, ada beberapa solusi yang bisa anda coba lakukan.

… dan berikut solusinya.

1. Restart Smartphone Android

Bisa jadi aplikasi yang berjalan di background atau di belakang layar membuat layar smartphone bergerak sendiri. Hal ini terjadi mungkin karena kapasitas RAM yang terlalu kecil sehingga membuat layar terjadi error dan alhasil layar bergerak dengan sendiri.

Solusi paling sederhana yang bisa anda lakukan adalah reboot atau restart smartphone android anda. Cara ini akan membuat smartphone kembali pada posisi normal, dan semoga saja cara ini berhasil pada smartphone android anda.

2. Charger Telah Rusak

Apa hubungannya antara charger dengan layar. Tentu ada hubunginya, walaupun saya sendiri tidak begitu detail seperti apa pemahamannya. Namun yang pasti, saat anda men-charger baterai, pastikan charger tersebut masih normal.

Karena jika sudah tidak begitu baik, bisa saja membuat layar android bergerak dengan sendirinya. Hal semacam ini sudah banyak terjadi pada beberapa perangkat Android. Selain itu, anda juga tidak di anjurkan untuk memakai ponsel dalam kaadaan charging.

Lihat Juga : 4 Hal yang Perlu Dihindari Ketiga Charge Smartphone

4. Baterai Lemah atau Hampir Habis

Baterai yang lemah juga dapat membuat layar smartphone bergerak sendiri. Hal semacam ini sudah terkadang terjadi pada para pengguna Android.

Solusinya adalah tentu saja dengan men-charger smartphone Android anda. Jika baterai sudah 20 – 25% memang sebaiknya anda lakukan charger supaya tidak terjadi error pada layar Android.

5. Touchscreen Rusak

Layar yang terkena kotoran atau air mampu membuat touchscreen terjadi kerusakan. Belum bisa dipastikan bahwa touchscreen anda telah rusak jika belum dilakukan pengecekan.

Jika layar bergerak terus – menurus tanpa henti dan memang benar – benar terjadi error maka sebaiknya bawa ke service center. Di tempat tersebut anda akan di beritahu terkait masalah pada layar smartphone anda.

Lihat Juga : 6 Tips Menghilangkan Goresan Pada Layar Smartphone

6. Masalah Pada Screen Protector

Selain touchscreen yang bermasalah, anda juga harus cek kondisi screen protector. Screen protector yang terjadi masalah karena debu atau kotoran dapat membuat layar bergerak sendiri.

Screen protektor memang dibuat sensitive agar sentuhan tetap maksimal. Bersihkan dengan kain halus untuk menghilangkan debu atau kotoran yang menempel pada screen protector.

7. Panas Berlebih Pada Layar

Penggunaan smartphone yang terlalu lama hingga berjam – jam tanpa henti membuat layar terjadi masalah, bisa error, macet, atau bergerak sendiri. Seperti halnya teknologi, bahwa smartphone memiliki batasan dalam penggunaan.

Istirahatkan ponsel Android anda selama beberapa saat sampai suhunya turun atau tidak terlalu panas. Jikapun anda melakukan charging, pastikan melakukan charging dengan kondisi layar mati atau OFF.

Lihat Juga : 8 Tips Mengisi Daya Baterai Smartphone Agar Cepat Penuh

8. Terjadi Kerusakan Pada Firmware

ROM atau pada firmware (sistem android) yang mengalami masalah tentu akan berdampak pada kinerja android itu sendiri, baik pada layar, aplikasi, kamera, file, atau apapun.

Solusi paling sederhana adalah, anda bisa melakukan upgrade sistem ke versi terbaru. Dengan upgrade, semua bugs dan kerusakan pada sistem akan hilang.

Lihat Juga : 5 Tips Agar Aman dan Lancar Saat Upgrade Android

9. Reset Smartphone Android

Metode kedelapan yang bisa anda coba lakukan adalah reset smartphone android. Cara ini akan membuat android kembali pada posisi default.

Namun, sebelum anda melakukan upgrade pada sistem Android, pastikan anda melakukan backup pada semua data atau file android anda.

Reset HP Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Buat Cadangan dan Reset » Kemudian tap “Hapus Data Aplikasi dan Aplikasi Yang Dapat di Bongkar”.

Lihat Juga : Cara Hard Reset HP Xiaomi

Itulah beberapa tips yang bisa anda coba terapkan pada smartphone android yang bermasalah. Beberapa tips di atas bisa anda terapkan pada semua perangkat seperti Samsung, OPPO, Realme, ASUS, Xiaomi, VIVO, Huawei, dan lainnya.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 2 Comment

  1. Raffael berkata:

    Akhirnya nemu juga solusi buat hp ane yg suka mencet sendiri.
    Terima Kasih infonya gan

  2. Tuteh berkata:

    Hehehe sering ini layar hp gerak-gerak sendiri sampe pikir yang macam-macam … ternyata … makasih informasinya yaaa …