7 Cara Mengatasi Keyboard Error, Tidak Muncul di HP Xiaomi

Keyboard merupakan aplikasi yang sangat dibutuhkan pada ponsel Android. Tanpa adanya keyboard, pengguna tidak bisa mengetik; tidak bisa membuat pesan, update status Facebook, Twitter, dan sebagainya. Kebanyakan aplikasi membutuhkan keyboard agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Karenanya, ketika aplikasi keyboard mengalami masalah error, pengguna akan kesulitan dalam melakukan aktivitas.

Pada beberapa jenis ponsel Xiaomi, terkadang pengguna mengalami masalah pada aplikasi Keyboard, salah satunya Gboard yang bertuliskan pesan error; Sayangnya, Gboard telah berhenti, macet, hingga force close. Kondisi semacam ini tentu membuat pengguna tidak nyaman dan ingin segera aplikasi keyboard normal kembali. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba beberapa trik supaya keyboard bisa digunakan kembali.

Lihat Juga : 8 Cara Mengatasi WPS Office Error, Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Keyboard Error dan Macet

Sampai saat ini, saya merasa bahwa hanya Gboard-lah yang paling stabil untuk ponsel Android ketimbang aplikasi keyboard lainnya. Meskipun demikian, bukan berarti Gboard tidak pernah mengalami masalah error. Masalah error pada aplikasi pasti akan selalu ada, faktornya pun sangat beragam bisa karena sistem Android atau aplikasi keyboard yang tidak stabil, bugs pada aplikasi, malware, dan penumpukan file sampah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut ini.

1. Restart Ponsel Android

Tips pertama, cobalah untuk me-restart ponsel Android Anda. Siapa tahu dengan melakukan tips sederhana ini aplikasi keyboard dapat normal kembali. Karena bisa jadi sistem Android yang berjalan tidak stabil membuat aplikasi terinstall tidak optimal ketika dijalankan atau dibuka. Tips ini biasanya ampuh ketika aplikasi keyboard macet atau tidak muncul saat sedang ingin mengetik. Jika-pun nantinya masih bermasalah, Anda bisa coba tips selanjutnya dengan update aplikasi keyboard.

2. Update Aplikasi Keyboard

Update Gboard Android
2. Perbarui aplikasi keyboard Android. RUDI DIAN ARIFIN

Tips selanjutnya, cobalah untuk memperbarui aplikasi dari Google Play Store. Ada kemungkinan terdapat bugs pada aplikasi keyboard, dan biasanya perbaikan dilakukan dengan update aplikasi. Tidak hanya perbaikan, memperbarui aplikasi juga mendapatkan peningkatan performa, stabilitas, dan fitur. Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka Google Play Store pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Tap ikon tiga garis yang ada di bagian atas » pilih Aplikasi & Game.
  3. Temukan dan pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan.
  4. Tap Update dan tunggu sampai proses update selesai dilakukan.
  5. Selesai.

Selesai melakukan update, Anda bisa mencoba membuka aplikasi pesan atau WhatsApp, lalu tes dengan mengetikan sesuatu di kolom penulisan teks atau pesan.

3. Hapus Data Keyboard

Hapus Data Gboard
3. Hapus data aplikasi keyboard Android. RUDI DIAN ARIFIN

Jika dengan update aplikasi juga tidak memperbaiki masalah keyboard yang error, Anda bisa coba dengan hapus data aplikasi. Dengan menghapus data aplikasi keyboard, semua preferensi aplikasi, basis data, dan cache akan dihapus secara total. Tidak hanya pada aplikasi keyboard, menghapus data aplikasi juga sangat efektif dalam mengatasi masalah error pada aplikasi lain. Anda bisa ikuti petunjuk menghapus data aplikasi pada ponsel Xiaomi di bawah ini.

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel Xiaomi Anda.
  2. Pilih Kelola Aplikasi » temukan dan pilih aplikasi keyboard yang Anda gunakan.
  3. Pilih Hapus data » konfirmasi dengan Hapus semua data.
  4. Selesai.

Lihat Juga : 5 Cara Menghapus Data Aplikasi Xiaomi

4. Gunakan Aplikasi Keyboard Lain

Apabila semua cara di atas masih belum berhasil mengatasi keyboard yang error, Anda bisa gunakan aplikasi keyboard lain. Ada banyak aplikasi keyboard gratis yang dapat Anda temukan di Google Play Store. Anda bisa lihat daftar aplikasi keyboard populer di sini. Rekomendasi dari saya, Anda bisa gunakan SwiftKey atau Gboard. Jika Anda mengalami kendala dalam mengakses atau mencari aplikasi keyboard, Anda bisa unduh aplikasinya dalam bentuk APK dari komputer.

Anda bisa akses situs apkpure.com, lalu temukan dan pilih aplikasi keyboard yang Anda inginkan. Setelah itu, pindahkan file APK ke ponsel Xiaomi kemudian barulah Anda install file APK tersebut.

Lihat Juga : 5 Cara Mengatasi Sayangnya, Berkas Telah Berhenti di HP Xiaomi

Penutup,

Masalah keyboard Android yang error biasanya cukup mudah untuk di atasi, hanya dengan menghapus data aplikasi keyboard biasanya keyboard dapat normal kembali. Tetapi jika ponsel dalam keadaan terkunci, Anda bisa coba hubungkan dengan keyboard fisik (jika masih memungkinkan) atau bisa juga dengan melakukan reset ke setelan pabrik melalui Recovery Mode.

Apakah menghapus data aplikasi akan menghapus data ponsel?

Tentu saja tidak, data yang terhapus hanya data pada aplikasi keyboard.

Bagaimana jika ponsel Xiaomi dalam keadaan terkunci?

Jika ponsel dalam keadaan terkunci, terpaksa Anda harus melakukan Hard Reset ponsel Xiaomi.

Bagaimana mengatasi Gboard telah berhenti?

Anda bisa coba dengan menghapus data aplikasi Gboard. Anda bisa temukan tips mengatasi Gboard error di sini.

Itulah tutorial singkat mengatasi keyboard error pada ponsel Xiaomi, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada sesuatu yang perlu Anda tanyakan atau sampaikan, tulis melalui kolom komentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

~ Artikel ditulis oleh Rudi Dian Arifin, Editor oleh Wahyu Setia Bintara

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.