6 Cara Mengatasi Keyboard Android Error, Tidak Berfungsi

Sebelum smartphone dan tablet canggih di cipatakan dengan mode touchscreen, tentunya kita tidak pernah lupa dengan namanya tombol keypad pada ponsel jadul jaman dulu. Tombol keypad jaman dulu atau sekarang yang masih ada sering kali rusak dan bahkan bisa copot, dan hal tersebut sangat sulit untuk diperbaiki.

Berbeda dengan sekarang hadirnya smartphone dan tablet android tentunya mengurangi kerusakan pada keypad atau keyboard karena sekarang sudah hadir dengan tombol bermode layar sentuh (touchscreen).

Tombol keyboard dengan mode layar sentuh memang lebih mudah untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti SMS, chatting, menulis catatan, browsing dan lain-lainnya. Jika –pun telah terjadi kerusakan atau masalah pada keyboard android tentunya hal tersebut sangat menggangu aktifitas harian anda.

Dan biasanya hal tersebut disebabkan oleh file sampah atau hilangnya beberapa file eksekusi keyboard yang membuat keyboard bermasalah.

Misalnya saja terjadi seperti ini “android keyboard has stopped”. Nah, hal tersebut biasanya di sebabkan oleh corrupt pada file program atau file sampah yang tak pernah dihapus. Tetapi tenang saja, masalah tersebut bisa di atasi dengan mudah dan cepat.

Cobalah ikuti beberapa metode sederhana dibawah ini…

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti

Memperbaiki Keyboard Android Error

Untuk memperbaiki keyboard android yang error sebaiknya masuk terlebih dahulu pada bagian sistem keybord kemudian bersihkan file sampah atau cache yang menggangu proses berjalanannya aplikasi keyboard.

Berikut langkah-langkahnya.

Cara Mengatasi Keyboard Android Error
  1. Pertama, masuk pada menu “Setting”, Kemudian pilih “Aplikasi”.
  2. Lalu cari aplikasi keyboard yang anda gunakan Misal “Keyboard Android (AOSP)”, kemudian “Hapus Data” dan “Hapus Cache” aplikasi keyboard tersebut.
  3. Selesai.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache Realme

Mengatasi ‘Android Keyboard Has Stopped’

Cara mengatasi “android keyboard has stopped” terbilang cukup mudah untuk dilakukan, cukup masuk pada aplikasi “Download Manager” pada android anda, kemudian lakukan disable dan enable agar aplikasi dapat berjalan dengan normal kembali.

Berikut langkah-langkahnya.

Mengatasi Keyboard Android Muncul Pesan Error
  1. Masuk pada menu “Setting”, kemudian pilih “Aplikasi” atau “Apps”.
  2. Selanjutnya cari aplikasi “Download Manager”, kemudian lakukan disable dan enable pada aplikasi tersebut. Lakukan restart atau reboot pada ponsel android anda.
  3. Selesai.

Lihat Juga : 11 Aplikasi Download Manager PC & Mac Terbaik

1. Hapus Cache Keyboard

Selain beberapa metode diatas, anda juga bisa membersihkan cache aplikasi keyboard. Hal ini sangat memungkinkan dalam mengatasi masalah keyboard error atupun macet.

File cache sendiri biasanya memiliki fungsi optimal dalam membuka suatu aplikasi atau mengakses file dengan waktu yang sangat kecil. Namun file cache juga tetap harus dihapus dan diperbarui. Dan untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Cache Keyboard
  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI KEYBOARD” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Tembolok”.

Lihat Juga : Cara Membersihkan Cache Huawei

2. Hentikan Paksa Keyboard

Selanjutnya, anda juga bisa mencoba menghentikan aplikasi keyboard secara paksa. Ketika keyboard android anda terjadi macet atau lag maka metode ini dapat anda lakukan, hal ini akan menghentikan aplikasi tertutup secara paksa.

Dan anda bisa membuka kembali nanti dan semoga tidak terjadi masalah lagi.

Paksa Berhenti Keyboard
  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI KEYBOARD” » Kemudian tap “Paksa Berhenti”.

3. Hapus Data Keyboard

Hapu data juga bisa menjadi opsi terbaik ketika aplikasi tidak berfungsi atau terjadi error. Dengan menghapus data, maka semua konfigurasi dan pengaturan pada aplikasi keyboard akan kembali pada posisi default.

