10 Software Edit Audio PC & Mac Terbaik

Software editor itu tidak hanya berupa video dan foto, namun juga bisa berupa musik. Audio Editor, itulah sebutan untuk software yang dapat mengedit audio. Audio editor ini dapat anda gunakan untuk memodifikasi musik atau jenis audio lain sesuai dengan keinginan dan kreativitas anda.

Sebuah musik, tidak akan luput dengan proses editing. Didalam proses editing itu sendiri diperlukan software Audio editor. Semakin bagus Audio editor yang digunakan, maka semakin besar kemungkinan audio yang dihasilkan akan semakin bagus.

Saat ini, sudah banyak software Audio editor yang tersedia di luar sana. Mulai dari yang ringan, simple, berat, powerful, sampai yang mudah digunakan dan sulit digunakan. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dari sekian banyak software edit audio, penulis sudah merangkum beberapa software yang dapat penulis rekomendasikan untuk anda coba.

Lihat Juga : 18 Aplikasi Edit Video PC & Mac Terbaik

Software Audio Editor PC & Mac Terbaik

Jika anda mempunyai hobi yang bersinggungan dengan musik, dan membutuhkan software Audio editor. Anda bisa mencoba salah satu dari beberapa rekomendasi software berikut iniā€¦

1. Adobe Audition

Adobe Audition

Hanya dengan melihat namanya saja, anda mungkin sudah yakin dengan software yang satu ini. Ya, Adobe memang selalu berhasil membuat penggunanya merasakan kepuasan saat menggunakan software mereka. Hal ini merupakan hasil dari pengalaman yang lama dalam mengembangkan software.

Namun, semuanya berkualitas pasti memiliki harga yang setimpal. Adobe Audition ini bukanlah software yang dapat anda gunakan secara bebas, anda diharuskan membayar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan Adobe Audition secara maksimal. Namun sebelum membeli software ini, anda bisa menggunakan trialnya terlebih dahulu.

Adobe Audition sendiri merupakan software yang dikembangkan Adobe untuk membantu para profesional dalam memodifikasi musik. Adobe Audition sendiri dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti, Multi-track editing, dan Mixing. Adobe Audition ini juga dilengkapi dengan AI yang akan membantu anda saat proses modifikasi.

[Windows] [MacOS] [Linux]

2. Audacity

Audacity

Software berikutnya ini bisa dibilang sebagai pesaing terkuat bagi Adobe Audition. Bahkan, bisa jadi software ini lebih banyak digunakan dibanding Adobe Audition.

Audacity merupakan software audio editor gratis yang bebas digunakan siapapun, cukup banyak professional yang menggunakannya. Software yang satu ini juga sangat mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Salah satu faktor yang membuat Audacity ini mudah digunakan adalah tampilan interface-nya yang sederhana dan memiliki kesan intuitif yang kuat. Salah satu kelebihan yang dimiliki Audacity yang tidak dimiliki Adobe Audition adalah dukungan perangkatnya yang lebih banyak.

Tidak hanya itu, Audacity ini juga bisa ditambahkan dengan berbagai plugin dan efek menarik. Selain dari itu, Audacity memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan Audio Editor lainnya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 19 Aplikasi Desain Grafis PC & Mac Terbaik

3. Cubase

Cubase
image source : steinberg.net

Software berikutnya adalah software yang ditawarkan oleh Steinberg, Cubase. Software ini merupakan software edit audio lain yang cukup penulis rekomendasikan untuk anda coba. Cubase ini tidak ditawarkan dengan gratis, namun anda bisa menggunakan versi trialnya untuk mencobanya.

Dengan menggunakan Cubase ini anda bisa memodifikasi audio-audio anda menjadi lebih menarik lagi. Anda bisa menambahkan berbagai filter dan efek yang dapat dibuat terpisah dari trek audionya dengan fitur Audio-Ins.

Tidak hanya itu, di Cubase anda juga bisa menggunakan equalizer untuk mengatur frekuensi musik anda agar jauh lebih halus.

[Windows] [MacOS] [Linux]

4. Audio Tool

Audio Tool

Sedikit berbeda dengan yang tadi, software yang ada di urutan keempat ini adalah software yang dapat anda akses dengan bebas di situsnya. Audio Tool, merupakan software web app audio editor yang penulis rekomendasikan untuk anda coba.

Di Audio Tool, anda bisa memodifikasi musik-musik anda menjadi lebih bagus lagi. Anda juga dapat menggunakan berbagai fitur yang tersedia dengan bebas. Salah satu fitur yang cukup spesial adalah fitur dimana anda bisa berkolaborasi dengan editor music lain yang juga menggunakan Audio Tool.

