10 Cara Mengatasi Keyboard HP Error, Tidak Berfungsi

Berikut beberapa tips mengatasi keyboard Android error dan tidak berfungsi

Sebelum smartphone dan tablet canggih diciptakan dengan mode touchscreen, tentunya kita tidak lupa dengan namanya tombol keypad pada ponsel jadul jaman dulu. Tombol keypad jaman dulu atau sekarang yang masih ada sering kali rusak dan bahkan bisa copot, dan hal tersebut sangat sulit untuk diperbaiki. Namun dengan hadirnya tombol layar sentuh (touchscreen) pada smartphone dan tablet Android saat ini, tentunya dapat mengurangi kerusakan pada keypad atau keyboard.

Tombol keyboard dengan mode layar sentuh memang lebih mudah untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti SMS, chatting, menulis catatan, browsing dan sebagainya. Meskipun demikian, bukan berarti aplikasi keyboard tidak pernah mengalami error. Dalam beberapa kasus, aplikasi keyboard terkadang muncul pesan error bertuliskan “Sayangnya, Keyboard Telah Berhenti” sehingga tidak bisa digunakan untuk mengetik.

Lihat Juga : 10 Cara Menghapus Akun Google Android

Cara mengatasi keyboard HP error, tidak berfungsi

Masalah keyboard Android error dapat oleh penumpukan file sampah, service sistem dan aplikasi yang tidak berjalan dengan baik, hingga bugs pada aplikasi keyboard. Perbaikan yang bisa Anda lakukan dimulai dari restart ponsel, update aplikasi, dan hapus data aplikasi. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak metodenya berikut ini.

1. Restart ponsel Android Anda

Seperti yang telah saya singgung di atas, ada kemungkinan service sistem dan aplikasi keyboard yang tidak berjalan dengan baik menyebabkan keyboard error atau tidak muncul. Tips sederhana yang bisa Anda lakukan adalah dengan me-restart  atau me-reboot ponsel Android Anda. Setelah me-restart ponsel, cobalah untuk membuka kolom penulisan pesan atau teks. Jika nantinya keyboard masih error atau tidak muncul, Anda bisa update aplikasi keyboard.

2. Update aplikasi keyboard

Update Gboard Android
2. Update aplikasi keyboard Android. RUDI DIAN ARIFIN

Ada kemungkinan keyboard error terjadi karena adanya bugs pada aplikasi. Dan dengan melakukan pembaruan aplikasi diharapkan bugs tersebut hilang. Tidak hanya perbaikan, memperbarui aplikasi juga bertujuan untuk mendapatkan peningkatan performa, stabilitas, dan fitur. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Android Anda.
  2. Tap ikon tiga garis yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Temukan dan pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan.
  4. Tap Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Lihat Juga : 15 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

3. Hapus data aplikasi keyboard

Hapus Data Gboard
3. Hapus data aplikasi keyboard. RUDI DIAN ARIFIN

Jika update aplikasi juga tidak membuahkan hasil, cobalah untuk menghapus data aplikasi keyboard. Dengan menghapus data aplikasi, semua preferensi aplikasi, setelan keyboard, basis data, cache, dan data sementara lainnya akan terhapus. Secara umum tips ini biasanya juga digunakan ketika mengalami masalah error pada aplikasi Android. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Android Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan.
  3. Pilih Hapus data » konfirmasi dengan Hapus semua data.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Data Aplikasi Android

4. Gunakan aplikasi keyboard pihak ketiga

Apabila semua tips di atas tidak membuahkan hasil sama sekali, sebaiknya gunakan aplikasi keyboard lainnya. Anda bisa temukan dan unduh beragam aplikasi keyboard yang tersedia gratis di Google Play Store maupun toko aplikasi Android lainnya. Jika Anda mengalami masalah pada aplikasi Gboard, maka alternatif yang bisa Anda gunakan adalah Microsoft SwiftKey. Aplikasi tersebut memiliki kemiripan dengan tampilan dan fungsionalitas yang sama dengan Gboard. Jika Anda ingin melihat daftar aplikasi keyboard lainnya, Anda bisa cek di sini.

Lihat Juga : 7 Cara Mengatasi Gboard Error, Tidak Muncul di HP Xiaomi

5. Reset HP Android Anda

Apabila Anda mengalami masalah keyboard error dalam kondisi ponsel terkunci dengan PIN atau kata sandi, maka tentunya Anda tidak bisa membuka kunci tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba mengembalikan ponsel Android ke setelan pabrik dengan melakukan hard reset melalui Recovery Mode. Setiap ponsel Android memiliki metode yang berbeda-beda dalam melakukan Hard Reset. Anda bisa ikuti petunjuk di bawah ini sesuai dengan tipe atau merek ponsel yang Anda gunakan.

Hard Reset Android

Penutup,

Dengan adanya beberapa tips di atas, diharapkan masalah keyboard Android yang tidak muncul dapat teratasi. Yang merepotkan adalah ketika ponsel Android dalam keadaan terkunci dengan PIN yang mana Anda tidak bisa mengetikkan PIN tersebut. Mau tidak mau, solusinya harus dengan hard reset ponsel Android Anda.

Itulah tips dan penjelasan singkat dari saya dalam mengatasi keyboard Android yang error, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Apakah menghapus data aplikasi akan menghapus data ponsel?

Tentu saja tidak, data yang terhapus hanya data pada aplikasi keyboard.

Bagaimana jika ponsel Android dalam keadaan terkunci?

Jika ponsel dalam keadaan terkunci, terpaksa Anda harus melakukan Hard Reset ponsel Android.

Bagaimana mengatasi Gboard telah berhenti?

Anda bisa coba dengan menghapus data aplikasi Gboard. Anda bisa temukan tips mengatasi Gboard error di sini.


Penulis : Rudi Dian Arifin | Editor : Wahyu Setia Bintara

Tips Keyboard Android

  1. Download KomikIndo Apk Terbaru 2022, Baca Komik Sub Indo, Gratis, Lengkap!

    Berikut link download KomikIndo apk versi lama dan terbaru 2022
  2. Download WhatsApp Plus (WA Plus) Apk v11.20 Terbaru 2022

    Berikut link download WhatsApp Plus apk terbaru 2022
  3. WhatsApp Aero v9.45 (WA Aero) Apk Download Terbaru 2022, Anti-Banned!

    Berikut link download WhatsApp Aero terbaru 2022, gratis dan anti-banned!