9+ Cara Mengatasi Pesan (SMS) Tidak Bisa Dibuka di HP Android

6

Dianisa.com – Cara Mengatasi Perpesanan Tidak Bisa Dibuka di HP Android. Aplikasi Pesan merupakan salah satu aplikasi bawaan yang ada pada semua perangkat Android. Aplikasi perpesanan menjadi aplikasi dasar yang harus ada pada semua ponsel. Berbeda dengan Aplikasi Messenger, aplikasi pesan lebih mengarah pada pesan singkat yang sifatnya SMS.

Sementara untuk aplikasi messenger seperti WhatsApp, BBM, LINE, Facebook Messenger, dan lainnya lebih mengarah pada banyak fitur. Tidak hanya text, Aplikasi Messenger tersebut bisa mengirim gambar, emoji, file, dan lainnya.

Baru – baru ini kami mendapati informasi terkait Aplikasi Perpesanan yang tidak bisa dibuka dan tidak bisa digunakan. Aplikasi perpesanan yang tidak bisa dibuka tentunya membuat para pengguna merasa kesulitan dalam mengirim pesan singkat, terutama di waktu – waktu penting.

Beberapa pesan error yang muncul diantaranya seperti Sayangnya, Pesan Telah Berhenti, “Sayangnya, Perpesanan Telah Berhenti”, “Sayangnya, Pesan Terhenti”, Sayangnya, Pesan Tidak Menanggapi, Maaf, Pesan Telah Berhenti, “Unfortunately, Message Has Stopped”, “Sayangnya, Pesan Terus Berhenti”, dan lainnya yang mungkin terlihat lebih berbeda.

Masalah Pada Smartphone

Mengatasi Perpesanan Tidak Bisa Dibuka

Mengenai Aplikasi Pesan Yang Error, Berhenti Tiba – Tiba, Macet, atau apapun itu tentunya bisa diatasi dengan beberapa metode yang sederhana.

Untuk Mengatasi Aplikasi Pesan Yang Tidak Bisa Dibuka, langsung saja anda simak beberapa metode singkatnya berikut ini.

1. Restart Smartphone

Pertama, cobalah mematikan smartphone android anda, kemudian lepaskan SIM Card dan juga SD Card. Kemudian nanti pasang dan nyalakan kembali, semoga nanti bisa normal kembali.

Tapi jika nantinya aplikasi pesan masih bermasalah, cobalah metode berikutnya.

2. Bersihkan File Cache Aplikasi

Untuk metode berikutnya, anda bisa mencoba untuk Membersihkan Semua File Cache yang ada pada aplikasi pesan. Dengan membersihkan file cache, biasanya aplikasi pesan akan terasa lebih ringan.

Dan semoga saja dengan cara ini, Aplikasi Pesan di Android anda bisa normal dan bisa digunakan kembali.

Hapus Cache Aplikasi

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Pesan” » Kemudian tap “Hapus Cache”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37, anda bisa menyesuaikannya.

3. Hentikan & Hapus Data Aplikasi

Untuk metode selanjutnya, anda bisa mencoba untuk Menghentikan Dan Menghapus Data Aplikasi Pesan. Metode ini akan membuat semua file pada pesan akan hilang secara total, mulai dari pesan masuk, pesan terkirim, daftar tersimpan, basis data, cache, dan lainnya.

Dengan metode ini, aplikasi pesan akan kembali secara default dan semua Pengaturan akan kembali pada posisi awal.

Hapus Data Aplikasi Pesan

  • Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Pesan” » Kemudian tap “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37, anda bisa menyesuaikannya.

4. Bersihkan Cache, Virus, & Boost RAM

Selanjutnya, anda bisa coba gunakan Aplikasi Cleaner untuk membersihkan semua file cache, virus, dan juga melakukan boost pada RAM agar lebih optimal. Biasanya smartphone Android secara bawaan sudah terinstal aplikasi cleaner, namanya Keamanan atau Pusat Keamanan.

Anda bisa temukan aplikasi tersebut dan gunakan sekarang juga. Sebagai contohnya, anda bisa lihat langkah – langkah yang saya lakukan pada HP Xiaomi berikut ini.

1. Langkah pertama, buka aplikasi “Keamanan” yang anda miliki. Setiap smartphone Android memiliki bentuk icon dan nama yang berbeda – beda, namun untuk smartphone Xiaomi yang saya gunakan langsung ada pada Beranda layar berwarna hijau. Setelah anda membukanya, selanjutnya tap “Pembersih”…

Aplikasi Keamanan Xiaomi

2. Kemudian, biarkan aplikasi aplikasi Keamanan melakukan scanning pada semua file dan aplikasi. Selanjutnya, anda bisa tap “Bersihkan” untuk membersihkannya, baik itu cache, virus, dan juga boost pada RAM.

