5 Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti di HP Android

Baru-baru ini, sebagian pengguna Android, seperti OPPO, VIVO, Xiaomi, dkk sedang mengalami masalah terkait aplikasi Gboard dari Google yang tidak bisa digunakan untuk mengetik dan muncul pesan bertuliskan Gboard telah berhenti.

Masalah ini tentu membuat pengguna merasa tidak optimal dalam menggunakan smartphone, mengingat Gboard sangat dibutuhkan untuk mengetik pesan, membuat status, melakukan pencarian, dan masih banyak lagi.

Yang paling parah adalah, ketika sebagian pengguna menggunakan Gboard untuk input kata sandi layar maka efeknya pengguna tidak akan berhasil masuk ke menu utama dikarenakan Gboard tidak muncul.

…dan terkait masalah ini, penulis memberikan beberapa solusi sederhana dalam mengatasi aplikasi Gboard yang tidak muncul. Berikut ulasannya…

Lihat Juga : 6 Cara Mengatasi Keyboard Android Error

Mengatasi Gboard Telah Berhenti

Penyebab mengenai Gboard yang bermasalah ini terjadi karena Google melakukan update pada aplikasi secara serentah dari seluruh pengguna. Meskipun sebagian ada yang mengalami masalah dan sebagian tidak terjadi masalah apapun.

Terlepas dari hal tersebut, berikut beberapa metode sederhana yang dapat anda lakukan dalam mengatasi masalah Gboard Android.

#1. Restart Smartphone

Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan yakni, cobalah untuk restart smartphone. Metode ini tidak menjamin apakah aplikasi dapat normal kembali, namun hal ini tidak ada salahnya untuk anda coba, siapa tahu nantinya Gboard dapat normal kembali.

#2. Update Aplikasi

Opsi selanjutnya, cobalah untuk melakukan update pada aplikasi Gboard. Dengan melakukan hal ini, diharapkan semua bugs dan kerusakan pada Gboard terselesaikan dan aplikasi dapat digunakan kembali.

Untuk melakukan update, anda bisa kunjungi Google Play atau market store lain yang ada di smartphone Android anda.

Update Gboard Android
  • Buka Google Play » Aplikasi & Game saya » pilih Gboard » kemudian lakukan Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.

#3. Hapus Data Aplikasi

Opsi berikutnya, coba untuk menghentikan dan menghapus data aplikasi. Penulis juga mengalami masalah yang sama pada aplikasi Gboard dan akhirnya Gboard dapat normal kembali ketika saya menghapus data aplikasi melalui manajemen aplikasi.

Karena penulis menggunakan smartphone OPPO, maka dibawah ini penulis perlihatkan screenshot pada smartphone OPPO.

Hapus Data Gboard Android
  • Buka Pengaturan » Pengaturan Tambahan » Manajemen Aplikasi » pilih Gboard » kemudian tap Paksa Berhenti dan Hapus Data.

Lihat Juga : 11 Cara Membersihkan Cache di HP Android

#4. Update Sistem Android

Jika dengan menghapus data aplikasi masih tidak membuat aplikasi normal kembali, coba lakukan update pada sistem android anda. Dengan melakukan hal ini, harapannya stabilitas sistem dan fitur terasa lebih maksimal lagi.

Opsi ini hanya berlaku bagi pengguna yang memang terdapat notifikasi update sistem.

Update OS Android
  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Karena metode diatas dilakukan pada HP OPPO, maka sistemnya adalah ColorOS. Jika anda menggunakan smartphone lain, anda bisa menyesuaikannya.

#5. Gunakan Aplikasi Keyboard lain…

Jika Gboard masih tidak normal, lebih baik gunakan aplikasi keyboard lain, kemungkinan Gboard memang masih mengalami bugs pada sisi server-nya bukan dari smartphone yang anda gunakan.

Di Google Play sendiri, ada beragam aplikasi keyboard yang bisa anda gunakan secara gratis seperti Go Keyboard, Cheetah Keyboard, Keyboard Swiftkey, dan masih banyak lagi.

…dan itulah beberapa solusi yang dapat saya berikan terkait masalah pada Gboard android yang tidak muncul ketika digunakan. Jika mungkin dari anda punya solusi lain dalam mengatasi masalah ini, silahkan tulis dikolom komentar agar pengguna lain dapat terbantukan.

Terima kasih dan selamat mencoba!!

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.