OPPO Launcher Telah Berhenti, Apa Solusinya?

Dianisa.com – Mengatasi Sayangnya, OPPO Launcher Telah Berhenti” di HP OPPO. OPPO Launcher merupakan bagian terpenting yang ada pada Sistem Operasi Android. Biasanya setiap seri memiliki versi launcher yang berbeda – beda.

Fungsi dari Launcher sendiri adalah memaksimalkan penggunaan user interface pada saat menjalankan aktifitas multitasking di atas layar. Lebih jelasnya, Launcher bisa dikatakan bagian dari tema Android yang mampu mengatur semua tampilan layar.

Dan apabila Launcher mengalami masalah, maka hal tersebut akan berpengaruh pada semua aktifitas atau pada semua aplikasi yang ada. Kenapa? Karena Launcher bagian dari tampilan, dan apabila tampilan bermasalah pada HP OPPO maka anda tidak bisa melakukan aktifitas multitasking sama sekali.

Pesan error pada Launcher sangat bermacam – macam dan ini terjadi pada beberapa perangkat Android seperti Sayangnya, Launcher Telah Berhenti,Sayangnya, Launcher3 Telah Berhenti, “Sayangnya, ASUS Launcher Telah Berhenti”,Sayangnya, ZenUI Launcher Telah Berhenti, “Maaf, OPPO Launcher Telah Berhenti”, “Peluncur BBK Telah Berhenti”, “Peluncur Tidak Merespon”, “Sayangnya, Nox Launcher Telah Berhenti”, “Unfortunately, nox launcher has stopped”, dan pesan – pesan error lainnya.

Lihat Artikel Terkait Android

Mengatasi OPPO Launcher Telah Berhenti

Seri OPPO sering mengalami masalah semacam ini, seperti pada seri OPPO Yoyo, OPPO r831k, OPPO R1001, OPPO R2001, OPPO Find 5 Mini, OPPO Neo3 dan bebeberapa seri OPPO lainnya.

Penyebab mengenai masalah Launcher tersebut bisa bermacam – macam, bisa karena virus yang menyerang sistem, pengguna sering gonta – ganti tema (launcher), dan lainnya.

Dan untuk mengatasi, simak beberapa metodenya berikut ini.

1. Wipe Data Melalui Recovery Mode

Metode pertama yang bisa anda lakukan yakni Wipe Data OPPO atau lebih tepatnya menyapu bersih semua data yang ada, kecuali kontak, SMS, dan beberapa data penting lainnya.

Informasi yang saya dapatkan dari Forum OPPO, Wipe data bisa mengatasi Launcher yang bermasalah. Tapi sebelum anda melakukan cara ini, pastikan anda melakukan backup pada semua data dan file yang anda miliki.

Copy semua data yang ada di MicroSD anda ke Flashdisk atau komputer. Hal ini untuk menjaga supaya data anda tetap aman dan bisa dikembalikan lagi. Untuk Melakukan Wipe Data, silahkan anda ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, matikan HP OPPO yang anda miliki tersebut. Selanjutnya tekan tombol “Power + Volume Down” secara bersamaan sampai pada LOGO OPPO, dan secara otomatis anda akan dibawa pada menu Recovery Mode.
  2. Pilih Opsional “Bahasa Inggris” untuk memudahkan anda melakukan Wipe Data & Cache. Pilih “Wipe Data” dan tunggu sampai proses Wipe (Pembersihkan) Selesai.
  3. Lakukan Restart pada HP OPPO yang anda miliki tersebut.
  4. Selesai.

2. Bawa ke Service Center

Apabila metode pertama tidak berhasil Mengatasi OPPO Launcher yang bermasalah maka selanjutnya anda kunjungi Service Center OPPO Terdekat untuk mendapatkan penanganan khusus mengenai HP OPPO yang anda miliki tersebut.

Biasanya Service Center akan melakukan Flashing ulang sesuai dengan tipe OPPO yang anda miliki tersebut.

Akhir Kata,

Demikian tips yang bisa saya berikan untuk anda semua mengenai Cara Mengatasi OPPO Launcher Telah Berhenti, semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan anda tulis melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 11 Comment

  1. ari berkata:

    kalau tetap tidak bisa bagaimana

  2. joko syah putra berkata:

    Bagai mn cara mngatasi laucher oppo yoyo telah berhenti

  3. Sherise Shrieves berkata:

    Great blog. Cheers for showing us.

  4. maulana berkata:

    Punyaku di hard reset tetep gak bisa

  5. Juniyah berkata:

    Hp udah di matiin tapi tetap ada tulisan oppo launcher telah berhenti