Bersihkan Cache Xiaomi

3. Cukup mudah bukan!

4. Selesai.

5. Update Sistem Android

Solusi lain, anda bisa mencoba update sistem operasi yang ada di HP Android anda. Hal ini sangat memungkinkan untuk membersihkan semua bugs yang ada pada sistem dan aplikasi bawaan.

Update OS Android

  • Buka menu Pengaturan » Pembaruan Sitem » Selanjutnya, anda ikuti langkah – langkah update Sistem dari ColosOS OPPO.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37, anda bisa menyesuaikannya.

6. Factory Reset Smartphone

Coba lakukan Factory Reset apabila semua metode yang saya berikan diatas tidak berhasil. Sebelum melakukannya, backup semua data penting yang anda miliki, salin ke computer, laptop, atau flashdisk. Kemudian Lakukan Factory Reset seperti dibawah ini.

Reset HP Android

  • Buka Menu Pengaturan » Buat Cadangan & Setel Ulang » Kembalikan Ke Pengaturan Pabrik » Pilih “Reset Ulang Telepon”.

NOTE: Metode diatas saya lakukan pada smartphone OPPO A37, anda bisa menyesuaikannya.

7. Hard Reset Smartphone

Selain Factory Reset, anda juga bisa mencoba melakukan Wipe Data Smartphone Android. Sama dengan Factory Reset, namun hal ini dilakukan melalui menu Recovery Mode dan pastinya akan lebih optimal.

Backup semua data penting yang anda miliki, dan juga lakukan Hard Reset sesuai dengan tipe perangkat Android anda.

  1. Tekan tombol Power + Volume Atas + Home (Tergantung merek Smartphone yang anda gunakan).
  2. Kemudian Pilih Wipe Data » Yes.
  3. Kemudian Wipe Cache » Yes.
  4. Terakhir pilih “Reboot System Now”.

8. Gunakan Aplikasi Pesan Lain

Jika solusi yang saya berikan diatas tidak berhasil sama sekali, maka anda bisa coba alternatif lain dengan mencari Aplikasi Pesan Lain yang bisa anda gunakan secara gratis. Google Play Store menyediakannya secara lengkap dan anda-pun bisa download kapan aja.

Seperti Facebook Messenger walaupun identik dengan akun Facebook namun itu juga bisa anda gunakan sebagai aplikasi SMS.

9. Instal Ulang Sistem Android

Flashing juga bisa menjadi solusi akhir dari masalah aplikasi bawaan (bloatware). Anda bisa cari tahu informasi terkait hal ini di Google, YouTube, Facebook, atau yang lainnya. Ada banyak metode Flashing yang bisa anda ikuti atau terapkan.

Nantinya, anda membutuhkan bahan – bahan seperti software flashing, tools, USB, firmware atau ROM, dan lainnya. Semoga dengan Flashing Aplikasi Pesan Tidak Error kembali.

Kesimpulan,

Dengan adanya beberapa metode diatas, semoga Aplikasi Pesan di HP Android anda bisa normal kembali dan bisa digunakan untuk berkirim pesan seperti biasanya.

Jika anda bingung atau solusi diatas tidak berhasil, anda bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi perpesanan yang banyak tersedia di Google Play Store secara gratis.

Beberapa solusi diatas dapat anda lakukan pada semua perangkat Android seperti ASUS ZenFone, PadFone, ROG, Xiaomi, VIVO, HTC, LG, Motorola, NOKIA, Coolpad, Honor, Infinix, Lava, Meizu, Samsung Galaxy, OPPO, Realme, Lenovo, OnePlus, Huawei, NEXUS, SONY, Blackberry, Nubia, Polytron, Himax, Sharp, Haier, Luna, Acer, ADVAN, Axioo, Evercoss, Micromax, Smartfren Andromax, ZTE, dan lainnya.

Dan itulah ulasan singkat dari saya mengenai Cara Memperbaiki Aplikasi Pesan Error di HP Android, semoga bisa membantu. Tulis pertanyaan anda seputar Aplikasi Pesan pada komentar dibawah ini. Terima kasih!!

6 KOMENTAR

    • Matikan aplikasi yang digunakan untuk lock aplikasi. Pasti ada aplikasi yang mbak gunakan untuk mengunci aplikasi lain. Coba cari di Manajemen Aplikasi ..

  1. kami pakai hp nokia yang tidak ada multimedianya
    dan kami menerima sms /mms berupa gambar tidak bisa kami buka.ternyata sms/mms masih di mesin hp tidak di kartunya,bagaimana cara membuka atau memindahkan sms tersebut.

    thanks infonya

    • HP NOKIA Jadul atau yang terbaru ini ya, kalau mau pindah data chat sebelumnya harus melakukan pengaturan untuk menyimpan SMS ke KartuV atau SIM Card. Atau bisa juga dengan menghubungkan ke Cloud seperti Google Cloud.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here