3 Cara Mengatasi Maaf, Kontak Telah Berhenti di OPPO

Aplikasi kontak pada smartphone Android, terutama pada HP OPPO menjadi bagian yang sangat penting. Kontak berisikan semua nomor dari semua teman – teman yang kita miliki.

Adapun jika Aplikasi Kontak Mengalami masalah maka kita pasti merasa kesulitan saat ingin menghubungi teman, terutama saat ingin telepon.

Masalah munculnya pesan error pada aplikasi kontak sebenarnya juga bisa di alami pada perangkat Android lain, baik itu SAMSUNG, Lenovo, ASUS, dan lainnya. Namun biasanya muncul tulisannya sedikit berbeda, seperti Sayangnya, kontak telah berhenti, “Unfortunately, contact has stopped”, “Sayangnya, kontak terhenti”, dan lainnya.

Walaupun pesan yang ditampilkan berbeda, namun yang pasti pada intinya tetap sama. Dan nantinya solusi atau metode yang dilakukan juga akan sama.

Lihat Juga : 6 Cara Mengatasi Penyimpanan Ponsel Tidak Cukup di OPPO

Mengatasi Error Pada Kontak di OPPO

Ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi terjadi error seperti banyaknya file sampah yang menumpuk, performa smartphone yang menurun akibat banyaknya aplikasi yang terinstall, RAM android penuh, serta adanya virus yang menginfeksi aplikasi.

Untuk solusinya, simak beberapa solusi sederhana berikut ini.

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Metode pertama yang bisa anda coba adalah membersihkan file sampah pada Aplikasi kontak yang error tersebut. Biasanya dengan membersihkan file cache atau temporary, Aplikasi Kontak bisa berjalan normal kembali.

Selain langsung pada aplikasi kontak, anda juga bisa menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file cache yang ada. Untuk melakukannya, simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Kontak Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kontak” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache Android

2. Hapus Data Aplikasi

Jika dengan metode pertama tidak berhasil mengatasi aplikasi kontak yang error, maka selanjutnya anda coba dengan metode kedua yakni menghapus data aplikasi.

Dengan menghapus data aplikasi, Kontak akan kembali pada posisi default. Artinya, semua kontak yang anda simpan akan hilang, cache, basis data, dan history juga akan hilang.

Hapus Data Kontak Android
  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Kontak” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

Lihat Juga : Cara Menghapus Data Aplikasi Android

3. Install Kontak dari Google Play Store

Selanjutnya untuk metode ketiga, anda bisa mencoba untuk menginstall aplikasi atau update aplikasi kontak dari Google Play Store. Dengan update, biasanya aplikasi kontak akan kembali normal.

Semua bugs dan kerusakan yang ada akan diperbaiki. Selain itu, anda juga akan mendapatkan update fitur terbaru dari aplikasi kontak.

Untuk melakukannya, anda buka Google Play Store kemudian carilah Aplikasi Kontak, dari situlah anda bisa mencoba untuk mengunduh atau update aplikasi Kontak.

Akhir kata,

Dengan adanya beberapa metode diatas, semoga aplikasi Kontak di HP OPPO anda bisa normal kembali.

Metode yang saya buat diatas bisa anda ikuti pada semua perangkat OPPO, apapun mereknya, baik itu OPPO A37, OPPO A59, OPPO R9 Plus, OPPO F1 Plus, OPPO A53, OPPO A33, dan perangkat OPPO lainnya.

Demikian solusi sederhana dari saya, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang ingin anda tanyakan atau sampaikan, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah ini.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.