Maka dari itu anda akan melakukan penyetelan terkait aplikasi Keyboard. Untuk melakukannya, anda bisa simak langkah – langkahnya dibawah ini.

Hapus Data Keyboard
  • Buka Pengaturan » Aplikasi & Notifikasi » Aplikasi » Pilih “NAMA APLIKASI KEYBOARD” » Penyimpanan » Kemudian tap “Hapus Data”.

Lihat Juga : Cara Menghapus Data Aplikasi Xiaomi

4. Gunakan Aplikasi Keyboard Lain

Jika dengan cara – cara tersebut keyboard android anda masih terjadi error, anda bisa mendownload aplikasi Keybord melalui Google Play secara gratis, aplikasi tersebut bernama Google Keyboard dan SwiftKey keyboard.

Jika anda sudah mengunduh 1 dari 2 aplikasi tersebut, Install dan masuk pada menu Setting » Language & input » lalu pilih aplikasi keyboard yang baru saja Anda Install.

Sekedar Share,

Sebagai tambahan, ada beberapa aplikasi keyboard yang ingin saya share yang mungkin saja anda membutuhkannya. Aplikasi yang saya share berikutnya ini merupakan aplikasi keyboard android terbaik, ringan, gratis, dan berfitur lengkap.

1. Go Keyboard

Merupakan aplikasi keyboard android terbaik no #1 di Google Play Store. Aplikasi ini menyediakan fitur – fitur menarik, salah satunya adalah emoji, emoticon, dan tema. Dengan tema tentunya tampilan keyboard akan jauh lebih modis dan keren.

Untuk mencobanya, silahkan anda unduh aplikasi ini melalui Google Play.

[Google Play] [App Store]

2. Smart Keyboard

Merupakan aplikasi keyboard android cerdas besutan dari developers Dexilog, LLC. Aplikasi ini memiliki fitur – fitur yang menarik seperti tersedia pilihan multi-language, pilihan skin, voice input, Costum Auto-Text, Kalibrasi, bahkan hingga smart dictionary.

Seperti namanya, aplikasi ini memang dirancang sebagai aplikasi keyboard cerdas untuk orang cerdas pula.

[Google Play] [App Store]

3. Ginger Keyboard

Adalah aplikasi keyboard android ringan, simple, dan unik. Tersedia banyak emoji lucu dan keren yang bisa menjadi teman harian anda sebagai pelengkap tulisan chat, status, PM, dan lain – lainnya. Ada ratusan emoji lucu dan unik yang bisa anda gunakan secara gratis.

[Google Play] [App Store]

4. Kika Keyboard

Adalah aplikasi papan ketik android yang menyenangkan, seru, dan cepat saat digunakan. Anda akan mendapatkan pengalaman baru saat menggunakan aplikasi ini. Selain Emoji, tersedia pula ribuan tema dan font yang bisa anda gunakan sesuai keinginan anda tergantung dari nyamannya anda. Di dukung pula dengan 60+ bahasa di dunia, termasuk Indonesia.

[Google Play] [App Store]

dll….

Akhir Kata,

Setiap pengguna android memiliki masalah yang berbeda-beda, jadi saya tidak bisa menjamin dengan melakukan cara diatas bisa berhasil sesuai harapan anda. Lebih baiknya cobalah cara diatas satu persatu dan semoga bisa berhasil dan tidak terjadi error.

Jika ada yang ingin ditanyakan, tulis saja melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!!

Tips Keyboard Android

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.

What others say | 18 Comment

  1. Saiful berkata:

    Makasih bro info nya

  2. shanti berkata:

    klo buat iPhone gmn?

  3. Pipit nelangsari berkata:

    Abjad yg sebelah kiri kok msh hk bs y..huruf w ,,e,,s,,d,,z

  4. chandra berkata:

    makasi ini sangat membantu saya.. sekarang hp saya sudah bisa berfungsi dengan baik.

  5. gushin berkata:

    hp xiaomi terkunci akun mi,minta fasword mi acount sudah di coba katanya tunggu 3 hari utk proses waduuuuh kelamaan mungkin canel DIANISA bisa kasih solusi,terimakasih