Kekurangan dari Audio Tool ini terletak pada tampilannya yang kurang intuitif, jadi untuk anda yang masih pemula, software yang satu ini cukup sulit digunakan.

[Web App]

5. Wavepad

Wavepad

Software berikutnya datang dari pengembang yang terkenal dengan berbagai software editingnya. Wavepad merupakan software yang dikembangkan oleh NCH Software dengan tujuan untuk membantu anda dalam memodifikasi musik.

Dengan menggunakan Wavepad anda bisa mengedit musik anda sendiri dirumah, anda juga akan mendapatkan akses penggunaan berbagai filter dan effect. Wavepad juga kaya akan tools menarik, beberapa diantaranya adalah batch processing, scrub & search audio.

Wavepad juga mendukung berbagai jenis format audio, seperti (.MP3), (.WAV), (.AAC), dan beberapa format audio lain.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 13 Software Slideshow Maker PC & Mac Terbaik

6. Reaper

Reaper

Masih dengan rekomendasi software edit audio, di urutan keenam ini ada software yang bernama Reaper.

Reaper adalah software audio editor lain yang cukup saya rekomendasikan untuk anda coba. Di Reaper anda akan mendapatkan banyak fitur menarik yang akan sangat berguna untuk anda.

Salah satu kemampuannya yang cukup menarik perhatian adalah kemampuan untuk merekam audio langsung dalam mode mono, stereo, ataupun audio multi kanal. Hanya saja, Reaper merupakan software yang ditujukan untuk para veteran, jadi pemula akan sulit menggunakannya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

7. Wavosaur

Wavosaur

Software berikutnya adalah Wavosaur. Software yang satu ini merupakan software audio editor lain yang cukup saya rekomendasikan untuk anda coba. Sama halnya dengan software Audio Editor lain, disini anda juga akan mendapatkan berbagi fitur professional yang akan membantu anda memodifikasi musik.

Seperti memotong, menambah track, menggabungkan beberapa audio menjadi satu, dan kegunaan-kegunaan lainnya. Wavosaur memiliki tampilan yang sederhana, jadi anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya.

[Windows] [MacOS] [Linux]

8. Ardour

Ardour
image source : ardour.org

Ardour adalah software editor musik dengan kemampuan yang hebat, ia juga dapat digunakan di banyak OS Komputer. Mulai dari Windows, MacOS, bahkan Linux sekalipun.

Dengan menggunakan Ardour ini, anda bisa memodifikasi musik anda dengan berbagai fitur yang disediakannya. Tidak hanya memotong dan menambah track, di Ardour anda juga bisa melakukan rekaman sendiri, anda bisa menggunakan mikrofon atau MIDI.

Ardour juga menyediakan undo dan redo tanpa batas, jadi anda tidak perlu khawatir jika melakukan beberapa kesalahan.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Lihat Juga : 10 Aplikasi Streaming Film Android & iOS Terbaik

9. Qtractor

Qtractor
image source : qtractor.sourceforge.io

Masih seperti software sebelumnya, Qtractor ini merupakan software audio editor yang juga sekaligus dapat digunakan sebagai rekaman musik. Hal ini bisa dilakukan berkat dukungan penggunaan MIDI Controller.

Tidak hanya itu, Qtractor juga menyediakan berbagai fitur keren, seperti Multi Track Audio MIDI recording, dan MIDI Sequencing. Software yang satu ini memang sangat bagus untuk anda gunakan, terutama untuk anda yang ingin memproduksi musik sendiri. Anda bisa merekam dan mengeditnya di software yang sama.

[Windows] [MacOS] [Linux]

10. Power Sound Editor Free

Power Sound Editor Free
image source : free-sound-editor.com

Layak software audio editor lainnya, software yang terakhir ini juga merupakan software yang bagus dan saya rekomendasikan untuk anda coba.

Seperti namanya, Power Sound Editor Free ini tersedia secara gratis dan bisa digunakan secara bebas oleh siapa saja. Banyak yang mengatakan software ini mirip dengan Audacity yang ada di urutan kedua.

Dengan menggunakan Power Sound Editor Free ini anda bisa memproduksi musik anda sendiri. Mulai dari perekaman, dan pengeditan bisa dilakukan disini.

[Windows] [MacOS] [Linux]

Share Your Thoughts

Your email address will not be published. All fields are required.